Pengertiaan, Latar Belakang, Tujuan dan Ketentuan Umum UTBK

Pengertian, Latar Belakang, Tujuan dan Ketentuan Umum UTBK

UTBK atau yang memiliki kepanjangan Ujian Tulis Berbasis Komputer sangat penting dilakukan untuk menyaring calon peserta pada SBMPTN. Ujian ini biasanya dipersiapkan oleh para fresh graduate dari berbagai jenjang SMA maupun SMK, serta menjadi metode baru yang lebih akurat.

Pengertian UTBK

Ujian Tulis Berbasis Komputer belum merupakan cara seleksi untuk mengetahui kemampuan akademik dari calon mahasiswa melalui sistem komputer. Adanya penggunaan basis komputer dalam ujian ini dibuat berdasarkan ketentuan terkini sebagai kesetaraan dengan teknologi yang berjalan.

Pengertiaan, Latar Belakang, Tujuan dan Ketentuan Umum UTBK
Pengertiaan, Latar Belakang, Tujuan dan Ketentuan Umum UTBK

Hal ini tentu mau menghapus metode lama yakni ujian tertulis yang lebih memakan banyak waktu dan tenaga serta memiliki tingkat akurasi yang lebih rendah. Ini menuntut para peserta untuk lebih giat mempersiapkan diri dengan berbagai metode dan strategi pembelajaran atau latihan.

Baca Juga: Persyaratan, Cara Pendaftaran, Kelompok dan Portofolio UTBK

Mengingat masuk pada sebuah PTN menjadi mimpi besar bagi para pemuda pemudi bangsa. Hal ini menjadi salah satu bagian penting dalam perjuangan menggapai impian dan cita-cita serta masa depan yang lebih cerah dan menjanjikan.

Latar Belakang UTBK

Mari menilik lebih dulu latar belakang dari diadakannya Ujian Tulis Berbasis Komputer telah berlangsung sejak 2019 sebagai pengiringan terhadap SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Kriteria ini disebabkan oleh PTN untuk meng-upgrade metode digital dengan penggunaan sistem komputer.

Ujian tulis ini dilangsungkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ada yang disingkat menjadi LTMPT. Lembaga ini pun menjadi satu-satunya yang melakukan penyelenggaraan sekaligus tes perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Dengan adanya pihak tersebut maka hasil ujian memiliki kredibilitas, sesuai standar serta akurasi nilai peserta. Adapun untuk ujian tulis berbasis komputer yang diadakan pada tahun 2021 bisa diikuti oleh seluruh alumni tingkat SMA dan SMK 2019, 2020 dan 2021.

Baca juga artikel UTBK lainnya dari Zenius Education

UTBK 2021: Jadwal, Pendaftaran, Syarat

Matengin Persiapan UTBK di Zenius Grand Try-Out 2021

Persiapan UTBK Xtra Kilat 6 Minggu

Panduan Belajar UTBK 2021 Ala Zenius

Cukup Belajar 20 Menit Bisa Lolos UTBK?

Kebut Persiapan UTBK lewat 8 Minggu Belajar!

Biar Makin Semangat Belajar Yuk Ikutan Zenius #jagoUTBK Joget Challenge

Mau Belajar UTBK Lebih Awal, Sebaiknya Mulai dari Mana?

7 Langkah Strategis Untuk Belajar UTBK

Tujuan UTBK

Tujuan dari ujian tertulis dengan basis komputer ini memiliki penggabungan dengan tujuan dari terselenggaranya seleksi masuk perguruan tinggi. Keduanya memiliki keterkaitan dalam suatu proses penyaringan peserta yang paling layak. Adapun tujuan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Mampu Memprediksi Dengan Lebih Baik dan Tepat

Dengan dilakukannya ujian tertulis maka pihak PTN dan lembaga dapat memprediksi calon mahasiswa dapat yang mampu untuk melalui masa studi dengan baik serta selesai pada waktu yang tepat. Tujuan ini tidak hanya bermanfaat bagi kelangsungan prosedur pada perguruan tinggi saja.

Namun juga memastikan bahwa calon mahasiswa yang dapat memperhitungkan langkah-langkah dan rencananya di kemudian hari. Dengan demikian hal ini juga berhubungan dengan planning yang terarah dan terukur serta mampu memajukan kualitas anak bangsa.

2. Memberikan Tes Secara Fleksibel

Dengan bantuan basis online yang yang diperbarui, maka hal ini akan memberikan kemudahan bagi para calon mahasiswa untuk mengikuti ujian tertulis secara lebih fleksibel. Dalam artian penentuan waktu ujian bisa dilakukan berdasarkan ketersediaan beserta, serta lokasi yang juga lebih fleksibel.

Peserta dapat memilih lokasi ujian sesuai dengan lingkungan terdekat. Hal ini akan berpengaruh pada waktu yang lebih efisien serta pembagian kerja lembaga sekaligus pelaksanaan oleh peserta yang lebih maksimal tanpa adanya pengeluaran biaya dan transport khusus.

3. Memberi Kesempatan Bagi Calon Mahasiswa Untuk Memilih PTN Dengan Lintas Wilayah

Tujuan berikutnya diambil berdasarkan SBMPTN yakni adanya kesempatan bagi calon mahasiswa untuk menentukan sendiri pilihan PTN. Bahkan dapat memilih berbagai PTN dengan lintas wilayah yakni berbeda dengan lokasi tempat tinggal atau domisilinya.

Tak sedikit para mahasiswa yang merantau atau menempuh studi di kota dan Wilayah lain di Indonesia. Hal tersebut merupakan perwujudan dari adanya SBMPTN yang juga melalui ujian tertulis berbasis komputer sehingga apa yang dicita-citakan terwujud.

4. Membantu Menyeleksi Calon Mahasiswa Berdasarkan Kemampuan Akademik

Tujuan lainnya adalah membantu menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan kemampuan akademik. Hal ini akan menjadi keuntungan serta dapat membantu pihak PTN guna melakukan pemetaan terhadap siswa berpotensi sekaligus masuk pada kriteria yang diharapkan.

Seleksi ini juga dapat mengukur kemampuan calon mahasiswa itu sendiri terhadap materi akademik yang dikuasai. Dengan demikian calon Mahasiswa juga dituntut untuk mempersiapkan diri secara lebih matang guna menghadapi ujian tertulis. Hal ini dimaksudkan biar yang bakal diperoleh dapat maksimal.

Ketentuan Umum UTBK

Setelah mengetahui pengertian latar belakang dan tujuan maka penting untuk memahami beberapa ketentuan umum yang berlaku. Sebagai ujian seleksi Maka terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan oleh seluruh calon mahasiswa atau peserta. Diantara ketentuan umum tersebut adalah sebagai berikut.

1. Mengikuti Satu Kali Ujian Pada Satu Periode

Penting untuk Diingat dan diperhatikan bahwa ujian tertulis tersebut hanya dapat diikuti satu kali oleh setiap calon mahasiswa berdasarkan periodenya. Dalam permisalan pada tahun 2021 seseorang hanya mampu mengikuti satu kali ujian.

Dengan demikian apabila calon peserta tidak lulus maka dapat mencoba lagi di tahun berikutnya. Hal ini memiliki dampak positif yakni kesiapan mental dan penguasaan materi yang dapat lebih dipersiapkan kembali secara lebih baik, atau membuka kemungkinan rencana lainnya.

2. Hasil Ujian Hanya Berlaku Untuk Satu Seleksi dan Penerimaan

Hasil ujian yang telah dilalui oleh calon mahasiswa hanya berlaku untuk satu periode SBMPTN sekaligus satu keputusan pada penerimaan di PTN. Dengan demikian kamu harus mempersiapkan kiri apabila lolos dalam seleksi sehingga masuk pada perguruan tinggi yang telah dipilih.
Dengan demikian jika kamu melewatkan kesempatan yang telah terbuka maka penawaran tersebut tidak akan datang kembali hingga batas waktu yang ditentukan. Oleh sebab itu peluang ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

3. SBMPTN Merupakan Hasil Ujian Tertulis dan Kriteria Khusus dari PTN

Hasil keputusan yang dikeluarkan SBMPTN merupakan buah dari bersedekah dan kriteria lain berdasarkan ketentuan perguruan tinggi negeri. Dengan demikian kamu bisa tahu bahwa hasil akhir yang diterima merupakan nilai kalkulasi atau penggabungan dari dua unsur.

Oleh sebab itu penting untuk bagaimana prosedur dan ketentuan yang berlaku pada PTN tujuan kamu. Hal ini dilakukan agar tingkat kelolosan dapat lebih tinggi dan memenuhi harapan.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Pengertian informasi pengertian latar belakang tujuan dan ketentuan umum pada UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.

Bagikan artikel ini: