Wajib Tahu, Ini Daftar Lengkap Materi Kelas 12 IPA Semester 1 & 2 9

Wajib Tahu, Ini Daftar Lengkap Materi Kelas 12 IPA Semester 1 & 2

Sobat Zenius lagi duduk di bangku kelas 11 SMA IPA, tetapi sudah merasa bingung apa saja materi kelas 12 yang akan dipelajari nanti? Hmm perasaan ini memang terkadang muncul begitu saja, lho. Apalagi, tahun depan sudah mulai kenaikan kelas, nih!

Wajar saja jika kita merasakan kebingungan tersebut. Dengan demikian, elo sudah mempunyai persiapan yang matang untuk menduduki bangku kelas 12 nanti. Meski demikian, elo juga harus tetap fokus untuk belajar materi kelas 11 ya, Sobat Zenius!

Buat elo yang sekiranya ingin tahu apa saja materi kelas 12 IPA nanti, gue akan coba merangkumnya di dalam artikel ini. Tanpa basa-basi lagi, yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Materi Kelas 12 Semester 1 IPA

materi kelas 12
Ilustrasi orang sedang melihat mikroskop (Dok. Pixabay)

Untuk mata pelajaran sendiri, sejatinya tidak ada yang berubah sama sekali. Di kelas 12, elo akan belajar mata pelajaran yang sama seperti kelas 11, yaitu Kimia, Biologi, Matematika Wajib, Matematika Peminatan, Fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Nah, supaya elo tahu apa saja yang termasuk materi kelas 12 semester 1, gue akan memaparkannya satu per satu dari masing-masing mata pelajaran di jurusan IPA.

1. Fisika

Di kelas 11, elo mungkin belajar materi-materi Fisika yang berkaitan dengan suhu dan kalor, kesetimbangan dan dinamika rotasi, hingga fluida statis dan fluida dinamis. 

Nah, ketika Sobat Zenius sudah masuk ke bangku kelas 12 semester 1, ada banyak sekali materi Fisika menarik yang akan dipelajari.

Sobat Zenius pasti nggak asing dengan magnet, kan? Yap, di kelas 12 nanti elo akan belajar seputar magnet, mulai dari medan magnet, gaya magnet, hingga gaya gerak listrik (GGL).

Nggak hanya itu, elo juga akan belajar bab-bab seperti:

Materi kelas 12 IPA yang satu ini dijamin bikin elo berpikir lebih keras dan tentunya asyik untuk dipelajari!


Materi Lengkap Fisika Kelas 12 Semester 1

Tonton video materi Fisika kelas 12 semester 1 di website Zenius (Chapter Listrik Statis hingga Listrik Arus Bolak-balik). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


2. Biologi

Buat yang suka sekali mempelajari makhluk hidup, Biologi sudah pasti bakal menjadi mata pelajaran favorit elo!

Sobat Zenius akan mempelajari banyak sekali materi kelas 12 Biologi yang unik dan menarik di semester 1. Sejatinya, di semester 1 elo akan belajar kurang lebih 4-5 bab.

Di bab pertama elo akan mengenali perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan. Dalam bab ini, elo akan belajar subbab mengenai tumbuh-kembang hewan dan tumbuhan. 

Misalnya, elo akan belajar mengenai monokotil dan dikotil pada tumbuhan. Lalu, bagaimana terjadinya proses metamorfosis pada hewan

Selain itu, elo juga akan belajar bab menarik, seperti enzim dan metabolisme, materi genetik, hingga pembelahan sel


Materi Lengkap Biologi Kelas 12 Semester 1

Tonton video materi Biologi kelas 12 semester 1 di website Zenius (Chapter Pertumbuhan & Perkembangan hingga Materi Genetik). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


3. Kimia

materi kelas 12
Ilustrasi orang sedang di laboratorium (Dok. Pixabay)

Pelajaran kelas 12 yang satu ini sudah pasti elo temui di semester 1 dan 2.

Di semester 1, elo akan belajar banyak hal baru dari mata pelajaran Kimia kelas 12. Pertama, elo akan belajar mengenai sifat koligatif larutan. Di sini elo akan belajar macam-macam sifat koligatif dan perbedaan antara larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Setelah itu, ada bab-bab menarik lainnya seperti redoks dan elektrokimia hingga kimia unsur. Pada bab kimia unsur, elo akan belajar unsur periode 3 dan unsur transisi periode 4 serta unsur radioaktif. 


Materi Lengkap Kimia Kelas 12 Semester 1

Tonton video materi Kimia kelas 12 semester 1 di website Zenius (Chapter Sifat Koligatif Larutan hingga Kimia Inti). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


4. Matematika Peminatan

Elo pasti sudah menyadari kalau Matematika Peminatan di jurusan IPA tingkat kesulitannya lebih tinggi ketimbang dengan Matematika Wajib. Di kelas 11, elo udah banyak belajar mengenai fungsi trigonometri, lingkaran, suku banyak, dan lain-lain.

Materi kelas 12 Matematika Peminatan semester 1 meliputi limit tak hingga & limit fungsi aljabar serta trigonometri hingga turunan fungsi trigonometri


Materi Lengkap Matematika Peminatan Kelas 12 Semester 1

Tonton video materi Matematika Peminatan kelas 12 semester 1 di website Zenius (Chapter Limit & Turunan Bentuk Khusus hingga Teknik Integrasi). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


5. Bahasa Indonesia

Dikarenakan kelas 12 sudah memasuki penghujung pendidikan SMA, maka salah satu materi kelas 12 bahasa Indonesia yang biasanya diajarkan pada semester 1 adalah surat lamaran kerja

Pada bab tersebut, elo akan belajar mengenai ciri kebahasaan surat lamaran, konsep surat lamaran, unsur pentingnya, hingga penulisan surat lamaran kerja.

Tidak hanya itu saja, elo juga akan belajar mengenai teks cerita sejarah dan teks editorial.


Materi Lengkap Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1

Tonton video materi Bahasa Indonesia kelas 12 semester 1 di website Zenius (Chapter Surat Lamaran Kerja hingga Novel). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


Materi Kelas 12 Semester 2 IPA

materi kelas 12
Ilustrasi orang bermain laptop (Dok. Pixabay)

Gimana? Sudah ada gambaran, kan mengenai materi kelas 12 semester 1? Kalau udah, gue mau lanjut lagi ke materi kelas 12 semester 2. Pastinya, bakalan banyak sekali materi-materi menarik!

1. Fisika

Di semester 1 elo udah belajar mengenai materi suhu dan kalor, kesetimbangan dan dinamika rotasi, hingga fluida statis dan fluida dinamis. Materi Fisika kelas 12 semester 2 meliputi gelombang elektromagnetik, relativitas khusus, fisika inti, fisika kuantum, teknologi digital, hingga sumber energi terbarukan & tak terbarukan.

Dalam relativitas khusus, materi-materi yang akan disampaikan kepada para siswa seperti dasar relativitas dan konsep lanjut relativitas. Nggak hanya itu saja, fisika kuantum pun akan dibagi menjadi dua, yaitu fisika kuantum 1 dan fisika kuantum 2.

Untuk fisika inti, elo juga akan belajar dasar fisika inti dan konsep lanjut fisika inti. Bagaimana? Sangat menarik, bukan?


Materi Lengkap Fisika Kelas 12 Semester 2

Tonton video materi Fisika kelas 12 semester 2 di website Zenius (Chapter Gelombang Elektromagnetik hingga Teknologi Digital). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


2. Biologi

materi kelas 12 ipa
Ilustrasi DNA (Dok. Pixabay)

Beralih ke materi kelas 12 Biologi semester 2, akan ada banyak hal menarik yang elo pelajari di sini. Pada semester 1 lo udah belajar mengenai pertumbuhan dan perkembangan hingga enzim dan metabolisme.

Memasuki semester 2, elo akan belajar salah satu bab yang bernama genetika dan pola hereditas. Dalam bab ini, ada juga pembahasan tentang Hukum Mendel 1 & Hukum Mendel 2.

Selain itu, elo juga akan mempelajari banyak bab, seperti evolusi, mutasi, hingga bioteknologi. Dalam pembelajaran evolusi, elo akan dijelaskan mengenai asal-usul kehidupan


Materi Lengkap Biologi Kelas 12 Semester 2

Tonton video materi Biologi kelas 12 semester 2 di website Zenius (Chapter Genetika hingga Bioteknologi). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


3. Kimia

Di semester 1, elo udah banyak belajar hal mengenai Kimia, mulai dari sifat koligatif larutan, redoks dan elektrokimia, hingga kimia unsur.

Nah, materi kelas 12 Kimia semester 2 juga nggak kalah menarik, Sobat Zenius! Elo akan diajak untuk belajar mengenai isomeri, benzena, polimer, hingga biomolekul

Nggak hanya itu, elo juga akan belajar senyawa turunan alkana hingga mengidentifikasi senyawa karbon.


Materi Lengkap Kimia Kelas 12 Semester 2

Tonton video materi Kimia kelas 12 semester 2 di website Zenius (Chapter Tata Nama Senyawa Karbon hingga Biomolekul). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


4. Matematika Peminatan

Materi Matematika kelas 12 semester 2 dibilang cukup sulit dibandingkan dengan semester 1. Kendati demikian, Sobat Zenius bisa mudah memahaminya jika terus belajar dengan tekun. Di semester 2, elo akan mulai belajar mengenai statistik inferensial, di mana di dalamnya akan belajar materi-materi berikut:


Materi Lengkap Matematika Peminatan Kelas 12 Semester 2

Tonton video materi Matematika Peminatan kelas 12 semester 2 di website Zenius (Chapter Distribusi Peluang & Statistika Inferensial). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


5. Bahasa Indonesia

Jika di semester 1 materi kelas 12 Bahasa Indonesia meliputi teks editorial, teks sejarah, dan surat lamaran kerja, di semester 2 elo akan belajar tentang nilai kehidupan novel, artikel opini, kritik sastra dan esai, hingga resensi nilai fiksi dan non fiksi.


Materi Lengkap Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 2

Tonton video materi Bahasa Indonesia kelas 12 semester 2 di website Zenius (Chapter Artikel Opini hingga Resensi Buku). Login atau daftar dulu untuk memulai pendalaman materi secara gratis.


Nah, demikian materi kelas 12 yang wajib elo ketahui dari sekarang. Mungkin, elo udah mulai ada keinginan untuk mempelajarinya satu per satu dari sekarang. 

“Tapi, gue masih nggak tau, nih, akses belajarnya dari mana?”

Eits, tak perlu khawatir. Sobat Zenius bisa menikmati materi kelas 12 lewat video pembelajaran dari Zenius. Elo tinggal klik link di sini dan pilih mana materi yang ingin dipelajari. Selamat belajar, ya!

Zenius juga memberikan rekomendasi paket belajar buat elo tentang materi-materi sekolah yaitu Paket Zenius Aktiva Sekolah. Untuk berlangganan elo bisa klik banner dibawah ini dan dapatkan diskon hingga 80%!

Paket zenius aktiva sekolah
Paket Premium Zenius Aktiva Sekolah

Originally published: December 20, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!