materi kelas 7

Wajib Tahu, Ini Daftar Lengkap Materi Kelas 12 IPA Semester 1 & 2

Sobat Zenius lagi duduk di bangku kelas 11 SMA IPA, tetapi sudah merasa bingung apa saja materi kelas 12 yang akan dipelajari nanti? Hmm perasaan ini memang terkadang muncul begitu saja, lho. Apalagi, tahun depan sudah mulai kenaikan kelas, nih!

Wajar saja jika kita merasakan kebingungan tersebut. Dengan demikian, elo sudah mempunyai persiapan yang matang untuk menduduki bangku kelas 12 nanti. Meski demikian, elo juga harus tetap fokus untuk belajar materi kelas 11 ya, Sobat Zenius!

Buat elo yang sekiranya ingin tahu apa saja materi kelas 12 IPA nanti, gue akan coba merangkumnya di dalam artikel ini. Tanpa basa-basi lagi, yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Materi Kelas 12 Semester 1 IPA

materi kelas 12
Credit Image by pixabay.com

Untuk mata pelajaran sendiri, sejatinya tidak ada yang berubah sama sekali. Di kelas 12, elo akan belajar mata pelajaran yang sama seperti kelas 11, yaitu Kimia, Biologi, Matematika Wajib, Matematika Peminatan, Fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Nah, supaya elo tahu apa saja yang termasuk materi kelas 12 semester 1, gue akan memaparkannya satu per satu dari masing-masing mata pelajaran di jurusan IPA.

1. Fisika

Di kelas 11, elo mungkin belajar materi-materi Fisika yang berkaitan dengan suhu dan kalor, kesetimbangan dan dinamika rotasi, hingga fluida statis dan fluida dinamis. 

Nah, ketika Sobat Zenius sudah masuk ke bangku kelas 12 semester 1, ada banyak sekali materi Fisika menarik yang akan dipelajari.

Sobat Zenius pasti nggak asing dengan magnet, kan? Yap, di kelas 12 nanti elo akan belajar seputar magnet, mulai dari medan magnet, gaya magnet, hingga gaya gerak listrik (GGL).

Nggak hanya itu, elo juga akan belajar bab-bab tentang induksi elektromagnetik, listrik arus bolak-balik, gelombang elektromagnetik, listrik statis, dan listrik arus searah.

Baca Juga: Sumber Energi Tak Terbarukan dan Terbarukan – Materi Fisika Kelas 12

2. Biologi

Buat yang suka sekali mempelajari makhluk hidup, Biologi sudah pasti bakal menjadi mata pelajaran favorit elo!

Sobat Zenius akan mempelajari banyak sekali materi kelas 12 Biologi yang unik dan menarik di semester 1. Sejatinya, di semester 1 elo akan belajar kurang lebih 4-5 bab.

Di bab pertama elo akan mengenali perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan. Dalam bab ini, elo akan belajar subbab mengenai tumbuh-kembang hewan dan tumbuhan. 

Misalnya, elo akan belajar mengenai monokotil dan dikotil pada tumbuhan. Lalu, bagaimana terjadinya proses metamorfosis pada hewan. 

Selain itu, elo juga akan belajar bab menarik, seperti enzim dan metabolisme, materi genetik, hingga pembelahan sel. 

3. Kimia

materi kelas 12
Credit Image by pixabay.com

Di semester 1, elo akan belajar banyak hal baru dari mata pelajaran Kimia kelas 12. Pertama, elo akan belajar mengenai sifat koligatif larutan. Di sini elo akan belajar macam-macam sifat koligatif dan perbedaan antara larutan elektrolit dan non elektrolit.

Setelah itu, ada bab-bab menarik lainnya seperti redoks dan elektrokimia hingga kimia unsur. Pada bab kimia unsur, elo akan belajar unsur periode 3 dan unsur transisi periode 4 serta unsur radioaktif. 

4. Matematika Peminatan

Elo pasti sudah menyadari kalau Matematika Peminatan di jurusan IPA tingkat kesulitannya lebih tinggi ketimbang dengan Matematika Wajib. Di kelas 11, elo udah banyak belajar mengenai fungsi trigonometri, lingkaran, suku banyak, dan lain-lain.

Materi kelas 12 Matematika Peminatan semester 1 meliputi limit tak hingga dan limit fungsi aljabar dan trigonometri hingga turunan fungsi trigonometri. 

5. Bahasa Indonesia

Dikarenakan kelas 12 sudah memasuki penghujung pendidikan SMA, maka salah satu materi kelas 12 bahasa Indonesia yang biasanya diajarkan pada semester 1 adalah surat lamaran kerja. 

Pada bab tersebut, elo akan belajar mengenai ciri kebahasaan surat lamaran, konsep surat lamaran, unsur pentingnya, hingga penulisan surat lamaran kerja.

Tidak hanya itu saja, elo juga akan belajar mengenai teks cerita sejarah dan teks editorial.

Baca Juga: Surat Lamaran Kerja – Materi Bahasa Indonesia Kelas 12

Materi Kelas 12 Semester 2 IPA

materi kelas 12
Credit Image by pixabay.com

Gimana? Sudah ada gambaran, kan mengenai materi kelas 12 semester 1? Kalau udah, gue mau lanjut lagi ke materi kelas 12 semester 2. Pastinya, bakalan banyak sekali materi-materi menarik!

1. Fisika

Kalau di semester 1 elo belajar mengenai materi suhu dan kalor, kesetimbangan dan dinamika rotasi, hingga fluida statis dan fluida dinamis, di semester 2 akan beralih ke pembahasan seperti relativitas khusus, fisika inti, teknologi digital, hingga fisika kuantum.

Dalam relativitas khusus, materi-materi yang akan disampaikan kepada para siswa seperti dasar relativitas dan konsep lanjut relativitas. Nggak hanya itu saja, fisika kuantum pun akan dibagi menjadi dua, yaitu fisika kuantum 1 dan fisika kuantum 2.

Untuk fisika inti, elo juga akan belajar dasar fisika inti dan konsep lanjut fisika inti. Bagaimana? Sangat menarik, bukan?

2. Biologi

materi kelas 12 ipa
Credit Image by pixabay.com

Beralih ke materi kelas 12 Biologi semester 2, akan ada banyak hal menarik yang elo pelajari di sini. Pada semester 1 lo udah belajar mengenai pertumbuhan dan perkembangan hingga enzim dan metabolisme.

Memasuki semester 2, elo akan belajar salah satu bab yang bernama genetika dan pola hereditas. Dalam bab ini, ada juga pembahasan tentang hukum mendel.

Selain itu, elo juga akan mempelajari banyak bab, seperti evolusi, mutasi, hingga bioteknologi. Dalam pembelajaran evolusi, elo akan dijelaskan mengenai asal-usul kehidupan. 

3. Kimia

Di semester 1, elo udah banyak belajar hal mengenai Kimia, mulai dari sifat koligatif larutan, redoks dan elektrokimia, hingga kimia unsur.

Nah, materi kelas 12 Kimia semester 2 juga nggak kalah menarik, Sobat Zenius! Elo akan diajak untuk belajar mengenai isomeri, benzena, polimer, hingga biomolekul. 

Nggak hanya itu, elo juga akan belajar senyawa turunan alkana hingga mengidentifikasi senyawa karbon.

4. Matematika Peminatan

Memasuki semester 2, elo akan belajar materi yang cukup sulit dalam mata pelajaran Matematika Peminatan. Misalnya, elo akan mulai belajar mengenai statistik inferensial, di mana di dalamnya akan belajar materi-materi berikut:

  • Sampling
  • Nilai dan frekuensi harapan
  • Distribusi binomial
  • Distribusi normal
  • Hipotesis dan pengambilan kesimpulan

5. Bahasa Indonesia

Jika di semester 1 materi kelas 12 Bahasa Indonesia meliputi teks editorial, teks sejarah, dan surat lamaran kerja, di semester 2 elo akan belajar tentang nilai kehidupan novel, artikel opini, kritik sastra dan esai, hingga resensi nilai fiksi dan non fiksi.

Baca Juga: Perbandingan Kritik Sastra dan Esai – Materi Bahasa Indonesia Kelas 12

Nah, demikian materi kelas 12 yang wajib lo ketahui dari sekarang. Mungkin, elo udah mulai ada keinginan untuk mempelajarinya satu per satu dari sekarang. 

“Tapi, gue masih nggak tau, nih, akses belajarnya dari mana?”

Eits, tak perlu khawatir. Sobat Zenius bisa menikmati materi kelas 12 lewat video pembelajaran dari Zenius. Elo tinggal klik link di sini dan pilih mana materi yang ingin dipelajari. Selamat belajar, ya!

Bagikan Artikel Ini!