Panduan Belajar Materi Biologi Kelas 12 Semester Satu SMA

Materi Biologi Kelas 12 Semester Satu

Artikel ini adalah panduan belajar materi Biologi kelas 12 semester satu agar lo mendapatkan gambaran materi Biologi Kelas 12 secara garis besar. Artikel ini cocok banget buat lo yang butuh panduan belajar, apalagi lo yang sedang persiapan UTBK.

Banyak yang nanya: apa saja sih, materi biologi kelas 12?

Sederhananya, materi Biologi SMA kelas 12 tuh membahas seputar Sel, Genetika, Evolusi, dan Bioteknologi.

Menurut kurikulum nasional, materi Biologi kelas 12 dibagi menjadi tujuh bab. Umumnya, di semester satu kita mempelajari empat sampai lima bab. Ada apa aja, sih? Gue bisa belajar dari mana, ya? Simak semuanya di bawah.

Materi Biologi Kelas 12 BAB 1: Pertumbuhan dan Perkembangan

[Best_Wordpress_Gallery id=”38″ gal_title=”Pertumbuhan dan Perkembangan”]

Bertumbuh vs Berkembang

Di bab pertama lo bakal belajar perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan. Untuk menguasai bab ini lo harus tahu perbedaan berkembang dan bertumbuh dulu, ya.

Tumbuh-Kembang Tanaman

jaringan tumbuhan
Proses pertumbuhan pada tanaman (Foto dari Freepik)

Apa sih yang harus lo kuasai di subbab ini?  Banyak perbandingan nih, di bab ini! Cukup banding-bandingin tumbuhan aja, jangan orang lain!

  • Perbedaan Struktur Biji Tumbuhan (Monokotil dan Dikotil)
  • Tipe Perkecambahan (Hipogeal dan Epigeal)
  • Tipe Pertumbuhan Dalam Tumbuhan (Primer dan Sekunder)
  • Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tumbuhan (Intrinsik dan Ekstrinsik)

Tumbuh-Kembang Hewan

Gak cuma tumbuhan nih yang lo pelajari di bab ini, tumbuh-kembang hewan pun sama pentingnya!

  • Perkembangan Embrio Pada Hewan
  • Metamorfosis Pada Hewan

Materi Biologi Kelas 12 BAB 2: Enzim dan Metabolisme

[Best_Wordpress_Gallery id=”41″]

Enzim

Disini lo akan belajar banyak tentang cara kerja Enzim. Bagaimana sih Enzim berperan dalam tubuh? 

  • Mekanisme Kerja Enzim
  • Faktor yang Mempengaruhi Enzim

Metabolisme

Enzim berperan dalam menggerakkan seluruh reaksi yang ada di dalam suatu makhluk hidup. Nah, reaksi yang ada di dalam makhluk hidup itu kita sebut sebagai Metabolisme.

Katabolisme

  • Contoh yang paling sering dibahas adalah Respirasi Aerob

Anabolisme

Fotosintesis sebagai Contoh Reaksi Redoks
Sumber: freepik
  • Contoh reaksi Anabolisme yang sering dibahas di kelas adalah proses fotosintesis.

Materi Biologi Kelas 12 BAB 3: Materi Genetik

[Best_Wordpress_Gallery id=”40″]

Struktur dan Komponen DNA dan RNA

DNA

Di bab 3, lo akan membahas nukleotida yang disusun oleh DNA dan RNA. Apa perbedaannya? Bagaimana DNA mempengaruhi sifat manusia? Apa yang terjadi dalam DNA? 

Replikasi Transkripsi dan Translasi

  • Proses Transkripsi
  • Modifikasi Pasca Transkripsi
  • Kode Genetik
  • Proses Translasi
  • Kodon

Kalau lo menguasai bab ini, lo akan lebih mudah mempelajari bab 5, yang juga membahas genetika.

Materi Biologi Kelas 12 BAB 4 : Pembelahan Sel

[Best_Wordpress_Gallery id=”39″ gal_title=”Pembelahan Sel”]

Di bab ini, lo akan diperkenalkan dengan cara sel memperbanyak diri.

Mungkin lo sering dengar istilah mitosis dan meiosis di pelajaran biologi kelas 10, ya? Nah, di kelas 12 ini lo bakal belajar lebih dalam lagi tentang prosesnya. 

Siklus Sel

Apa proses yang terjadi di fase-fase ini?:

  • Profase
  • Metafase
  • Anafase
  • Telofase
  • Sitokinesis

Pembelahan Sel

Mitosis sel

  • Mitosis dan Meiosis, gimana sih cara pembelahannya?

Kanker

Spoiler, nantinya lo bakal belajar soal kanker juga. Kanker sendiri adalah suatu sel yang proses pembelahannya tidak teratur atau terganggu maka menyebabkan gumpalan (tumor). Seonggok sel yang tidak fungsional ini bisa melahap berbagai makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga sel lain gak kebagian.

Begitulah materi yang akan lo pelajari di semester satu Biologi Kelas 12. Mau lanjut ke bab selanjutnya? Panduan Belajar Materi Biologi Kelas 12 Semester Dua ada di sini!

Baca Juga:

Panduan Belajar untuk UTBK Biologi

Belajar Apa di Jurusan Biologi?

Tips Persiapan Belajar UN SMA Biologi

Bagikan Artikel Ini!