Panduan Belajar Materi Biologi Kelas 12 Semester Dua SMA 25

Panduan Belajar Materi Biologi Kelas 12 Semester Dua SMA

Artikel ini adalah panduan belajar materi Biologi kelas 12 semester dua mulai dari bab 5 sampai bab 7.

Jika lo ada di artikel ini sekarang, mungkin lo datang dari artikel panduan belajar yang sebelumnya. Kalau belum, segera cek Panduan Belajar Materi Biologi Kelas 12 Semester Satu!

Materi Biologi Kelas 12 yang Ada Di Semester Dua, Apa Saja? 

Biasanya, agar pelajar kelas 12 fokus pada UTBK dan persiapan kuliah, semester satu hanya mencakup bab satu sampai bab lima. Dengan begitu, pelajar kelas 12 hanya belajar bab enam dan bab tujuh saja. Namun, tidak sedikit juga yang menaruh bab lima di semester dua, tergantung gurunya ya!

BAB 5: Genetika dan Pewarisan Sifat

Di bab lima lo akan belajar utamanya tentang Hukum Mendel, Penyimpangan Hukum Mendel, dan Mutasi Kelainan Genetik. Pernah enggak sih lo kepikiran, “kok gue mirip banget sama bapak, ya?”  Lo bakal menemukan jawabannya di bab ini!

Hukum Mendel

  • Persilangan Monohibrid dan Dihibrid

Penyimpangan Hukum Mendel

  • Dominasi Tidak Sempurna
  • Polimeri
  • Pleiotropi

Mutasi dan Kelainan Genetik

  • Mutasi Gen
  • Mutasi kromosom

Video pembahasan dan contoh soal genetika dan pewarisan sifat

BAB 6: Evolusi

Apa yang dimaksud dengan evolusi? Bagaimana evolusi bisa terjadi? Apakah evolusi akan terus terjadi? Di bab ini, lo harus paham asal-usul evolusi serta teorinya.

Asal-Usul Kehidupan

Apakah lo pernah bertanya-tanya dari mana asal makhluk hidup? Lo bukan orang pertama yang bertanya demikian! Yuk hafalin penganut-penganut berikut beserta teori mereka:

  • Teori Abiogenesis
    • Aristotle
    • John Needham
  • Teori Biogenesis
    • Fransesco Redi
    • Lazzaro Spallanzani
    • Louis Pasteur

Mekanisme Evolusi

Bagaimana evolusi bisa terjadi? Kenapa manusia memiliki akal dan pikiran yang lebih baik daripada hewan? Apakah dinosaurus sudah benar-benar punah? Di subbab ini lo harus tau apa yang menyebabkan evolusi!

  • Seleksi Alam
  • Hanyutan Genetika
  • Mutasi

Video pembahasan dan contoh soal Evolusi

BAB 7: Bioteknologi

Bab ini merupakan bab yang lebih pendek dibandingkan dengan bab lain. Eits, bukan berarti ini tidak penting, ya. Justru bab ini berguna sekali untuk membuka wawasan lo tentang sejauh mana  peradaban manusia telah berkembang!

  • Prinsip Bioteknologi

Dalam bab ini lo bakal belajar cara memanfaatkan makhluk hidup untuk kemudahan kehidupan kita sehari-hari.

  • Bioteknologi Konvensional

Bioteknologi konvensional juga bisa disebut sebagai Bioteknologi tradisional. Contohnya adalah fermentasi.

  • Bioteknologi Modern

Bioteknologi Modern mencakup utak-atik DNA, modifikasi genetik, dan lain-lain. Contohnya adalah kloning domba dolly.

Itulah garis besar materi Biologi kelas 12 semester dua. Dengan guide ini, lo bisa mengira-ngira materi apa yang belom lo kuasai, dan lo juga bisa pakai panduan sederhana ini sebagai patokan untuk persiapan ujian lo. 

Lalu, gimana sih cara belajar Biologi Kelas 12 untuk UTBK 2022? Live Class ini cocok banget menjawab kekhawatiran, lo nih! Ini gratis loh, jadi gak ada ruginya kalau lo nonton!

Panduan Belajar Materi Biologi Kelas 12 Semester Dua SMA 26
Klik untuk menonton siaran ulang Curi Start: Materi Biologi Kelas 12 bareng Ghufron di aplikasi Zenius!

Di aplikasi Zenius, semua pembahasan materi Biologi gue jamin lengkap, padat, dan jelas. Ditambah lagi ada Zencore yang bisa ngasah fundamentals lo!

Panduan Belajar Materi Biologi Kelas 12 Semester Dua SMA 27

Baca Juga:

Apakah Mutasi Genetik Selalu Berbahaya?

Kupas Tuntas Materi Bioteknologi

Berbagai Pandangan Keliru tentang Teori Evolusi