OSPEK Online, Emangnya Perlu? | KTTJ

OSPEK Online, Emangnya Perlu? | KTTJ 25

Artikel ini membahas OSPEK online dan kepentingannya bagi mahasiswa. Apakah mengadakan OSPEK tetap ada saat kuliah online diperlukan?

OSPEK Online, Emangnya Perlu? | KTTJ 26
Klik untuk menonton siaran ulang KTTJ: Kuliah Online, Masih Ada OSPEK? di aplikasi Zenius!

Menurut kalian, OSPEK online penting nggak sih?

View Results

Loading ... Loading ...

Untuk para mahasiswa mahasiswa lama, mungkin sudah jenuh mendengar kata OSPEK. Teringat masa-masa harus berjemur di bawah terik matahari sambil dengerin komting ceramah tentang ini itu. Tapi, untuk mahasiswa baru maupun siswa yang masih duduk di bangku kelas 12, lo pasti nggak kebayang OSPEK online. Lagian, emangnya OSPEK itu sepenting apa sih harus diadakan juga pas belajar online?

Sejarah OSPEK

Pada tahun 1901 di zaman kolonial Hindia-Belanda,Pribumi yang awalnya tidak bisa bersekolah diberi akses untuk mencicipi rasanya bersekolah bersama dengan bangsa Eropa. Terbentuklah sistem orientasi mahasiswa yang saat itu bernama ontgroening. Namun, mengutip dari Liputan6, proses ontgroening terbilang kasar dan tidak manusiawi. Senioritas sangat kental, begitu pula dengan xenophobia. Kegiatan-kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang menyakitkan dan merendahkan harga diri orang diduga diawali dengan kekejaman ontgroening pada kala itu. Namun, seringnya waktu, kegiatan OSPEK yang tidak mendidik berkurang dan digantikan dengan kegiatan edukatif yang tentunya lebih seru!

OSPEK sendiri adalah singkatan dari Orientasi Studi Pengenalan Kampus. Pada dasarnya, OSPEK adalah kegiatan yang membantu mahasiswa baru mengenal lingkungan baru mereka! Biasanya di perkuliahan, OSPEK dibagi menjadi tiga: Ospek Universitas, Ospek Fakultas, dan Ospek Jurusan.

Durasi OSPEK universitas, fakultas, dan jurusan juga berbeda-beda. Biasanya OSPEK universitas hanya diadakan 2 sampai 3 hari, sedangkan untuk fakultas dan jurusan sangat relatif tergantung dengan kegiatan yang disediakan. Maka dari itu, beda kampus juga beda OSPEK-nya! Yang sampai satu semester juga ada, lho.

OSPEK Online itu penting nggak sih?

OSPEK ternyata ada tujuan pentingnya, apa saja?

  1. Memperkenalkan Lingkungan Universitas

  2. Mempercepat beradaptasi

  3. Kenalan dengan teman seangkatan dan kakak tingkat

  4. Memperkenalkan program dan kegiatan yang ada

Nah, tujuan-tujuan di atas menunjukkan bahwa sebenarnya OSPEK itu penting banget, guys! Tanpa OSPEK lo akan sulit mengenal orang baru karena nggak ada yang menjembatani lo dengan orang-orang baru, apalagi kalau lo orang yang pemalu!

Ada juga kegiatan OSPEK yang nggak mendidik. Wah yang kayak gimana tuh? Contoh, kalau aktivitasnya cuma ngomel-ngomel, terus lo disuruh melakukan hal ini itu tanpa consent lo seperti disuruh push-up 100x atau teriak-teriak di tengah jalan, bahkan yang mengharuskan mengeluarkan uang untuk beli hal yang gak wajar….hm.. Zen sih kurang bisa melihat ya bagaimana kegiatan seperti itu dapat mendidik, lebih kayak menjatuhkan!

Apa kegiatan OSPEK yang bermanfaat? Banyak sekali hal-hal yang bisa dimanfaatkan pada masa OSPEK kampus. Salah satunya adalah kegiatan yang meningkatkan kreativitas dan problem skill lo seperti membuat teka-teki seru sambil buka diskusi grup sampai melakukan permainan ice breaking!

Baca juga: 7 Game Ice Breaking Agar Belajar Makin Asik

Lalu, bagaimana dengan OSPEK online? apakah tetap memiliki bobot yang sama seperti OSPEK biasa? tujuan OSPEK online dengan OSPEK biasa masih sama kok friends, terutama untuk memperkenalkan kampus yang sayangnya belum bisa lo kunjungi secara langsung. Apalagi, pandemi mempersulit kita untuk bertemu dengan teman-teman baru. OSPEK online akan sangat membantu untuk menjadi wadah kalian mencari pertemanan baru! Selain itu, apa saja sih kegiatan OSPEK online?

Kegiatan OSPEK Saat Kuliah Online

Kalau dulu rumornya OSPEK mahasiswa suka berjemur di terik matahari, saat masa pandemi apakah sekarang juga harus begitu?! Meskipun dilanda pandemi, panitia kemahasiswaan ternyata ada aja idenya! Banyak kampus yang memanfaatkan media sosial sebagai wadah kegiatan orientasinya. Dan hasilnya banyak yang keren dan patut diacungkan jempol.

Buktinya banyak banget video OSPEK online yang viral di berbagai media sosial seperti tiktok, instagram, dan twitter yang kreatif dan lucu!

Kegiatan OSPEK online
Contoh kegiatan OSPEK online. (Dok: @zzalf, @cerliii, @studyare)

 

Eits, sebenernya seru-seru aja sih Ospek dengan media sosial, tapi jangan ada pemaksaan untuk mengunggah konten yang nggak wajar dan merendahkan diri seseorang, itu mah namanya penindasan!

Nggak Ikut OSPEK Online, Rugi Nggak Sih?

Gue sendiri pernah ninggalin osjur (OSPEK jurusan) pas masih kuliah nih, dan jujur, gue ngerasa ketinggalan banyak! Gue kemakan sama omongan orang yang bilang OSPEK itu gak seru, cuman ajang kating sandiwara aja. Ternyata, osjur-nya seru banget dan beda dari stereotip yang gue denger. Alhasil, gue kesulitan untuk berteman dan harus mengeluarkan usaha lebih untuk berkenalan dengan teman seangkatan terutama kakak tingkat.

Menghindari OSPEK online jauh lebih mudah lagi, karena biasanya tugas dilakukan secara sendiri-sendiri tentunya secara daring. Namun, OSPEK online lebih mudah diakses, bukan? Nggak ada salahnya keluar dari zona nyaman dan mengikuti masa orientasi mahasiswa. Kalau ternyata nggak sejalan atau membuat lo nggak nyaman, lo bisa beri kritik dan saran ke anggota himpunan/organisasi yang bertanggung jawab!

Mau tanya jawab langsung dengan tutor Zenius secara GRATIS? Simak Kamu Tanya Tutor Jawab setiap hari Sabtu jam 19.00!


OSPEK Online, Emangnya Perlu? | KTTJ 27

Baca juga: 

Kuliah di Luar Negeri, Mulai Dari Mana?

Perbedaan KRS dan SKS

IP dan IPK, Apa Perbedaannya? 

Bagikan Artikel Ini!