IP dan IPK

IP dan IPK, Apa Perbedaannya? | Zenius Siap Ngampus

Buat lo yang masih di bangku SMA apalagi yang sedang menjalani kelas 12, Zen punya pertanyaan, nih. Lo tau gak sih apa yang dimaksud dengan IP dan IPK? Kalau belum tahu, lo bisa kewalahan saat kuliah nanti! Daripada bingung, mending simak artikel berikut!

IP dan IPK, Apa Perbedaannya? | Zenius Siap Ngampus 57
Klik untuk menonton siaran ulang Zenius SIap Ngampus: Apa Bedanya IP dan IPK? di aplikasi Zenius!

Apa itu IP?

IP dan IPK, Apa Perbedaannya? | Zenius Siap Ngampus 58
Contoh IP semester tujuh. (Dok: Zenius)

IP adalah kependekan dari Indeks Prestasi. IP hanya menunjukkan keseluruhan nilai kuliah per semester. Jadi, IP lo setiap semester bisa berbeda-beda tergantung dengan nilai mutu yang lo dapat selama satu semester tersebut.

Apa itu IPK?

IP dan IPK, Apa Perbedaannya? | Zenius Siap Ngampus 59
Contoh IPK semester satu sampai tujuh (Dok: Zenius).

IPK adalah kependekan dari Indeks Prestasi Kumulatif. Berbeda dengan IP, IPK merupakan hasil keseluruhan nilai lo dari semester awal sampai semester terakhir. Jika lo mendapatkan IP di semester 1 berjumlah 3.20 dan IP di semester 2 berjumlah 3.70, maka IPK lo akan menyesuaikan dengan menjumlahkan kedua IP semester lo.

IP dan IPK di indonesia memiliki nilai mutu dari 1 sampai  4 yang dapat diubah kedalam bentuk huruf seperti berikut:

IP dan IPK, Apa Perbedaannya? | Zenius Siap Ngampus 60

Ada juga beberapa kampus yang menggunakan + dan – seperti A-, B+, dan lain-lain. Keberadaan + dan – pada huruf mutu pun juga akan merubah nilai mutu yang akan lo dapatkan.

Jadi, perbedaan IP dan IPK memiliki karakteristik yang sama namun fungsi yang sedikit berbeda. IP adalah nilai per semester, dan IPK adalah nilai gabungan dari keseluruhan semester! 

Bagaimana Cara Melihat IP dan IPK?

Meskipun setiap kampus memiliki regulasi yang berbeda-beda, biasanya lo dapat menemukan nilai IP dan IPK lo di situs khusus mahasiswa dari kampus masing-masing. Lo akan diberikan akun untuk dapat mengakses ke situs tersebut agar lo bisa melihat hasil jerih payah lo di kampus. Jangan khawatir, IP dan IPK bersifat private, jadi yang bisa melihat hasil nilainya hanya lo sebagai pemilik akun saja. Kecuali kalau lo mau pamer nilai, ya. Bangga sama diri sendiri gak ada salahnya!

Cara Membaca IP dan IPK

Mutu IP dan IPK juga bergantung pada besarnya SKS dan KRS yang  telah lo ambil. Gimana sih, maksudnya? Coba perhatikan gambar dibawah ini!

IP dan IPK, Apa Perbedaannya? | Zenius Siap Ngampus 61
Contoh hasil IP semester satu (Dok: Zenius).

 

Agnes mengambil mata kuliah Prose Studies yang berjumlah 4 SKS dan Basic Grammar yang berjumlah 2 SKS. 

Hasil kartu kemajuan studi Agnes menunjukkan dia mendapatkan nilai mutu A untuk Prose Studies dan C untuk Basic Grammar. Meskipun Agnes mendapatkan huruf mutu C yang dapat menurunkan IP, IP Agnes terbantu oleh mata kuliah Prose Studies yang mendapatkan nilai A dengan jumlah SKS yang besar.

Berbeda dengan Tika yang mengambil mata kuliah yang sama dengan Agnes, Tika mendapatkan huruf mutu B dalam masing-masing pelajaran. IP Tika semester itu berjumlah 3.00. Lho, kok tetep 3.00? Karena semua mata kuliah yang Tika telah ambil mendapatkan nilai dengan angka mutu yang sama yaitu 3 atau bisa disebut B. Dengan demikian, tidak ada yang mendorong nilai Tika untuk turun maupun naik.

Setelah 2 semester berakhir, Agnes dan Tika melihat transkrip nilai mereka yang telah diunggah di situs kampus masing-masing:

IP dan IPK, Apa Perbedaannya? | Zenius Siap Ngampus 62
IPK semester satu sampai dua. (Dok: Zenius)

Grafik menunjukkan bahwa hasil akhir Agnes adalah 3.00 dan Tika mendapatkan 2.82. Meskipun nilai Agnes memiliki dua buah C, bukan berarti nilai Agnes lebih rendah. Tabel tersebut menunjukkan bahwa nilai A yang memiliki bobot angka mutu berjumlah 4 sangat mempengaruhi IP dan IPK kamu, guys! Jadi kamu harus mengatur strategi belajar kamu agar dapat mendapatkan nilai semaksimal mungkin!

Baca: Belajar dari akar dengan Zencore

Zen, gue harus dapet IPK berapa untuk cumlaude?

Lulus dengan pujian bisa lo dapatkan jika IPK lo diatas 3.50. Apakah susah mendapatkan IPK 3.50? Tergantung dari kerajinan dan cara belajar lo guys! Lo harus bisa membuat rencana dari jauh-jauh hari, agar dapat mendapatkan nilai yang membanggakan. Salah satu cara mempersiapkannya adalah dengan menonton terus free live class di aplikasi Zenius! 

Apakah IPK penting untuk kerja?

Ini adalah pertanyaan yang sering banget muncul dikalangan pelajar baik SMA maupun kuliah. Jawabannya lebih simple dari yang lo duga, Sobat Zen: Tergantung job seeker. Ada perusahaan yang tidak memperhatikan performa akademik lo, ada yang lebih memperhatikan skill, ada juga yang menjadikan IPK sebagai pertimbangan yang tinggi.

Saran dari Zen, lo harus menjaga IPK diatas 3.00. Kok begitu? Memiliki IPK yang baik beresiko lebih rendah apalagi jika lo ingin melanjutkan studi lo ke jenjang yang lebih tinggi. Zen tidak bilang kalau lo punya ipk di bawah 3.00, lo gak akan dapet kerja, lho. But, better be safe than sorry, right?

Nah itu dia penjelasan IP dan IPK. Banyak pertanyaan soal persiapan ngampus? Yuk be prepared bareng Zenius di Zenius Siap Ngampus! Kamu bisa nonton siaran langsungnya setiap hari Selasa jam 17.00 WIB. Jangan sampai ketinggalan, ya!IP dan IPK, Apa Perbedaannya? | Zenius Siap Ngampus 63

Baca Juga:

Perbedaan KRS dan SKS

Sistem Bayar Kuliah di PTN

5 Tips Mengerjakan UTBK