menghemat waktu pengerjaan tps utbk

5 Tips Menghemat Waktu Pengerjaan TPS UTBK

Dalam mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, terutama SBMPTN, kita akan bertemu dengan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan juga Tes Kemampuan Akademik (TKA). Keduanya memiliki perbedaan seperti dalam hal waktu pengerjaan TPS UTBK yang berbeda dengan waktu pengerjaan TKA UTBK.

Selain dalam hal waktu pengerjaan, perbedaan lainnya adalah dalam hal materi yang diujikan di mana TPS berisi soal-soal yang menguji kemampuan verbal, matematika dasar, membaca menulis, dan kemampuan lain yang terkait. Adapun TKA mengujikan kemampuan kita dalam materi jurusan seperti fisika, kimia, geografi, ekonomi, dan materi lainnya. 

Selain terdapat perbedaan, ada juga persamaan yang dimiliki TPS dan TKA. Salah satunya adalah waktu yang dimiliki untuk mengerjakannya terbatas. Iya, benar waktunya terbatas dan jangan heran kalau sampai waktu habis ternyata kamu tidak berhasil menyelesaikan setiap soal yang diujikan. Oleh karenanya, berikut adalah tips untuk menghemat waktu pengerjaan TPS UTBK yang juga dapat diaplikasikan dalam TKA. 

Kenali Dulu Apa itu TPS UTBK

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengenali apa itu TPS UTBK. Bisa diawali dari mengenal soal-soal seperti apa yang diujikan di dalamnya. Kamu juga bisa mencari tahu berapa waktu yang dialokasikan untuk mengerjakannya dari tahun ke tahun karena boleh jadi terdapat perubahan regulasi. Kalau sudah kenal betul, saatnya beranjak ke langkah selanjutnya. 

menghemat waktu pengerjaan tps utbk
Photo by Avery Evans on Unsplash

Biasakan Dirimu dengan Waktu Pengerjaan TPS UTBK 

Waktu yang kamu miliki untuk mengerjakan memang terbatas. Karenanya, kamu perlu menyesuaikan diri untuk mengerjakan soal-soal TPS UTBK dalam waktu yang disediakan. Hal ini dapat kamu latih dengan cara mengikuti try out yang banyak diselenggarakan oleh berbagai pihak mulai dari sekolahmu sampai dengan try out online yang diselenggarakan oleh Zenius. 

Dengan membiasakan diri dengan waktu yang terbatas ini, kamu jadi tidak usah kaget lagi saat benar-benar berhadapan dengan TPS UTBK nanti. 

Fokus Selama Pengerjaan Soal TPS UTBK

Sejak dari saat latihan sampai dengan hari H TPS UTBK, biasakan dirimu untuk tetap fokus selama mengerjakan soal. Jangan buang waktumu untuk hal yang tidak perlu misalnya memikirkan hal lain di luar TPS UTBK padahal kamu sedang berhadapan dengannya. 

Untuk itu, ada baiknya kamu belajar untuk fokus dan kalau bisa malah sejak jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan TPS UTBK. Fokus di sini tidak sebatas pada menghindari memikirkan hal yang tidak perlu melainkan juga termasuk hal-hal seperti garuk-garuk dan sebagainya.

Susun Strategi Pengerjaan Soal TPS UTBK

Cara berikutnya untuk menghemat waktu pengerjaan soal TPS UTBK adalah dengan menyusun strategi. Misalnya kamu memilih untuk membaca semua soal sebelum memutuskan ingin mulai dari soal yang mana terlebih dahulu. 

Strategi tersebut bisa juga dikombinasikan dengan strategi memulai dari soal yang mudah sebelum beranjak ke soal yang lebih kompleks. Dengan demikian, kamu tidak kehabisan waktu untuk mengerjakan soal sulit padahal banyak soal mudah yang belum dikerjakan. 

Alokasikan Waktu Pengerjaan TPS UTBK

Langkah lainnya adalah dengan mengalokasikan waktu pengerjaan TPS UTBK atau dalam hal ini berarti membuat jadwal. Misalnya, untuk mengerjakan TPS UTBK kamu diberi waktu selama 120 menit. Dari sana kamu membuat jadwal di menit ke berapa kamu harus selesai membaca soal, di menit ke berapa kamu harus selesai dengan soal mudah, dan seterusnya. 

Demikian beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat waktu pengerjaan TPS UTBK yang juga bisa diaplikasikan di TKA. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat buat kamu dan sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Bagikan Artikel Ini!