rumus balok 1

Rumus Balok: Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok

Artikel ini membahas mengenai konsep rumus volume dan luas permukaan balok.

Kalo di artikel sebelumnya kita udah bahas mengenai Kubus, sekarang kita move on ke jenis bangun ruang selanjutnya yaitu Balok. Penerapan dari balok sendiri juga banyak kita temukan di kehidupan sehari-hari, seperti penghapus papan tulis, balok kayu, kolom, dan lain-lain. 

Dilansir dari website Geometri jurusan MIPA Universitas Gadjah Mada (UGM), balok didefinisikan sebagai bangun ruang yang dibatasi dengan 6 bidang berbentuk persegi atau persegi panjang atau keduanya, serta memiliki 12 rusuk, dan 8 titik sudut. Lantas apa bedanya dengan kubus? 

Nah untuk lebih lengkapnya, pada artikel ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri balok, rumus luas permukaan balok, rumus volume balok, dan juga contoh soalnya, jadi baca artikel ini sampe abis ya 🙂

 

Ciri-ciri Balok

Salah satu hal yang paling membedakan antara kubus dan balok adalah, kalo kubus panjang semua rusuknya sama, karena terdiri dari bidang berbentuk persegi, sementara hal ini tidak berlaku pada balok. 

rumus balok 1
Bangun Ruang – Balok

Balok biasanya terdiri dari 3 pasang yang berbentuk persegi atau pun persegi panjang, dimana minimal 1 pasang diantaranya memiliki ukuran yang berbeda. Berikut dibawah ini ciri-ciri balok: 

  • Memiliki total 12 rusuk, yang terdiri dari 4 rusuk panjang, 4 rusuk lebar, dan 4 rusuk tinggi. 
  • Sisi balok berbentuk persegi panjang atau persegi panjang dan persegi.
  • Memiliki 6 sisi, yang terdiri dari 3 pasang, yaitu sisi depan-belakang, sisi atas-bawah, dan sisi kiri-kanan. 
  • Memiliki total 8 sudut. 
  • Memiliki 12 diagonal sisi yang terdiri dari 3 diagonal yang sama panjang untuk setiap pasangan sisi. 
  • Memiliki 4 diagonal ruang yang sama panjang. 

 

Rumus Luas Permukaan Balok

Secara matematis, rumus luas permukaan balok disusun sebagai berikut

Rumus Balok: Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok 41Keterangan: L = luas permukaan (Rumus Balok: Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok 42);p= panjang (m); l= lebar (m); t=tinggi (m). 

Sama halnya dengan kubus, rumus luas permukaan balok ini juga sebenarnya kalo kita paham konsep dari bangun ruang balok, kita bisa dengan mudah mengingatnya. Balok memiliki karakteristik memiliki 3 pasang bangun datar yang berukuran sama, itulah kenapa setiap sisi pada rumus luas permukaan balok dikalikan dengan 2. 

contoh soal luas permukaan balok

Rumus Volume Balok

Secara matematis, rumus volume balok disusun sebagai berikut

Rumus Balok: Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok 43 Keterangan: V= Volume (Rumus Balok: Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok 44); p= panjang (m); l=lebar (m); t=tinggi (m).

Begitu juga dengan balok, kalo kubus rumus volumenya Rumus Balok: Rumus Volume dan Luas Permukaan Balok 45,kalo pada balok, maka rumus nya jadi panjang x lebar x tinggi, karena ukuran ketiganya nya tidak sama, atau minimal 1 sisi memiliki ukuran yang berbeda. 

contoh soal volume balok

Kurang lebih itu guys pembahasan mengenai bangun ruang balok, mudah bukan? Kalo kalian mau liat pembahasan mengenai bangun ruang balok dalam bentuk video singkat dan dijelasin oleh tutor matematika dari zenius, kalian bisa banget akses videonya di materi bangun ruang balok secara gratis lho! Cuma perlu login. Semoga artikel ini membantu kalian ya guys, selamat belajar!

 

Baca Juga Artikel Lainnya!

Kumpulan Rumus Matematika Lengkap

Cara Mudah Menghitung Persen

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran