Penjelasan Tes Matematika Dasar dan 5 Tips agar Lolos Tes Psikotes

tes matematika dasar

Sobat Zenius tahu gak kenapa dalam ujian SBMPTN, masuk kedinasan, bahkan rekrutmen kerja terdapat tes matematika dasar? Secara umum, matematika dasar digunakan untuk menilai kemampuan berhitung peserta ujian dalam menyelesaikan persoalan matematika. 

Sebenarnya dalam tes ini, elo akan mengerjakan soal yang berkaitan dengan konsep-konsep dasar matematika, seperti operasi hitung bilangan, bentuk pangkat dan akar, bangun datar dan bangun ruang, dan sebagainya. 

Jadi, saat belajar matematika dasar untuk ujian itu sama saja dengan belajar materi Matematika di SD, SMP, dan SMA alias gampang banget hehehe…

Nah, simak penjelasan berikut untuk tahu lebih lanjut mengenai apa itu tes matematika dasar, tujuannya, serta tips atau cara belajar agar mendapatkan skor tinggi dalam tes ini. Check it out!

tes matematika dasar
Illustrasi belajar matematika dasar (Dok. freepik.com)

Apa Itu Tes Matematika Dasar?

Pasti elo mikir apa sih tes matematika dasar? Kenapa kalau ikut SBMPTN, ujian masuk kedinasan, ujian CPNS, maupun rekrutmen kerja di perusahaan swasta harus mengikuti tes ini?

Nah, seperti yang udah gue sebutkan sebelumnya, dengan mengikuti tes matematika dasar maka kemampuan matematika yang elo miliki akan diuji, seperti bagaimana elo menyelesaikan persoalan matematika dengan durasi waktu tertentu.

Tes ini biasanya ditemukan dalam psikotes yang dilakukan saat melamar pekerjaan maupun saat ujian masuk universitas. Soal dalam matematika dasar psikotes mencakup angka dan operasi hitung, geometri, pecahan, desimal, dan persen, analisis dan statistik data, dan aljabar dasar. 

Matematika dasar psikotes itu masuk dalam tes logika, di mana berkaitan dengan kemampuan analisis dan problem solving

Jadi, tentu saja saat elo ingin masuk universitas ataupun melamar pekerjaan di suatu perusahaan harus mengikuti tes ini. Karena tes ini akan membantu elo memecahkan dan menyelesaikan masalah sehari-hari entah dalam lingkungan perkuliahan maupun pekerjaan.  

Dalam ujian nanti, peserta akan diberikan beberapa jumlah soal yang harus diselesaikan dengan durasi waktu tertentu dan tidak boleh menggunakan alat bantu hitung seperti kalkulator. 

Jadi, walaupun soal dalam tes ini mencakup konsep dasar matematika, namun tetap saja elo harus belajar matematika dasar melalui latihan soal-soal atau mengikut bimbel agar nantinya bisa lolos dalam ujian masuk universitas atau saat melamar pekerjaan. 

Elo gak bisa hanya mengandalkan hafalan saat ingin menjawab soal matematika dasar psikotes karena bisa saja nanti semua materi yang elo hafal tersebut tiba-tiba hilang jika pikiran sedang terdesak atau tertekan. 

Oleh sebab itu, penting banget untuk memiliki pemahaman terhadap konsep dasar matematika yang kuat, sehingga nanti saat sedang mengerjakan soal dengan waktu yang sangat terbatas, elo tetap bisa menganalisis dan menyelesaikannya dengan cara serta solusi yang tepat. 

Oke, karena elo sudah tahu apa itu tes matematika dasar, tujuan, dan juga pentingnya, pasti sekarang elo mikir apa sih tips agar bisa lolos tes tersebut? 

Tenang aja, berikut ini gue bakal jabarkan 5 tips agar lolos tes. Simak penjelasan di bawah ini.

5 Tips Lolos Tes Matematika Dasar

Secara umum, tips agar lolos tes ini adalah dengan belajar dan memahami konsep dasar matematika. Namun, selain melakukan hal tersebut, Sobat Zenius juga harus menyiapkan atau mengatur strategi lainnya sehingga saat mengerjakan soal matematika dasar psikotes dapat dilakukan secara maksimal. 

Jadi, apa saja tips lolos tes yang bisa elo lakukan?

Atur Waktu

Agar lolos ujian, tentu hal yang paling penting dan utama untuk dilakukan adalah belajar matematika dasar. Jadi, elo harus pintar dalam mengatur dan meluangkan waktu untuk belajar.

Walaupun soal dalam matematika dasar psikotes mencakup materi yang bisa dikatakan cukup mudah, namun jika elo hanya belajar H-1 atau sering disebut dengan sistem kebut semalam (SKS) maka hasilnya tentu akan kurang baik. 

Jadi, elo harus bisa mengatur waktu luang misalkan sehari satu jam untuk belajar materi dan latihan soal untuk tes matematika dasar. Elo bisa lihat dan belajar matematika dasar materinya di sini.

Memperkuat Fundamental Skill

Sebenarnya kalau elo ingin bisa memahami konsep dasar matematika dengan lebih cepat saat belajar, elo harus bisa mengembangkan dan memperkuat fundamental skill yang dimiliki. 

Fundamental skill itu penting banget karena berkaitan dengan pondasi dalam logika berpikir yang biasanya diasah dalam pelajaran Matematika.

Fundamental skill juga berguna agar nantinya bisa berpikir lebih kritis dan rasional. Sehingga, saat elo akan mengikuti tes matematika dasar, maka fundamental skill juga harus di-upgrade

Nah, kalau elo ingin melatih dan memperkuat fundamental skill yang dimiliki, bisa banget menggunakan fitur ZenCore dari Zenius. 

ZenCore menggunakan metode adaptive learning dan cocok banget untuk segala usia dan berbagai tujuan seperti persiapan AKM, UTBK, ujian mandiri universitas, ujian masuk sekolah kedinasan, tes CPNS, hingga rekrutmen pekerjaan.

Seru banget gak sih? Boleh banget elo coba pakai ZenCore dengan download aplikasinya melalui App Store atau Google Play.

Berlatih Soal

Untuk lolos tes matematika dasar, elo tidak cukup hanya belajar materi dan konsep dasar matematika, namun juga perlu berlatih soal-soal. Hal ini berguna agar elo terbiasa terhadap jenis-jenis soal saat ujian. 

Saat terbiasa berlatih soal dalam mempersiapkan tes, maka cara berpikir elo juga akan beradaptasi dan terbiasa. Sehingga nantinya saat melihat soal, elo bisa dengan cepat tahu bagaimana cara mengerjakan dan menyelesaikan soal tersebut.

Melatih Kecepatan 

Seperti yang udah gue jelaskan sebelumnya, saat ujian dilakukan, elo akan menjawab sejumlah soal dengan durasi waktu yang bisa dibilang terbatas. Sehingga, elo perlu melatih kecepatan dalam menjawab soal.

Nah, karena adanya aturan ini, tentu elo tidak hanya bisa belajar untuk tes matematika dasar dalam satu malam, namun perlu dipersiapkan dan dipraktikkan jauh-jauh hari. 

Elo bisa coba set waktu saat mengerjakan latihan soal sesuai dengan batas waktu saat ujian sebenarnya. 

Melatih Fokus dan Konsentrasi

Saat mengerjakan soal dalam tes matematika dasar, elo harus fokus dan berkonsentrasi dengan baik agar dapat memahami apa maksud soal dan tidak terkecoh terhadap soal jebakan. Itulah kenapa memahami konsep dasar matematika menjadi hal yang penting alih-alih menghafal materi.

Dengan meningkatkan fokus dan konsentrasi, elo pasti bisa dengan cepat dan mudah menyelesaikan soal tes matematika dasar yang ada. Kunci dalam mengerjakan psikotes adalah tenang dan tidak buru-buru. 

Sobat Zenius, itulah penjelasan mengenai apa itu tes matematika dasar, tujuannya, dan tips agar lolos tes. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan, ya!

Mudah banget buat mencoba ZenCore, bisa untuk mengecek fundamental skill yang elo miliki! Sekaligus memperkuat konsep dasar matematika sebelum tiba waktunya untuk tes matematika dasar. Ketuk banner di bawah ini buat mencobanya ya.

Logaritma - Sejarah, Pengertian, Rumus, Sifat, Contoh Soal dan Pembahasan 81

Bagikan Artikel Ini!