Sistem Pembayaran Kuliah

Sistem Bayar Kuliah di PTN Yang Wajib Kamu Tahu

Katanya sudah siap masuk kuliah tapi kok masih belum mengerti sistem bayar kuliah di PTN impian? Kak Nabila dan Kak Ryan siap bantu kalian semua!

Harus Bayar Apa Aja Sih Buat Kuliah?

  • UKT/BOP

Masing-masing perguruan tinggi punya sistem pembayaran kuliahnya sendiri, namun yang    paling umum adalah sistem berupa UKT dan BOP. Hah, UKT dan BOP tuh apaan sih Zen? Nah UKT adalah singkatan dari Uang Kuliah Tunggal dan BOP adalah Biaya Operasional Pendidikan. Kalau di sekolah, mungkin kalian lebih familiar dengan kata SPP. Layaknya SPP, UKT dan BOP adalah sejumlah uang yang perlu dibayarkan per semester guna mengikuti perkuliahan.

Biaya yang dikeluarkan untuk UKT/BOP umumnya sudah mencakupi segala kebutuhan perkuliahan untuk satu semester kedepan.

  • Biaya SKS

Berbeda dengan UKT dan BOP, ada juga perguruan tinggi yang menggunakan sistem pembayaran per beban studi per mata kuliah atau yang lebih sering disebut sebagai SKS. Seperti contoh, jika harga 500.000 per 1 SKS dan kamu ingin mengambil 24 SKS di semester tersebut, maka biaya yang harus kamu keluarkan adalah 24×500.000. Berapakah hasilnya? Jangan terlalu pusing ngitung manual, kan ada Zenbot!

  • Uang Pangkal

Umumnya uang pangkal dikeluarkan saat kamu mengikuti ujian seleksi mandiri. Harga uang pangkal sendiri juga sangat bergantung pada kebijakan masing-masing perguruan tinggi, jadi harus sering-sering update info-info seputar kampus idaman mu ya.

  • Biaya Lain-Lain

Biaya ini juga bergantung banget dengan pilihan perguruan tinggi dan jurusan kamu guys. Biasanya biaya ini harus dikeluarkan untuk kuliah lapang, praktikum, dan kebutuhan perkuliahan lainnya.

Sistem Pembayaran Uang Kuliah di UI dan ITB

BOP UI

Biaya BOP UI antara jurusan-jurusan IPA dan IPS berbeda. Selain perbedaan biaya sesuai jurusan, UI juga menyediakan dua jenis sistem pembayaran perkuliahan yaitu BOP-P dan BOP-B.

  • BOP-P(ilihan)

Ada tingkatan kelas dari 1-5. Semakin tinggi angka tingkatannya, semakin besar pengeluarannya. Penanggung bisa menentukan tingkatan kelas yang diinginkan.

  • BOP-B(erkeadilan)

Biaya yang diajukan berdasarkan kemampuan finansial penanggung biaya pendidikan. Biaya yang dikeluarkan pasti lebih rendah dari biaya minimum di pilihan BOP-P. Sama seperti BOP-P, ada 5 tingkatan kelas. Semakin rendah tingkatan kelasnya, semakin kecil nominal biayanya. Tapi, semakin banyak juga berkas-berkas yang harus kamu berikan.

UI (S1 Reguler)

 

Biaya Minimal

BOP-Pilihan

BOP-Berkeadilan

IPA

Rp. 10.000.000

Rp. 0

IPS

Rp. 7.500.000

Rp. 0

Info lebih lanjut: Situs UI

UKT ITB

Kalau ITB gimana nih, Zen? Nah, seperti yang Zen bilang sebelumnya, masing-masing perguruan tinggi punya kebijakan sendiri, jadi ITB beda dong sama UI. Biaya UKT ITB dibedakan dengan cara calon mahasiswa masuk ke ITB, yaitu jalur SBMPTN-SNMPTN dan jalur SM-ITB

ITB
SNMPTN-SBMPTN SM-ITB
Non-Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Non-Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Rp. 12.500.000Rp. 20.000.000 25.000.00025.000.000
 Iuran Pengembangan Institusi
 Min. Rp. 25.000.000Min. Rp. 40.000.000

Jika kamu merasa angka-angka tersebut besar sekali, jangan khawatir! ITB juga memberikan keringanan UKT yang bisa kamu ajukan melalui program Penangguhan UKT, Keringanan UKT, dan Beasiswa.

Info lebih lanjut: Situs ITB

Aku Gak Mau Ketinggalan Info, Zen! 

Zen jamin kamu ga akan ketinggalan info kalau ikutin tips berikut dari Kak Nabila dan Kak Ryan:

  1. Selalu cek website kampus tujuanmu.
  2. Follow media sosial BEM atau Kementrian Kesejahteraan Mahasiswa (KESMA) kampus sasaranmu.
  3. Masuk grup angkatan (bagi CaMaBa yang telah diterima).
  4. Malu bertanya sesat di jalan guys, jadi jangan malu untuk reach out kek tutor-tutor Zenius.
  5. Ikuti terus #ZeniusSiapNgampus setiap hari Selasa jam 19.00 sampai jam 20.00 melalui Aplikasi Zenius/Youtube: ZeniusEducation! 

Kepoin kelas-kelas gratis lainnya, yuk!

Sistem Bayar Kuliah di PTN Yang Wajib Kamu Tahu 9