proper adjective

Mengenal Apa Itu Proper Adjective dan Contoh Kalimatnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Di materi Bahasa Inggris Kelas 10 ini, kita bakal bahas apa itu adjective dan proper adjective. Selain itu, contoh kalimat proper adjective juga akan kita kulik. Yuk, kita mulai pembahasan!

How’s it going, Sobat Zenius? Apakah elo pernah kepo dengan seseorang, dan saking keponya, sampai nanya sama temen yang kebetulan kenal dengan seseorang tersebut, “Eh, dia itu orangnya gimana, sih?” Tentunya, temen elo bakal mendeskripsikan kira-kira dia orangnya seperti apa.

“Hmm, dia itu orangnya baik hati, rajin menabung, dan pinter,” jawab si temen. 

Dari jawaban itu, elo bisa tahu sifat-sifat dari doi. Dia orangnya baik, rajin, dan pinter. Nah, dari tiga kata yang mendeskripsikan doi, kita bisa sebut itu sebagai kata sifat atau adjective!

Baca Juga: Pronoun – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Apa Itu Adjective?

Sekarang, coba perhatiin kalimat di bawah ini:

“There is a house.”

Apakah elo bisa nemu adjective di kalimat itu? Tentu enggak, ya. Elo juga nggak tahu, sebenernya rumah kayak apa, sih, yang sedang dibicarain. 

Kalau kalimatnya gue perjelas jadi begini:

“There is a big house.”

Nah, sekarang elo tahu kalau rumahnya itu besar. “Rumah” sebagai kata benda (noun) diperjelas dengan adanya “big” sebagai kata sifat (adjective).

Dari penjelasan tersebut, kita jadi tahu kalau adjective adalah jenis kata yang fungsinya untuk mendeskripsikan atau memperjelas kata benda.

Oh, ya, kalau di bahasa Inggris, adjective (kata sifat) diletakkan sebelum noun (kata benda), atau simpelnya adjective + noun. Contohnya: good person, beautiful girl, big house, dan lain sebagainya.

Beda banget kayak di bahasa Indonesia, yang meletakkan kata benda (noun) terlebih dahulu sebelum kata sifat (adjective). Contohnya: orang baik, perempuan cantik, dan rumah besar.

Nah, setelah elo tahu tentang adjective, sekarang kita bakal bahas salah satu jenis dari adjective, yaitu proper adjective. Yuk, markibas, mari kita bahas!

materi proper adjective

Contoh Kalimat Proper Adjective

Coba perhatiin contoh percakapan di bawah ini:

“What do you want to eat?”

“I want to eat an Indonesian food!”

Dari percakapan tersebut, apakah elo tahu mana yang proper adjective? Nah, proper adjective di percakapan tersebut adalah Indonesian. Dengan kata tersebut, kita jadi tahu makanan jenis apa yang pengen dimakan.

Kita tahu kalau kata “Indonesian” berasal dari kata “Indonesia” yang merupakan kata benda. Nah, proper adjective ini adalah kata sifat yang berasal dari kata benda yang dimodifikasi. Biasanya, kata benda tersebut diberikan imbuhan di akhir katanya, atau biasa disebut sebagai suffix

Coba liat aja, “Indonesia” yang awalnya kata benda, kalau ditambah akhiran -n, yaitu Indonesian, jenis katanya berubah jadi kata sifat. Intinya, proper adjective adalah kata sifat yang berasal dari kata benda yang dimodifikasi. Kata benda yang dimodifikasi, bisa berasal dari nama orang atau pun nama tempat!

Mengenal Apa Itu Proper Adjective dan Contoh Kalimatnya - Materi Bahasa Inggris Kelas 10 9
Asal mula proper adjective (Dok.  Zenius)

Oke, sekarang waktunya elo untuk ngecek ulang pemahaman tentang materi ini. Di bawah ini, udah gue kasih beberapa contoh soal yang bisa langsung elo sikat. Sip, kerjain soalnya, gih!

Contoh Soal

  1. An adjective is a part of speech used to .…

a. Describe where an item or person is located

b. Give more information on a verb

c. Describe or modify nouns or pronouns

d. Connect two clauses together

2. Which of the following statements is not true?

a. Proper adjectives give more information about the noun

b. Proper adjectives come from the names of place

c. Proper adjectives take place as a noun

d. Proper adjectives modify nouns.

Pembahasan:

  1. Adjective digunakan untuk mendeskripsikan atau memodifikasi kata benda. 

Jawaban: c

  1. Proper adjectives bukan merupakan kata benda, tapi salah satu jenis adjective.

Jawaban: c

****

Oke, kayanya udah cukup pembahasan tentang proper adjective. Apakah elo udah ngerti perbedaan dari adjective dan proper adjective? Hehe. Oh, ya, di Zenius, elo bisa belajar materi lainnya! Mulai dari Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Sosiologi, pokoknya lengkap, deh! Elo bisa akses video belajar Zenius di sini secara GRATIS pake akun yang udah didaftarin di website atau lewat aplikasi Zenius. Selamat belajar!

Baca Juga Artikel Lainnya

Pronoun – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Adverb of Time – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Struktur Narrative Text dan Contohnya – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Bagikan Artikel Ini!