Narrative Text – Pengertian, Struktur, dan Contoh Soal – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Rangkuman Materi Narrative Text Kelas 10

Halo, sobat Zenius! kali ini gue akan membahas mengenai materi narrative text kelas 10 lengkap dengan generic structure-nya. 

Elo tahu gak sih kalau dari kecil kita sebenarnya sudah terbiasa sama narrative text, lho! Well, elo semua pasti tahu kan cerita tentang Cinderella?

Nah, cerita Cinderella ini merupakan salah satu contoh cerita yang menggunakan struktur teks naratif dalam Bahasa Inggris.

Perlu elo ketahui juga bahwa di dalam penulisan narrative text, perlu memahami yang namanya struktur generic teks naratif atau disebut juga sebagai generic structure of narrative text. 

Supaya elo makin paham, gue juga akan menyajikan beberapa contoh dan rangkuman narrative teks di artikel ini. Yuk, kita bahas sama-sama!

Apa itu Narrative Text?

Narrative text adalah cerita fiksi yang bertujuan menghibur pembaca (Dok. Pixabay)
Narrative text adalah cerita fiksi yang bertujuan menghibur pembaca (Dok. Pixabay)

Narrative teks adalah sebuah cerita fiksi atau khayalan yang dibuat dengan tujuan untuk menghibur pembaca. 

Narrative text juga banyak jenisnya lho, antara lain: romances, fables, slice of life, adventure, horror, ballads, historical, personal experience, dan fairy. 

Baca Juga: Direct and Indirect Speech – Bahasa Inggris Kelas 12

Struktur Teks Naratif (Generic Structure of Narrative Text)

Secara umum, struktur teks naratif dalam Bahasa Inggris terbagi menjadi empat bagian. Namun, hanya tiga saja yang bersifat wajib sedangkan satunya bersifat optional. 

Oke deh, langsung gue bahas satu-satu ya.

Struktur Teks Naratif dalam Bahasa Inggris (Arsip Zenius)
Struktur Teks Naratif dalam Bahasa Inggris (Arsip Zenius)

1. Orientation

Struktur teks naratif dalam bahasa Inggris yang pertama adalah orientation atau perkenalan. 

Pada bagian ini biasanya penulis akan mengenalkan elemen-elemen yang ada di cerita seperti pengenalan tokoh dan latar. 

Pada bagian inilah biasanya elo bisa mengenal unsur apa saja yang ada dalam teks narasi tersebut. 

Setelah membaca bagian ini, elo sebagai pembaca juga bisa mengidentifikasi mana tokoh protagonis dan antagonis pada cerita.

2. Complication

Awal hingga klimaks dari sebuah masalah diceritakan dalam complication (Dok. Pixabay)
Awal hingga klimaks dari sebuah masalah diceritakan dalam complication (Dok. Pixabay)

Biasanya sebuah teks naratif akan monoton dan tidak menarik jika tidak memiliki konflik. 

Nah, konflik pada struktur teks naratif sangat penting guys, karena kalau dilihat dari sisi pembaca, bagian ini akan membangun rasa penasaran dan ingin tahu pembaca untuk membaca lebih lanjut suatu narrative text. 

Complication merupakan bagian dari struktur narrative text yang menceritakan tentang awal masalah atau konflik hingga terjadinya klimaks. 

Kalau lagi nonton sinetron, biasanya bagian complication paling sering bikin emak-emak ngomel, nih! Apalagi kalau tokoh antagonisnya semakin licik dan konflik antar karakter semakin memanas.

Nah, pada teks narasi, complication bisa juga dianggap sebagai puncak setelah kita dikenalkan pada tokoh, latar, dan kisah yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 10: Self Introduction dan Contohnya!

3. Resolution

Resolution merupakan bagian akhir dari cerita yang berupa solusi atau penyelesaian dari masalah yang timbul sebelumnya. Bagian ini juga umum dikenal sebagai anti klimaks dalam struktur teks naratif. 

Resolution dalam narrative text nggak serta merta bakal menguntungkan tokoh protagonis lho. Yang penting dari bagian ini adalah selesainya masalah pada bagian complication

4. Reorientation

Nah, untuk bagian struktur teks naratif yang terakhir ini bersifat optional ya, guys! 

Umumnya, reorientation berisi pesan moral, saran, atau amanah dari penulis. Nggak semua penulis menuliskan pesan moral secara eksplisit. 

Seringnya sih pembaca yang diminta mendalami teks narasi buat nemuin pesan yang terkandung di dalamnya. Nggak apa lah ya, hitung-hitung belajar baca kode-kode terselubung gebetan, ya nggak?

Baca Juga: Simple Past Tense vs Past Continuous Tense – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Contoh Narrative Text Singkat

  1. […] Dilan is a reckless guy, Milea was afraid of him getting expelled from school. All of a sudden, Piyan came and told her that Dilan was fighting in Bi Eem’s stall. Milea rushed in and tried to prevent Dilan’s gang war from happening. Unfortunately, Dilan perceived her action as too controlling. Because of this, he tried to move away from her. […]

According to the general structure of narrative text, the above paragraph will most likely belong to … section.

A. Orientation

B. Complication

C. Resolution

D. Coda

E. Conclusion

Jawaban: Di dalam teks tersebut terlihat penggunaan kata afraid, all of sudden, dan fighting sehingga terlihat adanya konflik. Maka jawaban yang tepat adalah B. Complication.

belajar narrative text di zenius

Finally, selesai juga nih, pembahasan mengenai struktur teks naratif dalam Bahasa Inggris lengkap dengan pengertian hingga contoh soalnya. 

Gimana nih, guys? Udah paham belum tentang materi narrative teks kelas 10 ini? 

Btw, kalau mau belajar lebih lanjut mengenai materi hari ini, kalian bisa kunjungi aplikasi Zenius, lho! Yuk, download aplikasi Zenius sekarang!

Originally Published: December 30, 2021 
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!