perkiraan ujian sekolah

Perkiraan Ujian Sekolah Berdasarkan Kalender Pendidikan 2020/2021

Setiap tahun ajaran baru dimulai, sekolah biasanya berpatokan pada kalender pendidikan atau kalender akademik yang telah ditetapkan untuk menentukan tanggal masuk, hari libur, hingga perkiraan ujian sekolah. Kalender pendidikan tersebut dibuat oleh Dinas Pendidikan terkait untuk dijadikan sebagai acuan.

Apa Saja Isi Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan adalah acuan bagi pihak sekolah atau satuan tingkat pendidikan terkait untuk menentukan jadwal kegiatan efektif setiap tahun ajaran yang dibagi ke dalam semester. Meskipun terkadang ada jadwal yang berbeda, namun kurang lebih pelaksanaan waktu pembelajarannya sama.

1. Rencana Kegiatan Pembelajaran

Kalender pendidikan mencakup semua kegiatan yang akan dirancang mulai dari awal tahun ajaran baru hingga satu tahun ke depan. Termasuk di dalamnya kapan jadwal masuk sekolah, libur sekolah, latihan ujian tengah semester, ujian akhir semester, hingga penerimaan rapot.

Dengan adanya acuan tersebut, pihak sekolah bisa lebih mudah dalam menentukan jadwal pelajaran setiap harinya termasuk membuat jadwal untuk setiap guru mata pelajaran. Karena kalender pendidikan ini dibuat berdasarkan minggu efektif dalam setiap proses pembelajaran.

perkiraan ujian sekolah

Ada sekolah yang memiliki jadwal belajar Senin-Jumat, namun ada juga yang Senin-Sabtu. Meskipun harinya berbeda, jam belajarnya kurang lebih sama dan hanya berbeda pada tambahan jam untuk kegiatan di luar pelajaran pokok. Pihak sekolah pun jadi lebih mudah untuk membuat jadwal yang efektif.

2. Jadwal Hari Libur

Selain membantu untuk menentukan jadwal efektif untuk program kegiatan belajar, kalender pendidikan biasanya juga berisi tentang jadwal hari libur. Sehingga pihak sekolah bisa dari jauh-jauh hari mengetahui kapan saja hari libur baik untuk libur nasional maupun libur semester.

Penentuan hari libur tersebut juga memudahkan pihak sekolah untuk membuat jadwal harian. Tak terkecuali bagi para guru untuk membuat rencana program pembelajaran yang tepat agar sesuai dengan target yang ingin dicapai. Mereka pun bisa membuat rencana materi yang akan disampaikan.

Jadwal hari libur yang dimaksud terdiri dari libur semester, libur keagamaan, libur hari raya, libur khusus untuk beberapa daerah, dan lainnya. Dengan mengetahui kapan hari liburnya, maka guru dan pihak sekolah bisa menentukan jam belajar yang efektif untuk diberikan kepada para peserta didik.

3. Perkiraan Ujian Sekolah

Jadwal untuk ujian sekolah juga perlu diketahui dari jauh-jauh hari untuk membuat rencana program pembelajaran yang lebih terintegrasi termasuk di dalamnya jadwal KBM dan ujian sekolah. Pihak sekolah perlu mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum siswanya mengikuti ujian sekolah.

Baca Juga Artikel Lainnya dari Zenius

Langsung Nikah Setelah Lulus Sekolah, Aman kan?
Mengenal Kesalahan Logika Beban Pembuktian
Ngapain Sih Berpikir Kritis?
Ikan Cupang: Cantik-cantik Kok Suka Berantem?
Buat Apa Ada Suatu Negara? Emang Ada Fungsinya?
Benci Mendengar Rekaman Suara Sendiri, Kok Bisa?
Proses Mumifikasi dalam Tradisi Mesir Kuno

Apalagi jika ujian tersebut adalah ujian nasional atau ujian akhir tahun ajaran yang menentukan kelulusan dan naik tidaknya ke kelas berikutnya. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya pihak sekolah akan mengadakan kegiatan seperti latihan ujian, les dengan lebih intens, dan lainnya.

Ujian akhir diperkirakan pelaksanaannya beberapa minggu atau satu bulan sebelum pembagian rapor. Sehingga jika ada yang harus memperbaiki nilai atau remidi, pihak sekolah masih ada waktu untuk melakukannya. Termasuk waktu untuk mengevaluasi dan memberi penilaian untuk ditulis di rapor.

Jadwal Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2021/2022

Tahun ajaran baru 2021/2022 sebentar lagi akan dimulai pada pertengahan Juli mendatang dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk sementara masih secara daring. Sebagai gambaran, berikut ini jadwal kalender pendidikan yang perlu kamu ketahui khususnya untuk tahun ajaran 2021/2022.

• Masa liburan akan berlangsung selama 12 hari atau selama 2 minggu setelah penerimaan rapot akhir semester
• Hari libur Semester Ganjil akan dilaksanakan mulai akhir Desember hingga awal Januari
• Hari libur Semester Genap akan dilaksanakan mulai akhir Juni hingga pertengahan Juli
• Penyerahan rapor untuk Semeseter Ganjil semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD hingga SMA/SMK akan dilaksanakan pada tanggal 21 Desember
• Penyerahan rapor untuk Semester Genap semua jenjang pendidikan mulai dari PAUD hingga SMA/SMK akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juni
• Hari libur nasional, libur keagamaan, dan libur lainnya biasanya menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah

Pentingnya Kalender Pendidikan

Demi tercapainya program pendidikan yang lebih sistematis, maka kalender pendidikan adalah salah satu upaya untuk membuat pendidikan di Indonesia menjadi lebih terukur dan memiliki acuan. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan saat menyusun kalender pendidikan, di antaranya:

• Kepala sekolah dan guru wajib membuat beberapa program kegiatan saat akan memasuki tahun ajaran baru dan menyampaikannya pada RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah)
• Kalender pendidikan merupakan salah satu sistem yang sangat menunjang efektivitas proses pembelajaran baik untuk jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang sekalipun
• Pembuatan program dan rencana pembelajaran harus menyesuaikan dengan kalender pendidikan di lingkungan kabupaten atau provinsi masing-masing
• Jadwal belajar dan rancangan program di dalamnya harus menyesuaikan dengan hari libur nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah
• Penyusunan kalender pendidikan di setiap jenjang pendidikan harus menyesuaikan dengan jadwal awal ajaran tahun baru termasuk jadwal penerimaan peserta didik
• Penyusunan kegiatan belajar dan kalender pendidikan masing-masing sekolah dalam satu tahun ke depan harus menyesuaikan ujian semester dan perkiraan ujian nasional

Pada intinya, kalender pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk membantu pihak sekolah dan guru dalam menentukan rencana program pembelajaran yang akan diberikan. Sehingga mereka punya acuan yang jelas untuk menentukan jadwal yang lebih efektif di sekolahnya.

Buat kamu yang ingin membuat jadwal selama satu tahun penuh untuk ajaran baru, sebaiknya mengikuti update kalender pendidikan terbaru yang dikeluarkan pemerintah. Sehingga jadwal tersebut bisa menyesuaikan dengan kalender yang telah ditetapkan, termasuk perkiraan ujian sekolah.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini