Simple Past Tense vs Past Continuous Tense – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

Penggunaan simple past tense.

Simple past tense dan past continuous tense emangnya beda, ya? Beda dong, yuk bahas perbedaan simple past tense dan past continuous tense.

Kamu pernah kan belajar past tenses di mata pelajaran Bahasa Inggris? Pas dijelasin rumusnya masing-masing sih ngerti-ngerti aja, eh tapi sebenarnya konteks pemakaiannya tuh gimana sih? Apa bedanya sih? Bukannya sama-sama digunakan untuk membicarakan waktu lampau?

Hmm yuk kita bahas perbedaan simple past tense dan past continuous tense, mulai dari rumusnya, gimana pemakaiannya, sampai kapan kamu harus memakai kedua tenses ini. 

Sebelum mulai, kita bahas tenses secara umum dulu deh. Tenses merupakan pembedaan jenis kalimat yang kita pakai berdasarkan jangka waktu dan keadaan. Untuk jangka waktu, dalam tenses ada Present (waktu sekarang), Past (waktu yang sudah lewat/lampau), dan Future (waktu yang akan datang). Sedangkan untuk keadaan, ada Simple, Continuous, Perfect, dan Perfect Continuous.

Di sini, kita akan bahas hanya kedua tenses dalam jangka waktu Past, yaitu simple past tense dan past continuous tense.

Perbedaan Simple Past Tense dan Past Continuous Tense

Bahasa Inggris Kelas 10: Self Introduction
Saat bercerita dalam Bahasa Inggris, kita perlu tahu cara pakai past tense agar keterangan waktunya lebih jelas (Sumber: Unsplash).

Bayangkan kamu kemarin pergi ke konser penyanyi favoritmu, lalu hari ini kamu diminta temanmu untuk menceritakan bagaimana serunya konser kemarin, dengan penuh antusias, kamu menceritakan setiap detail yang terjadi di konser itu. Dalam Bahasa Indonesia, mungkin kamu akan bilang sesuatu seperti “kemarin asik banget!” atau “penyanyi itu menyanyikan lagu barunya kemarin!” 

Nah, dalam Bahasa Inggris, bentuk kata kerja yang digunakan akan berubah menjadi bentuk past disaat kamu menceritakan hal yang terjadi kemarin, atau waktu yang sudah lewat. Ini dinamakan Past Tense. 

Past Tense ada banyak jenisnya, salah satunya yaitu simple past tense. Simple past tense digunakan untuk kalimat yang tindakannya sudah diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah lewat, namun tidak jelas kapan terjadinya secara rinci, yang jelas, hal itu sudah terjadi.

Jenis past tense lain yaitu past continuous tense, masih sama dengan simple past tense. Past continuous tense juga digunakan untuk kalimat yang kejadiannya sudah terjadi, namun, pada past continuous tense, detail kapan kejadian itu terjadi jelas, yaitu hal yang terjadi pada saat ini, namun terjadinya kemarin.

Itu mengapa past continuous tense juga sering dinamakan past progressive (Progresif), atau sedang terjadi. Jadi singkatnya, past continuous tense mengacu pada tindakan berkelanjutan yang sedang terjadi di beberapa waktu di masa lalu.

Dalam rumus, simple past tense dan past continuous tense juga cukup mirip, namun tetap berbeda ya, dan ini juga akan mempengaruhi konteks pemakaiannya.

7 Cara Mengajari Anak Menulis versi Zenius Education
Dalam Bahasa Inggris, menghafal rumus adalah bagian paling penting yang harus terus-menerus dilatih (Photo by Marta Wave from Pexels).

Rumus Simple Past Tense

Subject + Verb 2 + Object + Keterangan waktu

Contoh: I + ate + spaghetti + yesterday.

              (Aku makan spaghetti kemarin).

Rumus Past Continuous Tense

Subject + Was/were + V.ing + Object + Keterangan waktu

Contoh : I was eating spaghetti yesterday at 4 pm

              (Aku sedang makan spaghetti jam 4 sore kemarin).

Nah, dari rumus dan sedikit contoh diatas udah kebayang belum perbedaan kedua tenses ini? Betul! Past tense membahas kejadian lampau secara umum, sedangkan past continuous tense membahas kejadian yang sedang terjadi di waktu lampau.

Kapan Harus Pakai Simple Past Tense atau Past Continuous Tense?

Sejarah Cokelat di Eropa
Dalam menceritakan kisah sejarah, penggunaan past tense sangatlah relevan.

Nah, balik lagi ke penjelasan di atas, kamu bisa gunakan simple past tense jika kamu ingin mengungkapkan kejadian yang telah terjadi secara umum, dan kamu bisa gunakan past continuous tense ketika kamu ingin memberitahu kejadian yang saat ini sedang berlangsung, namun berlangsungnya kemarin (atau kapanpun yang sudah lewat).

Jadi, jika kamu ingin menceritakan bagaimana serunya konser penyanyi favoritmu kemarin secara umum, kamu bisa menggunakan simple past tense, namun jika kamu ingin memberi tahu temanmu apa yang sedang terjadi saat ini di konser kemarin, kamu bisa menggunakan past continuous tense

Oh ya, biasanya past continuous tense juga digunakan untuk menjelaskan suatu hal, jadi kamu bisa menambahkan frasa lain yang ingin dijelaskan.

Contoh: Sorry I didn’t pick up your call, I was taking a shower when you called.

(Maaf aku tidak mengangkat teleponmu, aku tadi lagi mandi pas kamu telepon)

Gimana? Sudah paham, kan guys perbedaannya?

Contoh Tambahan:

Simple past tense : I did my assignment all evening yesterday

(Aku mengerjakan tugasku sore kemarin)

I baked some cookies this morning

(Aku membuat beberapa kue kering tadi pagi)

Past continuous tense : I was doing my assignment yesterday evening

(Aku sedang mengerjakan tugasku kemarin sore)

I was baking some cookies this morning

(Aku sedang membuat beberapa kue kering tadi pagi)

Baca Juga Materi Bahasa Inggris Lainnya

Ngomongin Masa Lalu Pakai Past Tense

Family Tree: Anggota Pohon Keluarga dalam Bahasa Inggris Lengkap

Bagikan Artikel Ini!