rumus luas segitiga siku siku

Rumus Luas Segitiga Siku Siku dan Kelilingnya

Artikel ini akan membahas tentang rumus luas segitiga siku siku, mulai dari pengertiannya hingga contoh soal dan pembahasannya.

Hi, guys! Tahukah kamu kalau ternyata segitiga itu ada beragam jenisnya, salah satunya adalah segitiga siku siku. Itu lho segitiga yang salah satu sisinya tegak lurus membentuk sudut 90°. Sedangkan sisi lainnya ada yang miring dan itulah yang paling panjang ukurannya. Gimana, udah tergambar belum seperti apa bentuk dari segitiga siku siku? Daripada membayangkan terlalu lama, langsung aja deh kita masuk ke pembahasan, yuk!

Apa Itu Segitiga Siku Siku?

Di atas udah aku singgung sedikit, kalau segitiga siku siku adalah salah satu jenis segitiga yang salah satu sisinya tegak lurus dan membentuk sudut 90°. Kamu bisa lihat gambar bangunnya di bawah ini:

rumus luas segitiga siku siku

Sisi yang c adalah sisi miring atau hipotenusa. Nah, sisi yang tegak lurus adalah sisi a dan b yang disebut alas dan tinggi. Supaya kamu bisa lebih mudah dalam memahami seperti apa sih segitiga siku siku itu, bisa dicek dari ketiga sifatnya berikut ini:

  • Segitiga siku siku memiliki dua sisi yang saling tegak lurus.
  • Segitiga siku siku memiliki satu sisi miring dan salah satu sudutnya adalah sudut siku siku atau 90°.
  • Segitiga siku siku tidak memiliki simetri putar dan simetri lipat.

Nah, kalau kamu udah paham sama ketiga sifat di atas, berarti udah gak bingung lagi donk membedakan segitiga siku siku dengan segitiga lainnya.

Rumus Keliling dan Rumus Luas Segitiga Siku Siku

Setelah kamu paham konsep dari segitiga siku siku, sekarang kita coba hitung keliling dan luasnya ya.

Rumus keliling segitiga siku siku:

K = sisi a + sisi b + sisi c

Rumus luas segitiga siku siku:

L = ½ x alas x tinggi

Tapi, gimana kalau ternyata salah satu sisi segitiga siku siku tersebut belum diketahui? Kamu harus menggunakan rumus apa untuk mendapatkan panjang sisi yang belum diketahui tersebut? Yap, caranya dengan menggunakan rumus phytagoras. Ini dia rumusnya:

c2 = a2 + b2  atau  c = √a2 + b2

 a2 = c2 – b2  atau  a = √c2 – b2

b2 = c2 – a2  atau  b = √c2 – a2

Contoh Soal dan Pembahasan

Rumusnya mudah bukan? Nah, supaya rumus keliling dan rumus luas segitiga siku siku bisa lebih mudah kamu pahami, perhatikan juga contoh soal dan pembahasan berikut ini ya!

Contoh Soal 1

Suatu segitiga siku siku memiliki sisi a, b, c berturut-turut 3, 4, dan 5. Tentukan keliling dari segitiga tersebut!

Pembahasan:

Diketahui: a = 3; b = 4; dan c = 5.

Ditanya: K

Jawab:

K = sisi a + sisi b + sisi c = 3 + 4 + 5 = 12 cm

Jadi, keliling segitiga abc adalah 12 cm.

Contoh Soal 2

Suatu segitiga siku siku memiliki sisi miring 13 cm. Tinggi segitiga tersebut adalah 5 cm. Hitunglah luas segitiga siku suku tersebut!

Pembahasan:

Diketahui: c (sisi miring) = 13 cm; b (tinggi) = 5 cm.

Ditanya: L

Jawab:

Pertama, kita harus mencari tau dulu berapa panjang alas segitiga tersebut. Caranya dengan menggunakan rumus phytagoras.

a2 = c2 – b2 = 132 – 52 = 169 – 25 = 144

a = 144 = 12 cm.

Setelah diketahui alasnya adalah 12 cm. Selanjutnya kita hitung luasnya.

L = ½ x alas x tinggi = ½ x 12 x 5 = 30 cm.

Jadi, luas segitiga siku siku tersebut adalah 30 cm.

Itu dia penjelasan mengenai rumus luas segitiga siku siku. Setelah kamu tau pengertian dan rumusnya, ternyata sangat mudah ya dalam perhitungannya. Semoga penjelasan di atas dapat dengan mudah kamu pahami ya jadi kalau nanti bertemu dengan soal yang menggunakan rumus luas segitiga siku siku kalian tidak akan mengalami kesulitan. 

Baca Juga Artikel Lainnya

Rumus Layang Layang

Rumus Trapesium

Rumus Lingkaran

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Sering nemu soal matematika yang sulit kamu jawab? Santai aja boy, nih kenalin ZenBot, temen 24 jam yang siap bantu kamu cari solusi dari masalah matematika! Untuk menjawab soal-soal tentang luas segitiga dan soal matematika lainnya, kamu juga bisa manfaatkan fitur dari ZenBot, lho! Tanyain soal yang kamu gak bisa jawab lewat chat WhatsApp ZenBot sekarang atau download aplikasi Zenius.