bangun datar layang-layang

Rumus Keliling dan Luas Layang layang

Artikel ini akan menjelaskan tentang bangun datar layang-layang, mulai dari pengertian, rumus, dan contoh soalnya.

Hi, guys! Aku masih akan membahas tentang bangun datar atau dua dimensi, yaitu layang-layang. Siapa nih yang suka main layang-layang? Kebayang gak bentuknya seperti apa? Yap, seperti ini ya bentuknya.

bangun datar layang-layang
Bermain layang-layang (sumber gambar: unsplash.com/aaronburden)

Wah, bentuk seperti itu bagaimana ya cara menghitung luasnya? Lalu, apakah layang-layang hanya seperti itu? Kan sekarang ada banyak banget model layang-layang. Oke, kita bahas satu per satu ya, guys.

Definisi Bangun Layang layang

Layang-layang merupakan bentuk segiempat yang memiliki dua pasang sisi bersentuhan dan sama panjang. Bentuk layang-layang tidak ada yang terbuka alias tertutup, sisinya saling bersentuhan satu dengan yang lainnya. Selain itu, layang-layang memiliki ciri khas diagonalnya.

rumus layang-layang

Bisa dilihat pada gambar di atas, bahwa kedua pasang sisi yang bersentuhan sama panjang. Terdapat diagonal (d1 dan d2) yang saling berpotongan pada bangun layang-layang tersebut. Oh iya, layang-layang itu hampir sama dengan belah ketupat, tapi pada layang-layang semua sisinya tidak sama panjang. Hanya pasangannya saja yang sama panjang.

Rumus Luas dan Keliling Layang layang

Setelah kamu tau layang-layang itu seperti apa, selanjutnya, kita pelajari luas dan keliling layang-layang, yuk! Berikut ini luas dan keliling layang-layang.

Luas layang-layang = ½ x diagonal 1 x diagonal 2

Keliling layang-layang = a + b + c + d (semua sisi ditambahkan)

Mudah ‘kan, guys? Butuh contoh soalnya gak nih? Langsung scroll lagi yuk, karena di bawah ini aku bakal kasih contoh soal dan pembahasan layang-layang.

Contoh Soal dan Pembahasan Layang layang

Supaya kamu makin paham sama layang-layang, yuk coba perhatikan contoh soal dan pembahasannya berikut ini.

Soal

Perhatikan gambar di bawah ini!

contoh soal layang-layang dan pembahasannya

Gambar layang-layang di atas memiliki panjang sisi yang berdekatan berturut-turut adalah 13 dan 37 cm. Diagonal 1 dan 2 berturut-turut adalah 40 cm dan 24 cm. Hitunglah luas dan keliling layang-layang tersebut!

Pembahasan

Diketahui:

a = 13 cm

b = 37 cm

d1 = 40 cm

d2 = 24 cm

Ditanya: Luas dan keliling layang-layang

Jawab:

Luas layang-layang = ½ x diagonal 1 x diagonal 2 = ½ x 40 x 24 = 480 cm persegi.

Keliling layang-layang = a + b + c + d = 2 (13 + 37) = 100 cm.

———-

Demikian penjelasan mengenai bangun datar layang-layang. Udah gak bingung lagi donk pastinya? Semoga penjelasan di atas bermanfaat ya buat kamu. Kamu juga bisa tonton video materi Zenius tentang bangun layang-layang di sini! Have a nice day, guys!

Baca Juga Artikel Lainnya

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran
Rumus Luas dan Keliling Segitiga
Rumus Logaritma