Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal 97

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal

luas lingkaran


Artikel ini membahas tentang pengertian, jari jari, diameter, rumus keliling & luas lingkaran beserta contoh soal & pembahasan. Cari tahu cara menghitungnya di sini.

Tahukah kalian rumus keliling dan luas dari bangun datar yang satu ini? Padahal, rumus keliling dan luas ini sudah pernah diajarkan waktu kita duduk di bangku sekolah dasar.

Atau kalian sering ketuker antara rumus keliling dengan luas? Nah, karena rumusnya mirip, ada beberapa orang yang terbalik memakai rumusnya. Oleh karena itu, kita harus lebih teliti lagi nih sebelum memakai rumus meghitung keliling dan luas lingkaran, sehingga tidak lagi terkecoh oleh dua rumus itu. Yuk, kita pelajari rumus-rumus lingkaran bersama supaya pemahaman mengenai lingkaran akan lebih mendalam.

Pengertian Lingkaran

Bangun datar terdiri dari berbagai bentuk, seperti persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, layang-layang, belah ketupat, lingkaran dan lain lain.

Lingkaran adalah sebuah bangun datar yang terbentuk dari himpunan semua titik yang berjarak sama terhadap sebuah titik. Sebuah titik ini disebut pusat lingkaran. Kumpulan titik-titik tersebut jika dihubungkan membentuk suatu garis lengkung. Jarak tersebut biasanya dinamakan r yaitu radius atau jari-jari. Sedangkan, diameter adalah garis yang ditarik dari dua titik pada garis lengkung dan melewati titik pusat. Nah, diameter lingkaran ini mempunyai panjang 2 × jari-jari. Loh kok bisa gitu? Coba perhatikan gambar 2 lingkaran berikut ini ya.

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal 98

Nah, sekarang udah tau kan kenapa diameter lingkaran mempunyai panjang dua kali jari-jari. Sebaliknya, jari-jari lingkaran mempunyai panjang setengah kali diameter. Sekarang kita lanjut dengan mempelajari rumus untuk menghitung keliling dan luas lingkaran.

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal 99

Keterangan:

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal 100

Contoh Soal Keliling Lingkaran (1):

Hitunglah keliling lingkaran dengan jari-jari 20 cm!

Pembahasan

r = 20 cm
Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal 101

Contoh Soal Keliling Lingkaran (2):

Diketahui sebuah lingkaran memiliki keliling sebesar 66 cm. Hitunglah berapa diameter lingkaran tersebut.

Pembahasan

Untuk menghitung diameter atau jari-jari lingkaran jika diketahui keliling lingkarannya, kita gunakan cara berikut.

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal 102

Berdasarkan soal, diketahui keliling lingkaran = 66 cm.
Sehingga,
Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal 103
Jadi, diameter lingkaran adalah 21 cm.

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal 104

Keterangan:

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal 105

Contoh Soal Luas Lingkaran (1):

Jika diketahui sebuah lingkaran mempunyai diameter 14 cm. Berapakah luas lingkaran tersebut?

Pembahasan

d = 14 cm
Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal 106

Contoh Soal Luas Lingkaran (2):

Hitunglah jari-jari yang mempunyai luas 200,96 cm² !

Pembahasan

Untuk menghitung diameter atau jari-jari lingkaran jika diketahui luas lingkarannya, kita gunakan cara berikut.

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal 107

Berdasarkan soal, diketahui luas lingkaran = 200,96 cm².
Sehingga,
Rumus Keliling dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal 108
Jadi, jari-jari lingkaran adalah 8 cm.

Gimana nih sekarang, sudah mengerti kan cara menghitung keliling dan luas lingkaran? Jadi begitulah penjelasan mengenai apa itu lingkaran, jari-jari, diameter, cara menghitung keliling dan luas lingkaran. 

Sekian artikel tentang pengertian, jari jari, diameter, rumus keliling & luas lingkaran beserta contoh soal & pembahasan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

***

Biar makin ngerti tentang lingkaran dan bangun datar lainnya, jangan lupa buat banyak-banyak latihan biar lancar. Berikut kita kasih video materi dan latihan soal beserta pembahasannya yang asik banget.

Bangun datar subbab 1

Bangun datar subbab 2

Latihan soal luas berbagai bangun datar

—————————CATATAN EDITOR—————————

Kalo ada di antara kamu yang mau ngobrol atau diskusi sama Bella seputar matematika, langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini ya.

Bagikan artikel ini: