Soal uts matematika kelas 10

Contoh Soal PTS Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 serta Pembahasan

Hi, Sobat Zenius yang masih duduk di kelas 4 SD! Lo lagi bingung, ya, belajar matematika buat persiapan PTS? Gue tahu banget, nih! Untungnya, gue udah siapin buat lo semua  contoh-contoh soal PTS Matematika kelas 4 semester 1 kurikulum 2013 dan semester 2 lengkap beserta pembahasannya, lho!

Memang, nggak bisa dimungkiri Matematika jadi pelajaran yang sulit bagi kebanyakan orang. Udah ngitung-ngitung pakai rumus, eh ujung-ujungnya jawabannya nggak ada di pilihan ganda. Kan sedih hehe. 

Eits, tapi lo nggak perlu bersedih hati lagi, Sobat Zenius! Lo pasti punya keinginan, kan, dapat nilai Matematika yang tinggi? Apalagi nilai dalam ujian PTS akan memengaruhi rapor lo nanti.

Nah, supaya persiapan PTS (Penilaian Tengah Semester) lo makin matang lagi, gue punya beberapa contoh soal PTS kelas 4 semester 1 dan 2 Matematika yang bisa lo pelajari. 

Contoh Soal PTS Matematika Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013

Latihan soal PTS Matematika Kelas 4 SD Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013

Lo udah dalam mode belajar, nggak, nih? Kalau udah, yuk langsung simak contoh-contoh soalnya sampai selesai!

Soal 1

Topik: Kelipatan Bilangan

Nomor 1

Berapa kelipatan angka 6 lebih besar dari 32 dan lebih kecil dari 50?

A. 34, 38, 49

B. 34, 39, 48

C. 36, 41, 49

D. 36, 42, 48

Pembahasan:

Pertanyaan di atas adalah kelipatan angka 6 tetapi lebih besar dari 32 dan lebih kecil dari 50. Untuk cara penghitungannya, lo bisa mulai kalikan angka 6 dari 1 dan seterusnya. Contoh:

6×1= 6, 6×2= 12, 6×3= 18, 6×4= 24, 6×5= 30, 6×6=36, 6×7=42, 6×8=48, 6×9= 54, 6×10= 60.

Oke, cukup ya. Nah, lo tinggal cari, deh, angka yang lebih besar dari 32 dan lebih kecil dari 50. Kira-kira yang mana hayo? Yap, jawaban D yang benar, yaitu 36, 42, 48. 

Selain menggunakan cara tersebut untuk menjawab contoh soal PTS Matematika kelas 4 di atas, lo juga bisa memperkirakan angka perkalian yang jumlahnya lebih besar dari 32. Berarti, lo bisa mulai dari 6×6 karena hasilnya 36. 36>32.

Nomor 2

soal pts matematika kelas 4 semester 1 kurikulum 2013
Credit Image by Zenius Education

A. 7, 14, 21, 28, 56

B. 8, 16, 24, 32, 56

C. 8, 17, 24, 33, 56

D. 8, 16, 22, 32, 58

Pembahasan:

Dari contoh soal PTS Matematika kelas 4 tersebut, kita bisa menyimpulkan kalau bilangan kelipatannya adalah 8. Mengapa demikian? Sebab, dua angka yang tertera di gambar adalah 40 dan 48. 

Jadi, itu sama dengan 40+8= 48, lalu diteruskan 48+8= 56. Untuk angka sebelum 40 berarti tinggal kita kurangi 8 aja. 40-8= 32, 32-8= 24, 24-8=16, 16-8= 8.

Jadi, jawabannya adalah B, 8, 16, 24, 32, 56.

Baca Juga: Materi IPA Kelas 4: Rantai Makanan, Peristiwa Makan dan Dimakan

Nomor 3

Kelipatan persekutuan dari 4 dan 7 adalah ……

A. 26

B. 28

C. 32

D. 48

Pembahasan:

Kelipatan persekutuan artinya kelipatan yang sama dari dua angka di atas, yaitu 4 dan 7. Bagaimana cara mengetahuinya? Lo bisa kalikan masing-masing angka 4 dan 7 mulai dari x1 seperti contoh di bawah ini:

soal pat matematika kelas 4 semester 1 kurikulum 2013
Credit Image by Zenius Education

Nah, sudah terlihat, kan, berapa kelipatan persekutuan dari 7 dan 4? Yap, jawaban yang tepat adalah B, 28.

Soal 2

Topik: Bilangan Prima

21, 22, 23, 24, dan 25

Manakah dari bilangan tersebut yang termasuk bilangan prima?

A. 21

B. 22

C. 23

D. 24

E. 25

Pembahasan:

Bilangan prima adalah bilangan yang habis dibagi 1 dan bilangan itu sendiri. Contoh bilangan 2 dan 3 merupakan bilangan prima karena habis dibagi 1 dan bilangan itu sendiri. 2 hanya bisa dibagi 1 dan 2, lalu 3 hanya bisa dibagi 1 dan 3.

Nah, kalau dilihat dari contoh soal PTS Matematika kelas 4 di atas, kira-kira mana yang termasuk bilangan prima? Yap, jawaban yang tepat adalah C, 23. Sebab, 23 hanya bisa dibagi dengan 1 dan 23 saja. Tidak bisa dibagi 2 atau 4.

Sedangkan angka yang lainnya, seperti 21, 22, 24, dan 25 masih bisa dibagi dengan angka lain. Misalnya, 21 masih bisa dibagi 7 atau 3, 22 masih bisa dibagi 2 atau 11, 24 masih bisa dibagi 8, 6 atau 4, dan 25 masih bisa dibagi 5.

Soal 3

Topik: Faktor Bilangan

12, 15, 16, 20

Manakah dari bilangan di atas yang tidak habis dibagi 4?

A. 12

B. 15

C. 16

D. 20

Pembahasan:

Mari kita breakdown satu per satu dari bilangan-bilangan di atas. 12:4 masih bisa hasilnya 3. 16:4 hasilnya 4. 20:4 hasilnya 5. 15:4 bisa nggak kira-kira? Yap, 15 nggak bisa dibagi 4 karena hasilnya 3,75 alias nggak habis. Jadi, jawaban yang benar adalah B, 15.

Soal 4

Topik: KPK dan FPB

soal pat matematika kelas 4 semester 1 kurikulum 2013
Credit Image by Zenius Education

A. 36

B. 38

C. 42

D. 48

Pembahasan:

Jika dicermati contoh soal PTS Matematika kelas 4 di atas, bisa dilihat kalau yang dicari adalah KPK karena pertanyaannya adalah detik ke berapa kedua lampu menyala bersama. Nah, dalam kasus di atas, ada dua lampu, yaitu lampu pertama menyala setiap 9 detik, sedangkan lampu kedua 12 detik.

Dengan begitu, maka kita harus dijabarkan terlebih dahulu kelipatan dari 9 dan 12, lalu cari kelipatan persekutuan yang paling kecil.

Lampu pertama= 9, 18, 27, 36, 45, dst….

Lampu kedua= 12, 24, 36, 48, 60, dst…..

Nah, dari kelipatan di atas, ada yang sama nggak? Yap, 36. Jadi, tiap detik ke-36 kedua lampu menyala bersama. Jawaban A yang benar.

Soal 5

Topik: Operasi Hitung Bilangan

Sifat distributif dari 3 x (5-2) adalah …..

A. 3 x 5 – 2

B. 5 -2 x 3

C. (3 x 5) – (3 x 2)

D. (3 x 2) – 5

Pembahasan:

Sifat distributif itu sama dengan pengelompokan. Kalau dilihat dari contoh soal di atas, mana kira-kira operasi hitung bilangan yang berkelompok? Yap, jawaban yang tepat adalah C, yaitu (3 x 5) – (3 x 2).

Berapa jumlah dari penghitungan di atas? Kita hitung dulu dari yang di dalam tanda kurung. 3 x 5= 15, 3 x 2= 6. Jadi, 15 – 6= 9.

Cara tersebut bisa dilakukan untuk penghitungan dalam contoh soal, 3 x (5 -2). Kita hitung dulu, nih, yang di dalam tanda kurung. 5 -2= 3. Setelah itu, 3 x 3= 9. Jumlahnya sama, kan?

Baca Juga: Contoh Soal PAT Matematika Kelas 7 dan Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal PTS Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013

soal pts matematika kelas 4 semester 2
Credit Image by pexels.com

Setelah membahas contoh soal PTS matematika kelas 4 semester 1 kurikulum 2013, kini kita beralih ke contoh soal matematika kelas 4 SD semester 2. Lewat contoh-contoh soal di bawah, lo bisa memantapkan diri untuk menghadapi PTS di semester 2 nantinya, Sobat Zenius!

Soal 1

Topik: Bilangan Bulat

Lambang bilangan bulat negatif dari tiga puluh enam yaitu ….

A. Negatif 36

B. 36-

C. +36

D. -36

Pembahasan:

Dikarenakan yang ditanyakan dari contoh soal di atas adalah lambang bilangan bulat negatif, maka jawaban yang tepat dari contoh soal pts kelas 4 semester 2 Matematika di atas adalah D,  -36. 

Lawan dari -51 adalah …..

A. 51

B. 51-

C. +51

D. 51+

Pembahasan:

Sebagian besar dari lo mungkin bisa menjawab contoh soal di atas dengan mudah. Kita tinggal cari lawan dari – sudah pasti +. Jadi, jawaban yang tepat adalah A, 51. Sebab, kalau tandanya + dalam Matematika tidak perlu ditulis.

Soal 2

Topik: Pecahan

soal pts matematika kelas 4
Credit Image by Zenius Education

Berapa nilai pecahan dari bagian yang diarsir?

A. 8/3

B. 4/8

C. 2/8

D. 3/8

Pembahasan:

Hal yang ditanyakan dari contoh soal PTS Matematika di atas adalah nilai pecahan dari bagian yang diarsir. Dengan demikian, kita harus menghitung terlebih dahulu berapa bagian yang diarsir. Sudah ketemu jawabannya? Yap, bagian yang diarsir ada empat.

Lalu, setelah itu hitung keseluruhan pecahan dari lingkaran tersebut. Ada berapa? Yap, ada 8. Jadi, jawaban yang tepat adalah B, 4/8. 

Soal 3

Topik: Bilangan Romawi

soal pts matematika kelas 4 semester 2 kurikulum 2013
Credit Image by Zenius Education

A. 8 dan 10

B. 9 dan 30

C. 7 dan 30

D. 7 dan 20

Pembahasan:

Mari kita bahas satu per satu, mulai dari yang atas dulu. Bilangan romawi V dalam angka dibaca 5. Kemudian setelah itu ada I sebanyak dua kali, artinya 2. Jadi, bilangan aslinya adalah 7.

Lalu, bilangan romawi yang di bawah adalah XX. Dalam bilangan romawi, X itu dibaca 10. Dalam soal X nya ada dua, artinya bilangan aslinya adalah 20 karena 10 + 10.

Jadi, jawaban dari contoh soal di atas adalah D, 7 dan 20.

Soal 4

Topik: Bangun Ruang Sederhana

Contoh Soal PTS Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 serta Pembahasan 17
Credit Image by Zenius Education

Pembahasan:

Jika dilihat dari contoh soal PTS Matematika kelas 4 di atas, gambar tersebut merupakan sebuah kubus. Biar lo semakin mudah mencernanya, gue punya bentuk kubus di bawah ini.

Contoh Soal PTS Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 serta Pembahasan 18
Credit Image by Zenius Education

Dari gambar tersebut, lo bisa lihat nggak berapa titik sudut yang ada dalam kubus? Yap, dari gambar kita bisa melihat kalau ada 8 titik sudut pada bangun kubus.

Kemudian, ada berapa sisinya? Sisi  kubus bisa dilihat dari jumlah kotak yang tersedia di dalamnya. Coba ada berapa sisi? Yap, ada 6 sisi dalam bangun kubus yang terletak di bawah, atas, samping kanan kiri, dan depan belakang. 

Jadi, jawabannya adalah C, 8 dan 6.

Baca Juga: Prediksi Soal Ujian Nasional SD, SMP, SMA sesuai SKL

Demikian penjelasan yang bisa gue bagi ke lo semua mengenai kumpulan contoh soal PTS Matematika kelas 4 semester 1 dan semester 2 yang bisa lo jadikan sebagai amunisi untuk menghadapi medan perang yang bernama PTS.

Lo juga bisa, lho, mempelajari semua materi PTS lewat video pembelajaran dari Zenius! Tinggal menuju ke halaman Panduan PTS dari Zenius, di sana lo bisa lihat semua materi PTS Matematika kelas 4 SD dan juga mata pelajaran yang lainnya.

Nggak cuman itu, buat lo yang tidak ingin ketinggalan Live Class dari Zenius, sebaiknya follow Instagram @zeniuseducation dari sekarang, ya! Di dalam Live Class nanti juga akan membahas beberapa contoh soal yang mungkin lagi lo pelajari sekarang!

Buat tahu informasi lebih lengkap mengenai Live Class, lo tinggal klik di sini.

Bagikan Artikel Ini!