materi pelajaran kelas 4,5,6 sd

8 Cara Mudah Belajar Matematika SD

Tahap sekolah dasar (SD) adalah tahap di mana kamu baru mulai mengenal keadaan sekeliling. Oleh karena itu, kamu perlu cara mudah belajar Matematika SD biar cepat paham. 

Cara belajar saat SD memang berbeda dengan cara belajar SMP, SMA maupun kuliah. 

Proses belajar yang salah saat SD dapat mempengaruhi perkembanganmu di kemudian hari, misalnya kamu jadi trauma dan tidak mau belajar karena pernah mengalami kejadian buruk saat belajar. 

Tapi, saat belajar Matematika, kamu juga tidak boleh terlalu main-main ya. Karena ini adalah persiapan untukmu menghadapi tingkat pendidikan selanjutnya, yaitu SMP. 

Cara Mudah Belajar Matematika SD

Nah, agar proses belajarmu di sekolah semakin mudah dan menyenangkan, aku sudah merangkum 8 cara mudah belajar Matematika SD yang bisa kamu terapkan bareng ayah dan ibumu juga lho. Yok langsung cek di sini ya!

1. Mulai dari Hal Dasar

Cara mudah belajar Matematika SD yang pertama adalah kamu bisa memulai dari hal dasar. Misalnya, sebelum belajar cara berhitung. Kamu bisa mulai dengan mengenal nama dan bentuk angka. 

Untuk tingkat lanjut, misalnya kamu sudah duduk di kelas 4 sampai kelas 6 SD, cobalah untuk mengulang kembali sedikit pelajaran di tingkat sebelumnya biar lebih gampang mengerti pelajaran selanjutnya.

Supaya tidak belajar sendirian dan merasa bosan, kamu bisa lho mengajak ayah dan ibu sebagai pelatih atau gurumu. 

Dengan mengajak ayah dan ibu terlibat saat belajar Matematika SD, kamu juga punya kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi kepada mereka tentang materi yang kamu lupa atau tidak kamu mengerti. 

2. Gunakan Barang Sehari-Hari

Di rumah, sebenarnya banyak barang milikmu yang bisa digunakan untuk belajar Matematika lho.

Kamu pasti punya dong barang-barang kecil seperti kancing, uang receh, kaleng, kertas, hingga kerikil di taman.

Nah, barang-barang ini bisa menjadi alat sebagai cara mudah belajar Matematika SD. 

Karena Matematika akan lebih mudah diajarkan ketika kamu terlibat langsung dan melihat semua benda secara fisik terutama untuk pemahaman konsep. 

Dengan menggunakan benda-benda di sekitarmu dalam belajar Matematika, tidak hanya mempermudah kamu mengingat materi pelajaran yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan dan sejenisnya. 

Ini juga melatih ingatanmu untuk mendeteksi barang atau benda di sekeliling sehingga kamu menjadi lebih familiar dengan lingkungan tempat tinggalmu sendiri.

3. Belajar Matematika SD Menggunakan Imajinasi

Kamu tau gak sih, anak-anak seusiamu kadang memiliki dunia imajinasi mereka sendiri. 

Coba, siapa yang kalo di kamar, pernah nyusun bantal dan guling sejajar seolah-olah kamu adalah tentara yang sedang berperang dan berlindung di balik bebatuan. 

Atau mungkin kamu pernah berpura-pura menjadi tuan rumah dari acara minum teh yang hanya dihadiri oleh boneka-boneka kesayanganmu. 

Kalau kamu pernah punya imajinasi sejenis ini, tenang aja. Ini bukanlah hal yang aneh kok. Justru ini adalah hal yang normal dan imajinasimu bisa kamu gunakan dalam belajar juga lho.

Melansir Janabebe, imajinasi anak-anak SD seumuran dirimu (6-12 tahun) ini berkaitan dengan cara berpikir yang abstrak. 

Dimana keterampilan mu sebenarnya lebih besar dan kapasitas kreatif lebih terstruktur dan terdefinisi.

Kamu dapat berimajinasi tanpa harus bersentuhan dengan mainan atau referensi yang mirip untuk menciptakan imajinasi. 

Imajinasi pada anak ternyata memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Seperti untuk perkembangan kemampuan dalam berkomunikasi, bahasa dan sebagai cara ampuh dalam belajar matematika SD.

Dengan imajinasi, kamu juga dapat mengembangkan keterampilan sosial dan berinteraksi dengan orang lain serta kemampuan untuk memecahkan masalah.

Sehingga kamu bisa belajar tanpa merasa stres tapi tetap memperoleh sarana dan cara mudah belajar Matematika SD menggunakan imajinasi.

Kalau kamu pernah punya imajinasi sejenis ini, tenang aja. Ini bukanlah hal yang aneh kok. Justru ini adalah hal yang normal dan imajinasimu bisa kamu gunakan dalam belajar juga lho.

Melansir Janabebe, imajinasi anak-anak SD seumuran dirimu (6-12 tahun) ini bisa berguna untuk belajar. Kamu bisa pakai imajinasimu untuk membayangkan sebuah soal Matematika biar lebih gampang dicerna. 

Dengan imajinasi, kamu juga dapat mengembangkan keterampilan sosial dan berinteraksi dengan orang lain serta kemampuan untuk memecahkan masalah.

4. Belajar Bersama Teman

Karena serangan Covid-19, sekolahmu harus diliburkan dan kamu terpaksa belajar secara online. 

Yah, sebulan dua bulan kamu mungkin masih merasa senang karena bisa libur dan bebas belajar dari mana saja. 

Tapi kamu ngerasa gak sih kalau sekolah online malah membuatmu cepat bosan dan tidak fokus pada apa yang disampaikan guru?

Nah, untuk menyiasatinya, kamu bisa belajar berkelompok atau belajar bersama teman lho. 

Belajar bersama teman ternyata memiliki manfaat yang pastinya tidak didapatkan saat belajar sendiri. Saat belajar bersama teman-teman, kamu akan mendapatkan dukungan mental, motivasi dan mendorong semangat belajar. 

Tapi gimana dong kalau situasinya lagi gak mendukung seperti ini? Kemudahan belajar bersama tetap bisa dilakukan menggunakan cara online kok. Salah satunya melalui fitur live class. 

Live class adalah fitur belajar Zenius yang mendukung dilaksanakannya pembelajaran secara langsung. Jadi walaupun gak berada di tempat yang sama, kamu tetap akan merasakan belajar bersama teman-teman secara langsung. Gak bakal bikin bosen!

Kamu juga bisa bebas bertanya langsung dengan tutor (guru). Jadi kalau ada bagian yang bingung, kamu gak perlu menunggu untuk bertanya pada sesi selanjutnya.

Selain  live class, Zenius juga menyediakan materi SD lengkap di sini lho, langsung cek ya: Kumpulan Materi SD dari Zenius. 

Kalau ingin lebih jauh mengenal apa itu live class di Zenius, atau ingin menggunakan fitur tersebut. Kamu bisa langsung cek di sini ya: Paket Belajar SD – Aktiva Sekolah.

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

icon download playstore
icon download appstore

5. Belajar Sambil Bermain

Cara mudah belajar Matematika selanjutnya adalah kamu bisa belajar sambil bermain. 

Tapi inget ya, jangan kebanyakan bermainnya. Harus seimbang antara bagian belajar dan bermain. 

Manfaat belajar sambil bermain ternyata cukup banyak lho. Mulai dari mendorong pertumbuhan kognitif, meningkatkan kemampuan literasi hingga bikin kamu makin mandiri.

Melansir dari Epl.ca, belajar sambil bermain juga bisa memperkuat korteks prefrontal di otakmu. 

Artinya, bagian ini bisa meningkatkan kapasitas belajar, memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan tentang lingkungan dengan lebih baik.

Belajar Matematika tidak harus melulu di dalam kamar atau di atas meja kok. Kamu boleh sekali-kali belajar di teras, sambil bermain dengan kucing atau anjing peliharaanmu. 

Atau kamu bisa belajar dengan menggunakan mainan yang kamu miliki di rumah seperti mainan bongkar pasang (balok susun) atau mobil-mobilan yang kamu miliki. 

6. Belajar Bersama Orang Tua

Karena sekarang sekolah online, artinya kamu akan banyak menghabiskan waktu di rumah. 

Kamu mungkin tidak akan banyak bertemu dengan Bapak dan Ibu Guru untuk belajar Matematika SD. 

Tapi tenang aja, karena di rumah kamu memiliki guru juga kok, yaitu ayah dan ibumu. 

Kamu bisa meminta mereka mengajarimu tentang Matematika atau mengajak mereka belajar bersamamu. 

Kamu tau gak sih kalau belajar bareng orang tua ternyata banyak manfaatnya lho. Menurut Education Seattlepi, para peneliti menemukan fakta bahwa siswa yang belajar bareng orang tua mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

Mereka juga tercatat berhasil mendaftar di program pendidikan yang lebih tinggi dan memiliki jumlah kehadiran yang baik.

Plus tingkat keterampilan sosial yang lebih kuat, dan perilaku yang lebih baik.

Ini artinya, bantuan ayah dan ibu saat belajar sangat kamu butuhkan.

Tapi, ini gak melulu tentang ayah dan ibu ya. Di rumah, kamu bisa bantuan anggota keluarga yang lain kayak, kakak, abang, paman, nenek, kakek atau anggota keluarga yang lainnya.   

7. Belajar Sambil Menonton Animasi (Kartun)

Siapa yang di sini masih suka nonton kartun? Spongebob? Upin-Ipin? Boboiboy? Wah banyak banget kartun yang bisa kamu tonton di TV. 

Tapi tau gak sih kamu, ternyata kartun juga bisa menjadi salah satu alat dalam cara mudah belajar Matematika SD. 

Kartun atau animasi secara tidak langsung menciptakan dunia yang dapat dihubungkan dengan kehidupanmu. 

Energi dan kekuatan yang luar biasa dari karakter kartun kadang membuatmu ingin menonton kartun secara terus menerus dan tanpa sadar mengingat serta memahami apa yang muncul dalam kartun. 

Sebenernya ini juga yang jadi alasan kenapa buku belajar Matematika SD memiliki lebih banyak gambar berwarna-warni dibandingkan buku SMP atau SMA. 

Kalau gak percaya, kamu bisa cek buku sekolah kakakmu yang duduk di bangku SMP atau SMA, pasti gambar di bukunya sedikit banget. 

Kalau kamu belajar menggunakan gambar, kartun atau animasi, imajinasimu akan terpakai.

Sehingga, kamu dapat menyerap materi yang diajarkan oleh karakter gambar atau kartun tanpa menyadari bahwa kamu sebenarnya sedang belajar. 

Jadi rasanya kayak nonton kartun aja gitu, tapi tau-tau kamu udah hafal lagu yang ada di episode tadi atau kamu inget jalan cerita kartun tersebut. 

Nah, belajar sambil nonton kartun atau animasi ini bisa kamu dapatkan kalau kamu belajar Matematika bareng Zenius lho. 

Soalnya, dalam setiap materi, Zenius memiliki animasi yang menarik dan pastinya seru banget untuk kamu tonton. 

Baca Juga : 6 Tips Membuat Pembelajaran Kreatif

Kalau ingin melihat bagaimana animasi dari Zenius, bisa langsung cek di bawah ini:

8. Beri Reward ke Diri Sendiri

Ketika kamu sudah menyelesaikan sesi belajar Matematika SD dan memahami materi yang dipelajari, kamu bisa lho diberikan reward atau hadiah buat diri sendiri. 

Misalnya kamu berjanji untuk menghafal sebuah rumus matematika kemudian kamu mampu menghafal rumus tersebut dan menggunakannya dalam menjawab soal. 

Ditambah, ternyata soal yang kamu kerjakan jawabannya sudah tepat. 

Ilustrasi Belajar - Cara Mudah Belajar Matematika SD
Ilustrasi Belajar – Sumber Pixabay oleh by coyot

Kamu bisa merayakan keberhasilan ini dengan penghargaan kecil. Misalnya istirahat 10-15 menit kemudian lanjut belajar ke materi selanjutnya. 

Penghargaan kepada diri sendiri tidak harus selalu sesuatu yang besar atau menggunakan uang kok.

Penghargaan dalam bentuk istirahat di sela-sela belajar misalnya ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan otakmu lho. 

Kamu jadi lebih fresh dan fokus untuk menerima materi belajar selanjutnya. 

Penghargaan juga gak harus melulu dateng dari orang lain kok. Kamu bisa memulai dari dirimu untuk dirimu sendiri dulu. 

Saat kamu belajar, ingatlah bahwa masing-masing orang punya cara dan waktunya sendiri untuk memahami sesuatu.

Yang terpenting adalah saat waktunya belajar, kamu menggunakan waktu dengan maksimal dan pastikan konsentrasimu tidak terpecah. 

Misalnya lagi belajar tapi sambil scroll Tik-Tok atau Instagram, wah itu mah udah pasti kamu susah mengerti materi yang sedang kamu pelajari karena konsentrasimu terpecah. 

Begitu pula saat istirahat, gunakan waktu istirahat di sela-sela belajar dengan maksimal. Tapi jangan terlalu lama ya~

Nah, setelah otakmu fresh lagi, artinya kamu sudah siap menerima materi baru saat belajar Matematika SD.

Kalau kamu mau belajar sambil bermain, cobain yuk ZeniusLand. Langsung klik gambar di bawah ini ya!

Belajar Rasa Main ZeniusLand
Bagikan Artikel Ini!