Kuliah di Manajemen UI, apa aja yang perlu disiapin?

Info Kuliah dan Tips Masuk Jurusan Manajemen UI

Elo pengin nggak sih suatu hari nanti kayak mbak-mbak atau mas-mas SCBD? Jadi manajer di multinational company, ngomong English tiap hari, dan kerja di gedung-gedung tinggi. Pasti seru banget, ya?

Tapi tentu saja jadi manajer nggak semudah itu, sebab manajer merupakan salah satu orang yang berperan penting dalam mengelola perusahaan. Bahkan manajer juga terkadang bertanggung jawab penuh atas bisnis perusahaan secara keseluruhan.

Nah, untuk mencapai keinginan menjadi manajer tentunya diperlukan kemampuan me-manage sesuatu dengan baik. Hal itu bisa elo pelajari di perguruan tinggi, lho, termasuk dengan memilih mendaftar di Jurusan Manajemen.

Alasan memilih Jurusan Manajemen karena di sana elo akan dibekali ilmu-ilmu yang dibutuhkan oleh seorang manajer, seperti memimpin sebuah perusahaan hingga mengelola individu, tim, hingga organisasi secara efektif.

Gimana, kira-kira tertarik nggak?

Kalau tertarik, kebetulan gue ada rekomendasi nih, terkait universitas yang Jurusan Manajemennya itu salah satu yang terbaik di Indonesia. Yap, bener banget, di mana lagi kalau bukan di Universitas Indonesia!

Lebih Dekat dengan Jurusan Manajemen UI

Adanya Jurusan Manajemen di Universitas Indonesia (UI) nggak bisa dilepas dari sejarah berdirinya Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) pada tahun 18 September 1950. Hal itu sekaligus membuat FEUI menjadi lembaga pendidikan ekonomi tertua di Indonesia.

Air mancur FEB UI.
Suasana kuliah di FEB Universitas Indonesia. (Dok. FEB UI)

Seiring perkembangan zaman, FEUI berambisi menjadi pusat pembelajaran ekonomi dan bisnis yang terunggul di Asia. Maka dari itu, pada tanggal 19 Februari 2015, FEUI pun resmi mengubah nama menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

FEB UI sampai saat ini membuka 14 program studi pada program sarjana, baik itu kelas reguler maupun kelas internasional. Salah satunya tentu saja program studi yang mau kita kupas tuntas, S1 Manajemen!

Buat urusan kualitas, Universitas Indonesia sih kayaknya nggak usah diragukan lagi, ya? Terbukti dari akreditasi S1 Manajemen UI yang udah mendapatkan predikat A (sangat baik) dari BAN-PT dengan perolehan skor 374 dari 400. Gokil, kan?

Perkara prospek kerja Jurusan Manajemen juga kayaknya nggak perlu terlalu dipikirkan. Soalnya, lulusan S1 Manajemen UI umumnya banyak diperlukan lembaga-lembaga pemerintahan atau swasta, di antaranya sebagai marketing consultant atau konsultan manajemen suatu perusahaan.

Lumayanlah ya, buat ngejawab pertanyaan, “Kuliah Jurusan Manajemen kerjanya jadi apa?” dari keluarga besar tiap kumpul Lebaran.

Kuliah di Jurusan Manajemen UI juga bisa ngebuat elo jadi orang spesial ketika udah lulus nanti, soalnya pas lulus elo jadi punya gelar S.E. atau Special Edition.

Hahaha salah-salah, gelar Jurusan Manajemen UI yang bener itu ternyata S.E. alias Sarjana Ekonomi.

Baca Juga: Jalur Seleksi & Info Jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Apa yang Dipelajari di Jurusan Manajemen UI

Kalau kita pengin bicara banyak tentang Jurusan Manajemen, nggak afdol rasanya kalau kita nggak tahu apa definisi dari jurusan tersebut.

Mengutip laman resmi Universitas Indonesia, Jurusan Manajemen adalah jurusan yang mempelajari bagaimana pengelolaan suatu perusahaan sesuai bidang konsentrasi masing-masing, seperti strategi pemasaran suatu produk, atau pengelolaan sumber daya manusia suatu perusahan.

Hal tersebut mungkin cuma gambaran umumnya aja tentang apa yang dipelajari, sebab pada kenyataannya Jurusan Manajemen di UI mempunyai banyak sekali mata kuliah yang harus dimengerti.

Berikut beberapa mata kuliah yang akan elo pelajari kalau elo udah keterima di Jurusan Manajemen UI nanti:

  • Pasar dan Lembaga Keuangan
  • Bisnis dan Ekonomi Indonesia
  • Pengantar Hukum Bisnis
  • Bisnis Internasional
  • Pengambilan Keputusan Manajerial

Dari kelima mata kuliah di atas seenggaknya kita jadi tahu bahwa Jurusan Manajemen UI nggak pure belajar ekonomi saja, bahkan ada yang nyerempet dikit ke bidang hukum.

Selain itu, Jurusan Manajemen UI juga mempunyai empat peminatan yang bisa diambil oleh para mahasiswanya. Ada apa saja? Nih, gue udah siapin daftarnya di gambar berikut.

Peminatan di Jurusan Manajemen UI ada 4 macam.
Macam-macam peminatan di Jurusan Manajemen UI. (Arsip Zenius)

Empat peminatan tersebut bisa elo pilih salah satunya ketika udah berada di semester 4. Akan tetapi, gue saranin dari semester 3 elo udah mulai pikirin kira-kira mau ambil peminatan yang mana.

Hal itu supaya elo nggak nyesel ketika udah ambil peminatannya di semester 4 nanti, sebab peminatan yang udah elo pilih nggak akan bisa diganti sampai elo lulus dari UI.

Nah, jika ditotal, mahasiswa Jurusan Manajemen UI itu wajib menyelesaikan minimal 144 SKS sebagai syarat lulus atau setara dengan lebih dari 20 mata kuliah termasuk skripsi ataupun magang.

Baca Juga: Info Jurusan dan Daya Tampung Fakultas Ilmu Administrasi UI

Daya Tampung Jurusan Manajemen UI

Besarnya nama Universitas Indonesia tentu membuat banyak orang berlomba-lomba untuk dapat menuntut ilmu di sini.

Berbagai jalur pun dibuka oleh Universitas Indonesia bagi teman-teman yang berminat mencoba, mulai dari SNMPTN (undangan), UTBK SBMPTN (ujian tertulis), hingga SIMAK UI (ujian mandiri).

Dan karena peminat Universitas Indonesia itu banyak banget, nggak heran kalau UI menetapkan batas jumlah mahasiswa yang diterima. Tiap jalur pun punya kuota penerimaan yang berbeda-beda.

Nah, biar elo jadi tahu seberapa ketat persaingan tiap jalurnya, gue udah bikin nih tabel jumlah peminat dan jumlah yang diterima di Jurusan Manajemen UI tahun lalu:

Jumlah daya tampung Jurusan Manajemen UI per jalur masuk.
Jumlah peminat Manajemen UI tahun lalu dengan daya tampungnya tahun ini. (Arsip Zenius)

Informasi persaingan seperti yang gue jabarkan di atas itu penting banget buat elo ketahui. Sebab dengan data tersebut, elo jadi tahu seberapa besar peluang elo buat lolos ke Jurusan Manajemen UI atau seenggaknya jadi bahan pertimbangan memilih jurusan.

Baca Juga: 20+ Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit, Boleh Dicoba Nih!

Tips Lolos ke Jurusan Manajemen UI

Ketatnya persaingan masuk Manajemen UI mungkin membuat elo overthinking. Tapi tenang aja, karena kali ini gue akan ngasih elo beberapa tips supaya peluang elo diterima makin besar.

Sekarang yang perlu elo lakukan adalah ambil secarik kertas dan pulpen, lalu catat poin-poin berikut ini:

  • Perbanyak Informasi

Informasi yang gue maksud di sini sudah pasti segala informasi seputar Jurusan Manajemen UI, mulai dari timeline pendaftaran, lokasi ujian, sampai ke materi-materi apa yang sering ditanyakan.

Dengan elo mengetahui itu semua, elo bisa selangkah lebih maju dari teman-teman yang kurang persiapan.

Pokoknya, perbanyak informasi maka niscaya peluang elo juga makin maksimal!

  • Belajar yang Rajin

Informasi doang tentu nggak cukup buat diterima di UI, perlu pengetahuan yang mumpuni agar ujian masuknya memperoleh nilai tinggi.

Dengan informasi tentang materi yang sering ditanyakan di ujian, elo jadi bisa menyusun strategi belajar.

Misalnya, elo jadi tahu materi pelajaran apa yang harus diprioritaskan. Sehingga waktu elo nggak akan kebuang sia-sia dengan belajar materi yang jarang muncul.

  • Latihan Soal Sering-sering

Kalau belajar elo udah rajin ngulik materi, coba sekali-kali pengetahuan baru elo itu diuji.

Diujinya gimana? Tentu saja dengan ngerjain soal-soal yang udah disediakan.

Jangan berhenti latihan ketika elo udah benar dalam menjawab soal, tapi berhentilah ketika elo udah nggak pernah lagi salah dalam menjawab soal.

Jadi, latihan soal ini perlu rutin dan konsisten ya, supaya materi yang udah elo pelajari nggak hilang di kemudian hari.

Baca Juga: SIMAK UI 2022 – Jadwal, Kuota, Keketatan SIMAK UI & Daya Tampung

Nggak cuma semangat belajar aja yang perlu maksimal, persiapan belajar juga harus lebih maksimal, dong. Untuk itu, elo juga bisa cek informasi penting terkait SIMAK UI mulai dari syarat pendaftaran, cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, hingga materi ujian secara lengkap. 

Panduan Lengkap SIMAK UI

Nggak cuma itu, elo juga bisa melatih kemampuan elo dalam mengerjakan soal-soal SIMAK UI tahun lalu melalui link di bawah ini.

Latihan Soal SIMAK UI

Kalau cuma ngerjain soal-soal aja kayaknya nggak cukup, nih. Karena itu, gue mau kasih rekomendasi fitur Try Out Zenius. Fitur ini bisa ngebantu elo berlatih mengerjain soal dengan suasana semirip ujian aslinya. Caranya gampang, elo tinggal klik banner di bawah ini!

Info Kuliah dan Tips Masuk Jurusan Manajemen UI 9

*****

Oke, mungkin itu aja yang bisa gue kasih tahu ke elo seputar Jurusan Manajemen di Universitas Indonesia. Semoga setelah baca tulisan ini elo jadi makin semangat buat mengejar mimpi menjadi The Next Yellow Jacket!

Ganbatte!

Referensi

Kurikulum S1 Manajemen Kelas Reguler

(http://management.feb.ui.ac.id/sarjana/kurikulum-s1-reguler/)

Daya Tampung UI 2022

(https://simak.ui.ac.id/reguler.html)

Program Sarjana Manajemen

(https://old.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-ekonomi/manajemen.html)

Why Study Management? – Goodwin University (2021)

Bagikan Artikel Ini!