Info lengkap Fakultas Ilmu Administrasi UI

Info Jurusan dan Daya Tampung Fakultas Ilmu Administrasi UI

Mau kerja di bagian administrasi? Coba aja kuliah di Fakultas Ilmu Administrasi UI (Universitas Indonesia) yang punya pilihan jurusan lengkap. Yuk, simak info lengkapnya!

Kalau ditanya ilmu apa yang nggak termakan oleh waktu, gue langsung kepikiran administrasi! Soalnya, kebayang aja sih, tanpa ilmu ini bakal ada hal-hal yang sulit dilakukan. Kayak transaksi jual-beli, pencairan asuransi kesehatan, sampai pendaftaran mahasiswa baru.

Yap! Administrasi bikin berbagai urusan lebih tertata rapi dan berjalan lancar. 

Menariknya, ilmu administrasi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang baru lahir belakangan ini, yakni pada akhir abad ke-19. Hal ini sebagaimana tercatat dalam buku Pengantar Ilmu Administrasi Negara yang ditulis Drs. Muhammad, M.Si.

Kalau gitu, kapan ya, ilmu administrasi ini diperkenalkan pertama kali di Indonesia? Menurut sejarahnya, ilmu administrasi sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada saat itu, pemerintah kolonial mengenalkan administrasi sebagai ilmu pengetahuan. 

Hingga kini, kita bisa melihat peran penting administrasi untuk hal-hal kecil di keseharian sampai pengelolaan organisasi/perusahaan. Sampai akhirnya banyak juga orang yang tertarik untuk mempelajari ilmu ini hingga ke jenjang perguruan tinggi. Elo salah satunya bukan, nih?

Kalau iya, elo bisa memilih jurusan yang tepat di Universitas Indonesia. Ada Fakultas Ilmu Administrasi UI (FIA UI) dengan berbagai jurusan yang bisa kamu pilih di dalamnya. 

Penasaran apa aja jurusan yang ada di fakultas ini? Yuk, simak informasi lengkapnya di sini!

Kenalan dengan Fakultas Ilmu Administrasi UI (FIA UI)

Dibentuknya Fakultas Ilmu Administrasi UI nggak bisa lepas dari peran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kenapa?

Dulunya, fakultas ini menjadi salah satu departemen yang bernaung di bawah FISIP UI. Fakultas Ilmu Administrasi baru menjadi fakultas independen pada tahun 2015. Tapi, salah satu jurusannya sudah eksis sejak 1981, lho, yakni Jurusan Administrasi Fiskal. 

Selain itu, ada jurusan apa lagi, sih? Yuk, lanjut simak!

Jurusan di FIA UI

Di Fakultas Ilmu Administrasi UI, terdapat tiga jenjang pendidikan yang ditawarkan, yaitu jenjang sarjana (S1), magister (S2), dan juga doktor (S3).

Selain itu juga, di fakultas ini tersedia beberapa program pendidikan dan pelatihan lainnya. Gue jabarin beberapa di antaranya, ya. 

  • Program pendidikan double degree,
  • Program pendidikan credit earning program, dan 
  • Program pelatihan executive development program.

Untuk jurusan S1, fakultas ini membagi fokus ilmu administrasi ke dalam 3 jurusan berbeda yang bisa elo simak di infografis ini.

Info jurusan FIA UI

Informasi Jurusan FIA UI(Sumber: simak.ui.ac.id)

Gimana? Udah tau belum nih, kira-kira elo mau masuk jurusan apa? Supaya elo nggak bingung, gue jelasin lebih lengkap seputar ketiga jurusan di FIA UI, ya!

Baca Juga: Info Kuliah, Jurusan, dan Syarat Masuk Fakultas MIPA UI

Jurusan S1 di FIA UI

Perkuliahan di fakultas ini sama dengan fakultas lainnya, Sobat Zenius. Elo bakal belajar berbagai mata kuliah dengan sistem SKS atau Sistem Kredit Semester. Nah, beban studi yang bakal elo dapet di fakultas ini sebanyak 144-146 SKS. Dengan masa studi 8 semester hingga maksimal 12 semester dan lama studi selama kurang lebih 4 tahun.

Nah, ini ketiga jurusan di FIA UI selengkapnya.

  1. Ilmu Administrasi Fiskal

Kalau elo masuk ke jurusan ini, materi yang bakal elo pelajari adalah hal-hal yang berkaitan dengan perpajakan. Elo akan belajar pajak dari berbagai perspektif, baik itu dari sisi ekonomi, hukum, dan juga akuntansi. Elo juga bakal belajar cara menyusun laporan pajak yang sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di Indonesia.

Mata kuliah yang bakal elo pelajari di sini antara lain

  • Sistem dan Prosedur Perpajakan,
  • Akuntansi Biaya, Pemeriksaan Pajak,
  • Penjualan Barang Mewah, 
  • Pajak Penghasilan Badan,
  • Hukum Bisnis, dan lain-lain.
  1. Ilmu Administrasi Negara

Jurusan Ilmu Administrasi Negara merupakan salah satu jurusan di FIA UI yang bakal membantu elo belajar seputar administrasi di badan pemerintahan. Penerapan atau pelaksanaan hukum dan peraturan yang dikeluarkan oleh badan legislatif dan badan hukum lainnya bakal jadi makanan sehari-hari elo. 

Selain itu, elo juga bakal belajar tentang cara mengelola negara, sistem pemerintahan, pelayanan publik bagi masyarakat, kegiatan birokrasi, dan berbagai seluk-beluk tentang negara lainnya.

Mata kuliah yang bakal elo dapet di program ini, di antaranya

  • Politik dan Masyarakat,
  • Keuangan Negara, 
  • Analisis Kebijakan Publik, 
  • Hubungan Industrial,
  • Advokasi Kebijakan, dan lainnya. 
  1. Ilmu Administrasi Niaga

Sebagai mahasiswa jurusan di FIA UI yang satu ini, elo akan belajar tentang cara-cara mengelola bisnis di sebuah perusahaan. Elo akan belajar tentang marketing, mengatur sumber daya manusia, menganalisis berbagai biaya yang ada di perusahaan, sampai mengulik dunia e-commerce.

Nah, mata kuliah yang bakal elo pelajari di sini, antara lain

  • E-Commerce,
  • Strategi Bersaing Organisasi, 
  • Pemasaran Sosial,
  • Studi Kelayakan Usaha, 
  • Kreativitas Berpikir, dan lainnya.
Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Syarat Masuk Fakultas Ilmu Administrasi UI

Gimana, udah mantepin hati buat pilih salah satu jurusan di FIA UI? Sekarang, saatnya elo perhatiin beberapa syarat masuk yang dipatok bagi pendaftar FIA UI di infografis ini.

Info syarat masuk FIA UI

Informasi Syarat Masuk FIA UI(Sumber: simak.ui.ac.id)

Baca Juga: Jalur Seleksi & Info Jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Gelar dari Fakultas Ilmu Administrasi UI

Setelah selesai melewati masa perkuliahan selama kurang lebih 4 tahun, penasaran dengan gelar yang akan tertulis di ijazah elo nanti?

Gelar yang bakal elo dapetin akan sesuai dengan jenjang pendidikan yang udah elo tempuh, nih. Ini beberapa di antaranya, ya.

  • Gelar S.IA untuk lulusan Sarjana Fakultas Ilmu Administrasi UI,
  • Gelar M.A untuk lulusan Magister Fakultas Ilmu Administrasi UI, dan
  • Gelar Dr. untuk lulusan Doktor Fakultas Ilmu Administrasi UI.

Daya Tampung Fakultas Ilmu Administrasi UI

Selain persyaratan masuk, elo perlu memperhatikan daya tampung dan peminat yang ada di setiap jalur masuk, nih. Dengan begitu, elo jadi bisa mempertimbangkan peluang elo lolos ujian.

Buat kuliah di FIA UI, tersedia tiga jalur pendaftaran: Jalur SNMPTN (undangan), jalur SBMPTN atau UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), dan SIMAK UI (ujian mandiri).

Ketiga jalur ini menarik peminat dan memiliki daya tampung yang jumlahnya berbeda-beda, lho! Seberapa banyak daya tampung dan peminatnya? Simak infografis berikut!

Info daya tampung Jurusan di Fakultas Ilmu Administrasi UI
Informasi daya tampung Jurusan di FIA UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

Menurut data di atas, jalur SIMAK UI dapet kuota paling besar, nih. Makanya, rugi banget deh, kalau elo nggak buruan belajar SIMAK UI dari sekarang. Telusuri tiap info penting SIMAK UI mulai dari syarat, cara daftar, materi ujian, sampai jadwal pendaftaran lewat link di bawah, ya!

Panduan Lengkap SIMAK UI

Cobain juga mengerjakan soal-soal tahun lalu. Bisa intip-intip dari sekarang, lho, nggak perlu nunggu mepet hari H! 

Latihan Soal SIMAK UI

Latihan soal doang nggak cukup! Biar persiapan elo maksimal, ikutan try out juga, yuk! Langsung klik banner di bawah ini aja, ya.

Info Jurusan dan Daya Tampung Fakultas Ilmu Administrasi UI 9

Referensi:

Pengantar Ilmu Administrasi Negara – Drs. Muhammad M.Si. (2019)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi FIA UI (https://simak.ui.ac.id/persyaratan-pendaftaran-program-studi.html)

Program Reguler SIMAK UI

(https://simak.ui.ac.id/reguler.html)

Informasi Fakultas Ilmu Administrasi UI

(https://fia.ui.ac.id/)

Bagikan Artikel Ini!