Ilustrasi seorang pelajar dan contoh peristiwa menyublim.

Pengertian, Proses, dan Contoh Peristiwa Menyublim

Dalam ilmu Fisika, kita mengenal materi menyublim. Apa itu menyublim? Cari tahu pengertian, proses, dan contoh peristiwa menyublim di sini, yuk!

Halo, Sobat Zenius! Sebagai awalan dalam pembahasan kali ini, coba perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar benda padat, cair, dan gas.
Ada 3 jenis wujud benda, yaitu benda padat, cair, dan gas. (Arsip Zenius)

Pernah mengalami perubahan fisika seperti gambar di atas, nggak? Misalnya saat merebus air hingga mendidih, muncul uap-uap gitu, kan, ketika tutup pancinya elo buka. Nah, proses tersebut berarti perubahan dari cair ke gas, namanya proses menguap.

Atau ketika elo lagi bikin es batu. Pertama, elo masukin air ke dalam cetakan es batu, kemudian elo masukin ke dalam freezer. Setelah berjam-jam, apa yang terlihat? Yaps, air tersebut berubah menjadi padat, prosesnya dinamakan membeku.

Nah, dengan begitu, dilihat berdasarkan wujud zatnya, kita bisa membedakan benda padat, cair, dan gas.

Benda padat merupakan benda yang sifat, bentuk, dan volumenya tetap. Contohnya meja, kayu, kasur, HP, lilin, dan batu. 

Benda cair merupakan benda yang sifat dan bentuknya berubah-ubah menurut wadahnya, volumenya tetap, dan mengalir dari tempat tinggi ke rendah. Jadi, kalau elo menuang benda ini ke dalam suatu wadah, benda tersebut akan menyesuaikan bentuk wadahnya. Contohnya air dan minyak. 

Benda gas merupakan benda yang sifat, bentuk, dan volumenya berubah-ubah. Ia juga menempati ruangan. Contohnya udara, gas, dan angin.

Nah, ketiga benda tersebut bisa berubah wujud. Ada proses mencair, membeku, mengembun, menguap, mengkristal, dan menyublim. Sama seperti pada saat elo merebus air atau membuat es batu.

Ngomong-ngomong tentang proses menyublim. Apa itu menyublim? Seperti apa contoh peristiwa menyublim? Cari tahu bareng-bareng di bawah ini, yuk!

Apa yang Dimaksud dengan Menyublim?

Pengertian menyublim bisa elo lihat sebagai berikut.

Menyublim adalah perubahan wujud benda dari padat menjadi gas tanpa melalui fase cair.

Sesuai dengan definisi, ciri-ciri menyublim yaitu sebuah benda padat langsung berubah menjadi gas. Jadi, nggak melewati proses mencair terlebih dahulu. Bukan menguap, ya. Kalau menguap apa definisinya? Yap, proses perubahan dari cair menjadi gas. Artinya, yang melewati fase cair itu bukan menyublim, namun proses menguap.

Oh iya, peristiwa menyublim terjadi pada benda yang memerlukan energi panas, guys. Penasaran nggak, gimana proses penyubliman? Oke, kita bahas di bawah ini, ya.

Baca Juga: Zat Plasma – Wujud Zat Selain Padat, Cair, dan Gas

Contoh Peristiwa Menyublim dan Proses Penyublimannya

Elo tahu kapur barus atau kamper, nggak? Nah, contoh peristiwa menyublim adalah kapur barus. Awalnya, ia berwujud padat, kan? Ada yang berbentuk bola, ada juga yang menyerupai tabung.

Ilustrasi kapur barus di ruangan terbuka.
Kapur barus sebagai pengharum ruangan. (Arsip Zenius)

Kalau di rumah gue, kapur barus yang berbentuk seperti bola itu diletakkan di kamar mandi. Nah, kalau yang mirip tabung kecil-kecil atau dibungkus seperti permen gitu diletakkan di dalam lemari.

Gimana proses penyubliman pada kapur barus? Setelah kita letakkan kapur barus tersebut di ruang terbuka, maka beberapa lama kemudian ia akan mengecil, semakin mengecil, kemudian habis. Bukan mencair, kapur barus tersebut telah berubah wujud menjadi gas yang menyebar di udara.

Contoh peristiwa menyublim selanjutnya terjadi pada dry ice atau es kering. Dry ice itu kan terbentuk karena adanya pembekuan gas karbon dioksida (CO2) menjadi padatan es. Nah, ketika dry ice dibiarkan di udara terbuka, maka ia akan berangsur-angsur mengubah fasenya kembali menjadi gas.

Ilustrasi contoh peristiwa menyublim pada dry ice atau es kering di udara terbuka.
Dry ice berbeda dengan es batu, berasal dari pembekuan gas karbon dioksida. (Arsip Zenius)

Kalau elo amati, ketika dry ice di letakkan di udara terbuka, elo akan melihat efek kabut di sekitarnya. Jadi, dry ice ini nggak sama seperti es batu pada umumnya, ya. Kalau es batu diletakkan di udara terbuka, maka ia akan mengubah fasenya dari padat menjadi cair.

Tapi, jangan salah juga, lho. Es batu juga bisa dijadikan sebagai contoh peristiwa menyublim. Ketika elo baru mengeluarkan es batu dari freezer, maka ada uap putih yang keluar dari es batu itu, kan? Nah, proses tersebut dinamakan menyublim.

Gimana, sudah terbayang seperti apa proses menyublim, kan? Sekarang, coba elo sebutkan tiga contoh peristiwa menyublim dalam kehidupan sehari-hari di luar yang sudah gue sebutkan di atas. Jawab di kolom komentar, ya! Gue tunggu.

Elo juga bisa mempelajari mengenai perubahan wujud benda melalui video belajar Zenius dengan klik banner di bawah inia!

belajar materi fisika di video pembahasan zenius

Contoh Soal dan Pembahasan Proses Penyubliman

Setelah mempelajari uraian di atas, kurang lengkap rasanya kalau kita belum mencoba masuk ke contoh soalnya. Nah, gue punya beberapa contoh soal yang bisa elo jadikan referensi belajar, nih.

Contoh Soal 1

Berikut ini merupakan contoh peristiwa menyublim, kecuali….

A. Dry ice yang digunakan dalam pertunjukan seni.

B. Kapur barus yang dibiarkan di udara terbuka.

C. Air yang terkena panas matahari.

D. Membakar arang.

E. Sumbu pada lilin yang dibakar.

Jawab: C. Air yang terkena panas matahari.

Pembahasan:

Menyublim merupakan proses perubahan wujud zat dari padat menjadi gas, tanpa melalui proses mencair. Nah, air yang terkena matahari itu bukan termasuk proses menyublim, melainkan proses menguap.

Sedangkan, dry ice dan kapur barus sudah gue jadikan contoh pada uraian di atas, bahwa ia merupakan peristiwa menyublim. Lalu, bagaimana dengan membakar arang dan sumbu pada lilin yang dibakar? Keduanya sama-sama termasuk proses menyublim. Karena, keduanya berasal dari padatan yang berubah menjadi gas.

Contoh Soal 2

Perhatikan empat pernyataan tentang perubahan wujud zat sebagai berikut!

(1) Kue agar-agar dimasukkan ke dalam cetakan hingga memadat.

(2) Titik embun air memburamkan kaca mobil saat hujan.

(3) Es batu dalam gelas semakin lama berubah menjadi air.

(4) Kapur barus didiamkan di udara terbuka akan menjadi gas.

Pernyataan perubahan wujud yang memerlukan kalor terdapat pada nomor….

A. (1) dan (2).

B. (1) dan (3).

C. (2) dan (3).

D. (3) dan (4).

E. (2) dan (4).

Jawab: D. (3) dan (4).

Pembahasan:

Perubahan wujud zat yang memerlukan kalor atau panas ada tiga, yaitu:

  • Mencair, yaitu perubahan dari padat menjadi cair.
  • Menguap, yaitu perubahan dari cair menjadi gas.
  • Menyublim, yaitu perubahan dari padat menjadi gas.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D. (3) mencair dan (4) menyublim.

Contoh Soal 3

Apa yang dimaksud dengan proses menyublim?

A. Perubahan wujud zat dari cair menjadi gas.

B. Perubahan wujud zat dari padat menjadi cair.

C. Perubahan wujud zat dari padat menjadi gas.

D. Perubahan wujud zat dari gas menjadi cair.

E. Perubahan wujud zat dari cair menjadi padat.

Jawab: C. Perubahan wujud zat dari padat menjadi gas.

Pembahasan:

Proses menyublim merupakan perubahan wujud zat dari padat menjadi gas.

Baca Juga: Perubahan pada Benda – Pelapukan, Perkaratan, dan Pembusukan

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang pengertian, proses, dan contoh peristiwa menyublim? Kalau elo lebih suka belajar dengan nonton video animasi dan penjelasan tutor langsung, elo bisa mengakses materi video belajar Zenius. Elo juga bisa melatih kemampuan dengan level soal yang mirip UTBK beneran di Try Out bareng Zenius.

Biar makin mantap, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

Pengertian, Proses, dan Contoh Peristiwa Menyublim 9
Bagikan Artikel Ini!