fakultas mipa ui

Info Kuliah, Jurusan, dan Syarat Masuk Fakultas MIPA UI

Buat si pecinta sains dan matematika terus bingung mau kuliah apa, Fakultas MIPA UI punya banyak banget pilihan jurusan buat elo! Yuk, simak selengkapnya!

Tanpa perpaduan beberapa keilmuan, rasanya manusia sulit bertahan hidup, ya? Elo percaya itu, nggak? Contoh terdekat bisa kita lihat di era pandemi Covid-19 sekarang ini. Buat tracing dan mencari pola penularan wabah, ilmuwan memanfaatkan ilmu Matematika sekaligus Biologi!

Nah, saking pentingnya perkembangan ilmu Sains dan Matematika, makanya bisa ada Fakultas MIPA UI seperti yang kita kenal hari ini.

Artikel ini bakal secara khusus membahas perkuliahan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Indonesia. Fakultas ini punya banyak jurusan yang bisa elo pilih, mulai dari Jurusan Matematika, Biologi, Geologi, sampai Aktuaria. 

Yuk, simak informasinya!

Kenalan dengan Fakultas MIPA UI

Banyak yang belum tahu, kalau pendirian Fakultas MIPA ternyata berkaitan erat dengan pembangunan Universitas Indonesia. Menurut catatan sejarahnya, Fakultas MIPA dulunya sempat berlokasi di Bandung dan dikelola oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), lho! Nama pertama yang dipakai untuk fakultas ini adalah Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA).

Setelah berjalan puluhan tahun, akhirnya fakultas ini ganti nama pada tahun 1982 menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sebagaimana yang digunakan sampai saat ini.

Baca Juga: Strategi dan Tips Lolos SIMAK UI dari Zenius Education

Ada beberapa syarat yang harus elo perhatikan kalau mau jadi mahasiswa di Fakultas MIPA UI. Cek infonya di gambar berikut, ya. Curi start dari sekarang biar persiapan elo nggak mepet-mepet! 

syarat masuk fakultas mipa ui
Syarat Masuk Fakultas MIPA UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

Jurusan Fakultas MIPA UI

Sekarang, waktunya kenalan sama jurusan-jurusan di Fakultas MIPA UI! Sesuai namanya, fakultas ini jadi tempat bernaung beragam jurusan di ranah ilmu Matematika dan Sains. 

Seperti fakultas lain, Fakultas MIPA UI juga menyediakan tiga jenjang pendidikan, yaitu Sarjana (S1), Magister (S2), dan juga Doktoral (S3). 

Untuk jenjang sarjana, elo bisa pilih salah satu dari sembilan jurusan yang tersedia. Informasi jurusan bisa disimak pada infografis di bawah ini.

jurusan di fakultas mipa ui
Jurusan Fakultas MIPA UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

Apa Saja yang Dipelajari di Fakultas MIPA UI?

Fakultas MIPA UI membagi jurusan ke dalam departemen yang sesuai dengan topik bahasannya. 

Sebelum elo yakin buat milih salah satu jurusan yang udah gue sebutin di atas, ada baiknya elo simak kayak perkuliahan yang ada di setiap jurusan/program studinya.

  1. Departemen Matematika

Di Departemen Matematika ini terdapat tiga jurusan, yaitu

  • Jurusan Matematika,
  • Jurusan Statistika, dan 
  • Jurusan Aktuaria.

Jurusan yang bernaung di departemen ini umumnya akan membahas seputar materi dan rumus-rumus. Materinya tuh, nggak akan jauh dari aljabar, geometri, analisis matematika, statistika, dan juga ilmu-ilmu aktuaria. Nah, mata kuliah yang bakal elo pelajari adalah

  • Algoritma,
  • Peluang,
  • Big Data,
  • Stokastik,
  • Analisis Regresi, dan lainnya. 
  1. Departemen Fisika

Di departemen ini cuma ada Jurusan Fisika aja nih untuk jenjang sarjananya. Pembahasannya pun nggak akan jauh dari dasar-dasar hukum fisika. Selain itu, elo juga akan belajar melalui berbagai praktikum untuk membuktikan keabsahan dasar hukum tersebut. Mata kuliah yang bakal elo pelajari, antara lain

  • Matematika, 
  • Fisika Dasar,
  • Fisika Modern, 
  • Elektronika,
  • Mekanika, dan lain-lain. 

Baca Juga: Seluk-beluk Dunia Perkuliahan Universitas Indonesia

  1. Departemen Kimia

Sama seperti Departemen Fisika, Departemen Kimia UI juga cuma punya satu jurusan, yakni Jurusan Kimia. Sebagai mahasiswanya nanti, elo akan membahas seputar komposisi dan struktur dari suatu materi dan perubahan akibat interaksi antarmateri lainnya. 

Mata kuliah yang ada di jurusan ini, antara lain:

  • Fisika Dasar,
  • Kimia Dasar, 
  • Keselamatan Kerja Laboratorium, 
  • Ilmu Lingkungan.
  1. Departemen Biologi

Di departemen ini hanya ada satu jurusan juga, yaitu Jurusan Biologi. Di jurusan ini, elo akan belajar seputar makhluk hidup, tanaman, dan juga hewan. Pembahasannya nggak akan jauh dari struktur, anatomi, genetika, ekologi, perilaku, hingga sel molekul yang terdapat di setiap makhluk hidup.

Mata kuliah yang bakal elo pelajari adalah

  • Biokimia, 
  • Struktur Tumbuhan,
  • Sistematika Tumbuhan,
  • Biologi Umum,
  • Ekologi, dan lain-lain. 
  1. Departemen Geografi

Pilihan di departemen ini juga cuma satu, nih, yakni Jurusan Geografi. Materi yang bakal elo pelajari mencakup soal fisik bumi. Elo akan diajarkan untuk mengenal lebih dalam mengenai ilmu topografi, geografi manusia, iklim, dan masih banyak lagi. Nah, mata kuliah yang bakal elo temui antara lain:

  • Demografi,
  • Ekologi dan Lingkungan,
  • Biogeografi,
  • Hidrologi,
  • Kartografi, dan lain-lain.
  1. Departemen Geologi dan Geofisika

Terakhir nih, ada Departemen Geologi dan Geofisika. Di departemen ini, elo bisa pilih salah satu dari dua jurusan yang mereka tawarkan, yaitu:

  • Jurusan Geofisika, dan
  • Jurusan Geologi.

Nah, di departemen ini, elo akan mempelajari beberapa ilmu mengenai dinamika bumi yang ada sejak jaman dahulu hingga saat ini. Selain itu, elo juga bakal belajar tentang bagaimana cara mengukur dan memproses data-data yang berkaitan dengan gejala alam. Mata kuliah yang bakal elo pelajari adalah

  • Palinologi,
  • Geologi Kuarter, 
  • Studi Cekungan,
  • Konsep Fisika,
  • Teknologi Informasi Kontemporer, dan lain-lain.

Setelah baca penjelasan tentang jurusan/program studi yang ada di fakultas ini, elo udah tau dong, mau pilih jurusan apa nanti?

Baca Juga: 20+ Jurusan yang Jarang Diminati di UI, Bisa Jadi Peluang Bagus!

Daya Tampung Fakultas MIPA UI

Nah, setelah elo yain buat pilih salah satu jurusan yang elo minati, jangan lupa juga buat cek daya tampung dan juga peminat dari setiap jalur masuk Fakultas MIPA UI ini. Jadi, elo wajib buat simak informasi tentang jalur masuk yang bakal gue jelasin di bawah ini ya!

daya tampung fakultas mipa ui
Daya Tampung Fakultas MIPA UI (Sumber: simak.ui.ac.id)

Jalur SNMPTN (undangan) bakal menyeleksi berdasarkan nilai rapor. Sedangkan jalur SBMPTN atau UTBK akan menyeleksi berdasarkan skor UTBK. Lalu, jalur SIMAK UI sama seperti banyak ujian mandiri di kampus-kampus lain, ada ujian tertulis yang dibikin sama kampus masing-masing.

Gelar dari Fakultas MIPA UI

Setelah selesai belajar selama kurang lebih empat tahun, elo bakal menyandang gelar yang sesuai dengan jenjang pendidikan yang dipilih. Berikut ini contoh gelarnya:

  • Gelar S.Si untuk lulusan Sarjana MIPA UI,
  • Gelar M.Sc untuk lulusan Magister MIPA UI, dan
  • Gelar Dr untuk lulusan Doktor MIPA UI.

Oh iya, ada satu jurusan yang menyandang gelar yang berbeda dengan yang lain, yaitu lulusan dari Sarjana Aktuaria. Gelar yang akan didapat adalah S.Aktr.

Itu dia informasi seputar perkuliahan yang ada di Fakultas MIPA Universitas Indonesia. Semoga bisa membantu elo menentukan jurusan kuliah ya!

Elo mau curi start persiapan SIMAK UI dari sekarang nggak nih? Gue punya info penting SIMAK UI mulai dari syarat, cara daftar, materi ujian, sampai jadwal pendaftaran. Cek di link berikut ya.

Panduan Lengkap SIMAK UI

Cobain juga mengerjakan soal-soal tahun lalu. Bisa intip-intip dari sekarang, lho, nggak perlu nunggu mepet hari H! 

Latihan Soal SIMAK UI

Tambah persiapan elo dengan ikutan tryout juga, yuk! Langsung klik banner di bawah ini aja.

try out simak ui online zenius

Referensi:

Informasi Lengkap Fakultas MIPA UI

(https://www.sci.ui.ac.id/)

Informasi Pendaftaran Fakultas MIPA UI

(https://simak.ui.ac.id/persyaratan-pendaftaran-program-studi.html)

Informasi SIMAK UI

(https://simak.ui.ac.id/reguler.html)

Pangkalan Data Perguruan Tinggi

(https://sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sn.php?ptn=321)

Bagikan Artikel Ini!