pengertian trapesium

Rumus Trapesium dan Contoh Soal – Materi Matematika Kelas 6

Artikel ini akan menjelaskan tentang bangun datar trapesium, rumus trapesium (keliling dan luas), serta contoh soal dan pembahasannya.

Hi, guys! Kali ini aku akan membahas tentang bangun datar (dua dimensi) yang bentuknya ‘aneh’, ada kombinasi segitiga dan persegi. Hmmm… bangun apa ya kira-kira? Yap, bangun datar yang akan aku bahas adalah trapesium.

Contoh trapesium
Perahu adalah contoh benda yang berbentuk trapesium. Bahasan rumus trapesium sendiri akan dijabarkan lengkap di bawah.

Saat jalan-jalan ke pantai, kamu pernah melihat perahu ‘kan? Pernah gak kamu perhatikan bentuknya? Iya betul, bagian atas lebih lebar daripada alasnya, kira-kira bentuknya seperti pada gambar di atas ya, guys. Nah, perahu merupakan contoh benda dengan bentuk trapesium.

Lalu, trapesium itu apa sih? Kalau bangun datar lainnya ‘kan bentuknya pasti begitu, kalau trapesium kok aneh-aneh dan tidak beraturan ya? Oke, semua kebingunganmu akan terjawab di artikel ini.

Apa Itu Trapesium?

Trapesium adalah bangun datar segi empat yang memiliki dua sisi sejajar. Karena bangun datar, trapesium merupakan bangun dua dimensi. Nah, sisi-sisi yang sejajar itu dinamakan alas, sedangkan sisi lainnya yang tidak sejajar disebut kaki atau sisi lateral.

Kemudian, jika antar alas tersebut ditarik garis, maka garis tersebut dinamakan tinggi trapesium. Agar lebih jelas, kamu bisa lihat pada gambar di bawah ini.

pengertian trapesium

Kalau dilihat dari jenisnya, trapesium dibagi menjadi tiga jenis: trapesium siku-siku, sama kaki, dan tidak beraturan.

jenis trapesium
a) trapesium siku-siku, b) trapesium sama kaki, dan c) trapesium tidak beraturan
  • Trapesium Siku-Siku

Trapesium siku-siku adalah trapesium yang memiliki sepasang sudut siku-siku. Trapesium jenis ini juga bisa digunakan untuk memperkirakan luas daerah di bawah kurva.

Pada gambar di atas, terdapat sudut siku-siku di trapesium pada sudut bagian atas dan bawah, satu di A dan satu lagi di D. Sepasang sisi yang berhadapan yaitu DC dan AB sejajar satu sama lain.

  • Trapesium Sama Kaki

Trapesium sama kaki adalah trapesium yang memiliki kaki atau sisi trapesium yang tidak sejajar sama panjang. Sudut-sudut sisi sejajar (alas) pada trapesium sama kaki sama besar. Trapesium sama kaki memiliki simetri lipat dan kedua diagonalnya sama panjang.

Pada trapesium sama kaki di atas ABCD, AD dan BC disebut alas trapesium. AB dan CD disebut kaki trapesium karena tidak sejajar satu sama lain.

  • Trapesium Tidak Beraturan

Trapesium tidak beraturan adalah ketika trapesium memiliki sisi dan sudut trapesium yang tidak sama.

Pada trapesium tidak beraturan di atas, keempat sisinya yaitu AB, BC, CD, dan DA memiliki panjang yang berbeda. Basis yaitu DC dan AB sejajar satu sama lain tetapi memiliki panjang yang berbeda.

Berdasarkan gambar bangun trapesium di atas, maka dapat dipastikan bahwa trapesium memiliki luas dan keliling.

Sekarang, kita pelajari rumus trapesium, yuk! Nanti kalau kamu menemukan sebuah benda atau bangun berbentuk trapesium, maka kamu akan bisa menghitung luasnya dengan benar.

Rumus Luas Trapesium

Untuk menghitung luas bangun trapesium, kamu bisa menggunakan rumus berikut ini:

Luas trapesium = ½ x (alas a + alas b) x tinggi trapesium

Rumus Keliling Trapesium

Selanjutnya, kita pelajari rumus keliling trapesium, yuk! Namanya juga keliling, jadi ya tinggal ditambah aja semua sisinya, guys. Berikut ini merupakan rumus keliling bangun trapesium:

Keliling trapesium = a + b + c + d (semua sisi ditambahkan)

Contoh Soal Rumus Trapesium dan Pembahasan

Rumus trapesium mudah banget ‘kan? Agar lebih paham lagi, kamu bisa lihat contoh soal dan pembahasan berikut ini.

Soal

Sebuah trapesium memiliki panjang alas 3 cm dan 6 cm, kemudian tinggi dari trapesium tersebut adalah 4 cm. Berapa luas dan keliling bangun trapesium tersebut?

Pembahasan

contoh soal rumus trapesium dan pembahasannya
Kalau melihat soal seperti ini, kamu bakal bisa menjawabnya dengan cepat kalau hafal konsep dan rumus trapesium!

Luas trapesium = ½ x (alas a + alas b) x tinggi trapesium = ½ x (3 + 6) x 4 = 18 cm persegi.

Untuk mencari keliling trapesium, cari dulu sisi miringnya menggunakan phytagoras.

Jadi, keliling trapesium = a + b + c + d = 3 + 4 + 6 + 5 = 18 cm.

———-

Nah, itu dia beberapa hal tentang bangun trapesium. Udah paham ‘kan sama rumus trapesium? Semoga penjelasan di atas bermanfaat ya buat kamu. Kalau mau belajar lebih lanjut,kKamu juga bisa tonton video materi Zenius tentang bangun trapesium di sini!

Baca Juga Artikel Rumus Matematika Lainnya

Rumus Keliling dan Luas Segitiga

Rumus Luas dan Keliling Lingkaran

Kamu juga bisa menonton materi pembahasan terkait matematika di Youtube Channel Zenius berikut ini:

Bagikan artikel ini: