Kursus Bahasa Korea sebagai Persiapan Beasiswa

6 Keuntungan Ikut Kursus Bahasa Korea Bareng Zenius dan Hybe Edu Biar Makin Jago

Annyeonghaseo Chingudeul~ ketemu lagi sama Sabrina di sini. Siapa nih yang lagi kena demam Korean Wave dan pengen jago cas-cis-cus ngomong Korea? Pas banget nih karena gue mau sharing info soal kursus bahasa Korea online berkualitas.

Perlu lo tahu bahwa pada tahun 2021, bahasa Korea tercatat sebagai bahasa ke-20 paling populer di dunia. Tercatat hingga saat ini, setidaknya ada 82 juta orang di dunia yang menguasai bahasa ini. 

Menguasai bahasa Korea ternyata banyak manfaatnya lho, apalagi nih kalo lo emang udah berencana ngambil beasiswa kuliah (S1 atau S2), bekerja atau bahkan berkarir di negeri ginseng ini.

Nah, kalo lo punya cita-cita tersebut, dan pastinya harus bisa bahasa Korea dong. Karena, kemampuan komunikasi menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika lo mau berkuliah atau bekerja di negara orang. 

Kursus Bahasa Korea supaya Dapat Skor TOPIK Tinggi dan Diterima Beasiswa

Kursus Bahasa Korea supaya Dapat Skor TOPIK Tinggi dan Diterima Beasiswa

Standar kemampuan bahasa Korea ternyata ada sebutan tersendiri lho. Kalo di Bahasa Inggris mungkin lo udah sering denger istilah Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Nah, kalo tes bahasa Korea disebutnya sebagai Test of Proficiency in Korean (TOPIK). 

Tes TOPIK ini berfungsi untuk mengukur kemampuan membaca, mendengar, berbicara dan pemahaman non-native speaker dalam bahasa Korea.

Banyak universitas di Korea Selatan yang membuka kesempatan untuk para mahasiswa luar negara berkuliah di kampus mereka. Sayangnya nih, banyak orang yang gak lolos karena masalah bahasa mereka yang kurang bagus.  

Kemampuan bahasa ini menjadi sangat penting karena sebagian besar kelas di universitas Korea bahkan di universitas top seperti Seoul National University (SNU) dan Yonsei University diselenggarakan dalam bahasa Korea.

Meskipun kelasnya berkaitan dengan bahasa Inggris, gak menjamin bahwa sumber belajar, pedoman hingga buku-buku mata kuliah tersedia dalam bahasa Inggris lho. Banyak juga sumber belajar yang tertulis dalam bahasa Korea. 

Atau kalau lo nantinya harus berhubungan dengan administrasi kampus, seperti surat pengumuman, kegiatan kampus atau ujian yang juga mayoritas ditulis menggunakan hangul (aksara Korea). 

Dan nantinya sebagian besar teman sekelas lo adalah orang Korea asli yang mungkin gak terlalu fasih dan nyaman berkomunikasi sehari-hari dalam bahasa Inggris.

Jadi untuk melanjutkan studi dan mendapatkan beasiswa setidaknya lo sudah punya modal dari mengikuti kursus bahasa Korea. Karena universitas di Korea juga gak mau kalo sampe lo stress hingga mengabaikan tanggung jawab sebagai mahasiswa karena terkendala bahasa dong. 

Untuk beasiswa, biasanya yang diminta minimal TOPIK-2 level 3 atau bahkan bisa lebih tinggi. 

Kalo lo sudah punya TOPIK level 3 hingga level 5, besar kemungkinan lo mendapatkan prioritas dalam daftar beasiswa karena pihak kampus gak perlu lagi menghabiskan waktu dan uang untuk mempersiapkan pelatihan bahasa Korea buat lo. 

Daftar Tahapan Level TOPIK dan Nilai Kelulusan (Skoring) TOPIK

Secara garis besar tes TOPIK memiliki dua bagian yaitu TOPIK-1 untuk tahap pemula dan TOPIK-2 untuk tahap menengah dan tahap lanjut.

Nah, kalo lo mau liat pembagian level pada TOPIK dan skor nilai kelulusan, berikut ini gue kasih daftarnya secara detail di bawah ini:

Level TOPIK dalam Kursus Bahasa Korea
Level dan Skor TOPIK dalam Kursus Bahasa Korea

Nah, dengan melihat level TOPIK di atas, bisa dibilang untuk menguasainya lo gak bisa sembarangan belajar, apalagi hanya mengandalkan belajar secara otodidak dari menonton video Youtube. Ya, itu gak salah kok, kalau tujuan lo untuk mengasah ingatan terhadap bahasa Korea. 

Tapi alangkah baiknya kalau lo juga ikutan kursus bahasa Korea dan dibimbing langsung oleh guru bahasa Korea yang kompeten.

Soalnya pembuktian lo bisa atau enggak dalam menguasai bahasa ditunjukan dengan adanya sertifikat TOPIK yang juga harus dikeluarkan oleh lembaga kursus profesional.

Seperti yang udah gue mention tadi, kalo lo mau ikutan kursus, hal pertama yang harus lo pertimbangkan adalah kualitas dari lembaga kursus tersebut. Mulai dari kualitas materi yang diberikan, kualitas guru, hingga cara mengajar guru bahasa Korea di kursus itu. 

Nah, kalo lo mau ikut kursus tapi takut zonk, jangan khawatir karena lo bisa banget ikutan kursus bahasa Korea online bareng Zenius dengan join di Learn Korean with BTS (LKWB).

Gak kaleng-kaleng, di kursus bahasa Korea ini Zenius bekerja sama dengan Hybe Edu yang merupakan bagian dari Hybe Corporation. Buat lo yang suka sama boyband atau girlband Korea pasti gak asing lagi sama perusahaan yang satu ini. 

Yap betul, Hybe Corporation adalah perusahaan hiburan Korea Selatan sekaligus perusahaan yang menaungi banyak boyband dan girlband terkenal Korea kayak BTS, SEVENTEEN, TXT, Enhypen, sampai NU’EST. 

Kalo lo ikut kursus bahasa Korea bareng Learn Korean with BTS (LKWB), lo akan dapet berbagai macam fitur-fitur menarik yang pastinya gak bisa lo dapatkan di tempat kursus lainnya.

Nih, gue kasih benefit yang bisa lo dapatkan kalau ikutan kursus bahasa Korea bareng Zenius dan Hybe Edu ini:

Sistem Belajar Bahasa Korea yang Menarik

Gak perlu takut ikutan kursus bahasa Korea online cuman gara-gara sistem belajarnya yang ngebosenin dan gak ada variasinya.

Lo gak perlu khawatir karena Zenius dan Hybe Edu akan menawarkan lo sistem belajar bahasa Korea yang asik melalui berbagai macam konten menarik. 

Tutor Bahasa Korea yang Berkualitas 

Tutor Kursus Bahasa Korea yang Berkualitas
Tutor Kursus Bahasa Korea yang Berkualitas

Tutor yang ngajar di Learn Korean with BTS (LKWB) juga sudah diseleksi dengan ketat. Selain harus jago bahasa Korea, para guru juga harus punya skill mengajar supaya muridnya gampang nangkep pelajaran yang dijelasin. 

Plus, Learn Korean with BTS (LKWB) juga punya native tutor lho, jadi kalau mau praktik bisa langsung sama orang Koreanya. 

Kursus Bahasa Korea dengan Fitur Live Class

Kelebihan lainnya dari kursus bahasa Korea bareng Zenius ini adalah adanya fitur live class. 

Lewat fitur ini lo bisa belajar bahasa Korea secara komprehensif yang dikupas tuntas hingga konsep, tentunya bareng tutor yang keren. 

Ditambah, lewat fitur ini lo bisa bebas bertanya, diskusi dan bertukar pikiran bareng tutor selama kursus berlangsung. 

Materi Kursus Bahasa Korea dalam Bentuk Rekaman 

Belajar dari mana aja adalah kelebihan lain yang bisa lo dapat saat ikut kursus bahasa Korea bareng Zenius ini. Lo bisa akses materi TOPIK dari mana aja dan kapan aja melalui materi rekaman. 

Ini juga akan mempermudah lo kalau misalnya lo pengen memperdalam atau mengulang beberapa materi dan tahapan belajar bahasa Korea.

Akses Bebas Join Communities Zenclub

Belajar sendiri emang seru, tapi belajar bareng ternyata lebih seru lho. Dengan join ke Communities Zenclub, lo jadi punya banyak temen dan bisa sering-sering sharing mengenai kursus bahasa Korea. 

Di samping itu, dengan ikut komunitas ini lo juga bisa menambah semangat belajar karena pengetahuan kolektif tumbuh jauh lebih cepat ketika lo belajar bareng.

Tersedia 4 Books untuk 4 Learning Level

Kursus bahasa Korea di Learn Korean with BTS (LKWB) juga menyediakan berbagai materi dari berbagai macam level TOPIK. Jadi, lo bisa menyesuaikan dengan kebutuhan lo. 

Learn Korean with BTS (LKWB) juga ramah banget buat lo yang baru mulai belajar atau beginner dalam bahasa Korea.

Lo bisa pilih kelas beginner di level 1 untuk selanjutnya mengembangkan kemampuan bahasa Korea lo ke tahap yang lebih tinggi. Misalnya ke level 2, level 3 sampe ke level 4.

Setelah gue jabarin, sekarang lo jadi tau kan pentingnya mengikuti kursus bahasa Korea supaya bisa dapet beasiswa di Korea dan mempermudah lo beradaptasi dengan orang-orang asli Korea. 

Kalau kata novelis sekaligus dokter Afghanistan, Khaled Hosseini: “Jika budaya adalah sebuah rumah, maka bahasa adalah kunci pintu depan, dan semua ruangan di dalamnya”.

Karena bahasa adalah tiket masuk ke semua pintu dalam suatu kebudayaan, artinya kalo lo mau menguasai budaya dan orang-orang di dalamnya, lo juga harus memahami bahasa yang mereka gunakan hingga bisa berkomunikasi dengan baik dengan mereka. 

Dan gak salah sih kalo lo memilih Korea Selatan sebagai negara untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Soalnya Korsel memang berhasil berevolusi dari negara terbelakang di Asia menjadi negara maju di berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, budaya, teknologi dan lainnya.

Tapi negeri ginseng ternyata butuh perjuangan loh untuk menyandang predikat negara maju. Kalo lo mau tau perjuangan negara ini, lo bisa baca artikel yang satu ini ya: Kenapa Negara Korea Selatan Maju?

Oke segitu dulu informasi tentang level Test of Proficiency in Korean (TOPIK), manfaat mengikuti kursus sampai tempat kursus bahasa Korea berkualitas yang bisa lo ikuti. Kalo lo tertarik Belajar Bahasa Korea Bareng Zenius dan Hybe Edu, lo bisa gabung dengan meng-klik banner di bawah ini!

Daftar kelas belajar bahasa korea online di zenius live class
Bagikan Artikel Ini!