Jadwal, Skema, Biaya, Syarat Beasiswa LPDP 2021

Beasiswa LPDP 2021: Jadwal, Skema, Syarat, dan Link Pendaftaran

Artikel ini akan membahas tentang informasi mengenai skema beasiswa LPDP 2021 Reguler beserta syarat serta link pendaftaran.

Hai hai, untuk kamu yang mengikuti perkembangan beasiswa, ada berita baik nih. Per 4 Mei ini, beasiswa LPDP 2021 reguler untuk gelombang 1 sudah resmi dibuka.

Beasiswa LPDP 2021 reguler ini dibuka bagi kamu yang memiliki Letter of Acceptance (LoA) atau surat diterima di perguruan tinggi tujuan dengan tanpa syarat pendaftaran.

Informasi Lengkap Beasiswa LPDP 2021
Informasi Lengkap Beasiswa LPDP 2021

Pengertian LPDP

Buat kamu yang belum tau apa itu LPDP, kita bahas singkat deh ya LPDP itu apaan artinya.

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang mana bisa dibilang ini merupakan sebuah lembaga yang beroperasi dibawah Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama yang komitmen untuk mempersiapkan pemimpin dan professional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, serta berkeadilan.

Tujuan LPDP

Ada beberapa tujuan yang harus kamu tau juga nih. Yang utama, tujuan LPDP adalah mencetak pemimpin masa depan yang tersebar di berbagai bidang loh.

Selain itu, LPDP juga menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi yang akan datang sebagai sebuah bentuk pertanggungjawaban antar setiap generasi.

Yang terpenting adalah LPDP selalu mengantisipasi keperluan rehabilitasi pendidikan yang rusak akibat berbagai hal yang tidak diduga.

Informasi Beasiswa LPDP 2021 Reguler

Berdasarkan informasi yang ditetapkan oleh pihak LPDP, pendaftaran kali ini akan ditutup pada 1 Juni 2021. Untuk kamu yang berminat mendaftarkan diri tapi belum punya LoA Unconditional, kamu juga tetap bisa mendaftar tapi nanti.

Untuk yang belum LoA Unconditional, pendaftaran itu sendiri akan dibuka pada 1 Agustus 2021 dan akan berakhir pada 8 September 2021.

Yang wajib kamu tau, beasiswa reguler ini diperuntukan untuk kamu Warga Negara Indonesia yang telah menyelesaikan program D4 (Diploma 4) dan S1 (Sarjana Strata 1) untuk beasiswa magister.

Skema Beasiswa LPDP 2021

Ada beberapa skema beasiswa LPDP 2021 reguler ini yang harus kamu ketahui terutama untuk kamu yang berminat banget mendaftarkan diri, diantaranya:

1. Beasiswa Reguler

Beasiswa reguler ini diberikan untuk dua jenjang pendidikan, yaitu:

MAGISTER PROGRAM SATU GELAR (Single Degree) dan durasi studi paling lama adalah 24 Bulan atau 2 Tahun

DOKTOR PROGRAM SATU GELAR (Single Degree) dengan durasi studi paling lama adalah 48 Bulan atau 4 Tahun

2. Pendaftar BPI

Pendaftar BPI (Beasiswa Pendidikan Indonesia) Reguler yang telah mempunyai dan mengunggah LoA Unconditional (Letter of Acceptance) wajib memilih satu saja Perguruan Tinggi Tujuan Dalam ataupun Luar Negeri asalkan sesuai dengan daftar Perguruan Tinggi LPDP ini.

Baca juga informasi beasiswa dari Zenius Education disini.

3. Pendaftar Khusus

Khusus untuk pendaftar BPI Reguler yang belum memiliki LoA Unconditional wajib memilih 3 Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri yang ada di dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP tentunya dengan program studi yang sama atau sejenis atau serumpun.

Jadwal, Skema, Biaya, Syarat Beasiswa LPDP 2021
Jadwal, Skema, Biaya, Syarat Beasiswa LPDP 2021

Biaya Pendidikan Beasiswa LPDP 2021 Reguler

Ada dua biaya yang harus kamu tau sebelum mendaftarkan diri di beasiswa LPDP 2021 ini. Dua biaya tersebut adalah Biaya Pendidikan dan juga Biaya Pendukung. Berikut ini adalah detail penjelasannya.

1. Biaya Pendidikan, dibagi menjadi:

– Biaya Pendaftaran
– Biaya SPP/Tuition Fee
– Tunjangan Buku
– Biaya Penelitian Tesis/Disertasi
– Biaya Seminar Internasional
– Biaya Publikasi Jurnal Internasional

2. Biaya Pendukung, dibagi menjadi:

– Transportasi
– Aplikasi Visa/Residence Permit
– Asuransi Kesehatan
– Biaya Hidup Bulanan
– Biaya Kedatangan
– Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan)
– Tunjangan keluarga (khusus doktor)

Syarat Umum Beasiswa LPDP 2021 Reguler

Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi nih kalau kamu berminat mendaftarkan diri di beasiswa LPDP 2021 Reguler ini, diantaranya:

1. Warga Negara Indonesia

2. Para pelamar beasiswa LPDP 2021 reguler harus sudah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor dengan ketentuan sebagai berikut:
– Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi
Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),
– Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau
– Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi.

3. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri;

4. Bagi calon pelamar beasiswa LPDP 2021 reguler yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktoral.

5. Melampirkan Surat Rekomendasi dari akademisi bagi yang belum bekerja atau dari atasan bagi yang sudah bekerja;

6. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP;

7. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:

– Kelas Eksekutif
– Kelas Khusus
– Kelas Karyawan
– Kelas Jarak Jauh
– Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk
– Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri
– Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi
– Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP

8. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online;

9. Menulis Personal Statement;

10. Menulis komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi;

11. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.

Persyaratan Khusus Beasiswa LPDP 2021 Reguler

Ada beberapa persyaratan khusus yang harus kamu penuhi nih kalau kamu berminat mendaftarkan diri di beasiswa LPDP 2021 Reguler ini, diantaranya:

1. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu:

– Pendaftar jenjang pendidikan magister berusia paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun
– Pendaftar jenjang pendidikan doktor berusia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun

2. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan sebagai berikut:

– Pendaftar jenjang Magister wajib memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang – kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai yang asli atau telah dilegalisir.
– Pendaftar jenjang Doktor wajib memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang – kurangnya 3,25 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai yang asli atau telah dilegalisir.
– Khusus untuk pendaftar jenjang Doktor dari program magister penelitian tanpa IPK, wajib melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi asal.

3. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com) atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan sebagai berikut:

– Pendaftar program magister dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS™ 6,0
– Pendaftar program magister luar negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 80, PTE Academic 58, atau IELTS™ 6,5
– Pendaftar program doktor dalam negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 530, TOEFL iBT® 70, PTE Academic 50, atau IELTS™ 6,0
– Pendaftar program doktor luar negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 94, PTE Academic 65 atau IELTS™ 7,0
– Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia

4. Mengunggah surat keterangan menunda memulai studi dari Perguruan Tinggi Tujuan bagi pendaftar yang memiliki LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP.

Informasi selengkapnya mengenai Beasiswa LPDP 2021 Reguler bisa kamu lihat di dokumen ini.

Untuk kamu yang berminat mendaftarkan diri di beasiswa LPDP 2021 reguler ini, kamu bisa mendaftarkan diri kamu secara online pada laman website atau situs pendaftaran beasiswa LPDP di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

Inget ya, kamu harus melengkapi dan juga mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada formulir pendaftaran tersebut.

Lagi yang wajib kamu tau nih, pelamar itu harus memastikan sudah melakukan pendaftaran dengan benar dan mendapatkan kode registrasi atau pendaftaran.

Nantinya, setelah kamu beres melakukan pendaftaran, kamu akan mendapatkan kode registrasi pendaftaran tersebut. Setelah semua rangkaian itu terpenuhi, kamu akan menjalani seleksi administrasi, seleksi substansi akademik dan juga kebangsaan serta seleksi wawancara. Semangat yaa!

Jenis-jenis Beasiswa LPDP 2021

Selain Beasiswa LPDP 2021 Reguler, ada beberapa jenis beasiswa lain yang kamu juga wajib tau. Gak bisa dipungkiri, tahun ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan terobosan dengan memperluas cakupan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) loh.

Buat kamu yang penasaran, beasiswa ini terbuka untuk seiswa SMA/Sederajat, Guru, Dosen dan Pelaku Budaya atau Budayawan. Program yang dibuka gak hanya program beasiswa S2 dan S3 aja loh.

Beasiswa LPDP 2021 ini juga tersedia untuk program S1, bahkan program magang guru dan dosen, terus ada program Praktik Kerja Lapangan (PKL), sampai dengan program pertukarang pelajar dan mahasiswa, baik itu dalam negeri, maupun ke luar negeri.

Program Beasiswa LPDP

Kemendikbudristek melanjutkan beberapa program Beasiswa LPDP yang sudah dijalankan sebelumnya. Buat kamu yang belum tau, beasiswa yang sudah berjalan di tahun sebelumnya adalah:

1. Beasiswa Afirmasi

– Beasiswa Daerah Afirmasi
– Beasiswa Indonesia Timur
– Beasiswa Penyandang Disabilitas
– Beasiswa Prasejahtera Berprestasi
– Beasiswa Alumni Bidikmisi
– Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional
– Beasiswa Prestasi Seni Internasional
– Beasiswa Santri

2. Beasiswa Targeted

– Beasiswa PNS/TNI/POLRI
– Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) / Beasiswa Pendidik
– Beasiswa Olimpiade Internasional

3. Beasiswa Umum

– Beasiswa Reguler (S2/S3)
– Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (S2/S3)
– Beasiswa Dokter Spesialis
– Beasiswa Disertasi

Program Baru Beasiswa LPDP 2021 dari Kemendikbudristek

Selain program Beasiswa LPDP yang memang sudah berjalan dari tahun sebelumnya, Kemendikbudristek untuk tahun ini menambahkan sejumlah program beasiswa LPDP baru di tahun 2021 ini, diantaranya:

1. Kampus Merdeka

Untuk program beasiswa ini, dibagi lagi menjadi beberapa, yaitu:

Kampus Mengajar

Beasiswa untuk mahasiswa S1 untuk membantu pembelajaran literasi dan numerasi bagi pelajar sekolah selama 1 semester dengan tujuan meningkatkan skor Programme for International Student Assessment (PISA) siswa Indonesia.

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (microcredentials)

Beasiswa untuk mahasiswa yang melakukan magang/kerja praktik atau studi independen di perusahaan dan organisasi kelas dunia yang diakui Kemendikbudristek pilihan selama 1-2 semester.

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)

Beasiswa untuk mahasiswa S1 yang belajar di perguruan tinggi luar negeri terpilih selama 1-2 semester.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Beasiswa untuk mahasiswa S1 yang melakukan pertukaran ke perguruan tinggi dalam negeri selama 1 semester.

2. Program Dosen dan Tenaga Kependidikan

Untuk program beasiswa ini, dibagi lagi menjadi beberapa, yaitu:

Beasiswa Dosen Reguler (S2 dan S3)

Beasiswa penuh bagi dosen akademik untuk meraih gelar magister atau doktoral baik di dalam maupun luar negeri

Riset Keilmuan

Subsidi untuk dosen Perguruan Tinggi akademik menjalankan riset-riset keilmuan

Magang di Industri

Subsidi bagi dosen perguruan tinggi akademik untuk magang (sabbatical atau bekerja part-time) di perusahaan kelas dunia selama lebih dari 1 semester

Magang di Perguruan Tinggi Kelas Dunia

Subsidi bagi dosen perguruan tinggi akademik untuk bekerja (mengajar atau meneliti) di perguruan tinggi kelas dunia termasuk mobilitas 1-6 bulan.

3. Program Guru dan Tenaga Kependidikan

Untuk program beasiswa ini, dibagi lagi menjadi beberapa, yaitu:

Beasiswa S2 Guru (Dalam/Luar Negeri)

Beasiswa S2 untuk guru sekolah negeri dan swasta yang sudah memiliki LoA S2 di perguruan tinggi kelas dunia.

Sertifikasi Guru (microcredentials)

Subsidi biaya program sertifikasi untuk guru dan tenaga kependidikan PAUD-SMA.

Beasiswa S3 Guru (Dalam Negeri)

Beasiswa S3 untuk guru, kepala sekolah, dan pengawas di 8 perguruan tinggi dalam negeri terpilih.

4. Program Vokasi

Untuk program beasiswa ini, dibagi lagi menjadi beberapa, yaitu:

Magang di Industri Guru SMK

Subsidi gaji dan biaya hidup untuk guru SMK dapat pengalaman kerja di perusahaan berkualitas tinggi

Beasiswa S1 Guru SMK

Subsidi biaya pendidikan S1 untuk calon-calon guru SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Beasiswa Kegiatan Dosen Vokasi di Luar Kampus

Subsidi untuk dosen vokasi magang di industri atau bekerja di perguruan tinggi lain selama lebih dari 2-4 bulan

Sertifikasi, Magang, dan Pelatihan Dosen & Tendik Vokasi

Subsidi untuk program sertifikasi, magang bersertifikat atau program pelatihan lainnya bagi dosen dan tenaga kependidikan di perguruan tinggi vokasi.

Beasiswa Dosen Vokasi S2 & S3 (Dalam/Luar Negeri)

Beasiswa penuh S2 dan S3 untuk dosen dari perguruan tinggi vokasi

Riset Keilmuan Terapan di Dalam Negeri

Subsidi untuk perguruan tinggi vokasi dan dosen-dosen vokasi menjalankan riset-riset keilmuan terapan.

5. Program Prestasi

Untuk program beasiswa ini, dibagi lagi menjadi beberapa, yaitu:

Beasiswa S1 Prestasi Talenta (Dalam/Luar Negeri)

Beasiswa untuk siswa SMA berprestasi nasional dan internasional di bidang akademik contoh pemenang olimpiade akademik atau juara olahraga internasional. Siswa SMA jalur non-prestasi yang berhasil diterima di program sarjana perguruan tinggi Top 15 Dunia

Beasiswa S2 Prestasi Talenta (Dalam/Luar Negeri)

Beasiswa untuk mahasiswa berprestasi nasional dan internasional di bidang akademik dan non-akademik, serta kategori peserta didik pra sejahtera/miskin yang berhasil diterima untuk melanjutkan studi S2 di perguruan tinggi pilihan.

6. Siswa Kebudayaan

Untuk program beasiswa ini, dibagi lagi menjadi beberapa, yaitu:

Beasiswa Pelaku Budaya S1 (Dalam Negeri)

Beasiswa jenjang sarjana yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia yang aktif di bidang kebudayaan.

Beasiswa Pelaku Budaya S2 (Dalam/Luar Negeri) dan S3 (Dalam/Luar Negeri)

Beasiswa jenjang magister dan doktoral yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia yang aktif di bidang kebudayaan.

Baca Juga Informasi Ujian Mandiri Tahun 2021

Jalur Mandiri PMB ISI Yogyakarta

Jalur Mandiri UIN Walisongo

Seleksi Mandiri Institut Teknologi Bandung (ITB)

Syarat Umum Beasiswa LPDP

Kalau di atas kita udah bahas syarat umum beasiswa LPDP Beasiswa LPDP 2021 Reguler, kali ini kita akan bahas syarat umum untuk SEMUA BEASISWA LPDP.

Untuk kamu yang belum tau, untuk setiap jenis Beasiswa LPDP itu punya syarat yang berbeda-beda. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah syarat umum untuk SEMUA BEASISWA LPDP diantaranya:

1. Menyerahkan salinan KTP.

2. Menyerahkan Surat Keterangan sehat jasmani dan bebas NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif).

3. Transkrip akademik asli atau dilegalisir

4. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran secara online

5. Menyusun tulisan yang terdiri dari personal statement.

6. Pendaftar beasiswa yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa tidak dapat mengajukan perpindahan PT tujuan dan Program Studi tujuan (dibuka terbatas) kecuali ada kendala non-akademis, seperti Perguruan Tinggi ditutup karena sesuatu hal dan lain-lain, serta diketahui Pengelola Beasiswa.

7. Melampirkan surat persetujuan dari orang tua, pimpinan, atau atasan.

Jadwal Umum Pelaksanaan Beasiswa LPDP 2021

Seperti yang sudah kita bahas di atas, jadwal pelaksanaan setiap jenis Beasiswa LPDP 2021 juga berbeda-beda. Jadi, kamu harus cek kembali dan memastikan ke halaman website https://beasiswa.kemdikbud.go.id/

Untuk jadwal umum atau durasi pendaftaran pelaksanaan Beasiswa LPDP 2021 secara umum adalah seperti di bawah ini:

– Pendaftaran: Mei 2021
– Seleksi Administrasi: Juni 2021
– Seleksi substansi: Juni 2021
– Penetapan penerima program: Juni 2021
– Pelaksanaan: mulai Juli 2021

Nah, itu dia informasi mengenai Beasiswa LPDP 2021 secara umum dan juga reguler. Gimana menurut kalian? Apakah informasi yang mencakup skema, syarat, jadwal pelaksanaan, link pendaftaran, dan program beasiswa sudah cukup jelas? Kalau belum, boleh banget komen di bawah ini ya, siapa tau ada informasi yang kalian butuh banget tapi belum ada disini, Thank You!

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini