pmb isi jogja

PMB ISI Yogyakarta 2022: Jalur Mandiri

PMB ISI jalur mandiri 2022 telah dibuka, nih! Sobat Zenius kira-kira ada yang tertarik nggak buat masuk ke kampus seni yang satu ini? Kalau tertarik, alangkah baiknya elo perhatikan artikel ini karena gue akan membahas lengkap mengenai pendaftaran ISI Jogja 2022 jalur mandiri.

pmb isi yogyakarta jalur mandiri
Gerbang kampus ISI Yogyakarta

Selain kuliah di bidang seni, Sobat Zenius yang nantinya kuliah di ISI (Institut Seni Indonesia) masuk ke dalam PTN, lho!

ISI Yogyakarta terletak Kabupaten Bantul. PTN yang satu ini telah banyak mencetak seniman-seniman profesional dalam berbagai bidang keahlian, seperti musik, teater, tari, dll. 

Nah, pasti elo tidak asing dengan nama Soimah Pancawati (sinden dan entertainer), Luluk Purwanto (seniman musik jazz), Jeihan Angga (sutradara), Butet Kartaredjasa (seniman teater), dan Didik Nini Thowok (seniman tari). Mereka semua adalah alumni ISI Yogyakarta, guys.

Buat Sobat Zenius yang tertarik masuk ISI Yogyakarta, tapi masih belum beruntung pada jalur SNMPTN dan SBMPTN, jangan putus asa dulu. 

Karena, masih ada jalur mandiri ISI Jogja 2022 yang bisa elo tempuh untuk bisa berkuliah di sini. 

Nah, kali ini gue akan berbagi informasi mengenai jalur mandiri diploma dan sarjana dalam PMB ISI Yogyakarta 2022. Penasaran? Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

Informasi Pendaftaran PMB ISI Jogja 2022

ISI Yogyakarta membuka lima jalur masuk pada PMB tahun 2022, yaitu SNMPTN, SBMPTN, Mandiri Diploma 4/Sarjana Terapan dan Mandiri Diploma dan Sarjana.

Kali ini kita akan bahas jalur Mandiri ISI Jogja, yaitu Diploma 4/Sarjana Terapan, Mandiri Diploma dan Sarjana, serta Mandiri Lanjutan.

Jalur Mandiri Program Diploma 4/Sarjana Terapan

Pada program yang satu ini, ISI Yogyakarta menyediakan dua fakultas, yaitu fakultas seni rupa dan fakultas seni media rekam.

Dalam fakultas seni rupa terdapat program studi D-IV desain mode kriya batik. Sedangkan fakultas seni media rekam terdapat program studi D-IV Animasi.

Untuk jalur mandiri yang satu ini, pendaftarannya telah dibuka sejak tanggal 11 April – 10 Mei 2022. Di tanggal tersebut juga elo harus mengunggah portofolio PMB ISI.

Kemudian, pengumuman mandiri ISI Jogja untuk jalur yang satu ini dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2022. Dilanjut masa pembayaran UKT tanggal 2-6 Juni 2022, dan registrasi pada tanggal 9-10 Juni 2022.

Jalur Mandiri Diploma dan Sarjana

Jalur yang satu ini diselenggarakan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang akan melaksanakan Pendidikan Program Ahli Madya (D3), Sarjana Terapan (D4), dan Sarjana (S1). Elo bisa lihat rincian program studi (prodi) di tiap jenjangnya, sebagai berikut:

Program Studi D3 dan D4

  • Fakultas Seni Pertunjukan Musik
    Prodi D4 Penyajian Musik
  • Fakultas Seni Rupa
    Prodi D3 Batik dan Fashion
  • Fakultas Seni Media Rekam
    Prodi D3 Animasi

Program Studi S1

  • Fakultas Seni Pertunjukan
    a. Prodi S1 Tari
    b. Prodi S1 Seni Karawitan
    c. Prodi S1 Musik
    d. Prodi S1 Pendidikan Musik
    e. Prodi S1 Penciptaan Musik
    f. Prodi S1 Teater
    g. Prodi S1 Etnomusikologi
    h. Prodi S1 Seni Pedalangan
    i. Prodi S1 Pendidikan Seni Pertunjukan
  • Fakultas Seni Rupa
    a. Prodi S1 Seni Murni
    b. Prodi S1 Kriya
    c. Prodi S1 Desain Interior
    d. Prodi S1 Desain Komunikasi Visual
    e. Prodi S1 Desain Produk
    f. Prodi S1 Tata Kelola Seni
  • Fakultas Seni Media Rekam
    a. Prodi S1 Fotografi
    b. Prodi S1 Film dan Televisi

Informasi pendaftaran ISI Jogja 2022 jalur mandiri telah dibuka pada tanggal 2 Juni lalu dan akan berakhir pada tanggal 5 Juli mendatang.

Dari berbagai fakultas dan program studi di atas, manakah yang menjadi favorit Sobat Zenius? Ceritakan harapan elo di kolom komentar ya, supaya kita semua bisa mengaminkan bersama-sama. Hihihi.

Nah, buat Sobat Zenius yang mau mempersiapkan ujian mandiri dari sekarang, nggak perlu ragu lagi, nih, buat download aplikasi Zenius.

Melalui aplikasi, elo akan banyak sekali bertemu contoh soal UTBK atau ujian mandiri, lho. Nggak cuman itu, Zenius juga nyediain fitur di mana elo bisa mengerjakan soal dengan dibatasi oleh waktu, sama seperti halnya saat elo ikut ujian mandiri beneran nantinya.

Terus, elo  juga bakalan menemukan informasi-informasi update terkait UM dari berbagai universitas, termasuk ISI Jogja, lho!

Tunggu apa lagi? Download aplikasinya dengan klik banner di bawah ini, ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Persyaratan Peserta PMB ISI Jalur Mandiri Diploma dan Sarjana

pmb isi jogja 2022
Ilustrasi dokumen (Dok. Pexels)

Setelah menentukan mana prodi yang sekiranya cocok dan menjadi favoritmu, sekarang lihat juga persyaratan yang diberikan oleh ISI Yogyakarta, yuk!

Dengan begitu, elo jadi mengetahui apakah sudah memenuhi kualifikasi atau belum. Simak uraiannya di bawah ini ya!

Persyaratan Umum

  • Peserta adalah lulusan SMA/SMK/MA/Paket C semua jurusan yang dibuktikan dengan ijazah/STTB dan SKHUN (khusus lulusan 2021 dibuktikan dengan Surat Keterangan Kelas XII disertai nilai rapor Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika semester 3,4, dan 5 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah.
  • Peserta yang pernah tercatat sebagai mahasiswa di ISI Yogyakarta harus melaporkan secara tertulis kepada panitia.

Persyaratan Kesehatan

Selain persyaratan umum, ISI Yogyakarta juga memberikan persyaratan kesehatan, lho. Hal ini supaya tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran selama kuliah. Berikut ini persyaratannya:

  • Fakultas Seni Pertunjukan: sehat paru-paru, THT, tidak gagu, gagap, dan cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi. Khusus untuk Prodi Tari, Teater, Pendidikan Seni Pertunjukan, Seni Pedalangan disyaratkan tidak buta warna menurut dokter spesialis.
  • Fakultas Seni Rupa: tidak buta warna menurut dokter spesialis, tidak gagu, gagap, dan cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi.
  • Fakultas Seni Media Rekam: tidak buta warna menurut dokter spesialis, tidak cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi.

Persyaratan Seleksi

  • Pendaftaran dilakukan secara online dengan biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,-. Untuk panduan pembayaran biaya seleksi dan tata cara pendaftarannya akan diinformasikan selengkapnya di website pmb.isi.ac.id atau isi.ac.id.
  • Pelaksanaan seleksi dilaksanakan secara online dengan cara mengunggah dokumen akademik dan portofolio karya. Persyaratan dan aturan lengkapnya akan diinfokan selanjutnya di website pmb.isi.ac.id atau isi.ac.id.

Jadwal PMB ISI Yogyakarta Jalur Mandiri 2022

Setelah semua persyaratan sudah elo persiapkan dan penuhi, selanjutnya elo bisa melihat jadwal pelaksanaan dari PMB ISI Yogyakarta 2022 melalui jalur mandiri program Diploma 4/Sarjana Terapan berikut ini:

  • Pendaftaran

2 Juni – 5 Juli 2022

  • Unggah karya portofolio PMB ISI

2 Juni – 5 Juli 2022 pkl 12.00 WIB

  • Pengumuman hasil seleksi

4 Agustus 2022

Jadwal di atas merupakan PMB ISI Jogja untuk jalur mandiri program Lanjutan, ya.

Untuk pengumuman kelulusannya bisa elo lihat di website isi.ac.id atau pmb.isi.ac.id ya, guys

Nah, perlu elo ketahui juga kalau panitia PMB ISI Yogyakarta tidak menghubungi secara personal atau lewat telepon. Jadi, semua informasi pendaftaran hingga kelulusan ada di website semua ya.

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri ISI Yogyakarta

Setelah mengetahui informasi jalur mandiri ISI Jogja 2022 dari persyaratan hingga jadwal, elo jugag pasti penasaran, dong, berapa biaya pendaftarannya.

Nah, kira-kira berapa sih biaya pendaftaran yang harus dikeluarkan oleh peserta pada jalur mandiri ini?

Buat Sobat Zenius yang memperhatikan bacaan di atas dengan saksama, pasti sudah mengetahui besaran biayanya. Seperti yang sudah gue sebutkan di atas, bahwa biaya pendaftaran PMB ISI Yogyakarta jalur mandiri diploma dan sarjana adalah Rp200.000,- (dua ratus ribu rupiah).

Itu dia informasi seputar PMB ISI Yogyakarta melalui jalur mandiri diploma dan sarjana. Sudah siap untuk melanjutkan kuliah di kampus impian? 

Kalau sudah, elo perlu persiapan yang matang dulu, nih, dengan mengikuti Zenius Ultima! Melalui Zenius Ultima, dijamin persiapan elo jadi makin optimal dalam menghadapi ujian masuk berbagai PTN!

Klik banner di bawah ini, ya!

CTA Zenius ultima plus
Yuk, langganan Zenius sekarang!

Zenius juga punya video tentang perbedaan kehidupan sekolah dan kuliah yang bisa elo tonton nih:

Semoga informasi di atas bermanfaat buat elo ya, guys. Semangat berjuang dan pantang mundur!

Ikuti Juga Ujian Mandiri dari Beberapa Kampus Lain:

UM UNY 2022

UM IPB 2022

UM UGM 2022

Originally published: May 6, 2021
Updated by: Maulana Adieb

Bagikan Artikel Ini!