pmb isi yogyakarta jalur mandiri

PMB ISI Yogyakarta 2021: Jalur Mandiri

Suka bidang seni? Simak dulu informasi PMB ISI Yogyakarta 2021 melalui jalur mandiri berikut ini, yuk!

pmb isi yogyakarta jalur mandiri
Gerbang kampus ISI Yogyakarta (dok. jdih.isi.ac.id)

Halo pejuang PTN! Siapa di antara kamu yang merasa passion di bidang seni dan ingin meningkatkannya lagi di perguruan tinggi? Salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang menaungi dan berkiprah dalam perkembangan seni di Indonesia adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Terletak di Kabupaten Bantul, ISI telah banyak mencetak seniman-seniman profesional dalam berbagai bidang keahlian, seperti musik, teater, tari, dll. Nah, pasti kamu tidak asing dengan nama Soimah Pancawati (sinden dan entertainer), Luluk Purwanto (seniman musik jazz), Jeihan Angga (sutradara), Butet Kartaredjasa (seniman teater), dan Didik Nini Thowok (seniman tari). Mereka semua adalah alumni ISI Yogyakarta, guys.

Buat kamu yang tertarik masuk ISI Yogyakarta, tapi masih belum beruntung pada jalur SNMPTN dan SBMPTN, jangan putus asa dulu. Karena, masih ada jalur mandiri yang bisa kamu tempuh untuk bisa berkuliah di sini. Nah, kali ini aku akan berbagi informasi mengenai jalur mandiri diploma dan sarjana dalam PMB ISI Yogyakarta 2021. Penasaran? Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

Informasi Pendaftaran PMB ISI Yogyakarta

ISI Yogyakarta membuka empat jalur masuk pada PMB tahun 2021, yaitu SNMPTN, SBMPTN, Mandiri Diploma, serta Mandiri Diploma dan Sarjana. SNMPTN dan SBMPTN sudah ditutup, lalu bagaimana dengan kedua jalur lainnya?

Jalur Mandiri Diploma

Jalur mandiri diploma dilaksanakan untuk mendapatkan mahasiswa yang akan mengikuti Pendidikan Program Ahli Madya (D3) di ISI Yogyakarta. Tentu saja tujuannya untuk menghasilkan tenaga ahli terdidik yang siap dan matang dalam menerapkan keahlian sesuai bidang studi yang ditekuni. Selain itu, untuk menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan.

Untuk jalur mandiri diploma dikhususkan bagi kedua program studi, yaitu D3 Batik dan Fashion, serta D3 Animasi. Tapi, pendaftaran untuk jalur ini berlangsung sejak 12 April – 5 Mei 2021. Wah, sudah terlambat kalau kamu mau mendaftar melalui jalur ini. Namun, jangan bersedih hati, karena masih ada satu jalur lagi, yaitu jalur mandiri diploma dan sarjana.

Jalur Mandiri Diploma dan Sarjana

Jalur yang satu ini diselenggarakan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang akan melaksanakan Pendidikan Program Ahli Madya (D3), Sarjana Terapan (D4), dan Sarjana (S1). Kamu bisa lihat rincian program studi (prodi) di tiap jenjangnya, sebagai berikut:

Program Studi D3 dan D4

  • Fakultas Seni Pertunjukan Musik
    Prodi D4 Penyajian Musik
  • Fakultas Seni Rupa
    Prodi D3 Batik dan Fashion
  • Fakultas Seni Media Rekam
    Prodi D3 Animasi

Program Studi S1

  • Fakultas Seni Pertunjukan
    a. Prodi S1 Tari
    b. Prodi S1 Seni Karawitan
    c. Prodi S1 Musik
    d. Prodi S1 Pendidikan Musik
    e. Prodi S1 Penciptaan Musik
    f. Prodi S1 Teater
    g. Prodi S1 Etnomusikologi
    h. Prodi S1 Seni Pedalangan
    i. Prodi S1 Pendidikan Seni Pertunjukan
  • Fakultas Seni Rupa
    a. Prodi S1 Seni Murni
    b. Prodi S1 Kriya
    c. Prodi S1 Desain Interior
    d. Prodi S1 Desain Komunikasi Visual
    e. Prodi S1 Desain Produk
    f. Prodi S1 Tata Kelola Seni
  • Fakultas Seni Media Rekam
    a. Prodi S1 Fotografi
    b. Prodi S1 Film dan Televisi

Dari berbagai fakultas dan program studi di atas, manakah yang menjadi favorit kamu? Ceritakan harapan kamu di kolom komentar ya, supaya kita semua bisa mengaminkan bersama-sama. Hihihi.

Persyaratan Peserta PMB ISI Jalur Mandiri Diploma dan Sarjana

Setelah menentukan mana prodi yang sekiranya cocok dan menjadi favoritmu, sekarang lihat juga persyaratan yang diberikan oleh ISI Yogyakarta, yuk! Dengan begitu, kamu jadi mengetahui apakah kamu sudah memenuhi kualifikasi atau belum. Simak uraiannya di bawah ini ya!

Persyaratan Umum

  • Peserta adalah lulusan SMA/SMK/MA/Paket C semua jurusan yang dibuktikan dengan ijazah/STTB dan SKHUN (khusus lulusan 2021 dibuktikan dengan Surat Keterangan Kelas XII disertai nilai rapor Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika semester 3,4, dan 5 yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah.
  • Peserta yang pernah tercatat sebagai mahasiswa di ISI Yogyakarta harus melaporkan secara tertulis kepada panitia.

Persyaratan Kesehatan

Selain persyaratan umum, ISI Yogyakarta juga memberikan persyaratan kesehatan, lho. Hal ini supaya tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran selama kuliah. Berikut ini persyaratannya:

  • Fakultas Seni Pertunjukan: sehat paru-paru, THT, tidak gagu, gagap, dan cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi. Khusus untuk Prodi Tari, Teater, Pendidikan Seni Pertunjukan, Seni Pedalangan disyaratkan tidak buta warna menurut dokter spesialis.
  • Fakultas Seni Rupa: tidak buta warna menurut dokter spesialis, tidak gagu, gagap, dan cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi.
  • Fakultas Seni Media Rekam: tidak buta warna menurut dokter spesialis, tidak cacat fisik yang dapat mengganggu proses studi.

Persyaratan Seleksi

  • Pendaftaran dilakukan secara online dengan biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,-. Untuk panduan pembayaran biaya seleksi dan tata cara pendaftarannya akan diinformasikan selengkapnya di website pmb.isi.ac.id atau isi.ac.id.
  • Pelaksanaan seleksi dilaksanakan secara online dengan cara mengunggah dokumen akademik dan portofolio karya. Persyaratan dan aturan lengkapnya akan diinfokan selanjutnya di website pmb.isi.ac.id atau isi.ac.id.

Jadwal PMB ISI Yogyakarta Jalur Mandiri 2021

Setelah semua persyaratan sudah kamu persiapkan dan penuhi, selanjutnya kamu bisa melihat jadwal pelaksanaan dari PMB ISI Yogyakarta 2021 melalui jalur mandiri berikut ini:

  • Pendaftaran
    Tanggal 2 Juni – 6 Juli 2021
  • Unggah karya portofolio
    Tanggal 2 Juni – 8 Juli 2021
  • Pengumuman Seleksi Mandiri Diploma dan Sarjana
    Tanggal 5 Agustus 2021

Untuk pengumuman kelulusannya bisa kamu lihat di website isi.ac.id atau pmb.isi.ac.id ya, guys. Nah, perlu kamu ketahui juga kalau panitia PMB ISI Yogyakarta tidak menghubungi secara personal atau lewat telepon. Jadi, semua informasi pendaftaran hingga kelulusan ada di website semua ya.

Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri ISI Yogyakarta

Nah, kira-kira berapa sih biaya pendaftaran yang harus dikeluarkan oleh peserta pada jalur mandiri ini? Buat kamu yang memperhatikan bacaan di atas dengan saksama, pasti sudah mengetahui besaran biayanya. Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, bahwa biaya pendaftaran PMB ISI Yogyakarta jalur mandiri diploma dan sarjana adalah Rp200.000,- (dua ratus ribu rupiah).

Itu dia informasi seputar PMB ISI Yogyakarta melalui jalur mandiri diploma dan sarjana. Sudah siap untuk melanjutkan kuliah di kampus impian? Untuk bekal kamu dalam mempersiapkan diri menuju dunia kuliah, Zenius punya video tentang perbedaan kehidupan sekolah dan kuliah yang bisa kamu tonton nih:

Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu ya, guys. Semangat berjuang dan pantang mundur!

Ikuti Juga Ujian Mandiri dari Beberapa Kampus Lain

UM UNY 2021

UM IPB 2021

UM UGM 2021

Nah, kalau kamu ingin mengetahui informasi ujian mandiri dari kampus lain yang belum ada di blog Zenius, bisa langsung komentar di bawah ini ya! Semangat terus para pejuang PTN!

Bagikan artikel ini