soal stan

Kumpulan Contoh Soal STAN dan Pembahasan

Pembahasan lengkap soal-soal USM STAN tahun-tahun lalu. Disertai juga dengan bedah materi yang penting untuk menghadapi Ujian Seleksi Masuk PKN STAN.

Halo-halo! Di artikel kali ini gue bakalan bahas kumpulan contoh soal STAN dan pembahasan. Gue tau pasti lo udah penasaran dan juga udah mulai mencari informasi mengenai gambaran umum ujian tulis USM PKN STAN. Kebetulan banget, buat lo yang pengen ikut USM STAN, lo wajib banget bookmark artikel ini agar memudahkan lo belajar sewaktu-waktu.

Sekilas informasi tentang USM PKN STAN itu terdiri dari 3 tahap, yaitu:

  • Tahap I: Tes Tertulis 
  • Tahap II: Tes Fisik & Wawancara 
  • Tahap III: Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Wah banyak juga ya tahapan tes buat masuk STAN. Tapi lo jangan khawatir, untuk mempersiapkan diri mengikuti tes-tes tersebut, gue bakalan bantu dengan menyediakan kumpulan soal STAN dan pembahasan untuk tahap 1, yaitu tes tertulis. Simak terus artikel ini sampai habis!

soal stan

Soal STAN dan Pembahasan: Tes Tertulis 

Materi Tes Tertulis USM PKN STAN terdiri dari TPA dan TBI. Secara umum sih soal-soal STAN khususnya TPA gak terlalu sulit, namun tantangannya di sini adalah waktu pengerjaan yang sangat singkat. Jumlah soal TPA 120 soal dan lo cuma dikasih waktu 100 menit. Kalo dirata-rata, jatah per soal kurang dari 50 detik. Gile ga tuh?

Sedangkan soal STAN tipe TBI tingkat kesulitannya di atas materi bahasa inggris SMA. TBI ini akan menguji bener kemampuan grammar dan pengetahuan vocabulary lo. 

Untuk informasi, soal STAN TPA dan TBI ini nanti pengerjaannya terpisah, dengan ada jeda waktu pengerjaan sekitar 15-30 menit di antaranya. Jadi lo harus siap banget nih waktu ujiannya. 

Nah sebagai persiapan, gue bakalan bahas contoh soal STAN lengkap dengan pembahasan khususnya untuk TPA dan TBI. Apa saja contoh soalnya? Gue bakal bahas di bawah ini.

Oh ya, soal ini gue ambil dari USM PKN STAN. Jadi, kalau lo mau lihat contoh soal STAN dan pembahasan yang lainnya boleh langsung akses link tersebut. 

Tes Potensi Akademik (TPA)

  • Sinonim

Niscaya = …

a. Cahaya

b. Perca

c. Percaya

d. Pasti

e. Kalau

Pembahasan:

Susunan huruf dan bunyi dari kata niscaya hampir dekat dengan kata cahaya dan percaya. Namun, kata ini berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti: tentu; pasti; tidak boleh tidak atau puguh; tak urung; perlu. Jadi jawaban soal ini adalah D. Pasti.

  • Antonim

Nisbi x …

a. Relatif

b. Tidak pasti

c. Belum final

d. Mutlak

e. Ambigu

Pembahasan:

Kata nisbi berasal dari bahasa Arab yang berarti relatif. Jadi jawaban soal ini adalah D. Mutlak.

  • Analogi

Dompet: Uang = … : …

a. Gunung : Harimau

b. Tas : Buku

c. Laut : Garam

d. Burung : Sangkar

e. Kandang : Ayam

Pembahasan: 

Kata kunci dari dompet dan uang adalah dompet merupakan tempat menyimpan uang. Jika dilihat dari pilihan jawaban, pilihan yang juga memiliki kata kunci tempat menyimpan adalah tas dan buku karena tas merupakan tempat menyimpan buku. Jadi jawaban dari soal ini adalah B. Tas : Buku. 

  • Aritmetika

soal stan

a. -1

b. 0

c. ⅔

d. 1

e. 3/2

Pembahasan:

Penyebut → 1,23 (0,77 + 1,23) – 0,23 (0,77 + 1,23) = (1,23 – 0,23) (0,77 + 1,23) = 12 = 2

Pembilang → 1,23 (1,23 + 1,77) – 0,23 (1,23 + 1,77) = (1,23 – 0,23) (1,23 + 1,77) = 13 = 3

Jadi jawaban dari soal ini adalah C. ⅔ 

  • Logika

Jika ingin menjadi pegawai teladan maka harus bersikap disiplin. 

Jika ingin bersikap disiplin maka Anda harus datang ke kantor tepat waktu dan tidak bolos.

Simpulan yang paling tepat adalah …

a. Sebagian orang yang ingin bersikap disiplin maka Anda harus datang ke kantor tepat waktu.

b. Jika datang ke kantor tepat waktu dan tidak bolos maka Anda menjadi pegawai teladan.

c. Semua orang yang datang ke kantor tepat waktu dan tidak bolos akan menjadi pegawai teladan.

d. Semua orang yang ingin menjadi pegawai teladan harus datang ke kantor tepat waktu dan tidak bolos.

e. Semua orang tidak datang ke kantor tepat waktu.

Pembahasan:

Tentukan terlebih dahulu premis premis dari kalimat di atas.

Pada kalimat terdapat kata jika… maka … yang mana merupakan logika preposisi, sebab akibat. 

Misalkan,

Jika ingin menjadi pegawai teladan = P

Maka harus bersikap disiplin = Q

Jika ingin bersikap disiplin = Q

Maka Anda harus datang ke kantor tepat waktu dan tidak bolos = R

P → Q → R

Maka P → R atau Jika ingin menjadi pegawai teladan maka Anda harus datang ke kantor tepat waktu dan tidak boleh bolos. Jadi jawaban dari soal ini adalah D. Semua orang yang ingin menjadi pegawai teladan harus datang ke kantor tepat waktu dan tidak bolos.

  • Pola Barisan

AA, YY, BB, WW, CC, …

a. ZZ

b. XX

c. TT

d. VV

e. UU

Pembahasan:

AA, YY, BB, WW, CC, UU

Jika dilihat dari pola abjad,

…T, U, V, W, X, Y, Z

Y ke W maka lompat satu, jadi W lompat satu merupakan U. Jadi jawaban dari soal ini adalah E. UU.

Tes Bahasa Inggris (TBI)

  • Structure and written expression

… the cases of Salmonella food poisoning in Europe, the sale of duck eggs reached its lowest point in the 1970s.

a. Because 

b. Because of the fact that

c. Due to

d. In order to

e. Despite

Pembahasan:

Kalimat pada soal merupakan sebab akibat. Lalu “the cases of Salmonella food poisoning in Europe” merupakan noun phrase, maka kata yang tepat adalah due to yang merupakan kata yang menunjukkan sebab akibat yang diikuti oleh noun phrases. Jadi jawaban dari soal ini adalah C. Due to.

  • Error Recognition

Climate change is currently one of the greatest threats (A) to biodiversity, and one of the groups (B) of animals most affected (C) by the increase in temperature are (D) amphibians.

Which one is the error?

a. Threats

b. Groups

c. Affected

d. Are

Pembahasan:

Berdasarkan pilihan jawaban, yang kurang tepat dari kalimat di atas adalah penggunaan are karena pada keterangan sebelumnya adalah one of the groups of animals jadi menunjukkan singular sedangkan are merupakan plural. Jadi jawaban dari soal ini adalah D. Are.

  • Reading Comprehension
Hypertension is a chronic medical condition in which the blood pressure in the arteries is persistently elevated. Hypertension is also sometimes called high blood pressure. High blood pressure usually does not cause symptoms. Long-term high blood pressure, however, is a major risk factor for many illnesses. These include coronary artery disease, stroke, heart failure, atrial fibrillation, peripheral vascular disease, vision loss, chronic kidney disease, and dementia.

High blood pressure is categorized into two major types. They are primary high blood pressure and secondary high blood pressure. According to statistics, about 90-95% of cases are primary hypertension. This type is defined as high blood pressure due to nonspecific lifestyle and genetic factors. Lifestyle factors that increase the risk include excess salt in the diet, excess body weight, smoking, and alcohol use. The remaining 5- 10% of cases are categorized as secondary high blood pressure. This type of hypertension is defined as high blood pressure due to an identifiable cause, such as chronic kidney disease, narrowing of the kidney arteries, an endocrine disorder, or the use of birth control pills.

Blood pressure is expressed by two measurements namely the systolic and diastolic pressures. They are the maximum and minimum pressures respectively. For most adults, normal blood pressure at rest is within the range of 100-130 millimeters mercury (mmHg) systolic and 60-80 mmHg diastolic. High blood pressure is present when the resting blood pressure is persistently at or above 130/90 or 140/90 mmHg. Different numbers apply to children. High arterial blood pressure affects between 16 and 37% of the population globally.

Lifestyle changes and medications can lower blood pressure and decrease the risk of health complications. Lifestyle changes include weight loss, decreased salt intake, physical exercise, and a healthy diet. If lifestyle changes are not sufficient then blood pressure medications are used. Up to three medications can control blood pressure in 90% of people. The treatment of moderately high arterial blood pressure with medications is associated with an improved life expectancy. 

What is the author’s attitude toward the topic of the passage? 

a. Objective

b. Cautious

c. Empathy

d. Persuasive

e. Supportive

Pembahasan:

Topik dari bacaan adalah hypertension. Berdasarkan bacaan, dapat dilihat bahwa konten dari bacaan berisikan fakta dan informasi mengenai hipertensi tanpa melibatkan pendapat individu atau pribadi. Maka sikap dari penulis yang tercerminkan dari isi bacaan adalah bersifat objektif. Jadi jawaban dari soal ini adalah A. Objective.

Itulah beberapa contoh soal STAN dan pembahasan untuk tahap tes tertulis. Semoga setelah baca soal-soal itu lo dapet gambaran kayak gimana sih nanti kalau ikut tes masuk STAN.

Selain bahas contoh soal STAN, gue juga bakalan bagiin sedikit tips dalam mengerjakan soal STAN nantinya. Apa aja sih tipsnya? Simak berikut ini.

Tips Mengerjakan Soal STAN

Setelah tahu apa saja contoh soal STAN dan pembahasannya, lo juga perlu baca tips-tips mengerjakan soal STAN agar nantinya bisa lolos dengan nilai terbaik. Udah penasaran apa saja tipsnya? Check it out!

1. Kerjakan soal-soal yang mudah dulu

Karena adanya sistem penilaian benar +4 dan salah -1 sedangkan bobot nilai soal mudah dan soal sulit itu sama, maka jangan ragu untuk mengerjakan soal STAN yang lebih mudah terlebih dahulu agar tidak menghabiskan banyak waktu terpaku pada soal sulit.

2. Konsentrasi

Masih berhubungan dengan waktu, usahakan sekali membaca soal langsung tau maksud pertanyaannya.

3. Perhatikan juga jumlah soal yang lo kerjakan pada tiap tipe soal

Hal ini terkait dengan NILAI MATI. Aturan nilai mati adalah benar minimal 1/3 jumlah pada tiap tipe soal, jadi benar minimal adalah 40 soal pada TPA dan 20 soal pada bahasa Inggris, jika tak memenuhi itu maka otomatis gugur.

4. Kerjakan soal dengan porsi yang seimbang. 

Kebanyakan anak yang mendapat nilai mati, karena nilainya kurang di TBI. Hal ini karena tingkat kesulitan soal STAN TBI di atas materi Bahasa Inggris SMA.

Jadi, lo perlu banget untuk mengerjakan soal TPA dan TBI dengan porsi yang seimbang. So, jangan lupa belajar contoh-contoh soal STAN TBI agar nantinya lo terbiasa saat ujian berlangsung. 

Nah, jadi itu beberapa contoh soal STAN dan pembahasan untuk tahap tes tertulis. Selain itu, gue juga udah tulis tuh beberapa tips dalam mengerjakan soal STAN. Semoga bermanfaat buat lo ke depannya. 

Oh ya, kalau lo mau tau informasi mengenai jadwal, syarat, dan tata cara pendaftaran SPMB PKN STAN, lo bisa banget akses Panduan SPMB PKN STAN. Inget persiapkan diri dari sekarang yaa!

Kumpulan Contoh Soal STAN dan Pembahasan 9

Bagikan Artikel Ini!