Informasi Lengkap Fakultas Pertanian UGM

Daya Tampung, Akreditasi, dan Jurusan Fakultas Pertanian UGM

Informasi lengkap seputar Fakultas Pertanian UGM, mulai dari sejarah, program studi, akreditasi, sampai daya tampung.

“Libur telah tiba, libur telah tiba, hore! Hore! Hore!”

Tiap dengar penggalan lirik dari lagunya Tasya ini, gue langsung kebayang jajaran ladang sawah dengan pegunungan sebagai latar belakangnya. Nggak lupa, ada petani yang sibuk memanen hasil tanaman padinya. Ada juga yang sibuk mengoperasikan mesin untuk mengolah hasil panen.

Nggak jauh dari ladang sawah, masih ada lagi perkebunan sayuran dan buah-buahan yang masih dalam proses pembibitan. Terus gue jadi mikir, dengan lahan yang seluas itu, kira-kira bagaimana para petani bisa melakukan proses pembibitan hingga panennya, ya? Belum lagi perawatannya yang harus dilakukan secara rutin untuk mencegah serangan hama.

Sepertinya bakal seru deh, kalau bisa bisa mendalami ilmu pertanian buat memecahkan hal-hal seperti ini. Apalagi, ilmunya juga bisa membantu para petani untuk bekerja lebih efektif, kan? Kalau elo berminat, Universitas Gadjah Mada (UGM) punya Fakultas Pertanian yang bisa membantu elo belajar dalam bidang ini. 

Yuk, simak info lengkap Fakultas Pertanian UGM di artikel ini!

Kenalan dengan Fakultas Pertanian UGM

Fakultas Pertanian UGM yang beralamatkan di Jl. Flora Bulaksumur Yogyakarta ini telah berdiri sejak 27 September 1946. Tapi, elo tahu nggak dulu tuh saat awal berdiri alamat Fakultas Pertanian UGM ini sempat berada di Klaten. Fakultas ini baru direlokasi ke Yogyakarta pada 1949.

Pendirian fakultas ini tentunya dilatarbelakangi dengan peningkatan sumber daya manusia tenaga ahli di bidang pertanian. 

Makanya, Fakultas Pertanian UGM menawarkan berbagai departemen supaya elo bisa belajar pertanian lebih spesifik, karena pertanian itu nggak cuma soal menanam dan memanen.

Nah, ada apa saja sih departemen dan program studinya? Bisa langsung cek di infografis berikut ini ya!

Departemen dan Program Studi Fakultas Pertanian UGM
Departemen dan Program Studi Fakultas Pertanian UGM (sumber: faperta.ugm.ac.id)

Seperti yang bisa elo lihat, ada berbagai program studi yang bisa elo pilih saat mendaftar ke jurusan ini. Nantinya, elo akan menjalani kuliah selama kurang lebih empat tahun yang tersebar ke dalam delapan semester.

Nah, yang menjadi nilai menarik dari Fakultas Pertanian UGM yaitu, selain punya program sarjana, fakultas ini juga menawarkan program magister dan doktoral. Bahkan, ada Program Fast Track juga, lho.

Dengan program Fast Track, masa belajar elo akan bertambah satu tahun, tapi saat lulus elo nggak cuma mendapatkan gelar sarjana, melainkan magister juga! Jadi, esensinya sih program yang satu ini sama dengan program double degree.

Menarik banget kan? Pasti makin tertarik deh buat masuk fakultas ini… Tapi masih bingung soal pemilihan program studi? Tenang, tenang, simak terus artikel ini, ya. Soalnya, gue bakal jelasin lebih lanjut soal program studi Fakultas Pertanian UGM

Baca Juga: 25 Urutan PTN Terbaik di Indonesia Versi Unirank, UGM Peringkat Satu!

Program Studi Agronomi

Program studi yang satu ini bakalan cocok banget buat elo yang suka dengan dunia biologi. Soalnya, di sini elo akan mendalami faktor genetik dan lingkungan yang dapat mempengaruhi hasil pertumbuhan tanaman. Faktor genetik itu contohnya kayak hama, penyakit, dan gulma. Sedangkan faktor lingkungan contohnya pengaruh dari iklim dan kondisi tanah.

Program Studi Proteksi Tanaman

Salah satu hal yang sering menjadi masalah dalam dunia pertanian, yaitu adanya Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) seperti hama. Makanya, di program studi yang satu ini, ilmu yang akan elo pelajari akan berfokus pada pengelolaan pada hama dan penyakit tumbuhan. Jadi, pelajaran biologi seputar virus, jamur serta bakteri bakal jadi makanan sehari-hari, nih!

Program Studi Mikrobiologi Pertanian

Kalau tadi belajar soal organisme sebagai hama, di Program Studi Mikrobiologi, elo akan belajar soal manfaat organisme-organisme yang sangat kecil yang bermanfaat untuk pertanian. Organisme yang akan elo pelajari ini skalanya kecil banget, lho, kayak protozoa, ganggang, jamur, hingga bakteri. Jadi, sebagian besar waktu belajar akan dihabiskan di laboratorium nih.

Baca Juga: Pembahasan Lengkap 8 Jurusan di Fakultas Teknik UGM

Program Studi Akuakultur

Nah, buat elo yang punya minat di bidang bisnis, bisa banget memilih program studi yang satu ini. Soalnya, elo akan banyak banget belajar soal bisnis di perikanan. Mulai dari teknologi, manajemen, pembenihan, pakan, perawatan hama dan penyakit, hingga perencanaan kewirausahaan untuk bisnis ikan air tawar, air payau, dan air laut! 

Program Studi Manajemen Sumberdaya Akuatik

Kalau tadi belajar soal bisnis perikanan, di program studi yang satu ini elo akan belajar soal pengelolaan sumber dayanya nih. Mulai dari pengembangan dan pengelolaan perairan dan perikanan, pengendalian sumber daya hayati yang digunakan, hingga hukum-hukum yang berlaku. 

Kenapa sih kok belajar hukum juga? Soalnya, program studi ini juga memfokuskan kesejahteraan sosial dan budaya masyarakat yang berada di sekitar wilayah perikanan. Jadi, elo juga akan belajar mengelola sumber daya perikanan tanpa mengeksploitasinya!

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan

Nah, kalau elo suka hal-hal berhubungan dengan teknologi dan lingkungan, program studi ini cocok banget deh. Soalnya, di sini elo akan belajar bagaimana menggunakan teknologi untuk mengolah hasil perikanan dengan meminimalkan limbahnya, termasuk juga teknik fermentasi, hingga bagaimana menyelesaikan permasalahan terkait perikanan.

Program Studi Ekonomi Pertanian dan Agribisnis

Memasarkan hasil pertanian nggak cuma sekedar membawa hasil ke pasar ya! Buat Program Studi yang satu ini, elo akan banyak belajar soal manajerial dan pengembangan ilmu ekonomi di bidang pertanian. Mudahnya, di sini elo akan belajar bagaimana berbisnis dengan menggunakan hasil pertanian sebagai komoditas atau produk yang akan dijual. 

Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Mungkin masih ada yang belum familiar dengan program studi yang satu ini ya. Nah, karena biasanya sektor pertanian berada di pedesaan, di program studi ini elo akan belajar soal sosial ekonomi masyarakat pedesaan. Jadi, elo bisa membantu mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan pengembangan penyebaran informasi pertanian menggunakan pendekatan dan komunikasi sosial masyarakat yang tepat.

Baca Juga: Program Studi Fakultas Biologi UGM dan Syarat Masuknya

Program Studi Ilmu Tanah

Sebagai media utama dalam pertanian, tentunya pengelolaan tanah juga perlu konsentrasi ilmunya sendiri. Di program studi ini elo akan belajar soal pengelolaan tanah seperti tanah apa yang cocok untuk menanam tebu atau teh, serta faktor apa saja yang dapat memengaruhi kesuburan tanah.

Akreditasi Fakultas Pertanian UGM

Kalau membicarakan soal kualitas, Universitas Gadjah Mada memang sudah juaranya, deh. Bahkan, seluruh program studi di Fakultas Pertanian UGM ini sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT, lho!

Nggak sampai situ aja, tapi fakultas yang satu ini juga sudah terbukti di skala internasional! Tiga program studi Fakultas Pertanian UGM ini, yakni Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Teknologi Hasil Perikanan, serta Proteksi Tanaman, berhasil mendapatkan akreditasi ASIIN yang merupakan lembaga akreditasi internasional yang berasal dari Jerman untuk bidang studi teknik, ilmu komputer, ilmu alam, dan matematika. 

Keren banget, ya!

Daya Tampung Fakultas Pertanian UGM

Dengan akreditasi yang sudah menjanjikan, pasti makin yakin dong mau masuk program studi yang mana? Tinggal cari tahu deh cara masuk Fakultas Pertanian UGM! Caranya gampang banget, lho. Elo fokus aja belajar saintek, nih. Soalnya semua program studi di Fakultas Pertanian UGM masuk ke kelompok ujian saintek. 

Sebagai referensi, gue sudah siapin daya tampung masing-masing program studi nih.

Daya Tampung Fakultas Pertanian UGM
Daya Tampung Fakultas Pertanian UGM (Sumber: um.ugm.ac.id)

Karena kuota penerimaan terbesar ada di jalur UM UGM, elo juga bisa banget maksimalkan persiapan UM UGM dengan cek dan ricek panduan lengkap soal UM UGM.

Panduan Lengkap UM UGM

Makin sering latihan soal, pastinya kemampuan elo bakalan makin oke dong, ya nggak sih? Elo juga bisa nih download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, sampai tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Biasain diri elo juga dengan suasana ujiannya lewat beragam simulasi, jadi nggak cuma pengetahuan lu yang meningkat, tapi kesiapan mental elo juga! Nah, elo bisa banget nih ikutan tryout buat simulasi ujian. Klik langsung banner di bawah ini, ya! 

try out um ugm online zenius

Referensi:

Prodi Agronomi – Faperta UGM (http://www.faperta.ugm.ac.id/buper/prodi/agronomi/)

Program Fast Track – Faperta UGM (https://web.faperta.ugm.ac.id/ind/program-fastrack/)

Mengenal Lebih Dekat Proteksi Tanaman, Program Studi Unggulan di Fakultas Pertanian UGM – Faperta UGM (2019) (https://hpt.faperta.ugm.ac.id/mengenal-lebih-dekat-proteksi-tanaman-program-studi-unggulan-di-fakultas-pertanian-ugm/)

Program Studi Mikrobiologi (http://www.faperta.ugm.ac.id/mikrobiologi/pages/faq.php)

Program Studi Akuakultur (https://ugm.ac.id/id/pendidikan/fakultas-pertanian/akuakultur#:~:text=Lulusan%20program%20studi%20ini%20menguasai,air%20payau%20dan%20air%20laut)

Program Studi Manajemen Sumber Daya Akuatik (https://ugm.ac.id/id/pendidikan/fakultas-pertanian/manajemen-sumberdaya-akuatik)

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (https://thp.faperta.ugm.ac.id/profil/#:~:text=Prodi%20THP%20mempelajari%20tentang%20pengolahan,produk%20olahan%20ikan%20hingga%20bagaimana)

Mengenal Prospek Program Studi Fakultas Pertanian (https://kab.faperta.ugm.ac.id/2014/06/05/mengenal-prospek-program-studi-fakultas-pertanian/)

Status Akreditasi – Faperta UGM (https://kjm.ugm.ac.id/language/id/akreditasi-sertifikasi/ban-pt/status-akreditasi-program-studi/)

Tiga Prodi Fakultas Pertanian UGM Raih Akreditasi Internasional – Faperta UGM (2021) (https://ugm.ac.id/id/berita/21380-tiga-prodi-fakultas-pertanian-ugm-raih-akreditasi-internasional)

Bagikan Artikel Ini!