fakultas biologi ugm

Program Studi Fakultas Biologi UGM dan Syarat Masuknya

Elo tertarik melanjutkan kuliah di Jurusan Biologi? Fakultas Biologi UGM punya pilihan jurusan yang tepat buat elo. Yuk, simak info lengkapnya!

Ada nggak nih yang suka banget pelajaran biologi dan ingin mendalami ilmunya saat kuliah? Zenius kasih rekomendasi salah satu Jurusan Biologi terbaik di Indonesia, yakni di Universitas Gadjah Mada! Program studi Fakultas Biologi UGM sudah berakreditasi A, jadi elo nggak perlu khawatir dengan kualitas pendidikannya. 

Di beberapa universitas, biasanya biologi hadir sebagai salah satu jurusan di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Tapi, berbeda dengan di Universitas Gadjah Mada (UGM), biologi justru jadi fakultas tersendiri! Mau tahu informasi seputar fakultas ini? Apakah belajar biologi di Program Studi Fakultas Biologi UGM bakal sama kayak di SMA? Yuk, simak seperti apa dunia perkuliahan di fakultas ini.

Kenalan dengan Fakultas Biologi UGM

Tahu nggak, sih? Ternyata Fakultas Biologi merupakan salah satu fakultas tertua yang ada di Indonesia, lho. Fakultas ini didirikan berdasarkan SK Menteri Pendidikan pada tanggal 19 September 1955. 

Pasti elo bertanya-tanya, deh. Kok bisa biologi jadi fakultas di UGM? Sederhananya, ilmu turunan biologi tuh ada banyak banget, seperti botani, zoologi, ekologi, paleontologi, sampai biokimia. Karena cakupan ilmu yang sangat beragam itulah, maka dibuat Fakultas Biologi tersendiri di UGM supaya pembelajarannya lebih terpusat.  

Baca Juga: Daya Tampung dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Program Studi Fakultas Biologi UGM

Program Studi Fakultas Biologi UGM dibagi menjadi 3 jenjang strata pendidikan. Buat elo yang baru lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), elo bisa memilih prodi S1 Biologi.

Selepas lulus, elo bisa mengasah ilmu elo lagi dengan lanjut ke jenjang magister (S2) dan juga doktor (S3) di kampus yang sama. Yap, Fakultas Biologi UGM membuka prodi Biologi untuk jenjang S1, S2, sampai S3. 

Program Studi S1 Biologi UGM 

Fakultas Biologi hanya punya satu prodi S1, yakni Program Studi Biologi. Di prodi ini, elo akan mendalami lagi materi-materi yang sudah dipelajari saat SMA. Elo tetap akan mempelajari biologi secara umum. Contohnya, materi struktur dan fungsi organ makhluk hidup terkecil seperti sel, hingga yang bisa terlihat dengan mata telanjang seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. 

Bedanya dengan di SMA dulu, elo akan ketemu banyak cabang ilmu biologi seperti yang sudah gue sebutkan sebelumnya.

cabang-cabang ilmu di Fakultas Biologi ugm
Cabang Ilmu Biologi (Sumber: ugm.ac.id)

Awal-awal semester, elo bakal mendalami teori dulu. Selain itu, elo juga perlu mengikuti kegiatan praktikum. Tak hanya laboratorium di dalam ruangan, tapi juga terjun langsung ke pantai, hutan, museum, dan tempat lainnya. Seru banget, kan?

Memasuki semester 4-5, mahasiswa Program Studi S1 Biologi UGM berkesempatan memilih peminatan jurusan. Peminatan ini dilakukan supaya pembahasan perkuliahan elo bisa lebih mengerucut ke satu bidang keahlian. Ada apa saja, nih?

peminatan jurusan biologi ugm
Peminatan Ilmu Biologi (Sumber: ugm.ac.id)

Meskipun judulnya “memilih”, elo tetap wajib mendapatkan nilai minimal di beberapa mata kuliah yang sesuai peminatan incaran elo. Jadi, bakal ada seleksi lagi!

Baca Juga: Info Kuliah dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Hewan UGM

Gelar dari Fakultas Biologi UGM

Menjadi seorang sarjana tentunya jadi kebanggaan tersendiri bagi beberapa orang. Nah, kalau buat lulusan sarjana dari Fakultas Biologi UGM bakal dapetin gelar apa ya? 

Nantinya, elo yang lulus dari Program Studi Fakultas UGM jenjang S1 akan mendapat gelar S.Si atau Sarjana Sains. Sedangkan gelar setelah lulus dari jenjang magister (S2), M.Si atau Magister Sains. Terakhir, ada gelar doktor (Dr.) untuk mahasiswa yang sudah lulus jenjang S3.

Syarat Masuk Fakultas Biologi UGM 

Sekarang info-info penting seputar perkuliahan di Fakultas Biologi UGM sudah di tangan elo. Selanjutnya, elo bisa mempersiapkan semua syarat masuk Fakultas Biologi UGM dari sekarang. Soalnya, ada beberapa berkas yang berkaitan sama administrasi pendaftaran nih. Cek selengkapnya di bawah ini!

syarat masuk fakultas biologi ugm
Syarat Masuk Fakultas Biologi UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Daya Tampung Program Studi Fakultas Biologi UGM

Di bidang keilmuan saintek, ternyata biologi merupakan salah satu jurusan yang punya banyak peminat. Biar elo ada gambaran, cek dulu kuota dan peminat dari setiap jalur pendaftaran Fakultas Biologi UGM.

Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang pertama, ada SNMPTN. Di tahun 2021, Biologi UGM berhasil menarik sebanyak 411 orang dengan daya tampung 57 kuota. 

Jalur yang kedua, SBMPTN atau UTBK. Di jalur ini, Biologi UGM kedatangan 533 pendaftar yang memperebutkan 68 kuota. 

Terakhir, elo bisa ikut jalur seleksi CBT dari Ujian Mandiri UGM atau UTUL UGM. Di jalur ini, UGM kebanjiran 3.240 pendaftar dengan daya tampung 89 kuota.

Baca Juga: Belajar Apa di Jurusan Biologi?

Kalau merujuk ke data di atas, berarti kuota penerimaan terbanyak tersedia untuk pendaftar UM UGM. Makanya, sayang banget kalau nggak mempersiapkan diri untuk ujian ini. Karena, siapa tahu elo memang belum bisa lolos lewat jalur SNMPTN dan UTBK. Jadi, kesempatan elo tinggal di ujian mandiri!

Elo bisa memulai persiapan UM UGM bareng Zenius. Kulik panduan lengkap seputar UM UGM di link berikut.

Panduan Lengkap UM UGM

Biar semakin afdol lagi nih, tambah persiapan elo dengan mengerjakan latihan-latihan soal asli UM UGM tahun lalu. Elo bisa download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, dan tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Gas terus buat ikutan tryout juga, supaya persiapan elo makin mantep! Bedanya try out sama latihan soal sendiri, elo bisa merasakan atmosfer ujian yang semirip mungkin dengan aslinya. Seperti adanya durasi mengerjakan soal. Ikutan try out bareng Zenius, yuk! Klik langsung banner di bawah ini, ya! 

try out online um ugm zenius

Referensi:

Program Studi dan Daya Tampung – Jurusan di Fakultas Biologi UGM

Sejarah – Fakultas Biologi UGM

Ragam Seleksi – Jurusan di Fakultas Biologi UGM

Bagikan Artikel Ini!