Kuliah di Jurusan Biologi

Belajar Apa di Jurusan Biologi?

Artikel ini akan membahas mengenai seluk-beluk jurusan Biologi yang seringnya tergabung dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Berbicara mengenai salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu biologi, tentu sudah bukan hal yang asing lagi kita dengar. Sejak jenjang SMP, kita sudah mempelajari ilmu hayati ini. Lalu, apakah kamu tertarik untuk mendalami ilmu ini hingga ingin masuk jurusan Biologi di jenjang Perguruan Tinggi?

Baiklah, aku akan ulas mengenai seluk-beluk jurusan Biologi FMIPA di beberapa kampus di Indonesia.

Apa Itu Biologi?

Belajar Apa di Jurusan Biologi? 17
Sumber gambar: unsplash.com/saralea

Hal pertama yang langsung muncul di pikiran ketika mendengar kata “biologi” adalah makhluk hidup. Mari kita flashback ke masa-masa sekolah ketika sedang belajar Biologi, apa saja yang kamu ingat? Apakah organ tubuh manusia, struktur tumbuhan, menghafalkan klasifikasi makhluk hidup, atau ketika mempelajari genetika? Yap, semua itu adalah bahasan yang terkandung dalam biologi.

Jadi, Biologi itu apa?

Biologi berasal dari kata Yunani “bios” yang berarti hidup, dan “logos” yang berarti ilmu. Jadi, biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup. Secara umum, biologi mempelajari struktur, fungsi, pertumbuhan dan perkembangan, asal-usul, evolusi, dan proses vital dari makhluk hidup dari yang terkecil seperti sel hingga yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Selain itu, biologi juga dibagi menjadi cabang-cabang lagi, guys. Ada ilmu tanaman (botany), hewan (zoology), struktur organisme (morphology), fungsi organisme hidup beserta penyusunnya (physiology), dll.

Nah, banyak juga nih orang-orang yang salah kaprah mengenai jurusan Biologi ini. Ada yang menjadikan biologi sebagai pelarian dari FK, ada juga yang mengira lulusan ini akan menjadi pengajar atau guru. Padahal, jurusan Biologi itu tidak seperti yang mereka kira, guys. Di FK, kamu akan fokus mempelajari ilmu medis pada manusia, sedangkan biologi cakupannya sangat luas, cabang-cabangnya juga banyak seperti yang aku ulas di atas, paling tidak hanya sedikit yang mirip-mirip dengan materi FK. Selain itu, biologi yang dipelajari di jurusan ini murni, bukan pendidikan biologi, jadi lebih ditujukan untuk mencetak lulusan yang handal dalam bidang riset ilmu hayati.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Biologi?

Sekarang kamu sudah tau Biologi secara konsep. Nah, berbekal penjelasan sebelumnya, kira-kira kuliah di jurusan Biologi itu belajar apa aja sih?

Oke, aku akan mengambil contoh pembelajaran dari jurusan Biologi di UNPAD.

Semester 1

Di awal semester masuk jurusan ini, kamu akan belajar mengenai ilmu-ilmu dasar biologi maupun pendukungnya. Kamu akan belajar ilmu umum juga di sini, seperti Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Biologi Dasar, Biologi Matematika dan Komputasi. Semester ini kamu juga sudah mulai praktikum lho.

Semester 2-4

Di semester ini, kamu sudah mulai belajar yang biologi banget. Kamu akan belajar ilmu sistem biologi, seperti Struktur dan Perkembangan Tumbuhan, Struktur dan Fisiologi Hewan, Ekologi, Mikrobiologi, Keanekaan Hayati Tropikal, Biologi Sel dan Molekuler, Taksonomi, Genetika, Konservasi Alam, dan Bioteknologi dan Bioinformatika. Kamu juga harus siap sedia membawa jas laboratorium, karena hampir semua mata kuliahnya ada praktikum.

Semester 5

Kamu akan belajar mengenai ilmu pengembangan untuk menuju bidang peminatan, seperti Biosistematika dan Evolusi, Bioetika, Tata Guna Biologi dan SdG’s, dan Biologi Kimia dan Analitik. Kamu juga bisa memilih mata kuliah peminatan sesuai keinginanmu.

Semester 6-7

Nah, di semester ini kamu akan belajar ilmu pengembangan diri. Kamu boleh memilih untuk melaksanakan magang, riset, bina desa, student exchange, atau memilih mata kuliah peminatan.

Semester 8

Berbicara semester akhir, tentu kamu akan dihadapkan dengan tugas akhir atau skripsi. Nah, di semester ini kamu hanya akan ditawarkan mata kuliah skripsi dan sidang sarjana.

Pembelajaran tersebut mungkin akan berbeda di tiap kampusnya, tetapi kurang lebih seperti itu gambaran pembelajaran yang akan kamu terima kalau masuk jurusan ini.

Bagaimana? Masih tertarik untuk masuk jurusan Biologi? Harus dong! Belajar biologi itu seru, lho bagi kamu yang suka membaca buku. Hal ini karena banyaknya materi yang harus dipelajari, sehingga kamu harus rajin melahap buku materi. Apalagi kalau kamu suka banget sama ilmu hayati, tentu belajar akan menjadi hal yang menyenangkan buatmu.

Nah, keseruan lainnya kuliah di jurusan ini adalah selain belajar teori dan konsep, kamu juga akan langsung praktik. Selain praktikum di laboratorium, kamu juga akan praktik di alam bebas seperti kebun, pantai, hutan, maupun tempat lainnya. Jadi belajar sambil bermain deh.

Biologi luas banget, ya?! Kalau begitu, prospek karir lulusannya seperti apa?

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Belajar Apa di Jurusan Biologi? 18
Sumber gambar: pixabay.com/geralt

Setelah lulus dari jurusan Biologi, kamu bisa terjun ke beberapa profesi berikut ini:

Peneliti atau Akademisi

Seorang sarjana biologi bisa mengambil peran sebagai peneliti atau Quality Control (QC), maupun sebagai analis data. Kamu juga bisa lanjut studi pasca sarjana untuk menjadi pengajar/dosen. Kamu harus pnya kompetensi longlife learning, riset, dan tentunya bisa untuk mengkomunikasikan hasil riset dan ilmu yang kamu miliki.

Biokurator

Kalau kamu suka dengan ilmu taksonomi, kamu bisa berperan sebagai seorang kurator. Untuk menjadi seorang kurator, paling tidak kamu mempunyai kompetensi dalam mengoleksi, mendeterminasi, dan mendokumentasikan specimen hayati.

Praktisi Lapangan

Kamu lebih suka terjun ke lapangan? Jadi surveyor atau asisten konsultan saja, kamu juga bisa menjadi penyuluh/komunikator, dan teknisi konservasi lingkungan. Untuk menjadi praktisi lapangan, kamu harus memiliki wawasan yang luas terhadap lingkungan, dan mampu untuk mengkomunikasikannya.

Entrepreneur

Menjadi seorang lulusan biologi tidak menutup kemungkinan untuk kamu jadi seorang pengusaha. Kamu juga bisa menjadi seorang marketing dalam bidang biomedis. Keterampilan yang dimiliki untuk menjadi seorang enterpreneur tentu komunikasi dan negosiasi. Selain itu, kamu juga harus memiliki jiwa usaha dengan keterampilan untuk mengintegrasikan riset dengan pemanfaatan Sumber Daya Hayati (SDH).

Beberapa Kampus yang Memiliki Jurusan Biologi

Setelah kenalan dengan jurusan Biologi, dan ternyata kamu cocok nih masuk jurusan ini, kamu bisa memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan ini. Berikut ini daftar PTN yang ada jurusan Biologi-nya:

  1.     Departemen Biologi FMIPA Universitas Indonesia.
  2.     Departemen Biologi FMIPA, Institut Pertanian Bogor.
  3.     Biologi FMIPA Universitas Padjadjaran.
  4.     Biologi FMIPA Universitas Negeri Jakarta.
  5.     Biologi FMIPA Universitas Sebelas Maret.
  6.     Biologi FMIPA Universitas Sriwijaya.
  7.     Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi.

Baca Juga Artikel Soal Jurusan Lainnya

Kuliah di Jurusan Matematika
Kuliah di Jurusan Peternakan
Kuliah di Jurusan Arsitektur
Bagikan artikel ini: