Ilustrasi Kuliah Arsitektur 2

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Arsitektur?

Artikel ini membahas apa yang dipelajari di arsitektur, Universitas dengan jurusan arsitektur terakreditasi A, prospek kerja, dan juga apakah jurusan arsitek ini cocok buat kalian.

Jurusan arsitektur adalah salah satu jurusan yang populer & memiliki banyak peminat, namun apakah jurusan ini se “keren” itu? Tak kenal maka tak sayang, tentunya sebelum kalian melangkah lebih jauh untuk menentukan arsitektur sebagai jurusan kuliah kalian, kalian perlu kenalan dulu dong sama jurusan satu ini. 

Meskipun pada umumnya jurusan ini merupakan bagian dari fakultas teknik, namun sebenarnya jurusan arsitektur itu sedikit lebih “spesial” dibandingkan jurusan-jurusan teknik yang lain. Yang membuat jurusan ini “spesial” adalah karena jurusan ini cenderung mengutamakan aspek seni, estetika dan nilai fungsional bangunan. Dimana hal ini cukup jarang ditemukan di jurusan lain yang termasuk dalam fakultas teknik kebanyakan. 

Oleh karena itu kalo kalian mau cari jurusan teknik, namun suka menggambar atau menyukai yang berbau seni, mungkin artikel ini bisa membantu kalian menemukan jawabannya, Yuk kenalan sama jurusan arsitektur!

Apa itu Arsitektur?

Pada dasarnya jurusan arsitektur mempelajari bagaimana merancang sebuah bangunan, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, seni, estetika, dan fungsi bangunan tersebut. Jadi, kalau kalian pernah melihat bangunan yang indah atau unik itu merupakan karya dan wujud nyata dari imajinasi dan juga kreatifitas arsiteknya. 

Biasanya seorang arsitek nantinya akan banyak bekerjasama dan berinteraksi dengan orang teknik sipil, karena mereka lah yang menghitung dan merancang bangunan yang di desain oleh arsitek dan kemudian merealisasikan menjadi sebuah bangunan. Jika kamu tertarik atau mau kenalan sama jurusan Teknik Sipil bisa juga baca Belajar Apa Sih di Jurusan Teknik Sipil.

Yang Dipelajari di Jurusan Arsitektur

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Arsitektur? 17
sumber gambar: Jacob Lund/shutterstock.com

Selain kalian akan sering mempelajari bagaimana merancang, dan mendesain bangunan, tentunya tetap ada mata kuliah teori yang mendukung itu semua, termasuk Matematika Teknik, dan Matematika arsitek . 

Yap, inilah kenapa pada umumnya arsitektur termasuk dalam fakultas teknik, karena mahasiswa jurusan arsitektur tetap mempelajari mengenai perhitungan, layaknya mahasiswa teknik pada umumnya. Jurusan arsitektur juga mempelajari tentang struktur & konstruksi dasar, meskipun nantinya pada saat bekerja perhitungan konstruksi bangunan tersebut akan dilakukan oleh jurusan teknik sipil. Namun hal ini dimaksudkan karena bagaimanapun ilmu arsitektur tidak bisa dipisahkan dari matematika, seperti konsep geometri yang identik dengan bentuk ruangan, dan juga akan digunakan pada saat pemodelan komputer. 

Sebenarnya mata kuliah yang dipelajari jurusan arsitektur tergantung dengan perguruan tingginya, namun biasanya kurang lebih memiliki mata kuliah Gambar Teknik, Arsitektur & Lingkungan, Tata Ruang, Psikologi Arsitektur, Perancangan Arsitektur, Pencahayaan, Estetika Bentuk, dan lain-lain. Setiap perguruan tinggi mungkin akan mempunyai nama mata kuliah dan beban sks yang berbeda namun tetap mempelajari hal yang sama sebagaimana mahasiswa Arsitektur. 

Agar kalian lebih kebayang nanti belajar apa aja kalo ambil jurusan arsitektur, mari kita bahas beberapa

Psikologi Arsitektur

Terdengar menarik sekaligus bikin penasaran, bukan? sesuai dengan namanya yang mengandung unsur “Psikologi”, mata kuliah ini merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara arsitektur dengan perilaku manusia. Hal ini cukup berkaitan dengan motivasi, kebutuhan, tindakan dasar manusia, dan teman-temannya yang akan diterapkan dalam arsitektur.  Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu menerapkan konsep dasar proses psikologi untuk memahami dan menganalisis kebutuhan manusia dalam baik dalam ruang, maupun luar ruang. 

Perancangan Arsitektur

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang cukup penting, karena merupakan tahap awal dan kritikal untuk mempelajari tentang perancangan ruang yang imajinatif, kreatif, dan inovatif. Tujuan dari mata kuliah ini sendiri adalah merancang ruang diri melalui dengan memahami keterkaitan antara pribadi manusia dengan ruang. Pada umumnya mata kuliah ini akan diperdalam di semester-semester selanjutnya sesuai dengan kebijakan perguruan tinggi, oleh karena itu, menguasai dasar dan konsep mata kuliah ini cukup penting.

Tata Cahaya / Pencahayaan

Pencahayaan merupakan aspek yang cukup penting dan wajib untuk dipelajari untuk mengoptimalkan keindahan sebuah bangunan maupun ruangan. Mata kuliah ini mempelajari mengenai dasar cahaya, warna cahaya, cahaya alami, distribusi cahaya dan lain-lainnya. Tujuannya apa? Agar mahasiswa mampu merancang tata cahaya baik interior dan eksterior dengan cahaya buatan maupun alami, untuk memenuhi nilai fungsional dan estetika. 

Estetika Bentuk

Mata kuliah ini bertujuan untuk melatih kepekaan dalam seni rupa, sehingga mahasiswa bisa menginterpretasikan ide dan imajinasi mereka dalam bentuk karya visual yang komunikatif.  Untuk itu, dalam mata kuliah ini mempelajari tentang metode pengungkapan ide atau imajinasi secara visual dan grafis sehingga fungsi dan makna dari sebuah karya tersampaikan dengan baik. 

Beberapa Universitas dengan Jurusan Arsitektur Terakreditasi A

Sebagai jurusan yang banyak diminati di Indonesia, tentunya banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan arsitektur ini, dan bersaing satu sama lain untuk menjadi perguruan tinggi dengan jurusan arsitektur terbaik, berikut kami rangkum beberapa perguruan tinggi baik PTN dan PTS yang sudah terakreditasi A dari BAN-PT tahun 2020. 

Perguruan Tinggi Negeri (PTN)Perguruan Tinggi Swasta (PTS)
Universitas Sumatera UtaraUniversitas Atma jaya Yogyakarta
Universitas HasanuddinUniversitas Teknologi Yogyakarta
Institut Teknologi Bandung (ITB)Universitas Kristen Indonesia
Universitas Sam RatulangiUniversitas Pancasila
Universitas Indonesia (UI)Universitas Bina Nusantara (BINUS)
Universitas Gadjah Mada (UGM)Universitas Gunadarma
Universitas UdayanaUniversitas Tarumanagara (UNTAR)
Universitas BrawijayaUniversitas Islam Indonesia
Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)Universitas Muhammadiyah Jakarta
Universitas DipenegoroUniversitas Trisakti
Universitas Sebelas MaretUniversitas Katolik Parahyangan
Universitas SriwijayaUniversitas Kristen Duta Wacana

Selain perguruan tinggi diatas, masih ada banyak lagi perguruan tinggi yang sudah terakreditasi A, jika kalian sudah memutuskan untuk mengambil jurusan Arsitektur, kalian bisa cek di website perguruan tinggi impian kalian untuk memantau informasi mengenai akreditasi, dan jadwal penerimaan mahasiswa baru disana. 

Prospek Kerja Lulusan Arsitektur

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Arsitektur? 18
sumber gambar: Narin Nonthamand/shutterstock.com

Di Indonesia sendiri prospek kerja Arsitektur sebenarnya cukup luas, karena semua perusahan di bidang properti pasti membutuhkan arsitek. Sebagai lulusan arsitektur kalian akan berpeluang untuk bekerja dengan kontraktor, pemerintahan, dan juga developer. 

Arsitek

Pekerjaan atau profesi paling umum yang dilakoni oleh lulusan jurusan arsitektur. Sebagai arsitek kalian akan bertanggung jawab merancang, mendesain dan membangun bangunan sesuai kebutuhan klien. Bisa berbentuk merancang dan mendesain bangunan baru atau merenovasi bangunan yang sudah ada. Contoh posisi yang berada di kalangan luas dunia kerja dalam pekerjaan ini seperti Manajer Proyek Arsitektur, Arsitek Senior, Drafter Arsitek, dan lain-lain. 

Pengawas Penyidik Pemerintah

Sesuai dengan namanya, pekerjaan atau profesi ini berkaitan erat dengan mengawasi dan memeriksa properti milik pemerintah, termasuk membuat laporan dan memeriksa laporan yang berkaitan. Contoh posisi yang populer di dunia kerja seperti Inspektur, Manajer Aset, Manajer Perumahan Representatif, dan lain-lain.

Perencanaan Perkotaan dan Wilayah

Pekerjaan dan profesi ini biasanya bekerja untuk pemerintah dan berfokus dalam merencanakan penggunaan lahan seperti kabupaten dan kota. Profesi ini bertugas untuk merencanakan keseluruhan proyek seperti mulai dari kelayakan, efektivitas biaya, kesesuaian peraturan, dan berbagai macam alternatif yang perlu dilakukan. Berbagai macam posisi yang populer dalam pekerjaan ini seperti Konsultan Urban Design, Direktur Perencanaan / Perencana Kota, Analis Perumahan dan lain-lain. 

Apakah Jurusan Arsitektur Cocok buat Kalian?

Setelah mengenal cukup dalam mengenai Jurusan Arsitektur, seberapa tertarik kalian saat ini untuk masuk jurusan ini? Jika kalian belum yakin, sebaiknya coba kenali lagi mengenai jurusan ini, karena kenyataannya di balik “keren” nya mengambil jurusan ini, ada banyak hal yang perlu dikorbankan, termasuk jam tidur. 

Tugas dari jurusan arsitektur tidak mungkin sedikit dan mudah, kalo kalian gak percaya, coba tanya aja sama kerabat kalian yang ambil jurusan arsitektur, mereka pasti sering begadang dan merelakan jam tidur mereka demi menyelesaikan tugas. 

Selain itu, tidak bisa dipungkiri bahwa biaya kuliah arsitektur tidak sedikit, belum ditambah membeli alat-alat yang diperlukan selama kuliah. Kalian harus sampaikan hal ini dengan ke orang tua kalian jika kalian ingin mengambil jurusan ini, agar mereka mengerti. 

Yang terakhir, jurusan ini membutuhkan kalian yang detail, sabar, dan kreatif, 3 hal itu adalah modal yang diperlukan selama kalian di jurusan arsitektur. Jika setelah membawa beberapa hal diatas dan kalian masih tertarik atau bahkan menjadi semakin tertarik dan ingin mengenal lebih dalam, Selamat! Mungkin kalian memang berjodoh sama jurusan ini. 

Jika kalian sudah memutuskan mengambil jurusan ini, mantapkan lah hati kalian sampai akhir, karena pada dasarnya semua jurusan memiliki kesulitannya masing-masing, Nothing comes easy! Jadi, mantapkan lah hati kalian setelah memilih Arsitektur dan berjuang sekuat tenaga disana untuk menggapai profesi impian kalian. Good luck guys! Semoga artikel ini membantu kalian dalam menemukan jurusan idaman kalian. 

Kalo kalian ada bingung dan mau didiskusikan boleh banget nih kalian komen di bawah, atau bahkan kalian punya pengalaman jadi mahasiswa arsitek, boleh ceritain disini, karena sharing is caring!

Baca Juga Artikel Soal Jurusan Lainnya

Kuliah di Jurusan Matematika

Kuliah di Jurusan Geografi 

Kuliah di Teknik Sipil