Jurusan Filsafat

Jurusan Filsafat – Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Artikel ini membahas apa yang dipelajari di jurusan filsafat, Perguruan Tinggi dengan jurusan filsafat terakreditasi A di Indonesia, dan prospek kerja lulusaan filsafat.

Akibat banyak nya stereotip yang beredar luas di kalangan masyarakat yang melekat pada jurusan ini karena dianggap jurusan yang membosankan, tidak punya prospek kerja yang menjanjikan, sampai “katanya” bisa bikin kita jadi atheis kalo masuk jurusan filsafat ini, dan mungkin masih banyak lagi stereotip-stereotip lainnya yang pernah kalian dengar. 

Padahal kalo kalian kenalan sama jurusan ini, pandangan-pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar. kenapa tidak sepenuhnya benar? berarti ada yang benar dong? Pandangan seseorang bersifat subjektif, seperti dianggap membosankan, faktanya definisi membosankan nya setiap orang berbeda-beda bukan? Oleh karena itu diperlukan riset yang lebih jauh, untuk menilai sebenarnya seperti apa sih jurusan filsafat itu.

Apa Itu Jurusan Filsafat?

Jurusan Filsafat adalah
Ilustrasi Filsuf Yunani (Pixabay)

Jurusan Filsafat adalah jurusan yang mempelajari mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan fenomena dan permasalahan manusia, sosial, dan budaya. 

Ilmu filsafat disebut sebagai ibu dari segala ilmu, baik ilmu sains dan ilmu sosial semuanya lahir setelah dikembangkan oleh ilmu filsafat. Didasarkan oleh rasa keingintahuan yang tinggi, filsafat adalah ilmu yang berfokus pada cara pikir tentang hubungan sebab-akibat dalam konsep realitas dan mengutarakan argumen berdasarkan fakta dalam rangka menemukan hakikat dasar atau sesuatu yang mendasari dalam suatu fenomena atau persoalan. Itulah mengapa filsafat juga berarti perjalanan menuju sesuatu yang paling dalam atau paling awal. Sifat yang sangat menggambarkan ilmu filsafat secara keseluruhan adalah spekulasi, keraguan, rasa penasaran, dan ketertarikan. 

Jadi kalo ada yang bilang jadi anak filsafat itu bisa ngeramal itu salah besar ya guys, karena kenyataannya ilmu ini justru mempelajari tentang logika, serta dilatih untuk melihat sudut pandang yang realistis. 

Meskipun mengandalkan logika dan realita, tidak berarti kalau kalian bakal jadi atheis atau tidak percaya Tuhan karena masuk jurusan ini, hal ini terbukti dengan banyaknya tokoh agama baik pastor maupun ustadz yang lulusan jurusan filsafat. 

Banyak juga tokoh dunia yang ternyata merupakan lulusan filsafat, sebut saja pendiri Linkedin, Reid Hoffman mempunyai gelar master filsafat dari Oxford University, Stewart Butterfield yang merupakan pendiri startup Slack juga mempunyai 2 gelar sarjana filsafat di Cambridge dan University of Victoria. 

Selain itu di Indonesia sendiri ada Dian Sastro yang juga merupakan lulusan jurusan filsafat di Universitas Indonesia, lho.

Bagaimana peminat untuk jurusan ini? Berdasarkan website resmi LTMPT jurusan filsafat di Universitas Indonesia (UI) memiliki jumlah 451 peminat, dan memiliki tingkat keketatan 1:19, sementara di Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan ini memiliki jumlah 811 peminat pada 2019, dan memiliki keketatan 1:15. 

Angka tersebut  menunjukkan bahwa jurusan ini memang tidak terlalu populer di SBMPTN 2020, jika dibandingkan dengan jurusan populer yang lain seperti jurusan Hukum yang memiliki 1276 peminat dan memiliki keketatan 1:14 di UI, serta di UGM memiliki 1407 peminat dan memiliki keketatan 1:12.

Baca Juga: Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Jurusan Filsafat Belajar Apa?

Setelah penjelasan panjang mengenai Jurusan Filsafat beserta dengan stereotip-nya yang unik, tentunya kalian penasaran dong, seperti apa sih mata kuliah jurusan yang dianggap induk dari segala ilmu ini?

Sama halnya dengan jurusan lain, di semester-semester awal kalian akan mempelajari teori-teori dasar, teori sosial, ilmu yang bersifat spekulatif, sampai ke ilmu praktis menyampaikan pendapat seperti Pengantar Filsafat, Metode-metode Filsafat, Filsafat Politik, Filsafat Hukum, Etika Terapan, Filsafat Islam, Teori-Teori Keadilan, Filsafat Bahasa, dan lain-lain.

Penasaran sama mata kuliah jurusan filsafati, simak penjelasan singkat beberapa mata kuliah mata kuliah jurusan filsafat berikut!

Mata Kuliah Jurusan Filsafat

Pengantar Filsafat

Mata kuliah ini mempelajari tentang keterkaitan filsafat dan pendidikan, termasuk memahami makna filsafat dan filsafat pendidikan termasuk metode pendekatannya. 

Etika Terapan

Mata kuliah ini mempelajari tentang masalah etik sesuai dengan dasar-dasar dan teori etika, sehingga mata kuliah ini bersifat reflektif-kristis terhadap norma-norma yang berlaku di masyarakat. 

Teori-Teori Keadilan

Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini mempelajari tentang konsep keadilan dan berbagai perspektif dari liberalisme sampai feminisme. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat memahami perkembangan persoalan yang menjadi perdebatan di kalangan liberals. 

Masih banyak mata kuliah yang akan dipelajari dalam jurusan filsafat, biasanya setiap perguruan tinggi didasarkan kurikulum yang berlaku, namun memiliki nama yang bervariasi dan beban sks yang berbeda, tergantung perguruan tingginya. 

Supaya tergambar nyata tentang belajar apa aja di jurusan akuntansi, gue akan kasih contoh tabel mata kuliah di Jurusan Filsafat Universitas Gadjah Mada.

Mata kuliah jurusan filsafat
(Distribusi Mata Kuliah Filsafat UGM)

Baca Juga: Informasi Kuliah dan Syarat Masuk Fakultas Filsafat UGM

Nah, di jurusan ini tuh elo akan diarahkan untuk mengambil konsentrasi atau peminatan sob! Tapi, tiap kampus itu punya peminatan yang beda-beda ya! 

Berikut beberapa peminatan umum yang biasanya ada di Jurusan Ilmu Filsafat:

Peminatan Jurusan Filsafat

Epistemologi

Merupakan peminatan yang memperdalam mengenai hakikat pengetahuan manusia, termasuk asal mula pengetahuan, metode memperoleh pengetahuan, teori kebenaran pengetahuan dan lain-lain. 

Aksiologi

Berbeda dengan epistemologi yang memperdalam mengenai sumber pengetahuan, Aksiologi memperdalam mengenai bagaimana manusia memanfaatkan atau menggunakan ilmunya, atau suatu pengetahuan.

Ontologi

Merupakan penjurusan yang memperdalam mengenai realitas atau keberadaan sesuatu yang bersifat konkret.

Ketiga peminatan atau penjurusan yang telah disebutkan di atas merupakan yang umum atau sering dimiliki oleh perguruan tinggi, salah satunya Jurusan Filsafat di Universitas Indonesia. Namun setiap perguruan tinggi memiliki kebijakannya masing-masing sehingga memungkinkan perguruan tinggi lain tidak memiliki penjurusan di atas namun mungkin justru memiliki penjurusan lainnya, atau sebaliknya. Seperti di Fakultas Filsafat UGM yang memiliki empat peminatan atau konsentrasi bidang yaitu Filsafat Ilmu dan Teknologi, Filsafat Religi dan Budaya, Filsafat Sosial Politik, serta Peminatan Etika Terapan.

Manfaat Mempelajari Filsafat

manfaat mempelajari filsafat
Ilustrasi by Pixabay

Sering dianggap sebagai ilmu yang sulit dimengerti dan dipahami, terlebih jika dikaitkan dengan aliran-aliran atau filosofi dan sebagainya yang membuat orang-orang terkadang mundur duluan sebelum mempelajarinya, berikut beberapa manfaatnya mempelajari ilmu filsafat

Berpikir Kritis dan Objektif 

Selama kuliah jurusan ini mahasiswa akan berlatih untuk berpikir kritis dalam segala keadaan serta melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan atau mempercayai sesuatu sehingga dalam berbagai keadaan termasuk dalam memecahkan masalah, orang yang belajar filsafat akan memandang masalah atau persoalan tersebut secara objektif dan penuh perhitungan. 

Berpikiran Terbuka dan Analitis

Karena terbiasa melihat sesuatu dalam berbagai perspektif, serta berwawasan luas maka orang yang mempelajari ilmu filsafat biasanya tidak akan mudah termakan pandangan stereotip dan juga hoaks, namun akan mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu sebelum mempercayainya, dan terbuka akan adanya perbedaan jika memang realitanya demikian. Tidak jarang hasil essay atau tulisan karya seorang filsuf juga mampu membuka pikiran atau pandangan orang lain yang membacanya juga. 

Problem Solving

Terbiasa dengan mengecek kebenaran dan fakta akan segala sesuatu terlebih dahulu, orang yang belajar ilmu filsafat mampu melihat segala persoalan dan permasalahan dengan logikanya, tidak hanya itu, orang ini juga akan memberikan solusi yang masuk akal atau logis dan efektif, karena telah mempertimbangkan banyak hal sebelum memberikan argumen, solusi, maupun pendapatnya. Cocok nih dijadiin temen curhat masalah doi!

Tentu saja, manfaatnya tidak hanya itu, jika kalian mempelajari ilmu filsafat, kalian akan merasakan atau menyadari bahwa ilmu pengetahuan begitu

Universitas Jurusan Filsafat di Indonesia

Universitas Jurusan Filsafat di Indonesia
Daya Tampung Mahasiswa Filsafat UI & UGM (Arsip Zenius)

Walaupun termasuk jurusan yang tidak terlalu populer, tapi ternyata universitas atau perguruan tinggi yang memiliki jurusan filsafat tidak sesedikit itu kok. Memang jurusan filsafat tidak sebanyak jurusan akuntansi yang hampir dimiliki setiap universitas. Berikut beberapa universitas atau perguruan tinggi baik PTN maupun PTS yang memiliki jurusan filsafat.

Universitas Indonesia

Di perguruan tinggi ini jurusan filsafat termasuk dalam Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan merupakan salah satu perguruan tinggi favoritnya yang masuk jurusan ini, selain itu UI juga sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT untuk jurusan Filsafat, lho! 

Baca Juga: Info Kuliah dan Syarat Masuk Jurusan Filsafat UI

Universitas Gadjah Mada

Tidak hanya UI, sebagai salah satu perguruan tinggi favorit, UGM juga mempunyai jurusan filsafat nih guys, yang termasuk dalam fakultas filsafat dan juga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. 

Universitas Katolik Parahyangan

Selain di universitas negeri, jurusan filsafat juga ada perguruan tinggi swasta Universitas Katolik Parahyangan, dan sama dengan UGM, disini jurusan filsafat juga termasuk dalam fakultas filsafat dan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. 

Sekolah Tinggi Ilmu Filsafat Driyarkara

Merupakan institusi pendidikan tinggi yang terbuka untuk umum dan memang berfokus pada perkembangan ilmu filsafat. Sekolah Tinggi Ilmu Filsafat Driyarkara pun sudah terakreditasi A oleh BAN-PT sejak tahun 2018. 

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Di universitas ini jurusan filsafatnya bernama Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, dan tentunya sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Selain perguruan tinggi yang telah disebutkan diatas, masih ada puluhan perguruan tinggi lain yang juga terakreditasi A, jadi jika elo memutuskan untuk mengambil jurusan ini, namun telah berniat untuk ke perguruan tinggi lain, kalian bisa check di website perguruan tinggi tersebut dan pastikan perguruan tinggi tersebut sudah terakreditasi A. So, jangan pusing milih kampusnya ya, Sobat! 

Kalau elo masih bingung buat nentuin mau kuliah jurusan filsafat di mana, Zenius bakal bantu elo buat cari tahu kampus mana yang cocok berdasarkan kepribadian lo. Langsung aja coba kuis di bawah ini, ya!

Jurusan Filsafat - Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya 17
Klik banner di atas untuk ketahui kampus yang cocok buat elo!

Gelar Jurusan Filsafat

Bagi lulusan Jurusan Filsafat akan mendapat gelar (S.Fil.) yang merupakan singkatan dari Sarjana Filsafat. Umumnya lulusan jurusan filsafat berwawasan luas, observer, kritis, dan rasional, sehingga sebenarnya lapangan pekerjaan untuk jurusan ini pun cocok untuk bekerja di berbagai sektor.

Prospek Kerja Jurusan Filsafat

Terdapat beragam pilihan pekerjaan yang tersedia untuk lulusan filsafat. Umumnya lulusan filsafat bekerja di bidang jurnalisme, bisnis, dan keuangan, karena memiliki keahlian analisa yang didapatkan selama masa kuliah.

Penulis

Prospek kerja yang pertama adalah seorang penulis, karena lulusan ini cenderung merupakan tipe yang pemikir dan mampu menyampaikan pendapatnya dengan efektif dan berdasarkan realita dan juga penulis ada banyak jenis guys, jadi kalian bisa tentukan sendiri bidang yang kalian kuasai. 

Psikoterapis

Selain itu salah satu pekerjaan yang populer digeluti lulusan jurusan ini adalah psikoterapis, tugas seorang psikoterapis adalah mengatasi berbagai masalah atau persoalan psikologis atau berhubungan dengan aspek emosional. 

Wartawan

Tidak hanya itu, pekerjaan sebagai wartawan juga cocok untuk lulusan jurusan ini, karena seorang wartawan bertugas untuk menggali fakta sebanyak-banyaknya, jadi lulusan filsafat tentu cocok dengan requirement pekerjaan ini, karena terbiasa menganalisis dan menafsirkan berbagai informasi berbagai jenis informasi. 

Filsafat juga berpeluang mencoba beberapa profesi seperti tenaga pendidik, peneliti, paralegal, human resource, staf pemasaran, menjadi politisi hingga konselor.

Sebenarnya masih banyak lagi prospek kerja dari jurusan ini, karena memang ilmu filsafat banyak manfaatnya dan tentunya memberikan skill yang banyak diperlukan di berbagai profesi dan pekerjaan.

Kalo sudah yakin untuk mengambil jurusan filsafat dan merasa kalian cocok untuk jurusan ini, maka kalian perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Bisa dengan membaca berbagai buku untuk memperluas wawasan kalian, atau meminta tips dari kerabat kalian yang juga mengambil jurusan ini. Jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan orang tua kalian ya!

Jika orang tua kalian masih terperangkap dengan berbagai stereotip terhadap jurusan ini, merupakan kewajiban kalian untuk menjelaskan dan meluruskan berbagai pandangan miring yang ada, yang penting diri kalian sendiri yakin dan mau berkomitmen dengan pilihan kalian.

Nah, kalau elo merasa belum terlalu mantep untuk melanjutkan kuliah karena kurang persiapan, tenang aja Sob. Supaya persiapan elo lebih mantep, langganan paket belajar Zenius, yuk! Ada banyak paket yang bisa elo pilih. Elo pun bisa ikut live class dengan tutor-tutor Zenius, akses video pembelajaran yang nggak terbatas, soal-soal pilihan serta pembahasannya. Segera klik banner di bawah untuk informasi lebih lanjut!

Jurusan Filsafat - Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya 18

Baca Juga Artikel tentang Jurusan Lainnya

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Biologi

Jurusan Arsitektur

Originally Published: Chintya Kusuma Dewi (  18 Desember 2020)

Updated by: Adjie Sumantri (01 November 2022)

Bagikan Artikel Ini!