Kuliah Jurusan Filsafat

Info Kuliah di Jurusan Filsafat

Artikel ini membahas apa yang dipelajari di jurusan filsafat, Perguruan Tinggi dengan jurusan filsafat terakreditasi A di Indonesia, dan prospek kerja lulusaan filsafat.

Akibat banyak nya stereotip yang beredar luas di kalangan masyarakat yang melekat pada jurusan ini karena dianggap jurusan yang membosankan, tidak punya prospek kerja yang menjanjikan, sampai “katanya” bisa bikin kita jadi atheis kalo masuk jurusan filsafat ini, dan mungkin masih banyak lagi stereotip-stereotip lainnya yang pernah kalian dengar. 

Padahal kalo kalian kenalan sama jurusan ini, pandangan-pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar, kenapa tidak sepenuhnya benar, berarti ada yang benar dong? “Pandangan” seseorang bersifat subjektif, seperti dianggap “membosankan”, faktanya definisi “membosankan” nya setiap orang berbeda-beda bukan. Oleh karena itu diperlukan riset yang lebih jauh, untuk menilai sebenarnya seperti apa sih jurusan filsafat itu. 

Sebenarnya Seperti Apa Itu Jurusan Filsafat?

Kuliah Jurusan Filsafat
Sumber gambar: Alex Block/Unsplash.com

Jurusan Filsafat atau Ilmu Filsafat merupakan jurusan yang mempelajari mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan fenomena dan permasalahan manusia, sosial dan budaya. Meskipun bukan termasuk jurusan yang tidak cukup populer, menurut website resmi LTMPT jurusan filsafat di Universitas Indonesia (UI) memiliki jumlah 451 peminat, dan memiliki tingkat keketatan 1:19, sementara di Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan ini memiliki jumlah 811 peminat pada 2019, dan memiliki keketatan 1:15. 

Angka tersebut  menunjukkan bahwa jurusan ini memang tidak terlalu populer di SBMPTN 2020, jika dibandingkan dengan jurusan populer yang lain seperti jurusan Hukum yang memiliki 1276 peminat dan memiliki keketatan 1:14 di UI, serta di UGM memiliki 1407 peminat dan memiliki keketatan 1:12.

Ilmu filsafat disebut sebagai Ibu dari segala ilmu, baik ilmu sains dan ilmu sosial semuanya lahir setelah dikembangkan oleh ilmu filsafat. Didasarkan oleh rasa keingintahuan yang tinggi, Filsafat merupakan ilmu yang berfokus pada cara pikir tentang hubungan sebab-akibat dalam konsep realitas dan mengutarakan argumen berdasarkan fakta dalam rangka menemukan hakikat dasar atau sesuatu yang mendasari dalam suatu fenomena atau persoalan. Itulah mengapa filsafat juga berarti perjalanan menuju sesuatu yang paling dalam atau paling awal. Sifat yang sangat menggambarkan ilmu filsafat secara keseluruhan adalah spekulasi, keraguan, rasa penasaran, dan ketertarikan. 

Jadi kalo ada yang bilang jadi anak filsafat itu bisa ngeramal itu salah besar ya guys, karena kenyataannya ilmu ini justru mempelajari tentang logika, serta dilatih untuk melihat sudut pandang yang realistis. 

Meskipun mengandalkan logika dan realita, tidak berarti kalau kalian bakal jadi atheis atau tidak percaya Tuhan karena masuk jurusan ini, hal ini terbukti dengan banyaknya tokoh agama baik pastor maupun ustadz yang lulusan jurusan filsafat, selain itu banyak juga tokoh dunia yang ternyata merupakan lulusan filsafat, sebut saja pendiri Linkedin, Reid Hoffman mempunyai gelar master filsafat dari Oxford University, Stewart Butterfield yang merupakan pendiri startup Slack juga mempunyai 2 gelar sarjana filsafat di Cambridge dan University of Victoria, Selain itu di Indonesia sendiri ada Dian Sastro yang juga merupakan lulusan jurusan filsafat di Universitas Indonesia, lho. 

Jurusan filsafat atau ilmu filsafat pada umumnya memiliki beberapa peminatan seperti 

Epistemologi

Merupakan peminatan yang memperdalam mengenai hakikat pengetahuan manusia, termasuk asal mula pengetahuan, metode memperoleh pengetahuan, teori kebenaran pengetahuan dan lain-lain. 

Aksiologi

Berbeda dengan epistemologi yang memperdalam mengenai sumber pengetahuan, Aksiologi memperdalam mengenai bagaimana manusia memanfaatkan atau menggunakan ilmunya, atau suatu pengetahuan.

Ontologi

Merupakan penjurusan yang memperdalam mengenai realitas atau keberadaan sesuatu yang bersifat konkret.

Ketiga peminatan atau penjurusan yang telah disebutkan diatas merupakan yang umum atau sering dimiliki oleh perguruan tinggi, namun setiap perguruan tinggi memiliki kebijakannya masing-masing sehingga memungkinkan perguruan tinggi lain tidak memiliki penjurusan di atas namun mungkin justru memiliki penjurusan lainnya, atau sebaliknya. 

Yang Dipelajari di Jurusan Filsafat 

Setelah penjelasan panjang mengenai Jurusan Filsafat beserta dengan stereotip nya yang unik, tentunya kalian penasaran dong, seperti apa sih mata kuliah jurusan yang dianggap induk dari segala ilmu ini. 

Sama halnya dengan jurusan lain, di semester-semester awal kalian akan mempelajari teori-teori dasar, teori sosial, ilmu yang bersifat spekulatif, sampai ke ilmu praktis menyampaikan pendapat seperti Pengantar Filsafat, Metode-metode Filsafat, Filsafat Politik, Filsafat Hukum, Etika Terapan, Filsafat Islam, Teori-Teori Keadilan, Filsafat Bahasa, dan lain-lain.  

Pengantar Filsafat

Mata kuliah ini mempelajari tentang keterkaitan filsafat dan pendidikan, termasuk memahami makna filsafat dan filsafat pendidikan termasuk metode pendekatannya. 

Etika Terapan

Mata kuliah ini mempelajari tentang masalah etik sesuai dengan dasar-dasar dan teori etika, sehingga mata kuliah ini bersifat reflktif-kristis terhadap norma-norma yang berlaku di masyarakat. 

Teori-Teori Keadilan

Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini mempelajari tentang konsep keadilan dan berbagai perspektif dari liberalisme sampai feminisme. Tujuan mata kuliah ini adalah mahasiswa dapat memahami perkembangan persoalan yang menjadi perdebatan di kalangan liberals. 

Dan masih banyak mata kuliah yang akan dipelajari dalam jurusan filsafat, biasanya setiap perguruan tinggi didasarkan kurikulum yang berlaku, namun memiliki nama yang bervariasi dan beban sks yang berbeda, tergantung perguruan tingginya. 

Manfaat Mempelajari Filsafat

Jurusan Filsafat
Sumber gambar: Thought Catalog/Unsplash.com

Sering dianggap sebagai ilmu yang sulit dimengerti dan dipahami, terlebih jika dikaitkan dengan aliran-aliran atau filosofi dan sebagainya yang membuat orang-orang terkadang mundur duluan sebelum mempelajarinya, berikut beberapa manfaatnya mempelajari ilmu filsafat

Berpikir Kritis dan Objektif 

Selama kuliah jurusan ini mahasiswa akan berlatih untuk berpikir kritis dalam segala keadaan serta melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan atau mempercayai sesuatu sehingga dalam berbagai keadaan termasuk dalam memecahkan masalah, orang yang belajar filsafat akan memandang masalah atau persoalan tersebut secara objektif dan penuh perhitungan. 

Berpikiran Terbuka dan Analitis

Karena terbiasa melihat sesuatu dalam berbagai perspektif, serta berwawasan luas maka orang yang mempelajari ilmu filsafat biasanya tidak akan mudah termakan pandangan stereotip dan juga hoaks, namun akan mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu sebelum mempercayainya, dan terbuka akan adanya perbedaan jika memang realitanya demikian. Tidak jarang hasil essay atau tulisan karya seorang filsuf juga mampu membuka pikiran atau pandangan orang lain yang membacanya juga. 

Problem Solving

Terbiasa dengan mengecek kebenaran dan fakta akan segala sesuatu terlebih dahulu, orang yang belajar ilmu filsafat mampu melihat segala persoalan dan permasalahan dengan logikanya, tidak hanya itu, orang ini juga akan memberikan solusi yang masuk akal atau logis dan efektif, karena telah mempertimbangkan banyak hal sebelum memberikan argumen, solusi, maupun pendapatnya. Cocok nih dijadiin temen curhat masalah doi!

Tentu saja, manfaatnya tidak hanya itu, jika kalian mempelajari ilmu filsafat, kalian akan merasakan atau menyadari bahwa ilmu pengetahuan begitu luas, dan akan terus berkembang seiring perkembangan zaman, sehingga kita pun harus senantiasa belajar hal baru. 

Universitas yang Ada Jurusan Filsafat

Termasuk jurusan yang tidak terlalu populer, universitas atau perguruan tinggi yang memiliki jurusan filsafat tidak sesedikit itu kok, namun tidak sebanyak jurusan akuntansi yang hampir dimiliki setiap universitas. Berikut beberapa universitas atau perguruan tinggi baik PTN maupun PTS yang memiliki jurusan filsafat

Universitas Indonesia

Di perguruan tinggi ini jurusan filsafat termasuk dalam Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan merupakan salah satu perguruan tinggi favoritnya yang masuk jurusan ini, selain itu UI juga sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT untuk jurusan Filsafat, lho! 

Universitas Gadjah Mada

Tidak hanya UI, sebagai salah satu perguruan tinggi favorit, UGM juga mempunyai jurusan filsafat nih guys, yang termasuk dalam fakultas filsafat dan juga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. 

Universitas Katolik Parahyangan

Selain di universitas negeri, jurusan filsafat juga ada perguruan tinggi swasta Universitas Katolik Parahyangan, dan sama dengan UGM, disini jurusan filsafat juga termasuk dalam fakultas filsafat dan sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. 

Sekolah Tinggi Ilmu Filsafat Driyarkara

Merupakan institusi pendidikan tinggi yang terbuka untuk umum dan memang berfokus pada perkembangan ilmu filsafat. Sekolah Tinggi Ilmu Filsafat Driyarkara pun sudah terakreditasi A oleh BAN-PT sejak tahun 2018. 

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Di universitas ini jurusan filsafatnya bernama Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam, dan tentunya sudah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Prospek Kerja Lulusan Filsafat

Umumnya lulusan jurusan filsafat berwawasan luas, observer, kritis, dan rasional, sehingga sebenarnya lapangan pekerjaan untuk jurusan ini pun cocok untuk bekerja di berbagai sektor contohnya penulis, karena lulusan ini cenderung merupakan tipe yang pemikir dan mampu menyampaikan pendapatnya dengan efektif dan berdasarkan realita dan juga penulis ada banyak jenis guys, jadi kalian bisa tentukan sendiri bidang yang kalian kuasai. 

Selain itu salah satu pekerjaan yang populer digeluti lulusan jurusan ini adalah psikoterapis, tugas seorang psikoterapis adalah mengatasi berbagai masalah atau persoalan psikologis atau berhubungan dengan aspek emosional. 

Tidak hanya itu, pekerjaan sebagai wartawan juga cocok untuk lulusan jurusan ini, karena seorang wartawan bertugas untuk menggali fakta sebanyak-banyaknya, jadi lulusan filsafat tentu cocok dengan requirement pekerjaan ini, karena terbiasa menganalisis dan menafsirkan berbagai informasi berbagai jenis informasi. 

Sebenarnya masih banyak lagi prospek kerja dari jurusan ini, karena memang ilmu filsafat banyak manfaatnya dan tentunya memberikan skill yang banyak diperlukan di berbagai profesi dan pekerjaan. 

Kalo sudah yakin untuk mengambil jurusan filsafat, dan merasa kalian cocok untuk jurusan ini maka selanjutnya kalian perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya bisa dengan membaca berbagai buku untuk memperluas wawasan kalian, atau meminta tips dari kerabat kalian yang juga mengambil jurusan ini, dan jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan orang tua kalian, jika orang tua kalian masih terperangkap dengan berbagai stereotip terhadap jurusan ini, merupakan kewajiban kalian untuk menjelaskan dan meluruskan berbagai pandangan miring yang ada, yang penting diri kalian sendiri yakin dan mau berkomitmen dengan pilihan kalian. Masih ada waktu untuk memikirkan dan memilih jurusan yang kalian inginkan, so pikirkan baik-baik dan Good luck! Kalo ada yang kalian bingungin atau mau di tanya langsung aja komen dibawah. Semoga artikel ini membantu!

Baca Juga Artikel tentang Jurusan Lainnya

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Biologi

Jurusan Arsitektur