Info Kuliah, Peminat, dan Prospek Kerja Ilmu Filsafat UI

Jurusan Ilmu Filsafat UI Zenius Education

Sobat Zenius, apakah masuk Program Studi Ilmu Filsafat UI menjadi target elo? Kalau iya, elo udah berada di artikel yang tepat, nih.

Asumsi gue ketika elo baca artikel ini, elo udah tahu beberapa hal mendasar tentang filsafat dan lagi cari-cari info tentang Jurusan Filsafat.

Tapi kalau belum, barangkali setelah baca artikel ini, elo jadi lebih tercerahkan dan nggak galau lagi menentukan mau kuliah filsafat di kampus mana.

Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu kampus di Indonesia yang bisa menampung ketertarikan elo belajar filsafat. Soalnya, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UI punya Jurusan/Program Studi Filsafat, nih.

Satu hal yang perlu jadi catatan penting: jurusan ini punya daya saing yang lumayan tinggi. Coba deh, perhatikan infografis daya tampung Jurusan Filsafat Universitas Indonesia yang dilansir dari website SIMAK UI berikut ini!

infografis daya tampung jurusan filsafat ui
Infografis daya tampung Jurusan Filsafat UI (Arsip Zenius)

Yuk, kita coba kenalan lebih jauh dengan jurusan ini. Let’s go!

Kenapa Pilih Jurusan Ilmu Filsafat UI?

ilustrasi orang sedang mempertimbangkan masuk jurusan filsafat ui
Apa alasan mempertimbangkan masuk Jurusan Filsafat? (Dok. Pixabay)

Sebelum bahas Jurusan Ilmu Filsafat UI lebih jauh, kita ulik sedikit ya, sebenarnya apa ilmu filsafat itu. Pokok ajaran dari ilmu ini berkaitan dengan upaya mengusut kebenaran dari segala sesuatu yang ada di kehidupan.

Jadi, elo akan dilatih berpikir ala detektif yang kritis dan mempertanyakan segala sesuatu! Lebih lengkapnya, nanti elo bisa baca artikel yang ditulis Hana di link berikut, ya.

Baca Juga: Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli dan Sejarah Permulaannya

Nah, dalam mempertimbangkan pilihan jurusan kuliah nanti, pastinya ada beberapa faktor yang berpengaruh. Selain elo bakal cenderung memilih jurusan yang sesuai dengan minat, elo pasti juga memikirkan gimana perjalanan karier elo ke depannya nanti, kan?

Menurut Prospects, kalau elo punya latar belakang lulusan ilmu filsafat, berarti elo mengantongi modal penting yang bermanfaat di dunia kerja. Elo udah terbiasa menganalisis berbagai jenis permasalahan dan macam-macam pertanyaan. Selain itu, elo juga udah biasa berlatih mengkomunikasikan gagasan-gagasan yang telah elo pelajari ini secara logis.

Kedua skills ini sangat dipandang oleh para perekrut di dunia kerja, lho! Makanya, pilihan lapangan pekerjaan yang ada pun juga variatif. Elo bisa melanjutkan karier dengan menjadi guru, analis bisnis, HR (Human Resources), marketing executive, jurnalis, penulis buku, hingga peneliti!

Lulusan jurusan filsafat ui bisa jadi jurnalis
Bekerja di bidang jurnalistik bisa jadi salah satu pilihan profesi lulusan filsafat. (Dok. Pixabay)

Dengan dibekali keterampilan yang elo dapatkan dari menempuh ilmu di Jurusan Filsafat, elo bisa memperluas pengalaman kerja elo di banyak bidang. Ini bisa jadi alasan kuat memilih Jurusan Filsafat.

Baca Juga: Informasi Kuliah dan Syarat Masuk Fakultas Filsafat UGM

Jurusan Ilmu Filsafat UI (Universitas Indonesia)

Jurusan Ilmu Filsafat UI telah ada sejak 31 Maret 1975, lho. Dulunya, jurusan ini sempat tergabung di dalam Fakultas Sastra yang kini telah menjadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.

Kini, setelah melewati berbagai fase, akreditasi Ilmu Filsafat UI sudah berpredikat A dari BAN-PT. Buat elo yang bertanya-tanya soal kualitas pendidikan di jurusan ini, nggak perlu khawatir, ya!

Lalu, apa saja yang dipelajari di Jurusan Ilmu Filsafat UI?

Nih, udah gue rangkum beberapa mata kuliah yang akan elo temui bila melanjutkan studi di Jurusan Ilmu Filsafat UI. Yuk, simak!

Semester 1:

  • Pengantar Filsafat dan Pemikiran Modern
  • Sejarah Filsafat Yunani
  • Logika 1
  • Pengantar Ilmu Filsafat

Semester 2:

  • Sejarah Filsafat Abad Pertengahan
  • Filsafat Manusia
  • Epistemologi
  • Logika 2

Semester 3

  • Sejarah Filsafat Modern
  • Metafisika
  • Filsafat Budaya
  • Etika
  • Pengantar Filsafat Ilmu
  • Dasar-Dasar Teori dan Metode Penelitian Kebudayaan
  • Filsafat Sastra (Peminatan Etika-Aksiologi)
  • Filsafat Pendidikan (Peminatan Epistemologi)
  • Eksistensialisme (Peminatan Ontologi)

Semester 4

  • Kebudayaan Indonesia
  • Filsafat Islam
  • Estetika
  • Sejarah Filsafat Kontemporer
  • Filsafat Sosial
  • Etika Terapan (Peminatan Etika-Aksiologi)
  • Filsafat dan Ideologi (Peminatan Ontologi)
  • Filsafat Agama (Peminatan Ontologi)

Baca Juga: Syarat Masuk, Akreditasi, dan Peminatan di Fakultas Hukum UI

Semester 5

  • Manusia dan Masyarakat Indonesia
  • Filsafat Ketuhanan
  • Hermeneutika
  • Teori-teori Keadilan
  • Filsafat Timur
  • Filsafat Seni (Peminatan Etika-Aksiologi)
  • Filsafat Ekonomi (Peminatan Epistemologi)
  • Filsafat Hukum (Peminatan Epistemologi)
  • Filsafat Politik (Peminatan Ontologi)
  • Filsafat Teknologi (Peminatan Ontologi)

Semester 6

  • Filsafat Bahasa
  • Fenomenologi
  • Filsafat dan HAM (Peminatan Etika-Aksiologi)
  • Paradigma Feminis (Peminatan Etika-Aksiologi)
  • Pragmatisme (Peminatan Epistemologi)
  • Filsafat Analitik (Peminatan Epistemologi)
  • Filsafat Lingkungan (Peminatan Ontologi)

Semester 7:

  • Seminar Filsafat
  • Metode-metode Filsafat
  • Multikulturalisme dan Pluralisme (Peminatan Etika-Aksiologi)
  • Filsafat Akal Budi (Peminatan Epistemologi)

Semester 8

Ditutup dengan skripsweet, eh, skripsi!

Persebaran mata kuliah di atas memang belum ada jumlah SKS-nya. Tapi setelah ditotal, mata kuliah wajib dari program studi ada 80 SKS, wajib dari universitas dan fakultas 33 SKS, peminatan 18 SKS, dan pilihan bebas 13 SKS. Total beban studinya menjadi 144 SKS.

Gelar Sarjana Filsafat UI

Setelah elo melalui perjalanan yang membawamu (hayo, elo barusan pasti nyanyi kan?!) ke penghujung masa studi di Jurusan Ilmu Filsafat UI, akhirnya elo bakal lulus! 

Hehe, sekarang aja belum daftar tapi udah mikirin lulusnya… Tapi nggak apa-apa, dong! Kan keren tuh, nanti setelah elo lulus, di belakang nama elo bakal ketambahan gelar S.Fil. yang merupakan gelar Sarjana Filsafat UI!

Gimana, dari mata kuliah yang gue list di atas, udah ada yang menggelitik hati elo, belum? Semoga informasi yang udah gue jabarkan bisa membantu elo memilih jurusan kuliah, ya.

Tadi kan, di awal gue sempat tunjukkan daya tampung jurusan ini. Dari situ, elo bisa lihat kalau daya tampung paling besar untuk jalur SIMAK UI. Elo bisa mulai gali informasi seputar SIMAK UI mulai dari persyaratan hingga pelaksanaannya dengan klik tautan di bawah:

Panduan Lengkap SIMAK UI

Jangan lupa belajar dan coba kerjakan latihan soal SIMAK UI juga!

Latihan Soal SIMAK UI

Cari-cari info udah, latihan soal juga nggak ketinggalan. Udah mantep aja nih, persiapannya! Sekarang, cobain Zenius Ultima Plus dengan klik banner di bawah ini, yuk!

CTA Zenius ultima plus
Yulk, langganan Zenius Ultima Plus sekarang!

Semoga berhasil meraih jurusan impian elo, ya!

Referensi:

40 Tahun Filsafat UI – Departemen Filsafat Universitas Indonesia (2016)

Sebaran Mata Kuliah Program Studi Ilmu Filsafat – Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

Program Studi Ilmu Filsafat – Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia

Daftar Program Studi S1 Reguler TA 2022 – SIMAK Universitas Indonesia

Philosophy – Prospects (2021)

Bagikan Artikel Ini!