fakultas filsafat ugm

Informasi Kuliah dan Syarat Masuk Fakultas Filsafat UGM

Peminat Fakultas Filsafat UGM, mari merapat! Penasaran nggak, pas lulus nanti prospek kerja yang ada apa aja sih? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Sobat Zenius yang sedang menelusuri pilihan jurusan kuliah, pasti pernah mendengar soal Jurusan Filsafat dong? Mungkin elo juga pernah mendengar berbagai kasak-kusuk soal jurusan ini, mulai dari prospek kerja yang nggak jelas sampai anggapan kalau belajar filsafat bisa bikin atheis!

Yah, biasanya stereotip ada karena kita melihat dari jauh, menilai dari jauh, lalu bikin kesimpulan.

Makanya, buat menghindari salah persepsi, wajib kenali dulu seperti apa sih Jurusan Filsafat itu. Apalagi buat elo yang memang berniat masuk jurusan ini, Zenius rekomendasikan salah satu pilihan buat kamu pertimbangin, yakni Fakultas Filsafat UGM (Universitas Gadjah Mada). 

Zenius merekomendasikannya karena jurusan di Fakultas Filsafat UGM sudah berakreditasi A, jadi elo bakal dapet mutu pendidikan terbaik. Tanpa berlama-lama, mending simak langsung info-info penting seputar Fakultas Filsafat yang ada di UGM ini!

Kenalan dengan Fakultas Filsafat UGM

Sebelum adanya Fakultas Filsafat ini, UGM memiliki Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat yang telah berdiri sejak 23 Januari 1951. Fakultas ini memiliki tiga bagian, yaitu Bagian Sastra, Bagian Pedagogik, dan Bagian Filsafat.

Tapi, UGM sadar bahwa ilmu filsafat memiliki kedudukan yang sentral di dalam ilmu pengetahuan. Yap, mungkin elo pernah mendengar ungkapan “filsafat adalah ibu semua ilmu pengetahuan”. 

Akhirnya, pada 18 Agustus 1967, UGM meresmikan berdirinya Fakultas Filsafat ini secara mandiri. Tentunya, pendirian fakultas ini nggak lepas dari adanya kebutuhan pembinaan di bidang ilmu pengetahuan dasar. Elo mungkin mengenalnya dengan istilah kemampuan fundamental. Yap, seperti matematika, ilmu filsafat membantu kita mengasah kemampuan fundamental yang penting, yakni penalaran. 

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Baca Juga: Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli dan Sejarah Permulaannya

Jurusan di Fakultas Filsafat UGM

Hanya ada satu jurusan di Fakultas Filsafat UGM untuk setiap jenjangnya, mulai dari S1, S2, hingga S3, yaitu Program Studi Filsafat. Tapi, untuk kali ini kita bahas dulu untuk jenjang S1, ya. 

Jurusan di Fakultas Filsafat UGM untuk jenjang S1 membawahi tiga departemen, yaitu:

  1. Departemen Filsafat Barat
  2. Departemen Filsafat Timur
  3. Departemen Filsafat Agama

Selain departemen, masih ada lagi empat konsentrasi ilmu yang bisa elo pilih di semester enam. Langsung cek aja deh konsentrasinya di infografis berikut!

peminatan jurusan filsafat ugm
Konsentrasi FIlsafat UGM (Sumber: filsafat.ugm.ac.id)

Sudah tahu departemen dan konsentrasinya, sekarang kita bahas soal perkuliahannya, nih. Memang apa saja yang dipelajari di Jurusan Filsafat?

Di jurusan ini, elo akan banyak dilatih untuk dilatih berpikir secara kritis, logis, integratif, dan mampu mengaplikasikan ilmu yang dimiliki untuk kehidupan bermasyarakat lewat mata kuliah yang bervariatif banget.

Dalam satu semester, biasanya mahasiswa di Jurusan Filsafat dibebankan sekitar 16-25 SKS (Sistem Kredit Satuan). Jadi, elo bisa atur sendiri deh di setiap semester mau mengambil mata kuliah apa saja.

Baca Juga: 15 Jurusan yang Jarang Diminati di UGM, Ada Incaran Kamu?

Mata kuliahnya juga tersebar menjadi beberapa kategori, ada mata kuliah inti seperti Multikulturalisme, Pengantar Filsafat, Filsafat Barat Pra-Modern, Filsafat Barat Modern, Filsafat Barat Kontemporer, dan sebagainya.

Kemudian ada juga mata kuliah wajib di kategori Filsafat Umum yang harus diambil seluruh mahasiswa, dan mata kuliah wajib konsentrasi yang bisa mulai elo ambil di semester enam mendatang.

Contoh mata kuliah yang pastinya bakalan menarik banget untuk elo pelajari bisa dilihat di bawah ini ya!

mata kuliah umum jurusan filsafat ugm
Mata Kuliah Filsafat (sumber: filsafat.ugm.ac.id)

Nah, nantinya setelah selesai menjalani masa kuliah di fakultas ini dan lulus sidang skripsi, elo akan mendapatkan gelar Sarjana Filsafat (S.Fil) dari UGM.

Prospek Karier Lulusan Fakultas Filsafat UGM

Dengan begitu banyaknya anggapan terkait Jurusan Filsafat, banyak yang ragu akan besarnya peluang prospek kerja Jurusan Filsafat.

Padahal, lulusan Jurusan Filsafat juga punya peluang karier yang sama besarnya kayak lulusan fakultas lain, lho. Contohnya, dengan kemampuan berpikir kritis dan rasional, lulusan fakultas ini cocok banget untuk jadi jurnalis atau wartawan. 

Nggak hanya itu, prospek kerja Jurusan Filsafat juga mencakup ranah pekerjaan di lembaga pemerintahan. Elo bisa mencoba berkarier sebagai analis kebijakan publik, lho. Kemampuan critical thinking yang didapet selama berkuliah bakal termanfaatkan banget dalam pekerjaan tersebut. 

Baca Juga: Program Studi Fakultas Biologi UGM dan Syarat Masuknya

Daya Tampung Fakultas Filsafat UGM

Sudah membulatkan tekad buat masuk Jurusan di Fakultas Filsafat UGM belum nih? Kesempatan elo mencoba nggak cuma sekali karena ada berbagai jalur masuk ke UGM. Setiap jalur pun ada kuota penerimaannya masing-masing.

Secara keseluruhan, daya tampung Jurusan Filsafat UGM untuk total 150 mahasiswa baru pada tahun 2022. Dan angka 150 ini tersebar ke tiga jalur pendaftaran, ini rinciannya:

daya tampung jurusan filsafat ugm
Daya Tampung Filsafat UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Jadi, kalau elo gagal di jalur SNMPTN, boleh banget lho mencoba jalur SBMPTN hingga UM UGM. Banyak banget kan kesempatannya! Apalagi, kuota prioritas ada untuk jalur UM UGM yang biasanya dibuka paling terakhir.

Elo juga bisa memaksimalkan persiapan UM UGM dengan mengulik panduan lengkap seputar UM UGM yang udah Zenius siapkan di link berikut.

Panduan Lengkap UM UGM

Tambah persiapan elo dengan mengerjakan latihan-latihan soal asli UM UGM tahun-tahun sebelumnya. Elo bisa download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, dan tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Udah ngulik panduan lengkap dan latihan soalnya, cobain juga ikutan program Zenius Ultima Plus biar persiapan lo makin mantap! Langsung klik banner di bawah ini aja, ya.

CTA Zenius ultima plus
Yuk, langganan Zenius sekarang!

Referensi:

Sejarah – Fakultas Filsafat UGM

Buku Panduan Akademik – Program Sarjana Filsafat UGM

Sertifikat Akreditasi – Program Sarjana Filsafat UGM

Daya Tampung Program Sarjana Filsafat UGM – Sidata PTN LTMPT 

Info Kuliah di Jurusan Filsafat – Zenius Blog (2020)

Sejarah Perkembangan Filsafat dari Zaman Yunani Kuno Hingga Masa Kini – Portal Spada UNS

Bagikan Artikel Ini!