Rumus Simple Present Tense

3 Rumus Simple Present Tense dan Contohnya

Artikel ini akan membahas tentang rumus simple present tense dan contoh penggunaannya dalam percakapan sehari-hari.

Sobat Zenius, lo pernah ga denger kalimat ‘I like him’ dan ‘She likes me’? Kok bisa beda dan kenapa harus berbeda ya? Yuk, kita belajar tentang simple present tense!

Simple present tense adalah salah satu bagian dari tenses dalam tata-bahasa Bahasa Inggris. Menurut artikel di situs English Club, tenses adalah kategori verbal dalam Bahasa Inggris yang digunakan untuk menunjukkan apakah suatu kegiatan atau situasi sudah berlangsung, sedang berlangsung, atau akan berlangsung. Definisi ini bisa menghasilkan kesimpulan kalau tenses ditentukan berdasarkan waktu. Maka, untuk menentukan penggunaan tenses, lo bisa bergantung pada 3 kata ini: Present (masa kini/sekarang), Past (masa lalu), dan Future (masa depan).

Nah, dalam Bahasa Inggris, sebenarnya ada 16 bentuk tenses, tapi kali ini kita akan membahas tentang simple present tense saja. Sobat Zenius bisa mulai mempelajari bentuk-bentuk tenses dari simple present tense karena bentuk ini paling mudah dan paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Seperti namanya, alias ‘present’, bentuk simple present tense digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang terjadi di masa kini, kegiatan yang sering terjadi, atau suatu fakta umum. Nah, kali ini, gue bakal ngasih lo 3 rumus simple present tense yang bisa lo pakai dalam percakapan Bahasa Inggris sehari-hari.

Tapi… sebelum gue kasih rumus-rumusnya, lo harus inget 5 petunjuk yang bakal membantu lo memahami konsep Simple Present Tense. Ini dia 5 petunjuknya, diinget baik-baik ya!

  1. Kalimat dapat bersifat Affirmative atau positif, dan Negative atau negatif. Sifat ini merujuk pada konteks ‘ya’ dan ‘tidak’ dalam suatu kalimat. Pada artikel ini, gue bakal kasih lo 2 rumus Affirmative dan 1 rumus Negative.
  2. Subject: kata ganti orang, seperti I (aku), you (kamu), they (mereka), we (kita), she (dia perempuan), he (dia laki-laki), it (benda/makhluk hidup non-manusia).
  3. V1 atau Verb: kata kerja bentuk pertama atau dasar, merujuk pada kegiatan atau situasi yang akan lo jelasin dalam kalimat. Verb dapat berbentuk kata kerja biasa seperti play, run, dan jump atau berbentuk to be, to do, dan to have yang bakal gue jelasin di bawah ini.
  4. To be: partikel kata sambung yang digunakan untuk menjelaskan kondisi atau situasi subjek.

    Rumus Simple Present Tense Verb To Be
    Dok: Oyster English
  5. To Do/Have: Partikel kata sambung yang menunjukkan kegiatan/kepunyaan subjek.
Rumus Simple Present Text Verb To Have / Do
Dok: Oyster English

Oke, kalo lo udah paham 5 petunjuk di atas, sekarang kita lanjut ke beberapa rumus Simple Present Tense yang mau gue jelasin, yuk!

Rumus Simple Present Tense Affirmative (Subject I, You, They, We)

Pertama adalah Rumus Simple Present Tense yang digunakan oleh subjek I (aku), you (kamu), they (mereka), dan we (kita) serta bersifat affirmative. Rumusnya adalah:

Subject + Verb 1 + keterangan lanjutan (objek, waktu, dll)

Sekarang gue kasih contoh penggunaan rumusnya dalam kalimat sehari-hari. Misal, lo pengen kasih tau temen kalau lo punya kucing di rumah. Lo perhatikan konteks waktu dan subjeknya, deh. Yang punya kucing adalah elo, dan lo lagi pelihara kucing saat ini. Jadi, yang digunakan adalah simple present tense. Kalimatnya bakal berbentuk kaya gini:

I have a cat at home.”
“Aku punya seekor kucing di rumah”
Subject + V1 + keterangan lanjutan

Ingat, V1 ga mesti berbentuk to have ya, tinggal lo sesuaikan dengan konteks kalimat!

Rumus Simple Present Tense Affirmative (Subject She, He, It)

Sekarang, kita lanjut ke rumus kedua, yaitu Rumus Simple Present Tense yang digunakan oleh subjek She (dia perempuan), He (dia laki-laki), dan It (benda / makhluk hidup non-manusia) serta bersifat affirmative. Rumusnya kaya gini:

Subject + Verb 1 + s/es + keterangan lanjutan (objek, waktu, dll)

Coba lo tebak, apa beda rumus kedua dan rumus pertama? Yap, pada rumus kedua, ada imbuhan s/es di akhir kata kerja. Ini karena kata kerja yang mengikuti subjek She, He, dan It harus diberi imbuhan s/es, seperti ‘eat‘ menjadi ‘eats‘ dan ‘drink‘ menjadi ‘drinks‘.

Biar ga bingung, gue kasih contohnya, deh. Lo bayangin skenario di mana ada seorang cewe lagi gibahin cowo bareng temennya. Ceritanya, ni cowo demen banget sama yoghurt. Coba lo perhatikan, subjek yang digunakan adalah ‘dia laki-laki’ atau He, kan? Berarti, kata kerja yang mengikuti subjek He harus menggunakan imbuhan s/es, ya! Kalimatnya akan berbentuk seperti ini:

He likes yoghurt so much”
“Dia sangat menyukai yoghurt”
Subject + V1 + s/es + keterangan lanjutan

Ingat, V1 juga bisa berbentuk to be/to do/to have, tinggal lo sesuaikan dengan konteks kalimat!

Rumus Simple Present Tense Negative

Sampe sini masih semangat? Okeee lanjut! Rumus terakhir adalah Rumus Simple Present Tense Negative. Lo inget ga petunjuk gue di atas soal sifat kalimat Affirmative dan Negative?

Nah, kedua rumus sebelumnya adalah Simple Present Tense Affirmative, alias Simple Present Tense yang menunjukkan situasi positif dalam kalimat. Sekarang, gue bakal kasih rumus Simple Present Tense Negative yang merujuk pada situasi negatif atau konteks ‘tidak’ dalam kalimat. Contohnya tidak memiliki dan tidak setuju. Nih, gue kasih rumusnya!

Subject + to be / to do / to have+ not + V1+ keterangan lanjutan

Contohnya seperti ini. Misal, lo diajak makan seseorang tapi lo lagi ga laper. Inget petunjuk gue sebelumnya? Kalau ngejelasin situasi atau keadaan subjek, berarti lo harus pake verb to be dan tinggal lo tambah kata ‘not‘ untuk memperjelas konteks tidak. Maka, kalimatnya akan berbentuk seperti ini:

I am not hungry”
“Aku tidak lapar”
Subject + to be / to do / to have+ not + V1 + keterangan lanjutan

Nah, itu dia penjelasan gue tentang beberapa rumus simple present tense! Kalau Sobat Zenius sudah menguasai rumus simple present tense di atas, dijamin lo bakal lebih mudah mempelajari bentuk tenses lainnya. Anyway, kalau masih kurang paham sama penjelasan gue, lo bisa tonton beberapa video keren ini dari Zenius:

https://www.zenius.net/lp/topic/c7156/[object%20Object
https://www.zenius.net/lp/topic/c7156/[object%20Object
https://www.zenius.net/lp/topic/c7156/[object%20Object

Sebelum pergi, gue mau tantang lo untuk jawab pertanyaan gue di awal artikel: Kira-kira apa sih beda ‘I like him‘ dan ‘She likes me?’ Selamat menjawab dan mempelajari Simple Present Tense!