Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Daya Tampung dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Fakultas Kedokteran Gigi UGM (Universitas Gadjah Mada) merupakan salah satu FKG terbaik di Indonesia. Elo tertarik berkuliah di fakultas ini? Yuk, simak info lengkap jurusan, tahap pendidikan, gelar pendidikan, sampai daya tampung buat mahasiswa baru!

Apa yang elo bayangkan saat mendengar kata dokter gigi? Pengalaman pas mereka lagi menambal gigi elo yang berlubang atau mungkin cabut gigi yang sudah goyang? Semua pengalaman yang lo alami itu merupakan bagian dari profesi dokter gigi. 

Buat jadi dokter gigi, seseorang mesti melewati beberapa tahapan pendidikan, mulai dari pendidikan akademik untuk menguasai teori, sampai pendidikan profesi untuk mempraktikkan teorinya. 

Nah, semua jenjang pendidikan untuk jadi dokter gigi tersebut bisa elo temukan kalau kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi UGM (Universitas Gadjah Mada). Yuk, simak informasi selengkapnya!

Kuis zenius kampus yang cocok buat lo

Sejarah Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Kita mulai dari sejarah Fakultas Kedokteran Gigi UGM dulu, ya. Fakultas ini bermula dari dibentuknya Perguruan Tinggi Kedokteran Gigi di Rumah Sakit Tegalsuryo, Klaten, pada 5 Maret 1948. 

Setahun kemudian, tepatnya pada 19 Desember 1949, perguruan tinggi ini bergabung dengan UGM. Baru pada tahun 1960, Fakultas Kedokteran Gigi UGM akhirnya diresmikan. Dengan usia mencapai 62 tahun, FKG UGM termasuk salah satu fakultas tertua di UGM.

Jurusan di Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi merupakan satu-satunya cara yang bisa dilakukan kalau elo mau jadi dokter gigi. Kenapa gitu? Sudah pasti karena di sinilah lo akan diajari berbagai materi dan praktik lengkap terkait kesehatan serta permasalahan pada gigi dan mulut.

Eits, nggak cuma itu. Elo juga bakal ketemu sama materi estetika di area gigi dan mulut, seperti pemasangan kawat gigi, veneer, atau bleaching gigi. Lengkap banget, kan?

Fakultas Kedokteran Gigi UGM turut menyediakan beberapa jenjang pendidikan, mulai dari sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), dan spesialis. 

Sekarang, kenalan dulu yuk sama jurusan atau program studi jenjang S1 yang ada di Fakultas Kedokteran Gigi UGM.

Baca Juga: 25 Urutan PTN Terbaik di Indonesia Versi Unirank, UGM Peringkat Satu!

Program Studi S1 Kedokteran Gigi UGM 

Jadi, jenjang pendidikan sarjana (S1) di Fakultas Kedokteran Gigi UGM diisi oleh dua jurusan/program studi, nih. Apa saja? Yuk, kupas satu per satu!

Jurusan di Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Program Studi S1 Fakultas Kedokteran Gigi UGM (ugm.ac.id)

Selain dua jurusan dari jenjang sarjana, di sini juga ada untuk jenjang magister, doktor, dan spesialis. 

Untuk jenjang magister (S2), ada dua jurusan yang bisa dipilih, yaitu Ilmu Kedokteran Gigi dan Ilmu Kedokteran Gigi Klinis. Sedangkan, untuk jenjang doktor (S3), hanya ada satu jurusan, yaitu Ilmu Kedokteran Gigi.

Gimana kalau mau jadi dokter gigi spesialis? Bisa, dong! Seperti halnya dokter umum, dokter gigi juga bisa melanjutkan pendidikan ke tahap spesialis. Hal ini bisa jadi pilihan kalau elo mau kemampuan elo lebih terpusat pada spesialisasi tertentu.

Pendidikan spesialis di Fakultas Kedokteran Gigi UGM menyediakan 6 jurusan/program studi, lho. Ada Kedokteran Gigi dan Anak, Prostodonsia, Konservasi Gigi, Bedah Mulut dan Maksilofasial, Periodonsia, dan Ortodonsia. 

Baca Juga: Program Studi Fakultas Biologi UGM dan Syarat Masuknya

Gelar dari Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi UGM, elo akan mendapat gelar sesuai dengan jenjang yang dipilih.

Untuk S1, lulusannya akan bergelar S.KG, sementara di Jurusan Higiene Gigi mendapat gelar S.HG. Selain itu, untuk lulusan magister (S2), gelar yang didapat yaitu MDSc dan gelar Dr. untuk lulusan jenjang doktoral (S3). 

Untuk spesialis, gelar yang didapat juga berbeda sesuai dengan program yang diambil. Ada gelar Sp.KGA untuk spesialis kedokteran gigi anak, Sp.Pros untuk spesialis prostodonsia, Sp.KG untuk spesialis konservasi gigi, Sp.BM untuk spesialis bedah mulut dan maksilofasial, Sp.Perio untuk spesialis periodonsia, dan Sp.Ort untuk spesialis ortodonsia.

Gimana, udah kebayang mau ambil jurusan apa pas kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi UGM nanti? Kalau belum, ayo pertimbangkan dari sekarang!

Baca Juga: Fakultas Geografi UGM – Daftar Jurusan dan Daya Tampungnya

Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Sekarang, apa aja syarat masuk Fakultas Kedokteran Gigi UGM yang perlu elo persiapkan?

Simak info selengkapnya lewat gambar di bawah ini, ya.

Info syarat masuk Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Gigi UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Daya Tampung Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Sebelum yakin buat daftar fakultas kedokteran gigi UGM, ada baiknya elo cari tau dulu daya tampung dan peminatnya. Ada tiga jalur seleksi masuk Fakultas Kedokteran Gigi UGM yang bisa elo coba. 

daya tampung Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Daya Tampung Fakultas Kedokteran Gigi UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Karena sudah tersedia banyak cara yang bisa elo coba, semangat buat ikut semua jalurnya sampai ada yang keterima, ya.

Elo bisa mulai persiapan UM UGM dari sekarang, lho. Biasanya, ujian mandiri di kampus-kampus PTN bakal buka pendaftaran paling akhir daripada jalur masuk lain. Jadi, elo punya waktu luang yang lumayan lama buat bersiap sebelum hari H. Coba cek dulu info lengkap seputar UM UGM mulai dari syarat pendaftaran, materi ujian, sampai sistem penilaian di link berikut. 

Panduan Lengkap UM UGM

Mantepin lagi pemahaman elo dengan mengerjakan latihan-latihan soal asli UM UGM tahun lalu. Ada fitur buat download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, dan tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Elo juga bisa langsung ikut persiapan ujian mandiri UGM dan ujian masuk PTN lainnya dengan paket belajar Zenius Plus. Caranya, langsung aja klik banner di bawah ini, ya! 

CTA Zenius ultima plus
Yuk, langganan Zenius Ultima Plus sekarang!

Referensi:

Program Studi dan Daya Tampung Jurusan FKG UGM

(https://um.ugm.ac.id/program-studi-dan-daya-tampung-sarjana-dan-sarjana-terapan/)

Informasi FKG UGM

(https://fkg.ugm.ac.id/)

Informasi UM UGM

(https://um.ugm.ac.id/)

Ragam Seleksi Sarjana dan Sarjana Terapan FKG UGM

(https://um.ugm.ac.id/ragam-seleksi-sarjana-dan-sarjana-terapan/)

Ragam Seleksi Profesi Dokter Gigi UGM

(https://um.ugm.ac.id/ragam-seleksi-profesi/)

Bagikan Artikel Ini!