emotional sponge

Kenalan dengan Emotional Sponge Lewat Komik

Apakah kamu teman curhat yang selalu terbawa perasaan saat temanmu bercerita, atau bahkan saat kamu menonton film kamu bisa marah-marah dan nangis-nangis sendiri? Hahaha kamu tidak sendiri kok. Kata yang digunakan orang Indonesia untuk mendeskripsikan kita yang mudah terpengaruh emosi adalah “baper”.

Tapi di bidang psikologi “baper” disebut sebagai fenomena Emotional Sponge. Apa sih itu emotional sponge? Nah, untuk lebih paham, yuk kita lihat komik karya Kak @wantja yang relatable banget nih!

Berkenalan dengan Emotional Sponge

Gimana.. Gimana? Udah pada paham belum ke-kerenan kita yang selalu “baperan” ini?

Menjadi baper ga seburuk itu kok, selama kita bisa mengendalikan emosi kita supaya tidak ikut-ikutan jadi kompor gas, dan lebih memahami diri kita sendiri sebelum kepo dengan masalah orang lain, kita adalah seseorang yang peka dan penuh empati terhadap teman-teman dan orang di sekitar kita loh.

emotional intelligence
Emotional Sponge masuk dalam ranah psikologi.

Jika kamu mempelajari sesuatu dari komik kali ini, jangan lupa cek IG nya Kak @wantja ya, karena masih banyak banget konten mental health dengan pembawaan seasik tadi di sana. Sampai jumpa di blog berikutnya ya!

bagian-bagian otak yang terlibat dalam pengaturan emosi
Kalau mau tahu materi psikologi yang dituangkan dalam serial komik ini, kamu bisa kunjungi link di bawah (Image source: Huffman dkk. (1991) via Pudjono (1995)).

Baca Juga Serial Komik Psikologi Lainnya

Komik: Berkenalan Dengan Ghosting

Komik: Berkenalan dengan Gaslighting

Komik: Menjadi Perfeksionis yang Perfect

Komik: Berkenalan dengan Bipolar Disorder

Komik: Berkenalan Dengan Self-Blaming atau Menyalahkan Diri Sendiri