Self-Blaming

Komik: Berkenalan Dengan Self-Blaming atau Menyalahkan Diri Sendiri

Artikel ini membahas salah satu isu kesehatan mental yaitu self-blaming melalui sebuah komik edukatif karya Irwan.

Halo sobat Zenius. Pernah nggak sih kalian menyalahkan diri sendiri karena masalah yang ada di sekitar kalian? Atau jangan-jangan kalian sering merasa bodoh atau gagal dan kemudian menganggap itu semua salah kalian sendiri? Padahal, mungkin masalah-masalah itu belum tentu salah kalian atau memang bukanlah sesuatu yang bisa kalian kendalikan. Coba dong share pengalaman kalian.

Self-blaming
Sumber: Tenor

“Self-Blaming dapat dikatakan sebagai underserved emotional abuse yang dilakukan seseorang kepada dirinya sendiri.” -Irwan

Jujur sih, dulu gue pernah ngerasa gue gagal dan gue menganggap itu karena diri gue. Saat itu gue ngerasa sedih dan nggak berguna gitu. Tapi, kalau misalnya kita terlalu sering menyalahkan diri sendiri, hal tersebut bisa menjadi kebiasaan ‘Self-blaming’. Nah, untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut tentang ‘Self-blaming’, langsung aja yuk kita cek komik karya Kak Irwan di bawah ini.

Gimana sobat Zenius, apakah kalian mendapatkan tambahan ilmu baru tentang ‘Self-blaming dari komik di atas? Komik tersebut adalah karya dari Kak Irwan yang merupakan salah satu Content Producer di Zenius.

Irwan merupakan seorang lulusan dari ITB jurusan Mikrobiologi yang terinspirasi untuk berbagi pengetahuannya tentang mental health setelah ikut serta dalam komunitas pencegahan bunuh diri (@intothelightID) pada tahun 2020. Setelah mengikuti komunitas tersebut, Irwan menjadi lebih sadar bahwa isu kesehatan mental itu sangat penting untuk diketahui banyak orang. Terlebih lagi, isu mengenai kesehatan mental seringkali masih dianggap tabu dan disepelekan walau sebenarnya isu ini dapat menimpa siapapun.

Apabila kalian tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai isu kesehatan mental, kalian bisa langsung cek IG @wantja yang rutin berbagi tentang isu kesehatan mental atau mental health melalui komik-komik menggemaskan dan informatif seperti di atas.

 

Baca juga:

Komik: Berkenalan Dengan Ghosting

Komik: Mengenal Emotional Sponge

Komik: Berkenalan dengan Gaslighting

Komik: Menjadi Perfeksionis yang Perfect

Komik: Berkenalan dengan Bipolar Disorder