Materi Bahasa Indonesia: Teks Tanggapan

Artikel ini membahas materi bahasa Indonesia mengenai teks tanggapan, termasuk pengertian, fungsi, kaidah pembahasaan, serta struktur teks tanggapan.

Pasti kalian udah cukup familiar lah ya dengan kata “tanggapan”, bahkan baik secara sadar maupun gak sadar kita mungkin pernah atau bahkan sering memberikan tanggapan nih atas suatu hal baik itu berupa suatu karya, objek, kebijakan, dan lain-lain. Atau minimal kita pernah membaca, atau mendengar teks tanggapan orang lain, atas suatu hal. 

Sebenarnya kayak apa sih teks tanggapan itu? Misalnya, kalian nonton acara berita gitu, terus si pembaca beritanya lagi bahas sebuah isu politik, dan abis itu pembaca beritanya mengundang seorang pakar politik untuk memberikan tanggapannya atas isu yang sedang terjadi tersebut, nah kurang lebih seperti itulah gambaran dari sebuah teks tanggapan. 

Pada artikel ini kita bakal bahas mengenai pengertian teks tanggapan, fungsi teks tanggapan, kaidah pembahasan dan juga struktur dari teks tanggapan yang akan kalian pelajari di mata pelajaran bahasa indonesia kelas 9 nih guys. Lebih detail dan lengkapnya mengenai teks tanggapan, yuk baca artikel ini sampe habis! 

 

Pengertian Teks Tanggapan

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) kata “Tanggapan” didefinisikan sebagai sambutan terhadap ucapan yang bisa berupa kritik, komentar, dan sebagainya. Sementara itu dilansir dari repository Universitas Islam Negeri (UIN), Tanggapan didefinisikan sebagai salah satu pengalaman tentang objek peristiwa atau hubungan yang diperoleh dengan menggunakan informasi dan menafsirkan pesan. 

Dilansir dari repository Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), menurut Sujanto tahun 2004, tanggapan adalah gambaran pengamatan yang tinggal di kesadaran kita sesudah mengamati. 

Lalu bagaimana dengan pengertian dari teks tanggapan? Berdasarkan pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa teks tanggapan adalah teks yang dapat berupa komentar, evaluasi, kritik, pujian, dukungan, atau penolakan, terhadap suatu hal yang berasal dari sudut pandang atau pengamatan seseorang.

 

Ciri-Ciri Teks Tanggapan

Oleh karena itu pada umumnya teks tanggapan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Isi bersifat objektif, yaitu berdasarkan fakta dan data. 
  2. Memiliki kaidah bahasa tersendiri agar disampaikan secara jelas dan logis serta sopan.
  3. Memiliki struktur teks yang terdiri dari evaluasi, deskripsi, dan juga penegasan kembali yang akan kita bahas setelah ini. 

 

Fungsi Teks Tanggapan

teks tanggapan
Sumber gambar: Markus Winkler/Unsplash.com

Tentunya adanya teks tanggapan ini memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut

  1. Memberikan masukan yang membangun, terhadap suatu hal agar bisa lebih baik lagi. 
  2. Sebagai wadah komunikasi antar sesama penanggap dapat berdialog melalui sebuah konteks, deskripsi, dan penilaian terhadap suatu hal.
  3. Mengapresiasi sebuah karya atau kebijakan atau objek dengan memperhatikan setiap detail, sejelas mungkin.
  4. Memberikan saran akan suatu hal secara sistematis, dan terarah sehingga tanggapan menjadi penilaian atau evaluasi secara objektif, dan bukan pujian atau kritikan semu.

 

Kaidah Pembahasaan Teks Tanggapan

kaidah pembahasaan yang biasanya ada atau kita temukan di dalam teks tanggapan

  • Kalimat kompleks, merupakan kalimat yang identik dengan adanya induk kalimat dan anak kalimat. Kalimat ini merupakan kalimat yang mempunyai dua struktur dan juga dua kata kerja atau verba.
  • Konjungsi, untuk menggabungkan induk kalimat dengan anak kalimat biasanya dalam teks tanggapan menggunakan konjungsi, atau kata penghubung.
  • Rujukan atau referensi, untuk menyokong suatu tanggapan, referensi atau rujukan bisa dimanfaatkan, sebagai dukungan informasi, atau tanggapan yang diberikan.
  • Diksi atau pemilihan kata, agar sebuah tanggapan jelas, dan mudah dipahami, tentunya pemilihan kata atau diksi dalam sebuah teks tanggapan juga perlu menjadi hal yang dipertimbangkan dengan baik.

 

Struktur Teks Tanggapan

Pada dasarnya struktur dalam sebuah teks tanggapan terdiri dari:

Evaluasi

Merupakan bagian awal yang berupa pernyataan umum mengenai isu, atau suatu hal yang menjadi concern atau fokus dari penanggap, sehingga pembaca mengetahui fokus permasalahan atau gagasan dari teks tanggapan tersebut.

Deskripsi Teks

Merupakan bagian inti pembahasan yang diangkat oleh penanggap, biasanya berisi opini penanggap dari berbagai sudut pandang dan juga informasi serta fakta-fakta pendukung opini tersebut.

Penegasan Ulang

Pada bagian akhir, biasanya berupa simpulan yang diambil oleh penanggap atau bisa juga berupa saran atau masukan dari penganggap yang berkaitan dengan pembahasan yang diangkat. 

Nah kurang lebih seperti itu guys pembahasan mengenai Teks tanggapan, biar semakin paham lagi, kalian bisa lihat contoh dari teks tanggapan pada artikel Contoh Teks Tanggapan, biar kalian jadi kebayang dan ada gambaran mengenai teks tanggapan. Kalo kalian pengen denger materi pembahasan ini dalam bentuk video singkat dan dijelasin sama tutor zenius kalian bisa login dan akses di materi teks tanggapan. Semoga artikel ini membantu kalian ya guys, selamat belajar!

 

Baca Juga Artikel Lainnya!

Teks Persuasi

Contoh Teks Persuasi

Teks Ceramah