contoh teks tanggapan

4 Contoh Teks Tanggapan

Artikel ini membahas materi bahasa Indonesia mengenai contoh teks tanggapan.

Kalo di artikel sebelumnya kalian udah bahas mengenai teori dari teks tanggapan, seperti pengertian, fungsi dan struktur dari teks tanggapan, maka pada artikel ini kita bakal kasih liat contohnya nih, seperti apa sih contoh teks tanggapan itu.

Tanpa basa-basi kita yuk langsung kita lihat satu per satu contoh teks tanggapan dalam berbagai permasalahan, dan juga isu yang beredar di masyarakat.

Contoh teks tanggapan mengenai kesadaran publik atas keselamatan berkendara

(evaluasi) 

Adanya berita kecelakaan lalu lintas saat ini sudah menjadi hal yang cukup sering kita temui, baik di berita, maupun di media sosial. Bahkan melihat pemandangan anak yang masih di bawah umur mengendarai motor juga menjadi hal yang lumrah saat ini. Hal yang dianggap sepele namun sangat mengkhawatirkan.

(deskripsi)

Berdasarkan data dari kominfo, dalam setiap jam rata-rata ada 3 orang yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas, dan sebesar 61% kecelakaan lalu lintas terjadi akibat faktor manusia yaitu kemampuan dan juga karakter dalam mengemudi. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran akan keselamatan dalam berkendara di masyarakat masih sangat rendah saat ini, mengingat lebih dari setengahnya kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat kemampuan dan juga karakter mengemudi manusia.

(penegasan ulang)

Oleh karena itu, peningkatan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara sangat perlu ditingkatkan, dan perlu dimulai dari diri kita sendiri. Patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku karena peraturan tersebut dibuat demi keselamatan bersama, termasuk diri kita sendiri. Orang tua sebaiknya juga dengan bijaksana bisa mendidik anak-anaknya untuk belajar berkendara ketika memang sudah cukup umur dan dianggap sudah memiliki tanggung jawab atas setiap perbuatannya. Jangan baru menyesal kemudian ketika hal-hal ini terjadi pada diri kita sendiri atau orang-orang terdekat kita, ingat bahwa setiap nyawa sama berharganya.

Contoh teks tanggapan mengenai gagasan hukuman mati di Indonesia

(evaluasi)

Adanya beberapa negara yang menerapkan adanya hukuman mati pada kasus-kasus tertentu, membuat Indonesia juga memiliki gagasan yang sama dan telah menerapkan nya pada beberapa kasus, salah satunya terorisme. Tentu perbuatan mereka yang melakukan terorisme juga merupakan tindakan yang keji, namun eksekusi mati bagi saya bukan lah solusi terbaik.

(deskripsi)

Dilansir dari Amnesty Indonesia, saat ini tercatat ada 52 negara yang menerapkan eksekusi mati atau hukuman mati termasuk Indonesia, sebagai pencetak angka tertinggi dalam vonis hukuman mati selama 6 tahun terakhir yaitu sebanyak 96 vonis per oktober 2020. Dimana vonis hukuman mati di Indonesia justru mengalami lonjakan setiap tahunnya, khususnya terjadinya lonjakan hampir 2 kali lipat pada tahun 2019 dari pada 2018. Hal ini saya rasa dapat menjadi bahan pertimbangan, untuk menemukan cara efektif lainnya, karena adanya hukuman eksekusi mati justru tidak membuat orang-orang jadi takut. 

(Penegasan ulang)

Bagaimanapun sebagai negara yang menerapkan pancasila, dimana sila pertama yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa”, dimana semua warga negara Indonesia diwajibkan memiliki kepercayaan agama, dan setiap agama tentunya tidak membenarkan adanya eksekusi mati, karena kita semua tidak berhak atas hidup seseorang dan setiap orang memiliki hak dasarnya yaitu hak untuk hidup.

Contoh Teks Tanggapan Mengenai Penggunaan Galon Sekali Pakai

(evaluasi)

Untuk alasan kebersihan dan lebih steril, penggunaan galon sekali pakai saat ini beredar cukup luas di kalangan masyarakat, namun menurut saya gagasan ini merupakan tindakan yang tidak mempedulikan efek dan dampaknya bagi lingkungan, yaitu menyebabkan peningkatan sampah plastik.

(deskripsi)

Selama ini bumi kita sudah cukup kesakitan akibat berbagai pencemaran lingkungan dan juga pemanasan global yang setiap tahunnya semakin memperburuk keadaan. Dilansir dari NASA, tercatat suhu permukaan rata-rata bumi telah meningkat sekitar 2,05 derajat Fahrenheit (1,14 derajat Celcius) sejak akhir abad ke-19. 

Peningkatan suhu bumi ini berdampak nyata dengan setiap tahunnya, gletser es di kutub terus mencair, dan juga terjadinya perubahan iklim. Dan tentunya dengan beredarnya galon sekali pakai yang akan sangat berpengaruh buruk bagi lingkungan kita, tempat kita tinggal sekarang. 

(penegasan ulang)

Saya berharap pemerintah dapat mempertimbangkan kembali kebijakan mereka untuk peredaran galon sekali pakai ini, dan mengoptimalkan upaya penggunaan produk-produk yang merupakan hasil daur ulang, sehingga dapat mengurangi adanya limbah-limbah plastik dan juga terjadinya pencemaran lingkungan.

Contoh Teks Tanggapan Indonesia Keluar dari 10 Besar Kota Termacet di Dunia

contoh teks tanggapan
Sumber gambar: Arga Aditya/Unsplash.com

(evaluasi)

Dari dulu saya selalu menganggap bahwa jakarta itu lebih identik sebagai kota yang macetnya dimana-mana, meskipun sekarang juga pasti masih ada aja kadang kemacetan yang kita temui di jalan. Sebagai salah satu pengguna transportasi umum, tentunya keberadaan Transjakarta dan juga MRT sudah sangat memudahkan kami yang mengandalkan transportasi umum untuk pergi kemana-mana. Namun, jika adanya MRT dan Transjakarta tetap tidak mengurangi kemacetan, tentunya membuat saya tidak nyaman, karena akan menghabiskan terlalu banyak waktu di perjalanan, sehingga hal ini dapat menyebabkan makin banyak orang-orang yang beralih ke kendaraan pribadi agar bisa menggunakan tol. 

(deskripsi)

Namun, dilansir dari Instagram resmi dari Pemprov DKI Jakarta, pada tahun 2020 akhirnya Jakarta keluar dari urutan 10 kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index dan berada di peringkat ke-31 dari total 416 kota. Sebuah pencapaian yang tentunya bisa kita banggakan, bahwa Jakarta semakin membaik dalam mengatasi kemacetan.

Dimana pada tahun 2019 kemarin, Indonesia masih menduduki peringkat ke-10 sebagai kota termacet di dunia segan tingkat kemacetan sebanyak 53%. Meskipun masih banyak hal yang mungkin perlu diperbaiki dan dioptimalkan.

(penegasan ulang)

Oleh karena itu, saya menanggapi hal ini dengan ingin memberikan pujian bagi pemprov DKI yang sudah mampu menangani kemacetan jakarta menuju ke yang lebih baik, dan berharap terus ditingkatkan. Selain itu, upaya dalam mengajak masyarakat untuk naik transportasi umum saya rasa perlu ditingkatkan lagi seperti dengan memperbanyak kawasan dan wilayah yang terjangkau oleh Transjakarta, MRT dna juga angkutan umum lainnya.

Gimana sekarang kalian jadi jauh lebih paham kan mengenai teks tanggapan, dan pasti kalian udah bisa bikin teks tanggapan sendiri sekarang. Selain karena memang materi teks tanggapan ini akan dipelajari bahasa indonesia kelas 9, sebenarnya mempelajari mengenai teks tanggapan ini melatih diri kalian untuk berpikir kritis loh! Karena pada dasarnya pada saat membuat sebuah teks tanggapan kita akan menggunakan metode critical thinking. Semoga artikel ini membantu kalian ya, selamat belajar!

Baca Juga Artikel Lainnya!

Teks Persuasi

Contoh Teks Persuasi

Teks Ceramah

Bagikan artikel ini