Cara Menghafal Teks Panjang dengan Melakukan Pengoptimalan Fungsi Otak Kanan dan Kiri

Cara Menghafal Teks Panjang dan Dijamin Ampuh

Cara menghafal teks panjang mungkin bisa menjadi solusi untuk Kamu yang ingin presentasi atau hafalan materi. Pasalnya, tak sedikit orang memiliki masalah pada daya ingat apalagi pada tulisan yang rumit dan banyak. Oleh karena itu, simak pembahasannya berikut ini.

Beberapa Trik Serta Cara Menghafal Teks Panjang Dan Dijamin Ampuh

Melakukan Pengoptimalan Fungsi Otak Kanan dan Kiri
Image by hainguyenrp from Pixabay

Menghafal teks yang terbilang sangat panjang memang cukup sulit. Terlebih lagi kalau kalimat atau kata-katanya rumit serta menggunakan bahasa asing. Jika Kamu merasa begitu, jangan khawatir karena masalah tersebut dapat diatas. Berikut trik dan cara menghafal teks panjang.

1. Membacanya Secara Berulang

Merode menghafal teks panjang yang satu ini mungkin dianggap sebagian orang cukup klise. Namun, perihal keampuhannya sudah tidak diragukan lagi guna membantu hafalan. Cara ini, sangat mudah dilakukan, karena Kamu hanya perlu membacanya secara berulang-ulang.

Langkah pertama, cobalah untuk fokus terlebih dahulu kepada poin penting atau teks yang ingin dihafal. Kemudian bagi menjadi beberapa bagian. Mulailah membacanya satu persatu dan hafalkan. Jika sudah hafal saat dibaca ulang, maka pindah ke kata atau kalimat berikut.

2. Menuliskan Hafalan

Sama halnya seperti metode sebelumnya, cara ini pun menjadi salah satu metode yang cukup diandalkan guna menghafal. Menuliskan materi secara langsung dianggap bisa membantu rangsangan otak supaya bisa mengingat. Dengan begitu, proses hafalan menjadi mudah.

Tulislah materi hafalan Kamu ke atas kertas. Langkah selanjutnya, cobalah untuk mengingatnya, lalu tulis kembali teks tanpa harus melihat atau menyontek. Kemudian periksa, apabila ada kesalahan segera perbaiki. Ulangi cara tersebut hingga benar dan sesuai materi.

3. Jangan Terburu-Buru

Seringkali kesalahan orang dalam menghafal adalah melakukannya dengan terburu-buru. Mungkin harapannya ialah supaya bisa hafal secara cepat. Pada hal ini ada yang namanya kebut dalam semalam. Metode tersebut mungkin bisa saja berhasil, tapi sangat jarang.

Pasalnya, ketika Kamu mencoba untuk menghafal materi atau teks panjang secara terburu-buru akan membuat tekanan pada otak. Hal tersebut malah mengakibatkan rasa lelah yang dirasakan. Pada akhirnya, daya ingat tak bekerja dengan baik dan secara maksimal.

4. Meditasi

Sebelum melakukan hafalan atau bersiap-siap untuk memulainya, sangat disarankan untuk meditasi terlebih dahulu. Maksud dari metode ini adalah mencoba menenangkan diri serta otak supaya bisa bekerja secara maksimal. Dengan begitu, proses menghafal menjadi lancar.

Hal tersebut dikarenakan, saat tubuh mulai merasa nyaman dan otak lebih tenang, maka daya ingat pun menjadi tajam. Itulah mengapa, meditasi sebelum hafalan sangat disarankan agar Kamu pun tak tergesa-gesa. Alhasil, otak mampu menyerap teks panjang yang akan dihafal.

5. Pastikan Jam Tidur Kamu Tidak Kurang

Para ahli mengklaim bahwa seseorang yang kurang tidur akan membuatnya menjadi tidak fokus dan susah berkonsentrasi. Itulah sebabnya, tidur cukup dan berkualitas merupakan poin penting agar proses menghafal cukup krusial. Sehingga, teks panjang sekali pun bisa dihafal.

Jadi, metode apapun yang Kamu gunakan untuk bisa menghafal materi atau teks panjang akan percuma. Masalahnya, kondisi tubuh tidak dapat berkonsentrasi serta fokus pada permasalahan. Jadi, proses menghafal tak akan berjalan sesuai harapan dan sia-sia.

6. Hindari Hal-Hal yang Mendistraksi

Cara menghafal teks panjang berikutnya bukan perihal metode ataupun sejenisnya. Hal ini bertujuan guna mendukung proses hafalan Kamu supaya menjadi lebih lancar. Salah satu tipsnya adalah hindari berbagai aspek yang dapat mendistraksi atau mengganggu hafalan.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Seperti misalkan, hindari melakukan kegiatan menghafal ditempat yang ramai. Pasalnya, hal tersebut akan sangat mengganggu proses hafalan karena Kamu tak dapat berkonsentrasi dan fokus. Karena, suara bising bisa menjadi alasan pengganggu yang sangat menyebalkan.

7. Membaca Teks Secara Lantang

Sebagian orang percaya bahwa, ketika Kamu sedang menghafal dan membacanya secara lantang maka akan sangat membantu. Hal tersebut dianggap cukup ampuh guna meningkatkan daya ingat. Karena, otak dapat menyerap materi atau teks secara maksimal.

Namun, hal yang harus Kamu perhatikan ketika menggunakan metode ini adalah, pastikan tidak ada orang terganggu. Sebab hal tersebut bisa jadi boomerang yang akhirnya menjadi penghambat proses hafalan. Jadi bisa dikatakan, sebelum memulai, perhatikan situasi sekitar.

8. Fokus dan Konsentrasi Pada Materinya Saja

Supaya proses menghafal menjadi lebih mudah dan cepat, usahakan Kamu hanya fokus pada materinya saja. Jangan sampai hal tersebut teralihkan ke informasi lainnya yang bahkan tak ada urusannya dengan hafalan. Tujuannya adalah, membangun konsentrasi secara baik.

Bukan hanya jangan menghiraukan informasi lainnya, bahkan usahakan untuk tidak memperdulikan situasi sekitar. Sebab, hal tersebut bisa memecah konsentrasi serta fokus Kamu. Itulah mengapa sangat disarankan agar menghafal ditempat yang tenang bahkan sunyi.

9. Buat Proses Menghafal yang Menyenangkan

Jika Kamu memiliki metode menghafal versi sendiri, maka tak ada salahnya agar dicoba kalau memang dapat membantu. Tentu hal tersebut pasti sangat menyenangkan dan proses hafalan pun menjadi tidak membosankan pastinya. Oleh karena itu, carilah inovasi hafalan terbaru.

Proses menghafal dengan metode atau cara yang monoton bisa membuat Kamu merasa bosan. Ketika hal tersebut terjadi maka secara otomatis otak pun akan bermalas-m alasan menerima materi yang dihafal. Jadi, carilah metode yang menyenangkan dan seru.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara menghafal teks panjang yang ampuh. Namun terlepas dari beberapa metode serta trik diatas, disiplin adalah kunci dari semuanya. Apabila, Kamu merasa malas dan bosan maka secara otomatis otak pun akan susah untuk diajak kerjasama.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini