Jadwal Kegiatan Kelas 12 2022/2023 + Kenapa Harus Belajar Ujian Masuk PTN dari Sekarang

jadwal kesibukan kelas 12

Hi, Sobat Zenius! Buat elo yang udah duduk di pendidikan akhir SMA, gue mau berbagi kepada elo tentang jadwal kesibukan kelas 12 dalam artikel ini beserta ujian yang akan dihadapi kelas 12.

Nggak cuman itu, gue juga mau ngasih beberapa poin kenapa elo wajib mempersiapkan diri buat menghadapi berbagai ujian masuk PTN, seperti SBMPTN dan Ujian Mandiri dari sekarang.

Oleh karena itu, penting bagi elo buat mengetahui rangkaian ujian kelas 12 supaya nggak terpeleset, nih, ke depannya.

Banyak anak yang terpeleset di kelas 12 ini simply karena mereka nggak tau medan perangnya. 

Manajemen waktu yang kurang menyebabkan banyak siswa yang keteteran ketika memasuki peak season kelas 12. 

Bayangin aja di kelas 12 ini saat di mana ada PAT, PAS, Ujian Praktikum, UTBK serta Ujian-ujian Mandiri diselenggarakan hanya dalam hitungan 4 bulan. Apabila kurang perencanaan, bisa jadi persiapan elo menghadapi ujian-ujian tersebut jadi nggak maksimal.

Nah, sebagai persiapan elo, gue mau ngasih tahu macam-macam ujian kelas 12 dan apa saja kesibukannya. Yuk, disimak sampai habis, ya!

Seberapa Sibuk, sih, Kelas 12?

Sebelum memasuki apa saja jadwal kesibukan kelas 12, gue mau ngasih tahu dulu, nih, kira-kira seberapa sibuk, sih di kelas 12 itu?

Buat tahu seberapa sibuknya, langsung aja elo baca beberapa tweet curhatan kelas 12 berikut:

Tugas kelompok, laporan kelompok, presentasi, ulangan harian.

sungguh indah awal kelas 12 ini (@seoulcanada) August 2, 2022

Aku pusing banget sama sekolah asli … secapek itu. kalian yang kelas 12 banyak tugas projek berkelompok gitu gak sih, stres banget (@elevendaydream) August 2, 2022

Tiada hari tanpa tugasssss, hidup kelas 12!!!!!!!!! (@welldoneaish) August 2, 2022

Kelas 12 lumayan juga ya. lumayan bikin gila maksudnya (@echtereal) August 2, 2022

Kalo dipikir=pikir sedih juga jadi kelas 12 ini ya bimbel sana sini pulang malem sampe keujanan ditambah kena picratan mobil perjuangannya.. 😀 — Menara P. Rachmanita (@menaraputri) January 17, 2015

Mangat coi”@AlifNurcahyaa: Kelas 12 gini ya rasanya capek bgt. Ujian praktek semua! Berangkat pagi pulang sore. Malem berangkat lagi

— Arif (@arifbiskuit) January 16, 2015

Kelas 12 itu berangkat sekolah pagi pulang malem dirumah cuman numpang mandi sama tidur doang tugasnya Masyaallah:’) — Windy (@Windyiss) November 17, 2014

Maafin bgt mini Kelas 12 skrg,syibuk nya minta ampunnnnnn boro2 ada waktu twitteran pulang malem trs banyak ulangan trs aduhhhh — CRFI (@CronaldoFan_ID) October 22, 2014

Nah bisa elo baca sendiri di tweet-tweet tersebut sekilas gambaran kehidupan kelas 12. 

Jadi jangan bayangin elo punya waktu maen-maen seperti halnya kelas 10 atau 11 dulu. Kelas 12 kehidupannya udah sangat berbeda.

Jadwal Kegiatan Kelas 12 Tahun Ajaran 2022/2023

jadwal kesibukan kelas 12
Ilustrasi memikirkan jadwal kesibukan kelas 12 (Dok. Zenius)

“Persiapan kelas 12 apa saja, ya?”

Nah, sebagai bahan persiapan Sobat Zenius, pertama, penting buat elo mengetahui gambaran apa aja kegiatan penting yang akan elo alami selama kurang lebih sampai Juli tahun depan. 

Berikut ini gambaran kegiatan kelas 12 yang gue susun dengan acuan kegiatan tahun ajaran 2022/2023. 

Kalau nggak ada perubahan yang major, harusnya sih jadwal kegiatan tahun ajaran 2022/2023 nggak akan berbeda jauh, mungkin cuma selisih 1-2 minggu.

Jadwal Kegiatan Kelas 12 Semester Ganjil

  • 11 Juli: Awal semester ganjil
  • 19-23 September: Penilaian Tengah Semester (PTS) ganjil (disesuaikan dengan program sekolah)
  • 5-9 Desember: Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil
  • 16 Desember: Pembagian buku laporan hasil belajar (LHB)
  • 17-1 Januari: Libur semester ganjil

Jadwal Kegiatan Kelas 12 Semester Genap

  • 2 Januari: Awal semester genap
  • 20-24 Februari: Penilaian Tengah Semester (PTS) genap
  • 13-17 Maret: Perkiraan ujian sekolah SMP/SMPLB, SMA/SMALB, SMK, dan USBN SD
  • 23-25 Maret: Perkiraan libur awal bulan puasa 1444 H
  • 27-31 Maret: Perkiraan ujian sekolah SMP/SMPLB, SMA/SMALB, SMK, dan USBN SD
  • 10-14 April: Perkiraan ujian sekolah SMP/SMPLB, SMA/SMALB, SMK, dan USBN SD
  • 22-23 April: Libur hari raya idul fitri 1444 H
  • 21-28 April: Perkiraan libur idul fitri
  • 12-16 Juni: Penilaian Akhir Tahun (Ulangan kenaikan kelas)
  • 23 Juni: Pembagian buku laporan hasil belajar (LHB)
  • 24-8 Juli: Libur kenaikan kelas
  • 10 Juli: Awal semester ganjil

Tahapan Ujian Kelas 12

Sekarang, elo udah pada tahu, nih, jadwal kesibukan kelas 12 dari awal semester ganjil sampai akhir semester genap nanti. Lumayan sibuk, ya?

Sobat Zenius pasti juga penasaran apa aja, sih, urutan ujian kelas 12? Mari kita lihat bersama-sama!

1. PTS dan PAS/PAT Ganjil dan Genap

PTS Ganjil diperkirakan akan diadakan pada tanggal 19 September 2022, sedangkan PAS ganjil akan dilaksanakan sekitar tanggal 5 Desember 2022. 

Kemudian, PTS Genap akan dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2023, sedangkan PAT Genap akan dilaksanakan sekitar tanggal 12 Juni 2023.

PTS dan PAS/PAT ini sangat penting sebagai bahan penilaian raport untuk SNMPTN, jadi elo wajib banget memaksimalkan ujian-ujian tersebut dengan baik.

2. Seleksi Masuk PTS

Seleksi Masuk PTS sudah mulai dibuka pada bulan September sampai dengan Agustus tahun berikutnya. 

Tiap-tiap PTS mempunyai timeline yang berbeda-beda terkait penerimaannya. Ada yang udah mulai Agustus, ada yang baru mulai Januari. 

Namun secara umum seleksi PTN melalui seleksi raport serta aplikasi beasiswa biasanya dilaksanakan pada awal-awal periode pendaftaran. Selain itu di awal-awal periode pendaftaran juga relatif sedikit saingannya.

Walaupun kebanyakan banyak siswa kelas 12 yang mengincar PTN (ternama), nggak jarang mereka juga menyiapkan seleksi masuk PTS sebagai cadangan kalo buruk-buruknya nanti mereka gagal masuk PTN. 

Jadi rajin-rajin cek jadwal pendaftaran PTS inceran elo, dan kalo memang bener-bener naksir, usahakan daftar di awal periode tersebut. 

Setelah SBMPTN, biasanya sudah jarang PTS yang melakukan seleksi raport dan lebih banyak yang mengadakan seleksi melalui tes (tentunya saingan juga akan bertambah).

3. Pendaftaran SNMPTN

Pendaftaran SNMPTN biasanya dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan awal Maret. 

Setelah pendaftaran ditutup, berkas pendaftaran SNMPTN akan dikirim ke PTN pilihan I untuk diseleksi. 

Waktu seleksi di PTN pilihan I selama sekitar sebulan. Lalu apabila tidak diterima di PTN pilihan I, maka berkas pendaftaran akan diseleksi di PTN pilihan II selama sekitar sebulan juga. Jadi total waktu seleksi di PTN adalah dua bulan sampai dengan awal bulan Mei. 

Lalu sekitar pertengahan Mei, hasil SNMPTN akan diumumkan di website SNMPTN.

Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2023 saat ini belum ada. Jadi, Sobat Zenius sebisa mungkin terus pantengin website pendaftaran SNMPTN secara berkala, ya!

4. UTBK SBMPTN

Ketika Sobat Zenius belum diterima SNMPTN, maka saatnya elo beraksi untuk memaksimalkan UTBK SBMPTN demi bisa masuk ke kampus impian.

UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) adalah sebuah ujian berbasis komputer yang dilaksanakan beberapa kali dalam setahun. Nilai UTBK bisa digunakan untuk SBMPTN, seleksi mandiri beberapa PTN dan mungkin termasuk juga PTS.

Tiap-tiap anak bisa mengikuti maksimal UTBK 2 kali. Jika mengikuti 2 kali ujian, maka kamu bisa memilih salah satu nilai tertinggi untuk digunakan daftar di SBMPTN.

Untuk jadwal UTBK SBMPTN 2023, sejauh ini belum ada pengumuman lebih lanjutnya. Akan tetapi, sebagai gambaran elo, pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 diadakan pada sekitar bulan Maret-April.

Dengan begitu, elo bisa terus memantau perkembangan jadwal UTBK SBMPTN ke depannya di situs LTMPT atau situs web terpercaya lainnya, ya!

Baca Juga: Memprediksi Peluang SBMPTN dengan Nilai UTBK

5. Seleksi Mandiri PTN (Diploma)

Seleksi Mandiri PTN untuk program diploma (D3 & D4) biasanya sudah dibuka sebelum pelaksanaan PAS. 

Beberapa perguruan tinggi seperti Poltekkes, Poltek Negeri dan Universitas yang membuka program diploma / vokasi (IPB) biasanya mulai melakukan pendaftaran seleksi mulai bulan Februari, jadi ngurusnya hampir bersamaan dengan SNMPTN.

Kendati demikian, timeline setiap universitas tentu berbeda. Elo wajib memantau terus perkembangannya, ya!

6. Seleksi Mandiri PTN (S1)

Seleksi Mandiri S1 PTN mulai dilaksanakan setelah SBMPTN, meskipun begitu pendaftarannya biasanya sudah mulai dibuka pada bulan Mei. 

Beberapa hari setelah SBMPTN biasanya SIMAK UI dan UM UGM akan dilaksanakan secara bersamaan. 

Setelah itu, beberapa seleksi mandiri lain akan menyusul yang mana paling banyak akan dilaksanakan pada bulan Juni/Juli. 

Oleh karena itu sebaiknya elo juga siapin seleksi mandiri ini sejak jauh-jauh hari terutama apabila elo pengen ikut SIMAK UI atau UM UGM.

Baca Juga: Seleksi Mandiri: Jalur Alternatif Masuk PTN

Pentingnya Mempersiapkan UTBK SBMPTN, Ujian Masuk PTN dari Awal

Nah, Sobat Zenius udah tahu, kan, gimana rangkaian ujian kelas 12 di atas. Cukup padat!

Oleh karena itu, penting bagi elo untuk mempersiapkan semuanya dari awal, tak terkecuali UTBK SBMPTN dan ujian masuk PTN lainnya.

Pasalnya, ketika elo sudah mempersiapkannya dari awal, maka ada beragam keuntungan yang bisa elo dapatkan, yaitu:

  • Mengetahui medan perang UTBK SBMPTN serta menguasai kerangka soalnya
  • Tidak kebingungan dalam menentukan pilihan jurusan
  • Waktu untuk persiapan UTBK lebih panjang
  • Tidak keteteran atau kewalahan menjelang hari H UTBK SBMPTN
  • Bisa mempelajari terlebih dahulu persaingan dari siswa yang ingin masuk ke target kampus impian
  • Mampu memahami kemampuan sendiri lewat latihan soal ataupun try out

Kira-kira itu dia pentingnya mempersiapkan semua ujian masuk PTN dari awal. Nah, buat elo yang sekiranya mau mempersiapkan dari sekarang, elo juga bisa, nih, menjadikan Zenius sebagai teman belajar!

Pasalnya, Zenius menyediakan metode belajar khusus siswa-siswa yang mau mempersiapkan UTBK dan ujian masuk lainnya dari awal lewat video materi yang menarik.

Nggak cuman itu, Zenius juga menyediakan ribuan contoh soal dan pembahasan yang bisa elo pelajari dengan saksama.

Hal-Hal yang Sebaiknya Sobat Zenius Lakukan dari Sekarang

Mengingat jadwal kesibukan kelas 12 yang begitu padat, elo perlu mengatur strategi dengan baik, nih.

Kira-kira, persiapan kelas 12 apa saja, sih? Berikut ada beberapa hal yang sebaiknya elo lakukan dari sekarang:

1. Belajar SBMPTN sedini mungkin

159vcg

Seperti yang elo lihat dalam jadwal kegiatan kelas 12 di atas, jadwalnya relatif longgar pada semester 5 dan padat banget pada semester 6. 

Nah, buat elo yang mau nyiapin SBMPTN dengan maksimal, gue saranin sih elo mulai belajar SBMPTN dari sekarang. 

At least, coba deh kerjain aja dulu satu paket soal SBMPTN biar elo ada gambaran tingkat kesulitan yang akan elo hadapi.

Ketika elo udah dapat gambaran tingkat kesulitan soal SBMPTN, coba bandingkan dengan soal PTS/PAS. Wah, rada jomplang, di mana tingkat kesulitan soal SBMPTN lebih tinggi daripada soal ujian sekolah. 

Soal SBMPTN tuh banyak analisis dan memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap materinya. 

Di sisi lain, soal ujian sekolah relatif bisa “dihafal”. That’s why, Zenius biasanya menyarankan untuk langsung fokus ke SBMPTN daripada ujian sekolah. 

Kalo udah biasa latihan medan SBMPTN, biasanya ujian sekolah mah lewat. Selain itu, medan pertempuran Seleksi Mandiri PTN juga nggak terlalu berbeda dari SBMPTN. 

Jadi, kalo elo bisa mantap mempersiapkan diri buat SBMPTN, sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui.

Nah, kalo elo udah mulai nyicil materi SBMPTN dari awal semester 5, di semester 6 elo ga akan terlalu terbebani dengan materi yang banyak.

Baca:

2. Tidak Terlalu Berharap pada SNMPTN

Udah jadi cerita klasik dari setiap angkatan kalau banyak siswa kelas 12 yang gagal kuliah karena terlalu mengharapkan dapet “undangan” dari PTN impiannya. 

Begitu tau hasilnya (ternyata amit-mati) nggak keterima, udah nggak sempet belajar buat tes SBMPTN tertulis atau Ujian Mandiri karena waktunya udah terlalu mepet.

Coba aja elo liat lagi jadwal yang gue cantumin di atas. Dari pengumuman SNMPTN ke ujian SBMPTN, itu cuma ada selang waktu sekitar 2-3 minggu, bahkan ga nyampe sebulan! 

Seminggu setelah SBMPTN, biasanya Seleksi Mandiri PTN (seperti SIMAK UI dan UM UGM) udah digelar. Dan elo berharap bisa mengejar materi dalam waktu semepet itu? Wah yang ada kelabakan modyar!

Jadi yah kalo menurut gue sih,  sebaiknya jalur SNMPTN ini jangan dijadikan satu-satunya kesempatan buat masuk kuliah. 

Manfaatkan juga jalur masuk kampus yang lain seperti SBMPTN dan juga Ujian Mandiri dengan mulai belajar dari sekarang.

3. Memikirkan jurusan kuliah

159ujd

Di tengah jadwal kesibukan kelas 12, nggak ada salahnya elo mulai memikirkan jurusan kuliah yang akan elo pilih nanti.

Banyak siswa yang baru mikirin jurusan dan pilihan PTN nya menjelang pendaftaran. 

Milih jurusan bukan perkara sepele, setidaknya elo perlu belajar mengenali diri sendiri, minat dan bakat elo, mempelajari berbagai jurusan dan perguruan tinggi, mendiskusikannya dengan orang tua, guru BK, kakak kelas atau orang yang berkompeten, dan lain-lain. 

Semua proses tersebut bisa memakan waktu berbulan-bulan. Kalo elo baru mikir jurusan yang akan lo ambil 1-2 minggu sebelum pendaftaran, itu jelas terlalu mepet.

Kalo dihitung dari sekarang, masih ada waktu ada waktu banyak buat elo mikirin jurusan kuliah untuk SNMPTN nanti (Februari). 

Masih anget banget banyak siswa yang melepas penerimaan di SNMPTN gara-gara nggak cocok jurusannya. “Kalo nggak cocok kenapa dipilih?” 

Kemungkinan besar ya karena pas mikirin jurusan kurang matang dan tergesa-gesa.

Baca Juga: SERIOUS WARNING: Jangan Sampai Lo Salah Milih Jurusan!

Itu dia jadwal kegiatan kelas 12 yang bisa elo perhatikan dengan saksama. Atur strategi dengan matang sejak dini supaya elo mampu mempersiapkan senjata yang tepat saat menghadapi macam-macam ujian kelas 12.

Seperti yang udah gue bilang tadi, sebaiknya elo mulai mencari teman belajar yang tepat untuk menunjang produktivitas elo.

Zenius menjadi salah satu teman belajar terbaik yang bisa elo pilih. Lewat Zenius, elo bisa ambil paket belajar Zenius Ultima Supreme sebagai persiapan menghadapi UTBK dan ujian masuk PTN lainnya.

Saat elo berlangganan paket ini, ada beragam keuntungan yang bisa didapatkan, mulai dari live class UTBK/minggu, tryout premium UTBK, akses video premium UTBK & sekolah, hingga konsultasi jurusan.

Menarik, kan? Yuk, berlangganan dari sekarang!

jadwal kesibukan kelas 12
Bagikan Artikel Ini!