Upaya Mengatasi Ketimpangan Sosial – Materi Sosiologi Kelas 12

upaya mengatasi ketimpangan sosial

Tak bisa dipungkiri, hingga saat ini ketimpangan sosial masih menjadi masalah yang harus dihadapi oleh berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Sebagai contoh, elo pernah gak melihat berita tentang kemiskinan di televisi? Atau bahkan berita tentang perbedaan kondisi ruang kelas di wilayah perkotaan dengan di wilayah pedesaan?

Nah, jika ketimpangan sosial yang terjadi ini dibiarkan terus, maka akan menimbulkan banyak dampak negatif. Terus, bagaimana sih, upaya mengatasi ketimpangan sosial yang bisa dilakukan?

Upaya Mengatasi Ketimpangan Sosial

upaya mengatasi ketimpangan sosial
Ketimpangan Sosial (Arsip Zenius)

Sebelum kita membahas upaya mengatasi ketimpangan sosial, pertama-tama kita harus tahu dulu nih guys, apa saja penyebabnya. Jadi, terdapat dua faktor penyebab ketimpangan sosial yaitu faktor struktural dimana berkaitan dengan kebijakan pemerintah dan faktor kultural yang berkaitan dengan masyarakat. 

Oke, sekarang kita sudah tahu faktor-faktor penyebabnya, lalu bagaimana sih cara mengatasinya?

1. Upaya Pemerintah Mengatasi Ketimpangan Sosial

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab ketimpangan sosial adalah masalah struktural. Di mana, faktor struktural ini berkaitan dengan kebijakan pemerintahan. Dengan kata lain, hanya pemerintah saja yang bisa mengatasinya. 

Dalam menentukan kebijakan, biasanya pemerintah melihat dahulu masalahnya dan juga kelompok yang ada. Maksudnya gimana, tuh?

Jadi, pertama-tama pemerintah harus tahu dahulu nih guys, problem yang ada di masyarakat. Misalnya saja masalah tentang adanya keterbatasan akses sumber daya, seperti dalam aspek ekonomi, pendidikan, infrastruktur, kesehatan, dan lain sebagainya. 

mengapa pemberdayaan komunitas dapat mengatasi ketimpangan sosial
Salah satu contoh ketimpangan sosial (Dok. Pixabay)

Setelah itu, pemerintah juga harus mengetahui kelompok apa saja yang mengalami keterbatasan dalam bidang-bidang tersebut. Misalnya, kelompok minoritas, anak-anak, perempuan, dan lain sebagainya karena setiap kelompok tentu mempunyai masalah yang berbeda. 

Nah, setelah menganalisa masalah tersebut, barulah pemerintah dapat mengatasi ketimpangan sosial, guys! 

So, upaya apa yang bisa dilakukan pemerintah? 

Pemerintah haruslah memulai kebijakan inklusif untuk mengatasi masalah ketimpangan struktural seperti membuat kebijakan pembangunan SDM serta pembangunan industri ke luar pulau Jawa. Selain itu, pemerintah perlu membuat kebijakan bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa sebagai upaya mengatasi ketimpangan sosial di bidang pendidikan. 

Baca Juga: Negara Buat Apa sih?

2. Upaya Masyarakat Mengatasi Ketimpangan Sosial

Tadi kita sudah membahas upaya mengatasi ketimpangan sosial dalam aspek struktural. Terus, bagaimana cara mengatasi ketimpangan sosial dalam aspek kultural?

Jika masalah struktural berkaitan dengan pemerintah, maka masalah kultural berkaitan dengan masyarakat. Kultural ini berkaitan dengan yang namanya kebiasaan nih, guys!

Sebagai contoh ada kasus kemiskinan, nah kira-kira apa yang bisa elo lakukan nih?

kearifan lokal untuk mengatasi ketimpangan sosial
Contoh ketimpangan sosial (Dok. Pixabay)

Well, pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengubah cara pikir atau cara pandang kita. Jika dulu kita berpikir bahwa kemiskinan karena salah individunya, sekarang kita perlu mencoba membuka perspektif bahwa kemiskinan terjadi karena adanya sistem yang kurang adil. 

Dengan mengubah pola pikir ini, sebenarnya elo sudah ikut berkontribusi dalam upaya mengatasi ketimpangan sosial dalam aspek sosial budaya, lho!

Selain itu, elo juga bisa menjadi tenaga pendidik secara sukarela untuk orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, elo juga bisa melakukan riset untuk ikut membantu program pemerintah.

Kalau elo mau penjelasan lebih lanjut, tinggal klik gambar di bawah ini aja ya.

Baca juga: Upaya Penyelesaian Konflik Sosial – Materi Sosiologi Kelas 11

Contoh Soal Mengatasi Ketimpangan Sosial

  1. Seiring bertambahnya jumlah penduduk di kota-kota besar, harga perumahan terus melonjak. Hal ini mengakibatkan beberapa masyarakat kelas bawah kesulitan untuk memiliki tempat tinggal. Upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk membantu pemenuhan hak atas tempat tinggal adalah …

A. meregulasi setiap keluarga hanya boleh memiliki satu rumah

B. membatasi jumlah penduduk

C. mendorong masyarakat untuk menyediakan kontrakan murah

D. meningkatkan jumlah rumah susun dan subsidi perumahan rakyat

E. menurunkan harga tanah

Jawaban dan Pembahasan:

Pemerintah dapat melakukan berbagai upaya untuk mengatasi atau meminimalisir dampak ketimpangan di masyarakat. Misalnya saja pada kasus ketimpangan berupa kemampuan masyarakat miskin yang terbatas dalam memperoleh tempat tinggal yang layak. 

Hal ini dapat diatasi dengan menyediakan rumah subsidi bagi golongan masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah dan memperbanyak penyediaan (pendirian) rumah susun. Maka jawaban yang tepat adalah D. meningkatkan jumlah rumah susun dan subsidi perumahan rakyat.

Baca Juga: Wilayah dan Tata Ruang Indonesia – Materi Geografi Kelas 12

Nah, itu dia guys, pembahasan kita hari ini tentang upaya mengatasi ketimpangan sosial. Gimana nih, Sobat Zenius udah paham belum? Kalau elo masih ingin mendalami materi hari ini, elo bisa langsung kunjungi aplikasi Zenius, ya!

belajar materi pelajaran sosiologi di zenius

Sebagai penutup, selain upaya-upaya di atas kira-kira apa lagi sih yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ketimpangan sosial? Yuk, coba jawab di kolom komentar, ya!

Bagikan Artikel Ini!