Perang dunia 2

Latar Belakang dan Kronologi Perang Dunia 2 – Materi Sejarah Kelas 11

Elo masih inget nggak sih sama peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki di Jepang tahun 1945? Atau momen pas Adolf Hitler menyerang dan menguasai Inggris? Yap! Di tahun kemerdekaan Indonesia, sebenarnya dunia tuh lagi “panas-panasnya” karena Perang Dunia 2 masih berlangsung dari tahun 1939. 

Wah! Kok bisa sampai ada perang dunia pertama dan diteruskan ke yang kedua? Emangnya ada masalah apa sih di antara negara-negara tersebut?

Yuk, cari tahu di sini!

Latar Belakang Perang Dunia II

Latar Belakang dan Kronologi Perang Dunia 2 - Materi Sejarah Kelas 11 17
Ilustrasi Perang Dunia II (Dok. Unsplash)

Kenapa sih kok bisa lanjut ada Perang Dunia 2 (PD  II) ? Penyebabnya apa? Sebenarnya alasan itu nggak jauh dari rasa mau “balas dendam” dari Perang Dunia ke-1 (PD I) nih. 

Tapi selain itu, Perjanjian Versailles tahun 1920 setelah PD I juga punya peran penting yang melatarbelakangi kejadian PD II ini. Emang apa sih isi perjanjiannya?

Nah, pihak Jerman merasa dirugikan sama perjanjian itu karena harus merelakan salah satu wilayahnya, membayar utang perang, dan membatasi kemiliteran. Bayangin aja, udah kalah perang terus disuruh bayar denda sebesar 132 milyar mark! Tahu kan, mark adalah mata uang Jerman sebelum euro. 

Kebetulan, posisinya Jerman dan AS juga lagi ngalamin krisis di sektor ekonomi nih. Gimana nggak makin stress kan pihak Jerman? Karena itulah, mereka mau membalaskan dendam kehilangannya.

Alasan lain yang ikut “memanaskan” serta mendukung adanya perang kembali ini juga karena ekspansi atau perluasan wilayah yang dilakukan oleh Jepang, Jerman, serta Italia. Jadi, mereka secara bersamaan berusaha untuk menguasai banyak negara-negara di Asia sampai Afrika. 

Yang nggak kalah pentingnya, muncul ideologi-ideologi baru seperti fasisme dan komunisme. Karena ideologi baru ini, banyak negara yang menganggap bahwa mereka lebih tinggi dan akhirnya PD II mulai terjadi pada tahun 1939. 

Baca juga: Latar Belakang Keterlibatan Jepang pada Perang Dunia II 

Pihak yang Terlibat di Perang Dunia II

Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris yang berperan besar membantu perang dunia 2
Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris yang berperan besar membantu peperangan (Dok. Wikimedia Commons)

Menjadi salah satu perang besar-besaran, nggak heran juga kalau banyak banget lho pihak yang “ikut” di kejadian bersejarah ini. Negara mana saja sih yang terlibat pada Perang Dunia II?

Nah, elo bisa ngebedain ke dua blok atau kubu nih. Pertama, ada blok sekutu dengan anggota Amerika Serikat, Uni Soviet, Prancis, Inggris, dan juga negara koloni atau jajahannya. Di blok ini, mereka menganut sistem ideologi komunisme, kapitalisme, dan liberalisme.

Sedangkan lawannya, yaitu blok Axis atau Poros menganut ideologi fasisme. Negara apa saja di blok Axis? Ada Jerman, Italia, dan juga Jepang. 

Terlepas dari itu, elo juga pasti udah nggak asing sama beberapa tokoh PD II deh. Salah satunya yaitu Adolf Hitler. Terkenal karena ketegasannya dalam memimpin kelompok Nazi dari Jerman, dia berhasil merebut Polandia, dan beberapa wilayah di bagian Afrika, serta Eropa. 

Nggak cuma dari blok Axis aja yang punya tokoh terkenal di penjuru dunia. Di blok Sekutu, ada juga Winston Churchill yang jadi perdana menteri di Inggris. Dia berperan penting untuk membantu memenangkan perang dengan produksi pesawat terbangnya. 

Kronologi Perang Dunia II

Penyebabnya sudah jelas, negara dan tokoh yang terlibat juga banyak banget. Terus, gimana sih kronologi Perang Dunia II? Kayaknya kacau banget ya karena saling balas dendam.

Nah, perang ini terjadi di beberapa wilayah seperti Afrika Utara, Eropa Barat dan Timur, serta Asia Pasifik. Kedua blok tersebut saling berebut negara koloni untuk dikuasai. 

Awalnya, Jerman yang dipimpin Hitler menyerang wilayah Polandia pada 1 September 1939 dan menyatakan perang besar.

Lalu, mereka juga mendatangi Prancis sampai akhirnya menguasai wilayah tersebut. Nggak berhenti di situ, Jerman juga ikut menyerang Mesir yang merupakan negara koloni Inggris agar seluruh negara di Asia mampu ia kuasai. Tapi nyatanya, Jerman kalah dan tidak mampu merebut Mesir.

Di wilayah Eropa, Jerman berusaha menyerang Inggris dengan cara mengirimkan kapal selam sampai Inggris terdesak dan dibantu oleh AS. Tidak selalu menang, mereka menyerang Rusia juga secara besar-besaran namun mengalami kekalahan.

Kalau di Asia Pasifik, Jepang berusaha menjadikan negara China sebagai koloninya. Dalam proses menguasai negara di Asia, Jepang mendahulukan untuk menyerang AS. 

Elo inget nggak sama peristiwa pengeboman Pearl Harbor? Nah! Itu salah satu ulahnya Jepang untuk menghancurkan AS. 

Tapi sayangnya, dengan segala usaha dari blok Axis untuk memenangkan perang, mereka tetap mengalami kekalahan hingga seluruh negara koloninya diambil kembali oleh pihak lawan. 

Akhirnya, di tahun 1945 Perang Dunia II berakhir yang ditandai penyerahan dari Jerman.

Baca juga: Mengapa Jerman Kalah di Perang Dunia II? 

Dampak Perang Dunia II

Peran AS pasca perang dunia 2
Peran AS pasca perang dunia II (Dok. Unsplash)

Perangnya sudah selesai, berarti semua keadaan jadi normal dong? Udah pada bisa hidup tenang semua negaranya? Nah, ini dia dampak Perang Dunia II.

Pertama, yaitu negara AS membantu beberapa negara jajahan dari sisi sektor ekonomi dengan memberikan uang agar mereka tidak menjadi komunis setelah perang melalui beberapa program. 

Program Marshall Plan dikhususkan membantu negara Eropa. Lalu ada Truman Doctrine untuk membantu Turki serta Yunani. Lalu yang terakhir yaitu Four Point Program untuk negara Asia. Jadi, AS memegang peranan penting pascaperang nih.

Dan dampak kedua, yaitu adanya perjanjian-perjanjian baru antar beberapa negara. Di Perjanjian Postdam pada 30 Juli 1945, blok Sekutu membagi wilayah kekuasaan negara Jerman untuk AS, Inggris, Prancis, dan juga Uni Soviet. 

Di Perjanjian Prancis, mereka membagi negara koloni Jerman yang cukup banyak. Sedangkan di Perjanjian San Fransisco merupakan kesepakatan antara Jepang dan AS untuk kembali “berbaikan”. 

Ternyata, kejadian pascaperang ini menghasilkan dampak yang positif ya buat berbagai negara?

Contoh Soal dan Pembahasannya

Gimana nih penjelasan di atas? Supaya elo makin ngerti dan paham, coba jawab contoh soal ini yuk!

Contoh soal 1

Pada akhir perang dunia, banyak negara-negara jajahan Eropa mendapatkan kemerdekaannya seperti India bahkan Indonesia. Kebebasan ini dinamakan .…

a. Denazifikasi

b. Rasionalisasi

c. Dekolonisasi

d. Magyarisasi

Pembahasan: 

Proses dekolonisasi merupakan sebuah proses untuk melepaskan pengaruh negara induk atau penjajah terhadap negara-negara jajahan atau koloni mereka. Nah, jadi jawabannya c karena banyak negara koloni Eropa yang dibebaskan kembali.

Contoh soal 2

Negara mana sajakah yang menjadi blok sekutu di Perang Dunia II?

a. Jepang, Amerika Serikat, Uni Soviet

b. Uni Soviet, Inggris, Italia, Prancis

c. Inggris, Amerika Serikat, Jerman, Prancis

d. Inggris, Amerika Serikat, Uni Soviet

Pembahasan:

Negara yang menjadi blok sekutu adalah Amerika Serikat, Inggris, Uni Soviet, dan Prancis. Sedangkan Jerman, Jepang, dan Italia menjadi negara yang berada di blok Axis. Jadi, jawabannya adalah d.

Itu dia pembahasan tentang Perang Dunia 2 yang cukup kompleks nih, Sobat Zenius. Gimana? Udah paham? Kalau ada pertanyaan, boleh banget ditanyain di kolom komentar ya!

Biar belajarnya makin semangat, bisa banget nih nonton video di bawah ini.

Oh iya, materi perang dunia 2 ini juga tersedia versi video, lho! Wah, menarik banget, kan? Kalau elo mau nonton, langsung aja klik banner-nya!

Latar Belakang dan Kronologi Perang Dunia 2 - Materi Sejarah Kelas 11 18

Bagikan Artikel Ini!