fakultas geografi ugm

Fakultas Geografi UGM – Daftar Jurusan dan Daya Tampungnya

Kalau jadi mahasiswa Fakultas Geografi UGM bakal belajar apa aja sih? Terus berapa daya tampung tiap jurusannya? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Bumi tempat elo berpijak saat ini, usianya sudah nyaris 5 miliar tahun! Sebagai makhluk Bumi, rasanya penting banget untuk kita mengenal tempat yang sedang kita huni ini. Caranya gimana? Belajar ilmu geografi! 

Buat elo yang tertarik memperdalam ilmu geografi, Fakultas Geografi UGM (Universitas Gadjah Mada) siap menampung ketertarikan elo itu. Nah, mahasiswa Fakultas Geografi UGM bakal belajar apa saja sih? Bebatuan? Atau cara bikin peta? Biar nggak salah persepsi terkait cakupan ilmu geografi, kita ulik bareng-bareng yuk.

Sejarah Fakultas Geografi UGM

Kita mulai dari sejarah fakultas ini, ya. Fakultas Geografi UGM sudah ada sejak tahun 1950. Menariknya, fakultas ini sempat tergabung dalam Fakultas Sastra, Pedagogik (Ilmu Pendidikan), dan Filsafat.

Karena perkembangan ilmu geografi yang semakin pesat, akhirnya dibentuklah fakultas independen dengan nama Fakultas Geografi pada 1 September 1963. 

Awalnya, Fakultas Geografi UGM hanya membuka dua jurusan, yaitu Geografi Fisik dan Geografi Manusia. Saat ini, sudah tersedia beberapa pilihan jurusan yang bisa elo pilih sesuai keinginan. Ada apa aja, ya? 

Baca Juga: Program Studi Fakultas Biologi UGM dan Syarat Masuknya

Jurusan di Fakultas Geografi UGM

Ngomongin tentang Fakultas Geografi UGM, kira-kira udah kebayang belum jurusannya? Fakultas Geografi UGM sempat mengalami beberapa kali penambahan dan penutupan jurusan, lho. Namun, pada tahun 2007 akhirnya menetapkan 3 jurusan/program studi untuk jenjang sarjana (S1), 2 jurusan magister (S2), dan 1 jurusan jenjang doktor (S3).

Program Studi S1 Geografi UGM 

Nah, kuliah ilmu geografi nggak melulu membahas fisik Bumi aja, tapi ada juga materi pengelolaan dan pengembangan wilayah yang bisa bermanfaat untuk keberlangsungan hidup masyarakat. 

Semua ilmu tersebut bisa elo pelajari mulai dari jenjang S1. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Fakultas Geografi UGM memiliki 3 jurusan yang disediakan untuk para calon mahasiswa jenjang strata-1 (S1). Beberapa jurusan ini akan membahas tentang ilmu geografi secara lebih detail. Yuk, bahas satu-satu!

jurusan di fakultas geografi ugm

Daftar Jurusan Fakultas Geografi UGM (Sumber: ugm.ac.id)

  1. Jurusan Geografi Lingkungan 

Di jurusan ini, elo akan belajar tentang geomorfologi, bentang lahan, hingga geografi manusia dan penduduk. Serunya lagi, elo juga bakal diajari bagaimana caranya membuat kontur, interpretasi peta, dan penginderaan jarak jauh. 

Mata kuliahnya ada Ekologi dan Lingkungan, Survei dan Pemetaan, Dinamika Penggunaan Tanah, Dinamika Spasial Wilayah Lahan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Info Kuliah dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Hewan UGM

  1. Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jarak Jauh

Mahasiswa yang ada di Jurusan Kartografi dan Penginderaan Jarak Jauh berkesempatan untuk mempelajari berbagai teknologi yang berkaitan dengan cara menganalisis informasi spasial geografi (pembuatan peta). 

Setelah itu, elo juga bakal diajari teknik menginterpretasikan dan mengetahui suatu daerah tanpa harus mengobservasi langsung ke tempatnya. 

Selain geografi, jurusan ini juga akan membawa elo untuk belajar fisika, statistika, dan coding

Mata kuliahnya, antara lain Kartografi dan Penginderaan Jauh Dasar, Pengantar Geografi, Geologi Umum, Hidrologi Dasar, Geomorfologi, dan lain sebagainya. 

Oh iya, jurusan ini juga menyediakan tiga peminatan yang bisa dipilih saat elo sedang menyusun proposal skripsi, yaitu:

  1. Kartografi
  2. Penginderaan Jauh
  3. Sistem Informasi Geografi
  1. Pembangunan Wilayah

Sesuai namanya, jurusan ini secara umum akan banyak membahas tentang perencanaan pembangunan suatu wilayah agar bisa berkelanjutan.

Mata kuliah yang bakal dipelajari antara lain Teori Keruangan, Biogeografi, Teori Pembangunan, Geografi Manusia, Meteorologi dan Klimatologi, dan lain sebagainya. 

Uniknya, Jurusan Pembangunan Wilayah UGM ini hanya ada satu-satunya di Indonesia! Keren, kan?

Untuk dua jurusan/program studi jenjang S2, ada Program Studi Geografi dan Program Studi Penginderaan Jarak Jauh. Sedangkan di jenjang S3, cuma ada Program Studi Ilmu Geografi.

Baca Juga: Informasi Kuliah dan Syarat Masuk Fakultas Filsafat UGM

Gelar dari Fakultas Geografi UGM

gelar jurusan geografi ugm

Setelah lulus dari jurusan di Fakultas Geografi UGM, bakal dapet gelar apa, ya? (Sumber: Arsip Zenius)

Setelah lulus jenjang sarjana (S1), elo bakal dapat gelar S.Si atau Sarjana Sains. Sedangkan lulusan magister (S2), bergelar M.Si (Magister Sains). Pada jenjang doktoral (S3), bakal dapat gelar Dr. (Doktor). 

Daya Tampung Fakultas Geografi UGM

Seperti fakultas lain yang ada di UGM, Fakultas Geografi juga menyediakan beberapa jalur seleksi masuk untuk calon mahasiswanya. Pendaftaran fakultas geografi UGM untuk jurusan S1 turut memberlakukan batasan kuota di setiap jalur pendaftarannya, nih. 

Supaya elo punya gambaran, simak langsung peminat dan daya tampung setiap jurusannya di sini!

daya tampung jurusan geografi ugm

Daya Tampung Fakultas Geografi UGM (Sumber: ugm.ac.id)

Nah, itu dia informasi tentang Fakultas Geografi di Universitas Gadjah Mada. Semoga bisa menambah wawasan elo mengenai fakultas ini, ya! Semoga berhasil juga nih buat elo yang lagi persiapan seleksi masuk kampus UGM.

Elo bisa memulai persiapan UM UGM bareng Zenius. Kulik panduan lengkap seputar UM UGM mulai dari syarat pendaftaran, materi ujian, sampai sistem penilaian di link berikut. 

Panduan Lengkap UM UGM

Maksimalkan persiapan elo dengan mengerjakan latihan-latihan soal asli UM UGM tahun lalu. Elo bisa download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, dan tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Semakin gaspol persiapan elo dengan ikutan Zenius Ultima Plus! elo bakalan dapet sesi live class dan try out yang bisa bikin lo merasakan suasana ujian yang semirip mungkin dengan aslinya. Seperti adanya durasi mengerjakan soal. Ikutan persiapan ujian masuk PTN online Zenius dengan mengeklik banner di bawah ini, ya! 

CTA Zenius ultima plus
Yuk, langganan Zenius Ultima Plus sekarang!

Referensi:

Program Studi dan Daya Tampung – Jurusan di Fakultas Geografi UGM

Sejarah – Geografi UGM

Ragam Seleksi – Jurusan di Fakultas Geografi UGM

Bagikan Artikel Ini!