Belajar
ZeniusLand
Guru
Profesional

Panduan Lengkap: SPMB PKN STAN

Informasi Umum

Apa itu SPMB PKN STAN?

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara STAN atau yang biasa kita kenal dengan SPMB PKN STAN adalah seleksi masuk untuk kuliah di PKN STAN. PKN STAN sendiri merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan.

Setiap tahun, jumlah pendaftar PKN STAN selalu menjadi salah satu yang terbanyak di antara perguruan tinggi kedinasan atau bahkan perguruan tinggi umum. Tahun 2021, jumlah peserta yang submit administrasi ke PKN STAN secara keseluruhan ada sebanyak 41.982 orang. Sedangkan, jumlah peserta yang diterima sebanyak 272 orang. Berarti persentase kelulusan di PKN STAN untuk tahun 2021 sebesar 0,64%. Bahkan gak nyampe 1% lho. Dengan peminat dan persaingan sebanyak itu, kamu dituntut meraih nilai setinggi-tingginya biar lolos.

Berbeda dengan pelaksanaan tahun 2021, PKN STAN bekerja sama dengan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) terkait penggunaan nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Sehingga, tahun ini calon mahasiswa diseleksi menggunakan hasil UTBK sebagai salah satu syarat administrasinya. Lalu, apa aja sih syarat lainnya?

Syarat ikut SPMB PKN STAN?

Sebelum masuk ke syarat, kamu perlu tau dulu kalau di PKN STAN ada program Reguler dan Afirmasi. Program Reguler adalah program PMB yang ditujukan untuk mengisi formasi atau kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan atau lembaga lainnya se-wilayah Indonesia. Sedangkan, Program Afirmasi adalah program PMB khusus untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan. Udah tau bedanya kan? Sekarang, mari kita lihat persyaratan pendaftarannya!

  • Program reguler bisa diikuti oleh calon lulusan tahun 2021, lulusan tahun 2020 dan tahun sebelumnya dari semua SMA/SMK/MA/sederajat.
  • Program afirmasi hanya bisa diikuti oleh calon lulusan tahun 2021 semua SMA/SMK/MA/sederajat dari provinsi yang telah ditentukan di atas.
  • Usia peserta maksimal 21 tahun dan minimal 15 tahun (per tanggal 1 September).
  • Bagi calon lulusan tahun 2021, harus memiliki nilai rata-rata raport untuk komponen pengetahuan pada 5 semester minimal 70,00 dari skala 100,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang peserta telah dinyatakan lulus dan nilai ijazah minimal 70,00.
  • Udah mendaftar UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT pada tahun yang sama.
  • Memperoleh nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK minimal 600 untuk program reguler dan 400 untuk program afirmasi.
  • Gak diperbolehkan bertato/ada bekas tato bagi pria dan wanita, gak bertindik/ada bekas tindik pada anggota badan termasuk telinga bagi pria, diperbolehkan bagi wanita bertindik hanya di telinga dengan syarat gak lebih dari 1 pasang pada telinga kiri dan kanan.Belum menikah dan bersedia untuk gak nikah dulu sampai pendidikan berakhir.
  • Peserta belum pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN di tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, ada juga tambahan syarat bagi peserta program afirmasi, sebagai berikut:

  • Lulus SD, SMP, SMA/sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur.
  • Memiliki garis keturunan orang tua asli (kandung) dari provinsi tersebut.
  • Mendapatkan rekomendasi dari SMA/sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 usulan terbaik.

Pelaksanaan SPMB PKN STAN

Tata Cara Pendaftaran SPMB PKN STAN

Setelah semua persyaratan kamu penuhi, selanjutnya persiapkan diri untuk mendaftar ke SPMB STAN ya! Langkah pertama adalah dengan melakukan registrasi di portal https://sscasn.bkn.go.id. Gimana sih caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pilih menu DIKDIN
  • Mendaftar menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan nomor KK (Kartu Keluarga).
  • Setelah mendaftar dan memperoleh akun+password, kamu login menggunakan NIK dan password yang tadi udah didaftarkan.
  • Pilih sekolah kedinasan PKN STAN, pilih juga program apa yang kamu ikuti (reguler atau afirmasi), lengkapi data diri, masukkan nomor UTBK, NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan data lainnya yang terdapat di portal. Unggah juga dokumen yang dibutuhkan.
  • Bagi peserta afirmasi, ada dokumen tambahan yang harus diunggah, yaitu:
    1. Ijazah SD dan SMP
    2. Akta kelahiran
    3. KTP ayah/ibu kandung
    4. KK atau surat Keterangan Hubungan Keluarga dari kelurahan/desa
    5. Surat rekomendasi dari SMA/sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 usulan terbaik di sekolah (formulir surat rekomendasi bisa diunduh di http://bit.ly/FormRekomendasiSekolahSPMBPKNSTAN.
  • Lakukan pengecekan kembali, kemudian cetak Kartu Pendaftaran
  • Logout, kemudian melanjutkan proses berikutnya di portal http://spmb.pknstan.ac.id.

Sebagai catatan, kamu hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan aja . Kalau ditemukan kamu mendaftar di dua sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian/Lembaga di Indonesia, maka kamu akan dinyatakan gugur.

Setelah melakukan registrasi di portal SSCASN, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran secara online (e-registration) di portal http://spmb.pknstan.ac.id. Berikut adalah tahapannya:

  • Login menggunakan akun dan password yang udah kamu daftarkan pada portal SSCASN sebelumnya.
  • Isi data pilihan program studi yang kamu inginkan.
  • Isi data tambahan pada formulir pendaftaran online.
  • Kunci data kamu

Materi Ujian SPMB PKN STAN

Materi yang akan diujikan dalam SPMB PKN STAN, yaitu:

  • UTBK: nilai UTBK digunakan untuk menggantikan materi TPA (Tes Potensi Akademik) dan TBI (Tes Bahasa Inggris) yang biasanya diadakan dalam setiap ujian PKN STAN. Nilai UTBK yang dipakai adalah nilai Tes Potensi Skolastik (TPS). Jadi kamu tidak perlu tes materi ini lagi. Panitia akan menyeleksi langsung dari nilai UTBK kamu.
  • Seleksi Kompetensi Dasar: Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan. Untuk rinciannya bisa kamu cek pada tabel di bawah ini.
Subtes SKDWaktuJumlah SoalPenilaian
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)100 menit30Salah: 0
Benar: 5
Tidak menjawab: 0
Tes Intelegensia Umum (TIU)100 menit35Salah: 0
Benar: 5
Tidak menjawab: 0
Tes Karakteristik Pribadi (TKP)100 menit45Salah: 0
Benar: 5
Tidak menjawab: 0
  • Tes Kesehatan dan Kebugaran
  • Tes Psikologi
  • Tes Wawancara

Jadwal SPMB PKN STAN 2021

Jadwal pelaksanaan SPMB PKN STAN bersifat tentatif, yang di mana jadwal tersebut akan disesuaikan lagi dengan jadwal dari Badan Kepegawaian Negara. Untuk tau jadwal ter-update, kamu harus rajin pantengin situs resmi PKN STAN. Sejauh ini, jadwal dari Panitia Pusat adalah sebagai berikut:

NoTanggalKegiatan
19 - 20 April 2021Pendaftaran online di portal SSCASN
212 April - 4 Meil 2021Pendaftaran online di portal SPMB PKN STAN
316 Juni 2021Pengumuman hasil seleksi administrasi
416 - 17 Juni 2021Pembayaran biaya pendaftaran SPMB
521 Juni 2021Pengumuman jadwal dan lokasi SKD
625 - 30 Juni 2021Pelaksanaan SKD
78 Juli 2021Pengumuman hasil SKD dan Jadwal + lokasi seleksi lanjutan I
819 - 26 Juli 2021Seleksi lanjutan I (Tes Kesehatan dankebugaran, tes psikologi)
95 Agustus 2021Pengumuman hasil seleksi lanjutan I dan jadwal + Lokasi seleksi lanjutan II
1016 - 23 Agustus 2021Seleksi lanjutan II (Tes Wawancara)
1130 Agustus 2021Pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN
126 - 10 September 2021Pendaftaran ulang
13Akhir September 2021Mulai pendidikan

Biaya Pendaftaran SPMB PKN STAN 2021

Setelah kamu dinyatakan lulus administrasi, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran sebagai syarat untuk mengikuti seleksi selanjutnya. Berikut ini adalah biaya yang harus kamu bayarkan dan tata cara pembayarannya.

  • Biaya pendaftaran SPMB PKN STAN sebesar Rp350.000,00/peserta, sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar Rp50.000,00.
  • Peserta yang lulus Seleksi Administrasi akan memperoleh kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA) untuk proses pembayaran biaya pendaftaran. Kode billing bisa kamu akses di portal https://spmb.pknstan.ac.id dengan login menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • Kamu bisa melakukan pembayaran melalui Bank Mandiri, baik dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking atau internet banking menggunakan MVA.

Penerimaan SPMB PKN STAN

Sistem Seleksi SPMB PKN STAN

Sebelum menjadi mahasiswa PKN STAN, kamu perlu melewati 4 rangkaian seleksi, dan semuanya harus dinyatakan lulus. Oh iya, kamu juga wajib membawa Kartu Peserta Ujian (KPU) SPMB pada setiap tahapan seleksi. Apa aja sih sistem seleksi yang diadakan? Simak uraiannya di bawah ini ya!

Seleksi pertama yang harus kamu lewati. Seleksi ini dinilai dari persyaratan administrasi yang udah tercantum di atas. Kalau kamu lolos tahap ini, kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Jadi, pastikan kamu mengisi data diri secara lengkap dan teliti ya. Oh iya, untuk memperbesar peluang lolos administrasi, nilai UTBK kamu juga harus bagus. Pada tahun 2021, dari 41.982 peserta yang mendaftar PKN STAN, sebanyak 10.481 peserta lulus seleksi administrasi.

Setelah lolos administrasi dan melakukan pembayaran, kamu akan mengikuti rangkaian seleksi yang kedua. SKD ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN). Apa aja sih yang diujikan di sini? Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya kalau memenuhi nilai ambang batas SKD dan peringkatmu masuk dalam kuota peserta yang akan mengikuti seleksi lanjutan (usahakan peringkatmu tinggi ya). Untuk nilai ambang batas sendiri ada ketentuannya nih dari Menteri PANRB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), yaitu 156 (TKP), 80 (TIU), dan 65 (TWK).

Setelah dinyatakan lolos SKD, kamu akan mengikuti rangkaian Seleksi Lanjutan I, yang mencakup Tes Kesehatan (pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dll), Kebugaran (lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, pull up/chinning, push up, sit up, dll), dan Tes Psikologi (Computer Based Test).

Kamu dinyatakan lolos seleksi ini jika memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh Panitia Pusat. Selain itu, penilaian antara Tes Kesehatan dan Kebugaran akan dijumlahkan dengan Tes Psikologi dengan bobot masing-masing 50% dan peringkat kamu masuk dalam kuota yang akan mengikuti seleksi lanjutan ke-II.

Seleksi terakhir adalah Seleksi Lanjutan II, yang di mana kamu akan melakukan Tes Wawancara setelah dinyatakan lulus Seleksi Lanjutan I. Wawancara dilakukan secara semi online, yang artinya peserta mengikuti wawancara di tempat yang telah ditentukan oleh panitia, sedangkan pewawancara melakukan wawancara dengan media video conference.

Kamu akan dinyatakan lolos seleksi dan diterima menjadi mahasiswa PKN STAN apabila memenuhi standar minimal kriteria wawancara dan peringkat kamu berada di atas (sesuai dengan jumlah kebutuhan formasi peserta yang lulus SPMB PKN STAN). Bagi peserta yang dinyatakan lulus SPMB PKN STAN, wajib melakukan pendaftaran ulang yang harus dihadiri secara langsung dan tidak boleh diwakilkan.

Informasi mengenai pengumuman peserta akan diumumkan pada situs
https://www.kemenkeu.go.id, https://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan
https://www.pknstan.ac.id.

Panduan Belajar SPMB STAN

Persentase kelulusan yang gak nyampe 1% itu tetap bisa kamu maksimalkan peluangnya dengan strategi yang benar. Apa aja sih strategi yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar peluang lolos PKN STAN?

1. Panduan belajar kemampuan verbal

It’s OK kalo kamu banyak yang kesulitan dengan kosakata yang muncul karena memang tingkat kesulitan kosa-katanya tinggi. Tapi jangan sampe panik dan mati-matian menghafal kamus. Nah tapi gimana donk kalo banyak kosa kata yang ga ngerti?

Tips klisenya sih ya banyak-banyak baca dari sumber bacaan yang menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik, misalnya koran Kompas. Dengan banyak membaca, kamu akan ketemu banyak kosakata baru. Trus kalo ketemu kosa-kata baru, jangan didiemin aja, tapi coba buka KBBI untuk memahami maknanya.

Selain itu, sering-sering berlatih soal biar kemampuanmu mengetahui hubungan kata bisa lebih terasah. Kalo kamu udah ga ngerti salah satu kata dalam soal, mending di skip aja karena terlalu riskan buat menebak-nebak.

Khusus untuk soal bacaan, dengan mepetnya waktu pengerjaan, baca soalnya baru nyari jawaban di bacaan. Misal soalnya “ide pokok paragraf kedua” ya langsung aja baca paragraf keduanya, paragraf pertama abaikan aja. Dengan begitu kamu bakal menghemat waktu dan energi.

Setelah kamu cukup memahami materi TPA verbal di atas, kamu bisa mulai mengerjakan latihan soal TPA verbal SPMB STAN berikut. Disitu udah tersedia pembahasannya juga.

2. Panduan belajar kemampuan Aritmatika, Logika dan Pola Barisan

Secara umum, sebenarnya materinya udah pernah kamu dapetin waktu SMP atau SMA. Tapi kamu perlu mempertajam lagi pemahaman konsep dasar aritmatika, jangan ada yang salah kaprah.

Untuk ngerjain soal aritmatika, kamu ga harus ngitung secara presisi, pake pendekatan aja. Apalagi untuk soal yang kelihatannya ngitungnya ribet, jangan asal langsung coret-coret kertas. Cukup pakai pendekatan aja, sebenernya udah bisa jawab kok. Biar lebih cepat, hafalkan juga bentuk pecahan/desimal umum, seperti ½, ¼. ⅓, ⅙, ⅔, dll.

Sedikit tips untuk menjawab dengan menarik kesimpulan di soal tipe logika proposisi:

  • Fokus ke premis yang sedang dibicarakan di soal
  • Jangan berasumsi atau mengambil kesimpulan di luar premis yang dibicarakan
  • Jangan mengaitkan premis dengan kehidupan nyata

Sedikit tips untuk menjawab soal logika analitik

  • Baca bacaan yang dikasih, dan ubah ke dalam bentuk tabel/simbol;
  • Pastiin tabel/simbol yang kamu bikin bener, jadi kamu gak perlu baca bacaannya berkali-kali; dan
  • Gunakan tabel/simbol yang kamu bikin untuk ngejawab soal berikutnya

Lalu, sama seperti analogi kata, kamu juga perlu banyak-banyak kerjain soal pola barisan ini agar instingmu keasah dalam mengetahui suatu pola bisa meningkat.

Setelah kamu cukup memahami materi TPA Logika dan Aritmatika di atas, kamu bisa mulai mengerjakan latihan soal TPA Logika dan Aritmatika USM STAN berikut. Disitu udah tersedia pembahasannya juga.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:

  1. Pancasila
  2. Undang Undang Dasar 1945
  3. Bhineka Tunggal Ika sert
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu mengenai sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, kemampuan peserta dalam berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Untuk bahan belajarnya sih di zenius saat ini belum ada materi khusus SKD. Meskipun begitu, untuk materi sejarah perjuangan bangsa, kamu bisa belajar dari video sejarah UTBK zenius.

Fitur Zenius yang Bantu Persiapan SPMB PKN STAN

<b><a href='/zencore/'>ZenCore</a> </b>

ZenCore

Materi TIU SKD itu sebenernya bukan hal asing, kamu udah dapetin materinya kok dari jaman SD, seperti sinonim & antonim kata, logika, dan kemampuan numerik. Bisa dibilang, materi-materi ini tuh kemampuan yang basic banget dalam berbahasa dan bermatematika.
Walaupun materinya kelihatannya sepele dan soalnya sederhana, masih banyak yang suka kejebak. Kenapa? Karena kemampuan dasar tadi belum matang atau kamu punya banyak miskonsepsi di konsep dasar perkalian, pecahan, dsb.
Nah, Zenius punya fitur spesial untuk bantu kamu nambal kebolongan konsep-konsep fundamental, yaitu ZenCore. Fitur ini berupa latihan soal untuk nge-drill kemampuan dasar logika, numerik, dan verbal. Pas banget buat persiapan TIU SKD.
ZenCore juga dilengkapi dengan sistem yang adaptif menyesuaikan kemampuan kamu. Kalau kamu banyak bolongnya, ZenCore akan menyesuaikan biar kamu bisa nambal dari 0. Begitu juga sebaliknya, kalau kamu udah lumayan jago, ZenCore bakal kasih kamu soal yang lebih menantang.
<b><a href='/utbk/'>Video Materi dan Latihan Soal UTBK</a></b>

Video Materi dan Latihan Soal UTBK

Karena nilai TPS UTBK jadi syarat administratif SPMB STAN, kamu juga perlu punya persiapan UTBK yang matang nih.
Sejak 2004, Zenius udah membangun ratusan ribu video pembelajaran UTBK yang fokus pada pemahaman mendalam. Level soal UTBK beda jauh dengan level soal ulangan sekolah. Untuk bisa menjawab soal UTBK, kamu perlu nalar yang kuat dan pemahaman terintegrasi. Ga cukup dengan menghafal, apalagi sistem kebut semalam. Di tiap video belajar Zenius, para tutor berusaha menjelaskan asal-usul dari suatu rumus/definisi biar kamu beneran ngerti dan keasah nalarnya.
Kamu bisa pilih playlist UTBK - Subject Based kalau udah punya rencana belajar sendiri dan pengen ada fleksibilitas urutan belajar materi. Atau bisa pilih playlist UTBK - Unit Based, kalau kamu pengen dituntun belajarnya dengan ngikutin alur unit materi yang udah disusun tim Zenius.
Selain video materi, ada juga puluhan ribu latihan soal UTBK beserta video penjelasannya, yang udah kita kumpulin di fitur Deprak UTBK. Kamu bisa akses di Zenius App ya.
<b><a href='/fitur/live-class/'>Live Class</a></b>

Live Class

Kalau lewat video materi, kamu bisa belajar mandiri buat memahami materi dasarnya, kamu bisa dapetin pengalaman belajar interaktif langsung bareng tutor dengan fitur Live Class Zenius. Kamu bisa mantepin pemahaman materi dengan insight keren dari tutor-tutor andalan Zenius. Beda dengan penyampaian materi video belajar yang satu arah, Live Class menghadirkan tutor untuk berinteraksi langsung dengan kamu. Kalau kamu punya pertanyaan, tutor bisa jawab dan langsung coaching kamu di sesi Live Class. Pembawaan tutor Zenius juga santai banget, jadi kamu bisa lebih rileks belajarnya. Ada teman-teman seperjuangan yang ikut Live Class bareng, jadi berasa lebih semangat persiapan UTBK-nya.
<b><a href='/tryouts/'>Try Out Ujian Mandiri</a></b>

Try Out Ujian Mandiri

Fitur yang satu ini gak hanya sebatas ujian mandiri di PTN, tetapi ada juga try out untuk PKN STAN. Lewat fitur Try Out, Zenius mencoba mensimulasikan kondisi ujian yang sebenarnya. Beda dengan latihan soal, di fitur ini, kamu bakal ngerjain soal dengan dibatasi waktu. Jadi kamu bisa berlatih buat manage waktu ngerjain ujian. Sistem penilaiannya juga bakal mengikuti ujian aslinya. Kamu bisa langsung membandingkan nilaimu dengan pesaingmu. Video pembahasan bakal langsung tersedia setelah kamu TO. Jadi kamu bisa langsung evaluasi kelemahanmu.

Kata Mereka yang Pernah Belajar Bareng Zenius

Picture of the author

Afiifah Fitriani

Proteksi Tanaman - Universitas Gadjah Mada

Afiifah Fitriani

Alhamdulillah aku bisa ngelewatin masa gap year bareng Zenius Ultima. Aku cuma ikut zenius doang, ga ikut bimbel lain atau beli buku SBM segambreng. Tapi zenius doang worth it bgt buat aku. Aku mulai ubah cara belajarku. Dan Alhamdulillah tahun ini aku keterima di PTN impian aku.

Maksimalkan Peluang Lolos STAN Bareng Zenius

Belajar Sekarang

ios
android
huawei