tips masuk fakultas psikologi ugm

Tips Masuk dan Info Kuliah di Fakultas Psikologi UGM

Fakultas Psikologi UGM membuka kelas reguler dan internasional. Simak info lengkap mulai dari dunia perkuliahan, jurusan, daya tampung, tips masuk, sampai jalur seleksinya.

 “Kuliah di Fakultas Psikologi, ya? Bisa baca pikiran orang, dong?”

Sobat Zenius, pernah nggak sih denger pertanyaan seperti itu? Biasanya nih, mahasiswa yang kuliah di Fakultas Psikologi udah kenyang ditanya kayak gitu. Emang bener ya, mahasiswa psikologi bisa baca pikiran orang lain? 

Nah, untuk menjawabnya, Universitas Gadjah Mada juga punya Fakultas Psikologi yang kece banget, lho. 

Kalau elo berniat mendaftar di Fakultas Psikologi UGM, ada info penting buat elo, nih! Jurusan Psikologi yang bernaung di bawah Fakultas Psikologi UGM menjadi jurusan di rumpun sosial humaniora (soshum) dengan pendaftar terbanyak. 

Duh, kalau begitu apa kesempatan elo buat lolos ujian jadi lebih kecil? Sebaiknya maksimalin belajar buat jalur masuk yang mana, ya?

Eits. Tenang, tenang. Masih banyak informasi yang bakal gue bagikan tentang Fakultas Psikologi UGM. 

Yuk, kita kenalan sama fakultas ini lebih dekat lagi. Mulai dari sejarah, akreditasi, jurusan, hingga daya tampung semua akan dikupas tuntas. 

Kenalan dengan Fakultas Psikologi UGM

Awalnya, Fakultas Psikologi UGM merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan UGM, lho. Lebih lengkapnya, jurusan ini mulai dibuka pada tahun ajaran 1958/1959. Statusnya pun naik menjadi fakultas independen pada tanggal  8 Januari 1965. 

Nggak hanya membuka jurusan sarjana, Fakultas Psikologi UGM juga membuka program magister, profesi, hingga doktor, lho. 

Untuk program sarjana, Jurusan Psikologi UGM terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas reguler dan kelas internasional. Lengkap, deh, pokoknya.

Oh iya, seluruh program pendidikan dari mulai jenjang sarjana hingga doktor di Fakultas Psikologi UGM telah terakreditasi A oleh BAN-PT, lho. Jadi, kualitasnya udah dijamin terbaik.

Jurusan di Fakultas Psikologi UGM

Sobat Zenius, tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebentar lagi, nih. Kalau pelaksanaannya sesuai jadwal, UTBK bakal berlangsung mulai 17 Mei 2022. Apakah elo sudah yakin dengan pilihan jurusan kuliah yang mau elo ambil? 

Gue harap informasi seputar Jurusan Psikologi UGM ini bakal nambah wawasan elo dalam memilih, ya. 

Jurusan Psikologi UGM merupakan satu-satunya jurusan S1 di Fakultas Psikologi UGM. Di jurusan ini, elo akan mempelajari perilaku manusia. Perilaku yang seperti apa, tuh? Simpelnya, elo akan mempelajari tindak-tanduk manusia yang dikaji melalui beberapa hal:

  1. Perspektif perkembangan manusia (mulai dari prenatal hingga lansia).  
  2. Interaksi sosialnya, baik secara intrapersonal maupun interpersonal.
  3. Berbagai aspek, seperti biologis, psikologis, dan lingkungan.

Sehingga, diharapkan lulusan Jurusan Psikologi UGM bisa unggul dalam bidang asesmen, pengukuran psikologis, pemecahan masalah, intervensi psikologis, hubungan profesional dan interpersonal. 

Dan yang nggak kalah penting adalah kemampuan berkomunikasi, riset, dan publikasi ilmiah.

Baca Juga: Info Kuliah, Jurusan, dan Syarat Masuk Fakultas MIPA UGM.

Jalur Seleksi di Fakultas Psikologi UGM

Umumnya, jalur seleksi masuk perguruan tinggi dibagi menjadi tiga, yaitu jalur undangan atau SNMPTN, jalur tes atau UTBK SBMPTN, dan seleksi mandiri. 

Tapi, di UGM selain ketiga jalur di atas, terdapat satu jalur tambahan, lho. Jalur ini sebenarnya merupakan bagian dari UM UGM (Ujian Masuk UGM). Bedanya, elo nggak perlu mengikuti ujian tulis (UTUL UGM/CBT-UM UGM) dan dikhususkan bagi siswa yang berprestasi.

Jalur Masuk Fakultas Psikologi UGM
Jalur Masuk Fakultas Psikologi UGM (Sumber: um.ugm.ac.id)

Langsung aja, yuk, simak jalur seleksi di Fakultas Psikologi UGM!

1. SNMPTN

Jalur ini memiliki nama lain jalur undangan. Siapa, sih, yang nggak pengen masuk kuliah tanpa tes? Jalur ini cukup diidamkan karena kita nggak perlu capek-capek belajar UTBK SBMPTN. 

Eits. Tapi, ingat, untuk bisa bersaing di jalur ini, elo harus punya nilai rapor yang baik sejak awal kelas 10 hingga kelas 12 semester 1. Selain itu, elo juga perlu melihat akreditasi sekolah karena akreditasi juga berpengaruh terhadap penilaian SNMPTN. Informasi lengkap terkait jalur SNMPTN bisa elo baca di artikel ini.

2. SBMPTN

Jalur seleksi di Fakultas Psikologi UGM selanjutnya adalah jalur SBMPTN. Pada jalur ini, elo akan dihadapkan pada tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Di mana pada tes tersebut terdapat dua materi yang akan diujikan, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik). Informasi lengkap terkait  SBMPTN dan tips menghadapinya bisa elo baca di artikel ini, ya. 

3. UTUL UGM

Selain SNMPTN dan SBMPTN, UGM juga menyelenggarakan ujian mandiri tertulis yang dikenal sebagai Ujian Tulis (UTUL) UGM.

UTUL UGM sering disebut juga sebagai Computer-Based Test (CBT)-UM UGM. Sobat Zenius nggak perlu bingung, cuma beda penyebutannya aja, kok. 

Di jalur ini, elo akan diujikan tiga jenis kelompok ujian, yaitu:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum)

Dengan ketentuan, setiap calon mahasiswa hanya bisa mengikuti salah satu dari tiga kelompok ujian di atas. 

4. UGM Jalur Prestasi

Nggak hanya UTUL, UGM juga menyelenggarakan jalur prestasi. Sesuai namanya, calon mahasiswa akan diseleksi berdasarkan prestasinya selama di bangku SMA. Terdapat empat program yang tersedia di jalur prestasi UGM.

  • Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)

Calon mahasiswa dari program ini merupakan calon yang diusulkan dan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang menjalin kerja sama dengan UGM.

  • Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

Program ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu. Nantinya, calon mahasiswa yang diterima melalui jalur ini akan dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah (Pemda)/institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang menjalin kerja sama dengan UGM. 

  • Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)

Elo punya prestasi di sekolah? Kalau iya, manfaatkan itu baik-baik! Karena UGM membuka penerimaan bagi siswa berprestasi dalam bidang olahraga, seni, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). 

Sertifikat yang bisa digunakan untuk jalur ini mulai dari prestasi tingkat provinsi, nasional, maupun internasional, dan/atau yang setara.

  • Penelusuran Bibit Unggul SMA/MA/SMK (PBUSMAK) khusus Sarjana Terapan Sekolah Vokasi

Program ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang termasuk dalam 25% terbaik di kelas reguler pada semester 1 hingga semester 5 bagi siswa SMA. Dan 25% terbaik di kelas reguler pada semester 1 hingga 4 bagi siswa SMK. 

Baca Juga: Informasi Lengkap Pendaftaran dan Syarat Mengikuti Ujian Mandiri (UM) UGM

Daya Tampung Fakultas Psikologi UGM

Nah, sudah pada tahu kan jalur seleksi apa yang bisa elo ikuti untuk menjadi bagian dari Fakultas Psikologi UGM? Kalau belum, ketahuan deh, baca artikelnya sepotong-sepotong!

Tadi kita udah bahas persyaratan dan jenis tes di tiap jalur masuk. Sekarang, kita masuk ke daya tampungnya, ya. Cari tahu di infografis ini, yuk!

Daya Tampung Jurusan Psikologi UGM
Daya Tampung Jurusan Psikologi UGM (Sumber: Arsip Zenius)

Tips Masuk Fakultas Psikologi UGM

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu. Ada nggak sih, tips masuk Fakultas Psikologi UGM? Ini hal-hal penting yang perlu elo perhatiin.

Tips Masuk Fakultas Psikologi UGM
Tips Masuk Fakultas Psikologi UGM (Sumber: Arsip Zenius)

Selalu Update dengan Timeline Pendaftaran

Ngambis masuk UGM nggak cukup hanya dengan belajar, elo juga harus catat informasi penting mulai dari jalur masuk, tanggal seleksi, maupun tes yang diujikan.  

Dengan begitu, elo akan lebih terarah dalam belajar karena tahu berapa  sih, sisa waktu yang elo punya menjelang tes?

Mencari Tahu Keketatan Jurusan yang Dipilih

Hal ini juga nggak kalah penting, lho, Sobat Zenius. Dengan begitu, elo akan lebih paham battlefield yang akan elo hadapi. Nah, dengan mengetahui keketatan ini, tentu saja bisa membantu elo mengatur strategi belajar. 

Konsisten dalam Belajar

Elo pasti udah sering banget denger “usaha tidak akan mengkhianati hasil”. Untuk mewujudkan mimpi elo menjadi mahasiswa Jurusan Psikologi UGM, tentu elo harus belajar secara konsisten. 

Perlu diingat bahwa saingan elo bukan hanya temen deket atau temen sekolah, melainkan dari seluruh penjuru negeri. Di saat semangat belajar elo mulai kendor, saingan elo mungkin lagi belajar tanpa mengenal waktu untuk mewujudkan satu tujuan yang sama dengan elo. So, tetap fokus sama tujuan elo juga, ya!

Perbanyak Latihan Soal

Menghadapi tes masuk perguruan tinggi, pemahaman materi aja nggak cukup. Elo perlu menguji pemahaman elo dengan mengerjakan latihan soal.

Soal tes masuk perguruan tinggi merupakan tipe soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), di mana soal ini menguji cara berpikir kritis elo juga. Makanya, elo harus sering-sering hajar latihan soal masuk perguruan tinggi agar terbiasa dengan tipe soal tersebut. Oke? 

Baca Juga: Persiapan Menghadapi UTUL UGM

Itu dia tips masuk, seleksi, dan info kuliah Fakultas Psikologi UGM. Makin nggak sabar, dong buat berkuliah di fakultas yang satu ini? 

Biar makin semangat, elo juga bisa cek informasi penting terkait UTUL UGM mulai dari syarat pendaftaran, cara pendaftaran, jadwal pendaftaran, hingga materi ujian secara lengkap.

Panduan Lengkap UTUL UGM

Selain itu, biar persiapan belajar makin mateng, elo juga bisa hajar latihan soal UTUL UGM di bawah ini, ya. 

Latihan Soal UTUL UGM

Masih kurang? Tenang-tenang. Elo bisa ikut Try Out di Zenius, lho. Cuss, langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

try out um ugm online zenius

Referensi: 

Daya Tampung Jurusan – Fakultas Psikologi UGM (https://um.ugm.ac.id/selektivitas-sarjana-dan-sarjana-terapan/)

Informasi Jurusan Psikologi UGM – Fakultas Psikologi UGM (https://psikologi.ugm.ac.id/sarjana-psikologi/)

Informasi – Sejarah Fakultas Psikologi UGM (https://psikologi.ugm.ac.id/sejarah/)

Informasi – UTUL UGM (https://um.ugm.ac.id/)

Bagikan Artikel Ini!