fakultas mipa ugm

Info Kuliah, Jurusan, dan Syarat Masuk Fakultas MIPA UGM

Tertarik belajar ilmu sains murni? Yuk, simak informasi lengkap Fakultas MIPA UGM mulai dari sejarah, program studi, akreditasi, hingga daya tampung buat calon mahasiswa baru!

Biasanya, ilmu alam dan matematika di perguruan tinggi dibedakan jadi tiga jenis: ilmu murni, pendidikan, dan terapan. Karena cakupan ilmunya juga sangat spesifik, kampus-kampus pun biasanya membagi ketiga jenis ilmu ini ke fakultas yang berbeda. Termasuk Fakultas MIPA UGM. Elo tertarik masuk fakultas ini nggak, nih?

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Gadjah Mada termasuk dalam kategori ilmu MIPA murni. Bedanya apa sih dengan dua jenis ilmu MIPA lainnya? Simpelnya sih, ilmu murni berfokus pada teori, ilmu terapan berfokus pada penerapan teori pada praktik, sedangkan ilmu pendidikan khusus bagi calon guru mata pelajaran matematika dan IPA. 

Nah, artikel ini khusus membahas soal Fakultas MIPA UGM. Kita kupas secara mendalam perkuliahan di fakultas ini, ya!

Sejarah Berdirinya Fakultas MIPA UGM

Secara resmi, Fakultas MIPA UGM resmi berdiri pada 1 September 1956 dengan nama Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FIPA). Saat baru didirikan, fakultas ini hanya memiliki satu jurusan, yaitu Bagian Ilmu Alam.

Seiring perkembangannya, Fakultas MIPA UGM terus menambah program studi hingga saat ini memiliki total 16 program studi! Ke-16 prodi tersebut terdiri dari berbagai jenjang, mulai dari sarjana, magister, hingga doktor.

Untuk artikel ini, gue akan fokus membahas prodi sarjana ya. Ada apa saja sih programnya? Buat lengkapnya, bisa elo cek di infografis di bawah ini!

program studi fakultas mipa ugm
Departemen dan Program Studi di Fakultas MIPA UGM (Sumber: mipa.ugm.ac.id)

Gimana nih? Sudah tahu mau program studi yang mana atau masih bingung? Tenang tenang, simak saja terus artikel ini soalnya gue akan jelasin soal program studi Fakultas MIPA UGM selengkapnya nih.

Baca Juga: Program Studi Fakultas Biologi UGM dan Syarat Masuknya

Departemen Fisika

Program Studi Fisika

Udah nonton film The Theory of Everything (2014)? Film yang satu ini menceritakan soal kisah hidup Stephen Hawking, salah satu tokoh fisikawan terpenting. Nah, buat elo yang suka dengan teori-teori kuantum atau soal ruang dan waktu kayak Stephen Hawking, Program Studi Fisika ini bakalan cocok banget buat elo!

Di prodi ini, elo akan mengupas tuntas soal dasar-dasar hukum fisika fundamental kayak termodinamika, elektromagnetik, mekanika kuantum, hingga penerapannya dalam kehidupan.

Mata kuliah yang bakal dipelajari juga menarik banget lho, bidangnya cukup beragam. Contohnya itu ada Fisika Kuantum, Pengantar Nanosains, Teori Relativitas, Fisika Lingkungan, BioFisika, dan masih banyak lagi.

Program Studi Geofisika

Di program studi yang satu ini, yang bakal elo pelajari nggak jauh berbeda dengan Program Studi Fisika kok. Ciri khas yang membedakan, mahasiswa geofisika akan mempelajari soal kaidah-kaidah fisika dalam ilmu kebumian. 

Buat gambaran mudahnya, elo punya minat untuk bekerja di BMKG kayak Song Kang di drama Korea Forecasting Love and Weather? Atau pengen kerja di bidang yang berhubungan dengan sumber daya dari dalam bumi seperti minyak dan gas? Nah, elo bakal cocok banget kuliah di Jurusan Geofisika.

Buat mata kuliahnya sendiri, selain bidang fisika, ada tambahan di bidang ilmu kebumian juga nih kayak Geologi Struktur, Geologi Dasar, Tektonik Indonesia, Perpetaan, dan sebagainya.

Departemen Kimia

Program Studi Kimia

Program studi yang satu ini cocok banget buat elo yang suka banget belajar soal unsur-unsur kimia yang ada di tabel periodik. Menguliti soal struktur, sifat, dan reaksi berbagai zat bakalan jadi makanan sehari-hari elo. Makanya, elo bakal lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar di laboratorium nih.

Makanya, nanti elo akan mendapatkan mata kuliah kayak Biokimia, Kimia Organologam dan Bioanorganik, Mekanisme Reaksi Anorganik, Kimia Unsur, Kimia Unsur, Kimia Organik, Metode Pemisahan, dan masih banyak lagi. 

Yang menariknya dari program studi ini, karena keberagaman mata kuliah pilihannya. Contohnya ada mata kuliah Kimia Kosmetik, lho! Di sini, elo akan belajar soal unsur-unsur dan proses pembuatan kosmetik. Siapa tahu kan setelah lulus elo bisa membuat brand kosmetik sendiri?

Baca Juga: Daya Tampung dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Departemen Matematika

Program Studi Matematika

Kalau elo suka yang belajar hitung menghitung, Program Studi Matematika ini pas banget buat elo. Ditambah, di sini elo juga akan banyak mendapatkan pelajaran yang menantang kayak membuktikan teori yang sudah ada atau malah mengembangkannya!

Kalau elo berminat tapi merasa nggak jago soal rumus, nggak perlu khawatir karena elo akan memulai belajar matematika dari awal. Makanya ada mata kuliah bidang dasar matematika kayak Himpunan, Relasi dan Fungsi, Logika, Sistem Bilangan Asli, Bulat, dan Rasional.

Makin tinggi semester, ilmu yang elo pelajari bakal berkembang juga kayak Aljabar, Persamaan Diferensial, Statistika, Geometri, Teori Kalkulus, Sistem Dinamik, dan masih banyak lagi.

Program Studi Ilmu Aktuaria

Mungkin ada yang belum familiar dengan ilmu aktuaria ini nih. Program studi ini merupakan turunan dari matematika. Tapi, di sini elo akan belajar soal peluang solusi dan prediksi risiko keuangan menggunakan matematika.

Simpelnya, ilmu ini biasanya banyak digunakan di industri perbankan, investasi, penjaminan sosial, serta asuransi. Jadi, prodi ini juga menyiapkan elo untuk bekerja sebagai akuntan, ekonom, ataupun aktuaris.

Mata kuliahnya antara lain ada Pengantar Asuransi Umum, Pengantar Akuntansi, Teori Investasi, Asuransi Bencana, Analitika Data, Keuangan Korporasi, Valuasi Dana Pensiun.

Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika

Program Studi Ilmu Komputer

Buat Sobat Zenius yang suka mengotak-atik komputer pasti familiar dengan istilah seperti programming dan coding nih. Mungkin ada yang masih bingung kenapa kok komputer masuk ke bidang ilmu MIPA? 

Nah, soalnya di Program Studi Ilmu Komputer, elo akan belajar soal menyusun algoritma matematika untuk mengembangkan program aplikasi atau software dengan teknik programming dan coding tadi. Selain itu, program studi ini juga masih pecahan dari Program Studi Matematika.

Buat bisa mendapatkan ilmu programming dan coding ini, elo akan mendapatkan mata kuliah seperti Algoritma dan Struktur Data, Matematika Diskrit, Sistem Digital, Jaringan Komputer, Kecerdasan Artifisial, dan masih banyak lagi mata kuliah yang seru banget!

Baca Juga: Program Studi dan Syarat Masuk Fakultas Kehutanan UGM

Akreditasi Fakultas MIPA UGM

Kalo ngomongin soal kualitas, UGM sudah nggak perlu diragukan deh. Akreditasi Fakultas MIPA UGM untuk seluruh program studinya sudah terakreditasi A, nih.

Bahkan, buat Program Studi Matematika, Ilmu Komputer, dan Biologi sudah mengantongi akreditasi ASIIN, yang merupakan lembaga akreditasi internasional dari Jerman untuk disiplin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, serta biologi.

Daya Tampung Fakultas MIPA UGM

Sudah membulatkan tekad buat memilih salah satu program studi di Fakultas MIPA UGM? Nah, biar elo punya referensi, udah gue siapin nih infografis daya tampungnya biar elo bisa menyiapkan strategi belajar elo!

daya tampung fakultas mipa ugm
Daya Tampung Fakultas MIPA UGM

Kenalin dulu seluk-beluk pendaftaran masuknya, kayak syarat, jadwal pendaftaran, sampai materi ujian. Zenius punya panduan lengkap UM UGM di link berikut.

Panduan Lengkap UM UGM

Tambah lagi persiapan elo dengan mengerjakan latihan-latihan soal asli UM UGM tahun lalu. Elo bisa download soal-soalnya, lihat kunci jawabannya, dan tonton video pembahasannya.

Latihan Soal UTUL UGM

Ikutan try out Zenius juga, yuk! Banyak keuntungan yang elo dapet dari ikutan try out, mulai dari menguji pemahaman sampai membiasakan diri sama atmoster ujian yang semirip aslinya. Langsung klik banner di bawah ini, ya!

try out um ugm online zenius

Referensi:

Kurikulum FMIPA UGM

Akreditasi FMIPA UGM

Bagikan Artikel Ini!