Pengertian Zaman Arkaekum dan Ciri-Cirinya – Materi Biologi Kelas 12

Pengertian Zaman Arkaekum dan Ciri-Cirinya

Hai, Sobat Zenius! Kira-kira kalau ditanya umur bumi, elo bisa jawab nggak? Terus, menurut lo berapa sih usia bumi? Apakah sudah ribuan tahun? Jutaan tahun? Atau bahkan milyaran tahun?

Well, lebih tepatnya bumi itu sudah diperkirakan berumur kurang lebih 4,6 milyar tahun nih, guys. Sudah tua banget, bukan? Selain itu, kehidupan pertama kali di bumi diperkirakan muncul sekitar 3,5 milyar tahun lalu. 

Namun, dari mana sih kita bisa tahu usia bumi? Yap, kita bisa tahu usia bumi dari fosil yang ditemukan. Saking tuanya bumi, kurun waktu bumi pun terbagi menjadi beberapa zaman. Salah satunya zaman arkaekum, yakni zaman yang diperkirakan sudah ada sejak 4-2,5 milyar tahun.

So, bagaimana kehidupan pada zaman arkaekum? Apa ciri-ciri zaman arkaekum?

Pengertian Zaman Arkaekum

Seperti yang udah gue singgung sebelumnya, usia bumi itu sudah sangat tua nih, guys. Sehingga, dibagi menjadi beberapa kurun waktu yang berbeda. Nah, berikut adalah timeline bumi dari awal pembentukan hingga saat ini. 

ciri dan pembagian zaman arkaekum
Rentang Waktu Geologis. (Arsip Zenius)

So, seperti yang elo lihat di atas, kurun waktu bumi dibagi menjadi empat eon. Apa itu eon? Eon merupakan rentang waktu yang durasinya panjang banget yakni miliaran tahun. 

Eitss, untuk kali ini gue nggak akan bahas semua kurun waktu di atas, ya. Melainkan hanya fokus pada zaman arkaekum atau archaeon

Tapi, tenang aja guys, elo bisa tonton rentang waktu geologis secara lengkap di aplikasi Zenius, ya. Caranya tinggal klik aja banner di bawah ini!

Belajar biologi di video materi Zenius

Jadi, apa yang dimaksud dengan zaman arkaekum?

Zaman arkaekum atau arkeozoikum merupakan zaman permulaan bumi yang ditandai dengan terbentuknya kehidupan awal berupa sel prokariotik. Contohnya cyanobacteria atau dikenal juga sebagai ganggang biru-hijau. Pembagian zaman arkaekum sendiri bisa elo lihat pada gambar di bawah ini!

pengertian dan pembagian zaman arkaekum

Pembagian zaman arkaekum. (Arsip Zenius)

Cyanobacteria sendiri merupakan bakteri yang mempunyai klorofil sehingga ia mampu untuk berfotosintesis. Well, elo semua tahu kan, kalau proses fotosintesis itu akan menghasilkan oksigen? 

Maka jangan heran ya, kalau fotosintesis yang dilakukan cyanobacteria lama-kelamaan menyebabkan kadar oksigen di atmosfer meningkat. So, dari sinilah awal mula adanya pembagian habitat antara aerob dan anaerob. 

Aerob merupakan respirasi yang memerlukan oksigen sedangkan anaerob merupakan respirasi yang tidak memerlukan oksigen.

Bagi organisme aerob mereka sangat diuntungkan nih guys, karena bisa memanfaatkan oksigen di atmosfer tersebut untuk respirasi.Sebaliknya, keberadaan oksigen ini tidak menguntungkan bagi organisme anaerob. Sehingga organisme anaerob hanya bisa tinggal di tempat yang ekstrim seperti gunung berapi atau dasar laut. 

Baca Juga: Mengenal Skala Waktu Geologi 

Peninggalan Zaman Arkaekum

Adapun batuan peninggalan zaman arkaekum yang disebut kraton atau perisai benua. Batuan ini diperkirakan sudah berusia sekitar 3,8 milyar tahun dan terdiri dari batuan hablur. Elo bisa temukan batuan ini di beberapa bagian dunia nih, guys. Misalnya di Grand Canyon (AS), Teluk Hudson (Kanada), Guyana (Venezuela), Tirumala Hills (India), dan lain-lainnya. 

Nah, di bawah ini merupakan gambar batuan yang sudah ada sejak zaman arkaekum.

peninggalan zaman arkaekum
Batuan zaman arkaekum di Tirumala Hills, India. (Dok. Wikimedia Commons)

Baca Juga: Perbedaan Manusia Purba dan Manusia Modern

Contoh Soal Zaman Arkaekum

  1. Kehidupan pertama kali muncul di Bumi pada saat ….

A. 2022 tahun lalu

B. 65 juta tahun lalu

C. 3,5 miliar tahun lalu

D. 3,8 miliar tahun lalu

E. 4,6 miliar tahun lalu

Jawaban dan Pembahasan:

Diperkirakan bentuk awal kehidupan pertama kali muncul di Bumi sekitar 3,5 miliar tahun lalu, berdasarkan prediksi dari fosil organisme paling awal, yaitu lapisan sel prokariotik. Sehingga jawaban yang tepat adalah C. 

  1. Berapa tahun usia Planet Bumi?

A. 2022 tahun.

B. 65 juta tahun.

C. 3,5 miliar tahun.

D. 3,8 miliar tahun.

E. 4,6 miliar tahun.

Jawaban dan Pembahasan:

Usia Planet Bumi diperkirakan sekitar 4,6 miliar tahun, dihitung menggunakan umur batuan via radiometric dating. Sehingga jawaban yang tepat adalah E. 

Baca Juga: Evolusi Divergen dan Konvergen

So, itu dia guys, pembahasan tentang zaman arkaekum dan peninggalannya. Kalau mau tahu kehidupan setelah zaman arkaekum, elo bisa tonton videonya di Zenius, ya! 

Bagikan Artikel Ini!